Ketik Materi yang anda cari !!

Home » , , » KEUTAMAAN BERDAKWAH PADA ALLAH (FADHILAAT DAKWAH ILALLAH)

KEUTAMAAN BERDAKWAH PADA ALLAH (FADHILAAT DAKWAH ILALLAH)

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Tuesday, January 26, 2016

Lana waiyyakum jami'an
bisa kita mulai sekarang

بسم الله الر حمن الر حيم


الحمد لله رب العالمين..، حمدا طيبا مباركا فيه كما يحب ربنا ويرضاه ، قلاة وسلاما دائمين متلازمين على أشرف الأنبياء والمرسلين وعلى آله و أصحابه أجمعين..

Alhamdulillah segala puji bagi Allah Rabb semesta alam yang senantiasa meliputi seluruh kehidupan kita. Marilah kita perbaharui kembali rasa syukur kita kehadirat Allah SWT. sebab nikmat, rahmat dan kasih sayang Nya kita semua masih berada dalam kondisi sehat, semangat dan termotivasi untuk terus bertaubat karena kita sadar bahwa diri kita ini sering salah dn lupa sehingga kita terus meminta ampun dan senantiasa memperbaiki diri.

Solawat dan salam kita curahkan kepada Nabi sejati.. pembawa risalah yang penuh arti.. mengikis kehidupan yang tak pasti menuju Alam yang penuh arti. Beliaulah putra padang pasir yang rela berselimutkan pedang, bermandikan darah, berhujankan anak panah demi tegakkan kalimat laa ilaa haillAllah. Beliau pembawa makanan jikalau umatnya kelaparan, beliau pembawa minuman jikalau umat nya kehausan pun beliau pembawa obat jikalau umatnya keracunan.

Yang ana hormati Moderator jazakillah buk MC kita malam ini yang punya semangat besar dan luar biasa dan jazakillah juga untuk semuanya yang sudah mengizinkan ana bergabung disini, suatu kehormatan bagi ana bisa belajar dari group ini HA Bunda para pasukan surga insyaAllah ( calon bidadari surga ) Amiinn. Yang ana hormati semuanya yang dirahmati Allah Swt, sungguh tidak pantas diri yang faqir ini menyampaikan ilmu, antum semualah yang lebih berhaķ namun saya hanya mencoba mengingatkan diri saya pribadi..semoga berkenan menjadi tadzkirah kita semua.


Assalamu'alaikum Warohmatullahi Wabarokaatuh


Akhwaati fillah Rahimakumullah
Keef tamam?? ana ingin mengutip perkataan syaikh ana


"Setiap bertemu dngn orang baru, saya selalu mengosongkan gelas saya terlebih dahulu"
📝 Artinya : sehebat apapun kita sepintar apapun kita saat ini bila kita ingin menjadi orang besar, belajarlah dari banyak orang, dan untuk menampung semua ilmu tersebut, kosongkanlah gelasmu. Al faqiir Alfan Muttaqien mohon bimbingannya Ustadzah-ustadzah yang ada disini..

Baiklah akhwaati fillah yang dirahmati Allah pada kesempatan kali ini saya di amanahi untuk memberi taujih dengan judul :

🌸 Fadhilaat dakwah ilallah 🌸
Artinya : keutamaan berdakwah kepada Allah

Maksudnya apa apa saja keutamaan yang bisa kita dapatkan ketika kita terus istiqomah mengajak orang lain mendekat dan taat kepada Allah SWT? Diantara keutamaan atau hal hal yang bisa memotivasi kita berdakwah adalah : 

🔸 kita hendaknya meyakini bahwa mengemban misi untuk berdakwah kepada jalan Allah adalah misinya kenabian. " Qul hadzihi sabilii ad'uu ilallah"

🔸 untuk berdakwah ke jalan Allah bukan menuntut kita untuk menjadi ulama'. karena ulama' jama' dari alim (orang yang berilmu, khususnya agama) tapi orang yang berdakwah kepada Allah disebut Da'i

🔸 Da'i adalah orang orang terpilih, tidak semua orang yang siap untuk menjadi Da'i, karena mengemban misi kenabian artinya siap tersakiti, dihina dan dicaci layaknya para nabi
-Nabi Ibrahim di bakar
-Nabi zakariya di gergaji
-Nabi ayub ditinggal keluarga dan digerogoti penyakit kulit
-Nabi yusuf di lempar ke sumur oleh keluarga sendiri
-Nabi Nuh istri dan anak anaknya sendiri tdak mau menerima dakwahnya
-Nabi luth istrinya menjadi salah satu umatnya yang gay
-Nabi Muhammad jangan ditanya lagi

Dalam sebuah hadist Nabi SAW disampaikan bahwa karena manusia ini ibarat 100 ekor onta. Dari seratus ekor onta yang ada di padang pasir yang hanya mampu memikul beban itu hanya satu dan dua ekor saja. Nah, dari berjuta juta jumlah muslim didunia ini, sedikit sekali yang sanggup memikul beban dakwah ini. Namun keberadaan mereka sangat menentukan keberlangsungan estafet dakwah ini karena suatu yang mahal harganya juga mahal. 
Hadits Nabi SAW yg berbunyi : Layahdiyannallahu bika rajulan khairul laka min khumurin na'am".


Rosulullah mengambarkan harta yang termahal pada saat itu agar para sahabat bersemangat untuk berdakwah. Bayangkan betapa banyak kesolehan yang dilakukan oleh seorang mengalir pahalanya kepada kita?? setiap sholat dan zikirnya, selalu ada berlapis lapis pahala yang di alirkan ke kita. Namun lagi, tak semua orang yang siap untuk memikul beban ini karena itu dalam Al Qur'an Allah mengatakan "in yasha' yuzhibkum wa ya'ti bikhalqin jadid. Kalau Allah ingin, kalian akan dicampakkan dan Allah ganti dengan hamba yang lain. Dan salah satu Do'a yang dianjurkan adalah:
(( Allahummasta'milnaa wa laa tastabdilnaa ))
Ya Allah, berdayakanlah keberadaan kami, dan jangan ganti posisi kami...

Perlu kita ingat bahwa rentetan waktu yang bergulir dalam hidup kita ini hanya sebentar.
jika ambisi-ambisi duniawi yang kita inginkan, terlalu rugi kita hidup didunia ini, 63 tahun jika di konversikan dengan satu hari hidup di akhirat itu hanya sekitar sejam sampai dua jam, karena satu hari hdup di akhirat sama dengan 1000 tahun hidup di dunia. Bayangkan jika akhwaati fillah diizinkan masuk kesebuah tokoh emas, kemudian hanya di beri waktu 1,5 jam untuk mengambil apa saja yang antum mau hanya satu setengah jam. Namun sebagian manusia yang terjadi mereka mengulur-ngulur waktu untuk mengambil mas itu tujuannya biar bisa mengambil semuanya, dia mulai dengan mengambil perabotannya yang bagus-bagus, namun tanpa disadari waktunya habis. Dan orang yang tau tujuannya ke tokoh itu, langsung semerta merta mengumpulkan emas sebanyak-banyaknya, bahkan mungkin langsung mencari berangkas uangnya. Seperti itulah gambaran kita di dunia ini, ada yang tau akan tujuannya, sehingga tidak menyia-nyiakan waktu yang ada sebaliknya ada yang tidak tau akan limited waktu yang Allah kasih, sehingga akan habis untuk yang sia-sia. Kemudian perlu sama-sama kita satukan persepsi, bahwa nyatanya di surga itu, semewah apapuan tetap tdak nyaman kalau sendiri. Kenapa Nabi Adam takkala masuk surga masih merasa kesepian?? kemudian baru setelah itu Allah ciptakan siti Hawa, karena masuk surga beramai-ramai itu jauh lebih mengasikkan.


Bila kita memahami ini tdak akan berpikir untuk mempersholeh diri kita sendiri saja, akan tetapi juga menjadi seorang mushlih yaitu ikut mempersholehkan orang lain "ashlih nafsak wad'u ghairak" Dan lagi, menjadi Da'i tdak harus menjadi ulama'. Nahnu du'at qobla kulli syai'i.  Job pertama kita adalah menjadi da'i dan itu bisa dari hal kecil yang mungkin di anggap sepele oleh sebagian orang, seperti:
-mengajak orang untuk baca salam
-mengajak membuang sampah pada tempatnya 
-mengajak sholat duha, mengajak pada hal-hal kecil lainnya


Bayangkan kalau semua orang berfikir dan melakukam hal itu, betapa indah nya dunia ini, dan kita melangkah kaki ke surga bersama sama karena bintang di langit jika hanya ada satu titik, tidak menarik tapi kalau banyak dia begitu indah dan jika titik-titik kebaikan itu menyebar, akan terbentuk lingkungan yang Allah berkahi. Dan satu hal yang juga tidak boleh luput adalah tak usah sedih dengan orang-orang yang menolak dakwah kita, karena tugas kita hanya menyampaikan dan takkala sudah kita sampaikan kita bisa nanti menjawab takkala Allah bertanya:
sesuai dengan firmannya:


(وَإِذْ قَالَتْ أُمَّةٌ مِنْهُمْ لِمَ تَعِظُونَ قَوْمًا ۙ اللَّهُ مُهْلِكُهُمْ أَوْ مُعَذِّبُهُمْ عَذَابًا شَدِيدًا ۖ قَالُوا مَعْذِرَةً إِلَىٰ رَبِّكُمْ وَلَعَلَّهُمْ يَتَّقُونَ) 
(surah Al-A'raf 164)


Dan bertanya segolongan umat diantara mereka mengapa kamu masih saja memperingati kaum yang mana Allah menghancurkan mereka atau mengazab mereka dengan azab yang pedih?" mereka menjawab "sebagai alasan kami di depan rabb kami dan agar mereka bertaqwa"


Ayat yang menguatkan kita bahwa tugas kita hanya menyampaikan, dan mudah mudahan sedikit banyaknya dakwah kita mampu menyentuh relung hatinya sehingga menggerakkan untuk taat dan menjadi hamba yang bertaqwa.
Wallahu 'alaam bisshowaaab...

Sebelum kepertanyaan saya ingin tau, dari semua anggota yang saangat luar biasa ini kira-kira apakah yang membuat antum semua tetap bertahan untuk berdakwah mengajak orang lain kepada Allah?
Jawaban admin

  1. Sebagai bentuk berlepas diri dihadapan Allah nanti bahwa kita sudah berdakwah perkara hidayah mutlak hak Allah.
  2. Saya ingin menambah silaturrahiim dengan para sholihin dan sholihaat karena saya sadar saya masih kurang ilmu disamping menyampaikan kepada yang lain tentu untuk saya jua agar terus mau belajar dan belajar.
  3. Untuk menambah Saudara ,ilmu dan Niat baik in sya Allah ,akan Allah berikan yang terbaik
  4. Ana termotivasi dengan hadist "barang siapa yang mengajak kepada jalan yang benar jadilah baginya (berhak) mendapat suatu ganjaran yang besarnya serupa dengan ganjaran-ganjaran orang yang mengikuti (ajakan)nya tanpa dikurangi sedikitpun dari ganjaran-ganjaran mereka yang mengikuti"
  5. Berharap ridho ALLAH SWT semata walaupun melalui sarana ini ingin membawa kebaikan
  6. Selain untuk menambah ilmu, bertambah ukhuwah,saya teringat pada satu surah bahwa  pada tiap-tiap diri adalah khalifah dan sampaikan walau satu ayat meski saya sadar masih sangat faqir ilmu jadi bersama para adminers yang sangat luarr biasa d sini saya belajar
  7. Karna saya ingin bertemu kembali dengan sahabat-sahabat sholihah
  8. Bertambah ilmu dan sodara
TANYA JAWAB

Pertanyaan M11

1. Tanya ustadz.. sekarang ini banyak da'i atau pun da'iah yang memakai "tarif" apalagi kalo sudah tampil di tv. Kalo yang seperti itu bagaimana ustadz? Bagaimana pandangan islam mengenai hal ini?
Jawab


Jazakillah mba. jelas ini bukan dari ajaran Rosulullah di sini ada sebagian orang atau masjid yang mengasih kepada syaikh uang dan beliau secara langsung menolak jangan antum semua rusak ibadahku dan niat baikku. Sudan adalah negara para ulama' bahkan seharusnya sang da'i yang membantu uang makan uang buku uang transfortasi dll kita semua disini gak keluar uang sama sekali bahkan kalau mereka kita undang mengisi pengajian mereka selalu bilang jangan bosan dengan dakwa ini jangan hargai dakwa dengan uang

Pertanyaan M12

1. Ustadz..Apakah d perbolehkan da'wah melalui status media sosial semisal pesbuk? terkadang menegur bahwa itu salah saya masih sungkan dan agak ragu, Kalo di buat  status kan bisa untuk siapa saja tapi tidak langsung sasaran khawatir juga yang saya tuju ga mengerti apa yang saya tulis d status itu, mohon penjelasan ustadz.
Jawab


Jazakillah.. berdakwah itu dimana saja mba kapan pun tidak mengenal jam, usia, media dll kalau di facebook sendiri biarin orang mengatakan sok alim dll asalkan niat kita tidak menyimpang ikhlas lilahi ta'ala untuk berdakwa dan mendapat pahala (No Problem) silahkan

Pertanyaan M15


1. Bismillahirrahmanirrahim Assalamu'alaikum pak ustadz.Afwan sedikit sharing. Mengajak orang lain menjadi muallaf bukan perkara mudah, harus senantiasa membimbing agar kian memegang teguh aqidahnya belum lagi dampak bagi muallaf yang bersangkutan sampai terusir dari rumah dan tidak diakui sebagai keluarga. Bagaimana menjaga istiqomahnya sahabat surgaku (yang muallaf) ini agar mampu pula meng-hijrahkan keluarganya ? Jazakillah khair
Jawab
jazakillah mba pertanyaan nya super sekali memang untuk mengajak orang untuk masuk islam tidak mudah perlu kerja keras dan yang lebih di anjurkan itu suri tauladan kita kita tunjukkan bahwa islam itu mulai dari ahlaq sampai kebersihan perkara mau mengajak 1 keluarga untuk masuk islam kita serahkan kepada Allah. Rasulullah saja mengislamkan 1 keluarga belum tentu bahkan keluarga nya sediri pamannya Abu thalib, Abu jahal dll tidak masuk islam disitu Rosulullah bersedih. Hidayah murni datang dari Allah untuk istiqomah kita terus ajarin suri tauladannya Rosulullah dan ahlaq baik kita. wallahu 'alaam bissowab

2. Ustadz saya mau tanya, kalo mengajak beribadah/ berbuat baik kepada anak sendiri atau anggota keluarga yang lain apa itu termasuk berdakwah? 
Jawab
jazakillah mba, iya tentu di hitung ibadah dan pahala juga. Ana punya cerita kebanyakan teman-teman ana yang menikah istrinya bukan dari yang agamis melainkan yang biasa-biasa aja karena selama kita mengajarkan sembayang, baca Al Qur-an, puasa dll itu dihitung ibadah dan pahala untuk kita berdakwah kepada keluarga malahan diutamakan jangan sampai dibilang berdakwah kemana-mana tapi keluarga sendiri hancur. Intinya selagi itu baik maka dihitung pahala, "Sampaikan walaupun satu ayat"

3. Assalamualaikum wrwb Ustadz mau tanya terapi biar kita ikhlas dan lapang dada jika apa yang kita sampaikn belum terlihat hasilnya malahan tidak sedikit yang menghujat, bahkan menilai dari kita beda aliran dengan mereka, itulah hati manusia kadang hati ini insyaf mungkin belum saja tapi mengingat hujatan, hinaan kekita, afwan ustadz...kadang berfikir juga Allah melihat prosesnya masalah hasil itu hak Allah SWT sepenuhnya mohon pencerahannya pak ustadz Jazakallah.
Jawab
Jazakillah benar sekali, tidak kita pungkiri bahwa itu sering menimpah kita, kita susah susah berdakwah yang ada malah di cemoohkan. Namun, sesuatu yang sulit bukan berarti tidak bisa kan?? saya yakin antum bisa mengatasi futur tsb. sebab sebagai seorang da'iyyah kita juga sudah terbiasa membekali diri kita dengan amal-amal yaumiyah yang rutin sehingga benturan-benturan dalam dakwah ini tidak akan melemahkan kita justru menjadikan kita lebih giat lagi untk memperbaiki diri dan mengevaluasi diri. barangkali ada cara-cara kita yang salah dll

wallahu 'alaam

Pertanyaan M18


3. afwan mau tanya seandainya di suruh memilih sahabat di dunia nyata tapi menjauhkan kita dari mengingat Allaah atau sahabat di dunia maya yang selalu mengingatkan kita untuk selalu ingat pada Allaah meski jika suatu saat kita meninggal beliau-beliau yang di dunia maya hanya mengirimkan bela sungkawa via sosmed dan tidak datang ke rumah kita...jazaakallaahu khayr ustadz
Jawab
Jazakillah mba yang sholihah jangan keliru mba kita harus seimbang antara Dunia dan akhirat Allah menciptakan kita ada laki laki ada perempuan, ada siang ada malam, ada Dunia nyata dan ada dunia maya semuanya bermanfaat tapi jangn karena Dunia maya kita mengabaikan sahabat kita terdekat. ada sebagian orang bilang gerget itu mendekatkan yang jauh dan menjauhkan yang dekat" intinya kita harus seimbang dunia maya juga penting dari sana kita bisa bersilahturahmi dari jarang yang jauh bisa berbisnis baik itu berbisnis dengan Allah maupun berbisnis dengan harta, didunia maya juga bisa menghilangkan strees, galau, bahkan bisa mengingatkan kepada Allah taqorrub ilallah. Dibagi aja waktu nya mba bisa sambil nyambi sambil dengarkan tausiyah ustadz dimasjid kita juga share ke media biar yang lain mendapatkan manfaat dan kita mendapatkan pahala. Di dunia maya juga kita bisa mendapatkan do'a dari ribuan orang bahkan nanti di akhirat kita ditolong ikhwah-ikhwah kita yang sama-sama berdakwah di sini. Kamu gunakan untuk apa tangan dan otak kita jawab untuk berdakwah di media demi ajang saling mengingatkan kepada Allah

Pertanyaan M20
1. Ustad, saat seseorang ingin bertobat tapi kita tidak bisa membantunya karena keterbatasan ilmu & hanya menyarankan dia untuk mencari orang yang lebih paham agama, apaka kita berdosa ustad jika dia akhirnya tidak jadi bertobat? Sebaliknya, jika kita menasehati keluarga kita & dia menolaknya dengan keras, apakah kita juga berdosa jika kita tidak berusaha menasehatinya ato mengingatkannya lagi? terimakasih
Jawab
Jazakillah pertama-tama ana sampaikan tugas kita hanya menyampaikan adapun di terima atau tidaknya kita serahkan kepada Allah Jangankan kita yang lemah ini sekelas Baginda Rosulullah saja banyak keluarga yang tidak mengikutinya bahkan beliau sedih paman kesayangannya yang selalu membantu nya tidak mengucapkan syahadat. Mengenai orang yang mau bertaubat tapi karena keterbatasan ilmu yang kita punya dan kita menyarankan ke yang berhak antum sudah dapat pahala dan sudah menolongnya kejalan yang benar sama kasusnya dengan Khomar (minuman keras) yang menjualnya walapun tidak minum, yang menunjukkan temptnya, yang memegangkan bahkan yang meminumnya mendapatkan dosa
wallahu 'alaam

2. Assalaamualaikum bertanya Ustadz. Ketika ada suatu organisasi/sebuah pergerakan yang juga menjelaskan bahwa da'wah itu juga penuh rintangan dan pengorbanan hingga nyawa. Bagaimana cara agar bisa memilah bahwa organisasi/pergerakan tersebut penuh rintangan karena benar-benar dakwah atau justru karena imbal balik dari suatu gerakan yang salah
Jawab


Jazakillah.. Selagi organisasi atau pergerakan itu memegang 2 wasiat Rosulullah yakni (Al Qur an dan Al Hadist) bagus kita ikuti ada organisasi yang hanya memegang Al qur an saja ada yang memegang keduanya bahkan membenci sahabat nabi dll itu semua salah islam itu rahmatan lil 'alamin yang memegang Al Qur'an dan Hadits serta menyayai para sahabat para ulama dan manusia. wallahu 'alam

Pertanyaan M21


1. Bagaimana bila pasangan kita yang menginginkan kita untuk mengurangi jalan untuk berdakwah via HP?
Jawab
Jazakillah mba, jelas penuhi apa kata suami kita, jika suami ridho maka Allah akan ridho kalau mba ingin suro via whatsapp atau berlama-lama di gerget tapi suami ada di rumah mintalah izin dia dulu kalau gak diizinin minta maaf sama yang pimpin suro kita berhalangan. Intinya surga nya ibu-ibu ada pada suami nya dan sebelum kita berdakwah di hp kasih cerahan betapa muliah nya dan banyak pahalanya suami yang ridho kita berdakwa di gadget. 

2. Di surat an nur Allah berfirman yang artinya laki-laki yang baik akan mendapatkan wanita yang baik pula tapi di akhir surat at tahrim ada ayat yang menjelaskan asiah yang shaliha bertemu dengan firaun laknatullah. Begitu juga nabi luth..istrinya durhaka..
bagaimana tanggapan ust?
Jawab
Jazakillah mba, kita mulai dalil yang mengatakan bahwa wanita-wanita yang baik untuk laki-laki yang baik pula An-Nur 26.Kita sudah tau asbabun nuzul ayat ini yang bersumber dari Abdullah bin zaid diriwayatkan oleh Ath Tabrani bahwa ayat ini turun berkenaan dengan Aisyah Ra yang dituduh oleh kaum munafik dengan tuduhan dusta yang dibuat-buat. Rosulullah saw adalah orang yang paling baik, maka pastilah wanita yang baik pula yang menjadii istri beliau. Nah sekarang orang yang baik pasanganya buruk. Bisa jadi orang menurut kita baik ternyata buruk dalam pandangan Allah kita hanya tau fisik nya Allah yang lebih tau tentangnya. Firman Allah Swt "boleh jadi kamu membenci seauatu padahal Allah amat baik bagimu, dan boleh jadi pula kamu menyukai sesuatu padahal ia amat buruk bagimu, Allah mengetahui sedangkan kamu tidak mengetahui (QS 2 : 216). Versi baik menurut manusia dan menurut Allah itu sangat jauh berbeda. wallahu 'alaam

Doa penutup majelis :


سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ ٭

Artinya:
“Maha suci Engkau ya Allah, dan segala puji bagi-Mu. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan melainkan Engkau. aku mohon ampun dan bertaubat kepada-Mu.”

Wassalamualaikum wr.wb

--------------------------------------------------
Hari / Tanggal : Selasa, 26 Januari 2016
Narasumber : Ustadz Alfan Muttaqien
Tema : Kajian Islam
Notulen : Ana Trienta

Kajian Online Telegram Hamba اَﻟﻠﱣﻪ Ta'ala

Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment