Ketik Materi yang anda cari !!

Home » , » Iri Hati

Iri Hati

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Sunday, February 14, 2016

Embun Pagi

Ahad, 14 Februari 2016

Iri Hati

Ummu Khiar
(Member M04 Kajian Online Hamba Allah)

Iri hati adalah sebuah sifat yang dimiliki oleh seseorang berupa tidak senang jika orang lain itu lebih baik dari dirinya. Sifat ini sangat menyiksa si penderita, karena batin kerap sekali tersakiti bila melihat orang lain bahagia.

Orang dengki selalu mencerca dan mencaci apa yang di lakukan orang yang didengkinya. Jangankan yang tampak buruk, yang nyata-nyata baik pun akan tampak buruk di hadapannya, orang yang dengki hanya melihat dirinya sendiri.

Orang yang membiarkan dirinya dikuasai oleh iri hati dan dengki akan menanggung kerugian yang amat besar, karena setiap kali ia melihat orang yang di dengkinya bahagia, maka hati dan perasaannya menderita. Dan hatinya semakin penuh dengan dengki, marah, benci, curiga, kesal, kecewa, resah dan perasaan-perasaan negatif. 

Layaknya penyakit lainnya, ketika di pelihara maka akan mengundang penyakit-penyakit lainnya. Sebagai mana firman Allah SWT :
"Dalam hati mereka ada penyakit, lalu di tambah Allah penyakit, dan bagi mereka siksa pedih di sebabkan mereka berdusta ( Q.S; al-baqarah : 10)

kita tak perlu iri dengan kelebihan orang lain, karena Allah memberikan kita kelebihan. Iri hanya bersemayam di hati mereka yang tidak menghargai kelebihan.
Terkadang Allah membiarkan mereka yang membenci dan menyakiti kita, hanya agar mereka tahu bahwa mereka tak bisa menjatuhkan kita.

Kita bahagia bukan  ketika kita mendapatkan yang kita inginkan, tapi ketika bersyukur atas apa yang kita dapatkan. Jika kita mampu bersyukur atas apa yang telah Allah berikan kepada kita, kita tak akan cemas memikirkan apa yang bukan hak kita. 

Kita harus berbuat baik kepada siapa saja, walau terkadang mereka berburuk sangka pada kita. Namun balaslah dengan kebaikan, doakan agar suatu saat mereka sadar dengan sendirinya.

Saat ada yg kesal, marah, dan tersinggung yang harus kita lakukan adalah mendengarkan. Hidup ini bukan tentang apa yang di pikirkan mereka yang membenci kita, tapi hidup ini tentang bagaimana kita mensyukuri nikmat Allah. 

Ketika hidup kita terasa berat ingatlah satu hal bahwa Allah tetap bersama kita dan tak akan pernah meninggalkan kita. Orang yang membenci kita, jadikan dia motivasi hidup. Dan dia yang mencintai kita jadikan inspirasi hidup.

Div BBnA-HA/A/98/14/II/2016
===================================
Diperkenankan menshare artikel ini ke semua medsos jika dirasa bermanfaat tetapi dengan tetap mencantumkan narasumber aslinya, www.hambaAllah.net

Follow us
 twitter : @kajianonline_HA
  fb : KAJIAN ON LINE-HAMBA ALLAH
  Web : www.hambaAllah.net
  IG : @hambaallah_official
  Join kajian HA via telegram
klik Bit.ly/kajian_HA

Ayo kirim karyamu;
Akhwat
  Tuwuh +6281290734391
  Anna +6287788217444
 Ikhwan
Ridho +6289623801053
Jaka +6285716479466

posted by
EmbunPagi
www.hambaAllah.net

Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment