Tujuan utama dari pelaksanaan Grup ini, semata-mata hanya untuk mencari Ridho اللّهُ SWT. Terus semangat belajar dan berbagi ilmu sampai ke liang lahat demi menjadi Hamba Allah SWT yang Kaffah

DEMAM

Demam secara definisi adalah peningkatan suhu badan di atas normal. Batasan yang umum dipakai adalah peningkatan suhu tubuh di atas 37,5 C. Demam sebenarnya bukan merupakan penyakit tersendiri, tapi merupakan salah satu dari gejala penyakit. Penyebab demam dapat berupa infeksi (virus, bakteri, parasit, dll), proses peradangan, keganasan, keracunan, atau bahkan kerusakan organ.

Tipe demam bermacam
  • Demam kontinyu terjadi terus menerus, ada penurunan suhu tubuh tapi tidak sampai 1 derajat.
  • Demam remitten terjadi penurunan suhu tubuh beberapa jam atau hari, tetapi kemudian muncul lagi.
  • Demam septik, terjadi peningkatan terus menerus pada suhu tubuh.
Tipe demam bisa digunakan untuk mengenali suatu penyakit. Misalnya malaria demamnya intermitten. Atau demam pada penyakit demam berdarah yang menyerupai pola pelana kuda (demam pada beberapa hari awal, turun pada hari ke 4-5, kemudian meningkat lagi). Demam juga bisa disertai dengan keluhan lain seperti batuk, pilek, menggigil, penurunan nafsu makan dll.

Beberapa hal yang harus diwaspadai saat demam antara lain:
  • Pada anak awasi jika terjadi dehidrasi, penurunan kesadaran, atau kejang
  • Pada dewasa awasi gejala pengikut lain, misal, penurunan kesadaran, perdarahan, dll

Penatalaksanaan di rumah untuk demam yang dapat dilakukan antara lain:
  1. Berikan cairan/minum yang cukup untuk menghindari dehidrasi akibat pelepasa cairan yang tinggi saat demam.
  2. Kompres dengan air biasa atau air hangat pada daerah di sekitar pembuluh darah besar (dahi, leher, ketiak, lipat paha)
  3. Ukur suhu tubuh setiap 4-6 jam untuk melihat perubahan suhu.
  4. Bila terjadi kejang, awasi jalan napas tetap terbuka agar suplai oksigen ke otak lancar. Segera bawa ke pusat pelayanan kesehatan.
  5. Bila demam di atas 38,5 C dapat diberikan obat penurun panas. Umumnya paracetamol aman digunakan pada bayi, anak sampai dewasa (kecuali individu dengan gangguan hati). Pemberian paracetamol dapat diulang setiap 4 jam jika demam tidak turun
  6. Demam lebih dari 3 hari atau gejala menunjukkan perburukan sebaiknya segera di bawa ke pusat pelayanan kesehatan untuk diperiksa lebih lanjut.
🤒 Rekap Tanya Jawab 🤒

1. Kepala kadang suka terasa seperti kebas kalo bangun tidur dan setelahnya terasa berat, kenapa ya dok? apa itu tanda stroke dok?
Jawab:
Penyebab sakit kepala bisa banyak hal, kekurangan oksigenasi ke otak, kurang gula darah, pelebaran atau penyempitan pembuluh darah di otak, dll.  Untuk itu perlu diketahui kapan saja keluhan sakit kepala tersebut muncul, kondisi apa yang memperparah atau meringankannya, dll. Tanda-tanda stroke salah satunya bisa sakit kepala, tetapi secara umum didasari faktor risiko lain seperti darah tinggi, kencing manis, kolesterol darah tinggi, dll. Gejala umum adalah kelemahan pada tangan, kaki, bisa disertai bicara pelo atau wajah tidak simetris. Jadi untuk tahu apakah itu bagian dari gejala stroke harus ada pemeriksaan yg lebih lengkap

2. Assalamualaikum dokter, mau tanya yaa...apa ada benar pemberian kopi pada anak bisa mencegah kejang/step pada anak saat demam? Dok apa penyebabnya  jika demam dengan suhu 38 seseorang bisa ngigau ?
Jawab: 
Wa'alaikumussalam mbak.. sependek pengetahuan saya kopi belum bisa digunakan untuk mencegah step. Pemicu timbulnya kejang terutama step atau kejang demam adalah demam itu sendiri, untuk itu pada anak yang ada riwayat kejang demam, sebaiknya dipantau suhu tubuhnya saat demam dan diberi obat penurun panas. Jangan berikan minuman atau apapun ke dalam mulut anak saat anak kejang, kecuali spatula yang dililit handuk agar lidah anak tidak tergigit, dengan tetap memperhatikan tidak menutup mulut secara penuh atau menutup jalan napas. Mengigau juga bisa terjadi pada individu yang tidak sedang demam. Pemicunya secara psikologis bisa stres, cemas, dll. Oh iya.. pada demam tinggi dimana mulai mengganggu pusat kesadaran, bisa saja pasien berbicara meracau yang perlu dibedakan dengan mengigau biasa. Gangguan keasadaran bisa disertai dengan disorientasi, jadi pasien tampak sadar tapi berbicara melantur atau tampak bingung

3. Dok, anak saya kalo demam suka tiba-tiba malahan ada yang sampe masuk rumah sakit, cek darah berkali-kali typus negarif dbd juga negatif, padahal panas turun naik...sampe 39,6. Hari ke tiga ketahuan ada virus panas dalam badannya, setelah pemberian antibiotik yang di infuse kan ke dalam tubuh alhhamduliah hari ke 5 suhu badan normal, yang saya bingung virus apa yaa, saya ga sempat konsul sama dokternya karena waktu itu mendadak harus keluar kota... cara masuk kedalam tubuh nya lewat apa ya?
Jawab: 
Virus yang menyebabkan demam bisa banyak jenisnya. Virus influenza, campak, DBD dll. Virus influenza dan campak merupakan virus yang ditularkan melalui droplet atau lewat udara. Sumber penularan bisa dari individu sakit di sekitar anak, hewan, dll. Virus DBD melalui perantara nyamuk. Penyakit akibat virus, misal influenza atau common cold sebenarnya bisa sembuh sendiri tanpa harus diberi obat antivirus. Untuk kasus di atas saya belum bisa memastikan penyebab virusnya, pemberian antibiotik mungkin dengan pertimbangan ada infeksi sekunder atau infeksi bakteri lain bersama dengan infeksi virus tsb. Tapi jika demamnya terus tinggi tanpa ada perbaikan, keputusan yang bijak untuk membawa anak ke pusat pelayanan kesehatan untuk diperiksa lebih lanjut.

4. Satu lagi cara kompres dengan kapas dan alkohol yang diselipkan diketiak itu boleh ato tidak? 
Jawab: 
Kompres sebaiknya dengan air biasa atau air hangat. Kondisi ini akan membuat tubuh lebih mudah melepas panas melalui kulit sehingga suhu tubuh berangsur turun. Penggunaan air dingin akan menyebabkan pembuluh darah kulit menyempit sehingga panas tubuh tdk keluar optimal, selain itu tubuh akan merespon suhu dingin tsb dgn meningkatkan suhu tubuh agar terjadi kesetimbangan suhu dgn kompres dingin. Penggunaan alkohol dapat menyebabkan toksikasi jika terhirup banyak

KAJIAN ON LINE TELEGRAM HAMBA اللّٰه
------------------------------

Tanggal: 29 Maret 2016
Narasumber: dr. EllaAmalia
Tema: Demam
🏻Admin: Yudith M
🏼Notulen: Rohimah
Editor : Ana Trienta