Ketik Materi yang anda cari !!

Home » , , , » BERDAKWAH KE THOIF (MENGGALI IBROH DARI SIROH RASULULLAH)

BERDAKWAH KE THOIF (MENGGALI IBROH DARI SIROH RASULULLAH)

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Monday, February 29, 2016

Assalamualaikum alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Alhamdulillah Robbil alamin wassalatu wassalam ala nabiyinal karim  Muhammad ibni Abdillah wa ala alihi wa ashabihi ajmain.  Amma ba'du.

Dakwah Rasulullah sallallahu alaihi wasallam di kota Mekkah selama  sepuluh tahun tidak menunjukan hasil seperti yg di harapkan tantangan dakwah bahkan semakin keras. Pada tahun ke 10 kenabian tersebut, istri Rasulullah tercinta Khadijah radhiyallahu anha menghadp ke Robbnya. Kemudian disusul oleh pamannya yng mengasuh beliau sejak kecil serta memberikan perlindungan sejak berdakwah islam dimulai yaitu Abu Tholib kesemena menaan orang kafir terhadap kaum muslimin sepeninggal Abu Thalib bahkan semakin meningkat begitupun terhadap Rasulullah. Tahun itu dikenal aamul huzn atau tahun kesedihan. Ditahun yang sama Rasulullah keluar berdakwah ke wilayah Thoif. Berharap  penduduk  thoif berkenan menerima dakwah dan masuk Islam. Rasulullah keluar berjalan kaki melewati padang pasir dibawah terik yang.menyengat hanya ditemani oleh seorang pembantunya  Zaid bin Haritsah.

Ketika sampai di Thoif Rasulullah menemui pembesar suku Tsaqif di Thoif Abdul Yalail, Masud dan Hubail. Bukannya menerima dakwah Rasul mereka justru mencaci Rasulullah "Aku akan mengoyak kain penutup kabah jika benar engkau seorng Rasul wahai Muhammad" ujar slah seorang mereka. "apa tidak ada lgi Manusia lain yg lebih pantas sehingga Allah mengtusmu" ujar yg lain "tak ada yang lebih menghinakan bagiku kecuali berbicara denganmu, keluar dari wilayah kami". Mereka mengusir Rasulullah dari perkampungan Thoif. bahkan memerintakn para budak dan anak kecil menghina Rasulullah dn melemparinya dengan batu hingga Rasulullah dan Zaid bin Haritsah berlari keluar dri perkampungan tersebut dalam keadaan berlumuran darah. Zaid menjadikan dirinya tameng bagi Rasulullah. mereka berlari sejauh lima kilo lalu berlindung disebuah kebun milik orng quraish mekkah Utbah dan Syiabah bin Rabiah. Dikebun itulah Rasulullah mengdukan keluh kesahnya, derita yg dihadapix kepad Allah. Tatkala pemilik kebun melihat Rasulullah, mereka meminta pembantunya yang bernama Addash untk membawakn anggur kepada Rasulullah.

Rasulullah mencicipi anggur tersebut dengan basmalah. Addash terkagum dengan kemuliaan ahlaq Rasulullah. Rasul pun bertanya kepadanya. Apa agamamu dan dari mana asalmu wahai Addash. Saya seorang Nasrani dari Iraq. Rasulullah pun berkata kepada Nabi Yunus dari Iraq. Kami bersaudara.. Saya Nabi Allah dan Yunus adalah Nabi Allah. Addash pun kemudian bersyahadat. Setelah itu dalam perjalanan pulang Rasulullah di datangi oleh utusan jin dan meminta untk untk mengrkan dakwah Rasulullah. Rasulullah lalu membacakan ayat Alquran.  Mereka pun lalu beriman dan kembali berdakwah dikalangan mereka. Rasulullah melanjutkan perjalanan. Setelah sampai di Qarni Manazil. Jibril datngnkpda beliau. "Wahai Muhammad malikat penjaga gunung mengirim salm kepadmu. Katakan gunung yg mana yang engkau pilih untk dtimpakan kepda penduduk Toif sebagai balasan atas kesombongan merka". "merkan tidak memang tidak beriman, tapi aku memohon kepada Allahh semoga keluar dari mereka keturunan yang menyembah Allah dan beriman kepada kebenaran Risalah Rasulnya" jawab Rasulullah menolak tawaran azab bagi penduduk Tohir dan telah mengusirnya.

Luka Rasulullah belum sembuh. Orang Quraisy mengetahui apa yang menimpa Rasulullah di Thoif. Mereka akan menyiapkan hal serupa jika Rasulullah telah sampai di Mekkah. Maka sebelm sampai mekkah Rasulullah mendatangi beberapa pembesar kaum untk meminta jaminan. Beliau mendatangi Al Akhnas bin Syuraiq meminta perlindungan tapi ditolak. Lalu ke suhail bin amir juga ditolak.  datang kepada Mutmim bin abi adhi. Iya pun menyetujui. Ia perintahkan anak2nya serta kaumnya untk menggunakan baju besi dan membawa pedang lalu mngatr Rasulullah hingga masuk mekkah tawaf dkabah dn mengantar Rasulullah hingga pintu Rumahnya. Ketika Abu jahal melihat hal itu ia betanya kepada suhail. Apakan engkau penjamin atau pengikut Muhammad wahai suhail. Aku penjamin keamanan bagi dia. Maka abu jahal kami melindungi dan menjamin siapa yang engkau jamin. Beberapa ibroh  dari perjalan dakwah Rasulullah.

1. Kesedihan seorang mukmin tidak boleh menjadikannya larut lantas menghambat dirinya dalam menyerukan kebenaran dan dakwah

2. Setiap dakwah memiliki tantangan. bayangkan kesusahan yang ditempuh oleh Rasulullah, berjalan  kaki ke Toif  banyak untk dakwah, sesampai disana bukannya disambut justru dihina dan diusir. inilah ujian dakwah yang paling kerasa yang dihadapi oleh Rasulullah. suatu ketika Aisyah Radiyahllahu anha bertanya kepadanya. adakah ujian dakwah yang paling keras yg pernah engkau hadapi wahai Rasulullah? "aku telah melalui semua ujian yang ditimpakan oleh kaummu tapi apa yang aku hadapi di Thoif jauh lebih keras.

3. Menunjukkan Ahlak mulia adalah bagian dari dakwah, itulah yg menarik hati sel orang pemuda bernama Adidas untuk memeluk islam.

4. Jin memilki kewajiban berisikan dan berdakwah sama seperti manusia.

5. Belajar dari Rasulullah, menghidari sifat pendendam. Rasulullah berhak menerima tawaran malaikat penjaga gunung untk.menghancurkan penduduk Toif. tpi justru Rasulullah mendoakan yang baik kepada mereka yang telah menyakitinya. dan benar doa Rasul di ijazah. islam kemudian menyebar di toif. Abu Hurairah  seorang sahabat yng paling banyak meriwayatkan hadits datang dari toif. Muhammad bin qosim seorang komandan muda kaum muslimin di zaman kekhilafan bani umayah  memimpin kaum muslimin membebaskan wilayah india. keturunan bani tsaqif diThoif
wallahu alam.

Tafadhol, ditambah dan disempurkan yang masih kurang..

TANYA JAWAB

1. Assalamu'alaikum ust.  Mau menanyakan bagaimana Rasulullah menghindari sifat pendendam atau marah? Lalu kalo cerita Rasulullah yang tidak mau sholat jenazah jika jenazah itu masih punya hutang apakah itu masuk dalam cerita nabi atau dalam hadist ya? Dan jika orang meninggal masih punya hutang yang hutangnya itu karena kepentingan keluarga (misal u/ makan) apakah juga tidak boleh dishalati sebelum ada penanggungnya?
Jazakallah.
Jawab
Rasulullah sangat terkenal dengan sifat pemaaaf dn tidak pendendam. Sifat ksatria ini diaku oleh musuh-musuh Rasullah. Bakhan ketika Rasullallah membeskan mekkah beliau mgatak kepda penduduk mekkah yng dulunya paling banyak menyakiti Rasulullah. Izhabuu wa antmttulaqa.. Pergilah sesuka kalian karena kalian telah dibebaskan. Rasulullah tidak melakukan balas dendam padahal saat itu beliau paling berkuasa di berhak melakukan apapun yang ia inginkan. Adapun Rasulullah mampu menghidari sifat pendendam itu atas tuntunan Allah. Tak ada yg dlakukan dan dikatakn kecuali atas tuntutan Allah. Dn sejak usia 4 tahun hati Rasulullah telah dibersihkan oleh malaikt sehingga selalu terjaga  dri sifat buruk seperti pemarah dan dendam. Kita ummat tentu ingin mengikuti beliau. Namun pastinya tdak bisa sesempurna beliau sebab dalam diri kita ada hati dn nafsu yg seling tarik menarik mnjak kejalan mereka masing-masing. Tugas kita berikhtiar semaksimal untk mgikuti akhlaq rasul. Dann meyakini janji Rasul. Siapa yg memafkan sesamanya di dunia Allah akan ampuni dia diakhirat. Cerita terkait  tidak mau menyolati jenazah yang punya utang itu ada cerita Rasullah dan berdasarkan Hadits.  Semua cerita Rasul sumbernya adalah kalau bukan Alquran, haidts atau cerita sahabat. Dan yang dimaksud hadits adalah segala yang dilakukan, dikatakan oleh Rasulullah atau yang beliau diamkan dari perbuatan sahabat. (maksudnya setuju meskipun beliau tidak melakukannya). Jadi Rasulullah tidak mensolati mayat itu ada hadits. Dan driwayatkan oleh imam bukhari dalam kita sahih bukhari. Adapun alasan Rasulullah tidak mau menyolati jenazah tersebut apakah karena utangnya atau prilakunyan yang enggan membayar utang ana belum mendapatkan penjelasannya. Tapi bukan beartin boleh disalati sebab Rasullah mengatakan kepada sahabat-sahabatnya solatilah sahabatmu itu (beliau tidak ikut solat). Kemudian Abu qitadah berkata solatilah jenazahnya wahai Rasulullah aku yang menanggung utangx.... Setelah ada jaminan barulah Rasulullah solat. Wallahu alam

2. Assalamu'alaikum. Ustadz mau tanya. Gimana caranya supaya kita tetap kuat semangat untuk berdakwah ataupun melakukan kebaikan meskipun banyak yang tak mendukung atau tidak menghargainya. Jazakallah...
Jawab 
Kita harus yakin selama kebenaran yang kita dakwakan pasti banyak tidak senang dan itulah ujian dakwah. Firman Allah sungguh akan menguji kalian dengan rasa takut, lapar kekurangan harta sehingga Rasul dan orang-orang yang bersamanya berkata kapankah datangnya pertolongan Allah. Ketuhuilah pertolongan Allah dekat" "apakah manusia mengira akan dibiarkan berkata aku beriman dan mereka tidak diuji?" Jadi ujian adalah sebuah kepastian. Makanya kita syukuri ujian tersbut artinya Allah ingin memuliakan kita. Justru kita bertanya dalam diri jika meras berdakwah, beriman namun tidup datar-datar aja tanpa ujian. Benarkah kita dai/ah, mukmin/ah yang benar dalam dakwah dan keimaman? Atau jangan-jangan apa yang kita lakukan justru tidak diridhoi Allah. Dengan begitu kita akan selalu kuat dengan ujian. Dan pastikan jaga kedekatan dengan Allah. Karena Allahlah yang menggrlorakan semangat dalam jiwa. Jika jiwa selalu bergelora maka ujian akan ringan tpi jika jiwa lemah maka jasad tak akan sanggup menanggung beban cobaan. Kedekatan dgn Allahlah yg membuat para pejuang agama pendahulu kita selalu kuat. Musthil sesorng bisa berthan memikul bertnya ujian dakwah jika dirinya tidak dekat Allah. Waallahu alam

3. Dari sekian banyak Rosulullah berdakwa dari wilayah ke wilayah/negara, di daerah/wilayah/negara manakah yang: "Paling berat Beliau mendapatkan Ujian? Ujian dalam bentuk apakah?
Jawab
Yang disebutkan dalam Hadits dakwah ke wilayah thoif inilah yang paling berat yang pernah dihadapi oleh Rasullah. Disebutkan dalam sebuah riwayat Aisyah radhiyallahu anha bertanya ujian dakwah apakah yang lelaing berat yang pernah engkau hadapi wahai Rasulullah. Rasulullah menjlskan semua ujian dari kaummu telah aku hadapi tapi ujian dari orang-orang Taif jauh lebh berat. Adapun dalam keluarga adalah ketika istri beliau Aisyah radiyallahu anaha dituduh oleh orang munafik berzinah dengan sofwan bin muattal. Dan tuduhan fitnah itu di "amini" oleh sebagian sahabat Rasulullah

4. Assalamualaikum ustad mau menanyakan bagaimana kalau kita lupa apabila mempunyai hutang ? Sedangkan teman yang kita pinjam uang nya diam dan tidak menagih? Apa yang harus dilakukan.. dengan posisi lupa hutang ke siapa dan berapa. Jazakallah
Jawab: 
Urusan utang adalah sesutu yang sangat diperhatikan dalam islam. Sebab utang berhungan dengan hak orang lain. Olehnya itu Allah menjelaskan dalam surah al baqorah agar kedua belah pihak  mencatat utangnya dengan benar agar terhindar dari lupa. Sebeb orang berutang akan tertahan dengan utang. Orang syahid sekalipun akan tertahan masuk syurga jika memiliki utang meski hanya sepotong jarum. Orang yang tidak membayar utangnya kemudian meninggal maka kelak d akkhirat kebaikan-kebaikan dialah yang akan dijakan pelunas huatang. Jika sama-sama lupa namun si pemberi hutang mengihlaskan maka yang berutang dianggap bebas. Tapi jika tidak maka dia memiliki tanggungan hingga akhirat kelak

6. Ustadz saya mau tanya , metode dakwah Rosullullah dulu ketika mengajarkan islam sepert apa? apakah dulu juga ada politik seperti di jaman sekarang ini? Apakah dulu orang-orang islam mengusai politik atau terjun dalam dunia politik?
Jawab: 
Metode dakwah Islam dijelaskan langsung oleh Allah dalam Alquran. "serulah ke jalan Tuhanmu dengan bijak dan nasehat yang baik dan debatlah mereka dengan cara yang baik-baik, ini metode Rasulullah dalam berdakwah yang kemudian di ikuti oleh sahabat dan khulafaunRasyidun. Politik di zaman Rasulullah ada. Rasulullah tak hanya seorang Rasulu yang mampu caramah tapi beliau juga seorang kepala negara yang memiliki kempuan politik. Perstiwa hijrah ke habasyah, madinah, perjanjian dengan orang Aus, Khazraj, perjanjian dengan orang yahudi disektak madinah, baiatul ridwan, dan banyak lagi peristiwa lain, semua itu termasuk bentuk kecerdasan berpolitik Rasullah sebagai kepala negara. Pertanyaanya apakah politik zaman Rasul sama persis dengan zaman sekarang? Tentu beda sebab kodisi saat itu beda kondisi sekarang. Iya umat islam zaman dahulu terjun kepolitik. Jika tidak maka tidak akan tegak negara Madinah, tidak ada ke khilafaan Umayah, tidak ada kehilafaan Abbasiayah, islam tidak akan menembut Spayol dan berjaya di wilayah bizantium. Sebab sebuah negara tidak akan mampu tegak tanpa kombinasi semua ilmu dan kemampuan termasuk politik. Rasulullah adalah telah terbaik dalam berpolitik.

7. Ustadz, disaat kita udah mantep mau hijrah/mau berubah dan baru pertama kali pakek baju tertutup,,trs tiba2 ada yg bilang,,cie bu nyai,hei ikut aliran apa kamu,,dan d saat itu pula ana takut melangkan,,pengen berhenti ustadz,,bagai mana caranya biar kita tetep istiqomah dan selalu semangat meskipun banyak cemohan dan ejek an ustadz,,,?
Syukron ustadz
Jawab:
Imam Muhammad bin Abdul wahhab mengatakan bahwa step-step dalam berislam ada empat. Pertama al ilmu ( memahami) kedua mengamalkan, ketiga mendakwakan kempat bersabar atas segala ujian akibat kita berpegang teguh pada Islam. Jika kita dicemooh oleh sebagian  karena kebaikan yang kita lakukan itu  jauh lebih kuliah Dari pada dicemooh oleh Allah dan malaikat-malaikat akibat enggan berhijrah dari keburukan kpd kebenarn. Kita hanya dicemooh. Rasullah bakan berlumur  berdarahkarena mempertahankan kebaikan yang ia lakukan. Sampai putrinya Fatimah radiyallahu anha sambil terisak becucuran airmatany memebersikan luka dpipi rasulullah. Kita mungkin hanya dicemooh oleh orang lain. Rasulullah dicemooh dan dsakiti oleh orang lain dan keluarganya. Temasuk pamannya abu lahab saudra abdullah ayah Rasulullah. Diludahi oleh menantunya sendiri utbah dan utaibah. Itu kebenaran tidak selalu bersih dari onak cobaan. Namun Allah menjanjikan kepada siapa yang memilih yang benar dalam surah as Syams. " sungguh beruntunglah siapa yang memilih membersihkn diri dan sungguh merugikan siapa yang mengotori dirinya" semoga cemohan, hinaan semakin menjadikan kita mulia di hadapan Allah

8. Ustadz sekarang banyak islam-islam moderen, bagaimana cara membedahkannya seperti ISIS, syiah, islam nusantara dll dan bagaimana cara kita menghindari hal yang bisa menjerumuskn kita, apalagi orang awam yang belum tau islam ustadz, Syukron ustadz
Jawab:
Rasulullah bersabda "aku tinggalkan bagi kalian dua perkara jika kalian berpegang teguh nicaya kalian tidak akan sesat selamanya, kitabullah (Alquran) dan sunnah Rasul. Kita tinggal melihat dari semua yang kita anggap 'islam modern' yang mana yang berpegang teguh pada al Quran dan sunnah lalu kita ikut. Yang melenceng dari al Quran dan sunnah jauhi. Jika kita masih merasa sangat awam bertanyalah kepada para ulama, ustaz, masyaikh. Lihat siapa yang mulia akhlak dari mereka lalu belajarlah dari mereka sebab sabda Rasul "para ulama adalah pewaris nabi-nabi" wallahu alam

Doa Penutup Majelis

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ

SUBHAANAKALLAAHUMMA WABIHAMDIKA ASYHADU AL-LAA ILAAHAILLA ANTA ASTAGHFIRUKA WA-ATUUBU ILAIKA

Artinya :“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada tiada Tuhan melainkan Engkau, akumemohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.” (HR. Tirmidzi, Shahih)


Wassalamualaikum wr.wb

--------------------------------------------------
Hari / Tanggal : Senin, 29 Februari 2016
Narasumber : Ustadz Hizbullah Zein
Tema : Kajian Islam
Notulen : Ana Trienta

Kajian Online Whatsapp Hamba اَﻟﻠﱣﻪ Ta'ala
Link Bunda

Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Terbaru