Ketik Materi yang anda cari !!

HATI

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Friday, February 5, 2016

Embun Pagi
Jum'at, 5 Februari 2016

HATI
Rayen el shirazy ( PENGURUS Kajian Online HA)

Karena terlalu ingin berbangga hati, terkadang membuat kita lupa diri, atas semua kebaikan yang dilakukan kepada orang lain. Lalu menganggap diri kita pantas untuk mendapatkan balasan berupa kebaikan pula.
Seakan bahwa kebaikan itu harus selalu mendapatkan balasan kebaikan, menuntut bayaran atas apa yang telah dilakukan. Padahal hakekatnya diri ini hanyalah pinjaman yang akhirnya harus dikembalikan kepada pemilik-Nya.

Begitu hinakah hati ini ? Yakinkah tak ada dosa yang pernah dilakukan sebelumnya? Yakinkah diri ini sudah banyak berbuat amalan baik?

Wahai saudaraku, sadarlah, ingatkanlah jiwa kita, yakinkanlah hati kita, semua kebaikan yang kita lakukan adalah atas kuasa Allah karena tak akan ada yang luput dari pengawasan-Nya.

Lantas, balasan apa yang kita harapkan selain surga di akhirat nanti? Sudikah hati kita untuk ikhlas menerimanya? Walaupun kadang sungguh sulit, menerima atas apa yang telah Allah berikan dan tetapkan, baik terlihat dengan mata ataupun tidak.

Wahai sahabat bukankah Allah sudah berfirman :
"Dan janganlah engkau (Muhammad) memberi (dengan maksud) memperoleh (balasan) yang lebih banyak" (QS : Al-Muddatstsir ; 6).

Ketika hati terbersit bangga membantu banyak orang dan menyedekahkan harta yang kita miliki,  tetapi kita tak kunjung melihat balasan kebaikan atas kebaikan yang kita berikan, maka saat itulah hati kita sedang di uji, apakah kita mampu tetap ikhlas, ataukah kita mengeluhkannya.

Walaupun kadang tanpa sadar hati kita mengeluh "Ya Rabb, kurang apa lagi hamba beramal di jalan-Mu, mengapa bukan kebaikkan balasan yang ku terima, mengapa musibah yang aku dapatkan".

Wahai saudaraku, sungguh Allah tidak pernah mengingkari janji-Nya. Setiap kebaikkan di jalan-Nya akan dibalas dengan kebaikkan yang banyak. Seperti Allah jelaskan dalam Al Qur'an : "Barangsiapa mengerjakan kebajikan, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka pasti akan Kami Berikan kepadanya kehidupan yang baik dan akan Kami beri balasan dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan" (QS : An-Nahl ; 97).

Lantas, sudahkah hati ini bersyukur? Sudahkah hati ini ikhlas beramal karena-Nya? Hanya hati kita yang mampu menjawabnya.

Div BBnA-HA/A/92/5/II/2016
===================================
Diperkenankan menshare artikel ini ke semua medsos jika dirasa bermanfaat tetapi dengan tetap mencantumkan narasumber aslinya, www.hambaAllah.net
Follow us
twitter : @kajianonline_HA
fb : KAJIAN ON LINE-HAMBA ALLAH
Web : www.hambaAllah.net
IG : @hambaallah_official
 
Join kajian HA via telegram
klik Bit.ly/kajian_HA

Ayo kirim karyamu
Akhwat
Tuwuh +6281290734391
Anna +6287788217444
Ikhwan
Ridho +6289623801053
Jaka +6285716479466

posted by
EmbunPagi
www.hambaAllah.net

Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment