Ketik Materi yang anda cari !!

Home » , , » AKHLAK TERPUJI DAN AKHLAK TERCELA

AKHLAK TERPUJI DAN AKHLAK TERCELA

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Monday, February 22, 2016

Kajian Online WA  Hamba الله SWT

Senin, 22 Februari 2015
Narasumber : Ustadzah Kharis
Rekapan Grup Bunda M9 (Bd. Melia)
Tema : Kajian Islam
Editor : Rini Ismayanti


AKHLAK TERPUJI DAN AKHLAK TERCELA

Bismillah...
Assalamu alaikum wr.wb bundaa sholikhah....
Apa kabarnya semuaa....
Semga alloh senantiasa memberkahi kita semua....usia...ilmu...dan semua panca indera kita semoga senantiasa dalam ketundukan dan ketaatan kepada alloh...aamiin...
Alhamdulillah...sore ini kita bisa bersama kembali di majlis ilmu...yang mudah-mudahan alloh merejekikan kefahaman untuk kita semua...dan memberikan kekuatan untuk mengamalkannya...aamiin...
Salam dan sholawat semoga alloh limpahkan untuk rosululloh saw...yang menjadi qodwah seluruh umat manusia sepanjang zaman....

Bunda sholikhah...
Imam al Hasan al  Bashri mendefinisikan akhlak terpuji  adalah :
" wajah berseri seri, penuh kemurahan hati, dan menahan diri dari mwnyakiti orang lain "
Dalam surat al Qolam :4
" Dan sesungguhnya engkau benar benar berbudi pekerti yang luhur "

Bukanlah hal yang berlebihan jika di katakan bahwa semua kebaikan bersumber dari akhlaq yang mulia.. Karena orang yang mempunyai akhlaq mulia akan selalu berusaha dan bergegas melakukan perbuatan perbuatan baik yang bermanfaat.. Dan dalam waktu yang sama meninggalkan perbuatan perbuatan tercela yang merugikan.. Maka ketika kita melakukan cara ini akan mendapatkan kebahagiaan  di dunia dan akhirat..

Hubungan akhlak yang baik sangat erat dengan ketakwaan seseorang....
Orang yang bertaqwa akan menjaga hubungan dengan alloh dan jg akan membangun hubungan yang baik dg sesama... Bila seseorang mempunyai akhlak yang baik maka menandakan keimanan yang sempurna..

Dalam hadis Bukhori Muslim dan tirmidzi...Abdulloh bin Amru bin ash berkata :
" Rosululloh saw bukanlah orang yang suka melewati batas( al-Faahisy) dan bukan pyla orang yang melakukan kekejian( al mutafahisy).melainkan beliau bersabda," orang terbaik diantara kalian adalah orang yang paling baik akhlaqnya "

All fahsyu adalah perbuatan yang melewati batas hingga dianggap tidak wajar baik bentuknya ucapan maupun perbuatan. Sedangkan al mutafahhisy adalah orang yang dengan sadar sering dan suka melakukan tindakan tindakan yang melewati batas.

Sahabat Abu Hurairoh r.a berkata:
" Rosululloh pernah ditanya tentang hal apa yang paling banyak menyebabkan seseorang masuk syurga? Jawab rosululloh : takwa kepada alloh dan berakhlak yang mulia..Kemudian beliau di tanya tentang yang paling banyak menyebabkan orang masuk neraka. Beliau menjawab : mulut dan kemaluan..
Sahabat abu darda' berkata: sesungguhnya rosululloh bersabda;
" amal yang menjadikan timbangan seorang mukmin berat di hari kiamat adalah akhlak mulia. Sesungguhnya alloh membenci orang yang melewati batas batas kewajaran dan tidak punya sopan santun "
Bunda sholikhah.....
Akhlak mulia mempunyai banyak tingkatan dan tahapan. Tahapan pertama adalah taqwa kepada alloh dimanapun dan kapanpun kita berada. Kemudian menghapus perbuatan perbuatan jelek dengan memperbanyak melakukan perbuatan perbuatan yang baik diantaranya adalah dengan bersikap baik terhadap orang lain...

Bunda sholikhah...
Semoga alloh menghiasi kita dengan akhlak yang baik seperti Dia menciptakan kita dengan sebaik baik bentuk...
Aamiin..
Wallohu musta'an...

TANYA JAWAB

Q : Afwan Us...contoh akhlak mulia dalam kehidupan sehari-hari itu apa saja?
A : Ramah dengan tetangga, berbagi...sapa salam santun...senyum Empati dll...

Q : Ustadzah.. orang non muslim juga banyak yang baik,, tapi apa itu tidak bisa disebut akhlak mulia ya.. ?karena mereka tidak beriman kepada Allah..
A : Orang yang non muslim melakukan kebaikan... maka sia sia...gak berpahala... Bukan akhlak mulia.. Di surat albaqoroh allah mengatakan " tidak akan ridho orang orang yahudi dan nasrani sehingga kita mengikuti agama mereka. Jadi kebaikan mereka juga bisa di katakan ada pamrihnya...

Alhamdulillah, kajian kita hari ini berjalan dengan lancar. Moga ilmu yang kita dapatkan berkah dan bermanfaat. Aamiin....

Segala yang benar dari Allah semata, mohon maaf atas segala kekurangan. Baiklah langsung saja kita tutup dengan istighfar masing-masing sebanyak-banyaknya dan do'a kafaratul majelis:

سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika

“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”

​السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ




Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment