Tujuan utama dari pelaksanaan Grup ini, semata-mata hanya untuk mencari Ridho اللّهُ SWT. Terus semangat belajar dan berbagi ilmu sampai ke liang lahat demi menjadi Hamba Allah SWT yang Kaffah

KEGEMUKAN

Kajian Online WA  Hamba الله SWT

Selasa, 23 Februari  2016
Narasumber : dr. Riyanti
Rekapan Grup Nanda M110 (Mietha)
Tema : Kesehatan
Editor : Rini Ismayanti

Puji syukur kehadirat Allah SWT yang masih memberikan kita nikmat iman, islam dan Al Qur'an semoga kita selalu istiqomah sebagai shohibul qur'an dan ahlul Qur'an dan dikumpulkan sebagai keluarga Al Qur'an di JannahNya.
Shalawat beriring salam selalu kita hadiahkan kepada uswah hasanah kita, pejuang peradaban Islam, Al Qur'an berjalan, kekasih Allah SWT yakninya nabi besar Muhammad SAW, pada keluarga dan para sahabat nya semoga kita mendapatkan syafaat beliau di hari akhir nanti. InsyaAllah aamiin.

KEGEMUKAN

Ada yang bilang gemuk adalah turunan. Dan bagi yang sudah gemuk untuk menjadi kurus susah, tapi buat gemuk mudah.

Tidak perlu gemuk atau kurus yang penting sehat. Tapi mulai sekarang diatur pola makamnya. Makan sesuai dengan kebutuhan badan kita,bukan yang kita inginkan.

Jika ingin kurus kurangi karbohidrat, bahkan yang lebih esktrimnya lagi anda bahkan dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat sama sekali dan makanlah makanan berprotein, alasannya karena protein tidak tersimpan di dalam tubuh melainkan dibuang.

Untuk menurunkan berat badan ternyata tidak semudah hanya dengan mengurangi asupan karbohidrat saja. Karbohidrat menjadi 1 dari 3 sumber energi pokok yang kita butuhkan. 2 diantaranya yakni protein dan lemak. Kebanyakan orang  saat mendengar kata karbohidrat selalu berfikirnya nasi putih, roti, gula, pasta, dan seterusnya, padahal jenis makanan ini tergolong karbohidrat jelek. Dan perlu anda ketahui bahwa cukup banyak jenis sayur-sayuran yang kaya akan kandungan karbohidrat. Sama halnya dengan buah-buahan, gandum, dll. Bila anda ingin tetap langsing dan sehat, tentunya dianjurkan mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat baik tersebut, apalagi karena makanan-makanan tersebut mengandung phytonutrient.

Phytonutrient merupakan nutrisi yang sangat penting untuk kesehatan tubuh kita dan juga bersifat menyembuhkan. Selain itu, juga dapat aktif melakukan pembakaran lemak di dalam tubuh, mengandung antioksidan, serta meperlambat proses penuaan dini.

Mari kita amati apa yang akan terjadi bila kita mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat. Seperti diketahui bahwa karbohidrat adalah sumber dari gula pada saat anda diet. Jika gula ini ada di dalam minuman semisal soda dan berdiri sendiri, makan dapat membahayakan tubuh seseorang. Akan tetapi bila gula dikonsumsi bersama-sama dengan kandungan gizi lain, seperti mineral, serat, vitamin, phytonutrients yang dapat ditemui pada yang tidak diproses, maka justru akan membantumenurunkan berat badan anda.

Bila seseorang mengkonsumsi gula apapun jenis dan bentuknya, pankreas akan memproduksi hormon yang dikenal dengan insulin. Tugas hormon ini yakni membantu zat gula agar dikirim ke dalam sel tubuh. Setelah gula berada di dalam sel, maka diubahlan menjadi energi atau secara sederhananya, Bila anda mengkonsumsi gula terlalu berlebihan, maka sisa yang tidak dibutuhkan sel tubuh kita akan tersimpan dan digunakan jika dibutuhkan lagi.

Tubuh memproduksi hormon insulin untuk transportasi saat kita makan gula. Dalam beberapa saat, jika anda makan sedikit gula lagi, maka hal yang sama akan terjadi. Begitulah seterusnya tanpa anda sadari. Namun, akan muncul masalah jika terlalu banyak gula yang anda konsumsi. Pada saat anda makan gula dalam jumlah yang banyak, apalagi jenis gula yang terserap dengan cepat, maka kadar hormon insulin dalam darah pun meningkat dengan cepat. Lambat laun, tubuh menjadi kebal terhadap situasi tersebut, dan inilah yang disebut dengan resistensi insulin.

Semakin sering hal tersebut terjadi, maka tubuh pun semakin kebal. Semakin lama maka akan semakin kebal hingga akhirnya tubuh kita tidak peka lagi terhadap hormon insuline. Selanjutnya, pangkreas akan terus berusaha meprodukduksi hormon insuline lebih untuk mengulangi hal tersebut. Inilah yang mengakibatkan siklus menjadi berbahaya. Saat tubuh kita mengandung kadar insuline yang lebih tinggi dari kadar gula maka tubuh akan diperintahkan mengkonsumsi gula lebih banyak agar tetap seimbang. Sayangnya, setiap anda memenuhi kebutuhan tersebut dengan makan gula, kadar insulin semakin meningkat lagi sehingga dibutuhkan gula lebih lagi, begitu seterusnya. Jika keadaan terus menerus terjadi, maka tubuh kita mengandung banyak gula. lemak pun tidak dibakar dan sudah tentu menghambat metabolisme tubuh.

Jadi mulai sekarang anda perlu memperhatikan jenis karbohidrat yang anda konsumsi. Beda jenis karbohidrat akan diubah diubah yang berbeda pula kecepatannya. Bila terlalu banyak gula  di dalam tubuh, kadar hormon insuline akan meningkat dengan cepat, hal inilah yang sering membahayakan.
Ada berbagai jenis karbohidrat yang dibakar lebih lambat, butuh waktu yang lama agar diubah menjadi gula, sehingga kadar hormon insuline menjadi lebih stabil. Membuat tubuh tetap sehat, dan optimalnya metabolisme di dalam tubuh.


TANYA JAWAB

Q : Asslamuaalaikum. Bunda apakah diet karbohidrat tersebut juga berlaku untuk org kurus? Bingung bunda, karena saya termasuk kurus. Tb saya 151. BB nya cuma 35 kg bunda.
A : Wah kurus juga ya apa gak kurang gizi tuh??? Terus mau dikurusin seberapa tuh??? Banyakin karbo aja dan protein.

Q : Bunda, sebetulnya kalau kita ingin berhias menggunakan kosmetik, kadang saya suka kepikiran dengan kosmetik yang berbahaya. Nah, kosmetik yang aman untuk digunakan itu yang bagaimana ya Bun? Syukron. Maaf bila menyimpang dr materi.. 
A : Afwan,saya kurang paham tentang kosmetik, karena itu fenomena yang sering berkeliling di wanita. Cuma bisa kasih saran pake kosmetik yang jelas, mksdnya jelas tu ya yang jelas produknya siapa? Dijual di mana? Lalu isinya apa saja? Lalu exp nya kapan? Biasaaaanya kosmetik yang aman tanpa cream malam, karena cream malam yang membuat wajah jadi begini begitu

Q : Bunda..kalau kita bangun tidur lalu minum dan makan gorengan meski hanya sedikit. Siap itu perut sudah terasa kenyang dan kembung. Itu kenapa bun?  Dan setiap makan nasi gak bisa banyak..karena perut lebih banyak anginnya tiap bentar sendawa..Ap ini juga salah makanan bun?
A :  Bangun tdr bener minum air putih,tpi klo gorengan walau gak bgn tdr juga kyknya jugan yagorengan itu bnyk kekurangannya dripd lebih baiknya
Bisa jdi wktu tdr masuk angin jdi paginya terasa gak nyaman

Q : Bunda, kalo mengkonsumsi gula nya sekalian sama jus gimana? Apakah ini konsumsi gula berlebihan juga?
A : Berdasarkan rekomendasi British Nutrition Foundation, batas maksimal asupan gula harian untuk orang dewasa normal adalah 90 gram atau tidak lebih dari setengah cangkir.

Q : Bunda mau tanya. Ada teman saya yang punya sakit kelainan jantung (tof). Dia sangat kurus sekali. Apakah kelainan tersebut mempengaruhi gizi dia sehingga dia kurus? Lantas makanan apa yang sehat untuk dia bunda?
A : Gak ada pengaruhnya antara jantung dengan gizi dia. Ada yang orang gemuk terkena kelainan jantung.

Q : Bunda saya termasuk yang gemuk ya bund saya sedang proses diet bund,
bunda bisa beri solusi yang tepat untuk saya karena proses diet saya kadang gagal kalo asam lambung udah naik
A : Kurangi karbo dulu. Pake ini itu khawatirnya ya itu maag. Jadi porsi karbo dikurangi. Nyemil juga diganti dengan buah dan sayur.

Q : Bunda bagaimana dengan proses pencernaan? Apakah pencernaan yang tidak lancar mempengaruhi proses metabolisme tubuh? Karena kalau setelah berpuasa pasti pencernaan tidak lancar bunda, apakah mengkonsumsi yogurt/yakult ketika pencernaan terganggu itu baik untuk tubuh bunda? Atau ada solusi lain ya? Trimakasih bunda
A : Ya mempengeruhi,karena sistem metabolisme tubuh terletak pada sistem pencernaan. Gpp konsumsi yogurt/yakult. Karena itu ada bakteri yang dibutuhkan oleh sistem pencernaan kita.

Q : Bunda, mo tanya saya denger klo kita bangun tidur trus sebelum minum apa-apa, kita minum/konsumsi extra virgin coconut oil (minyak kelapa murni home made) itu katanya bisa sembuhin berbagai macam penyakit/sebagai detox, itu bener gak ya, Bun?
A : Klo menyembuhkan semua penyakit kayaknya perlu penelitian mbak. Karena penyakit itu banyak macamnya dan beda-beda penyembuhannya. Klo detox itu seperti mencegah penyakit masuk atau membunuh penyakit-penyakit dalam tubuh. Dan sepertinya cuma beberapa saja. Tapi lebih baik daripada tidak terbunuh.


Alhamdulillah, kajian kita hari ini berjalan dengan lancar. Semoga ilmu yang kita dapatkan berkah dan bermanfaat. Aamiin....

Segala yang benar dari Allah semata, mohon maaf atas segala kekurangan. Baiklah langsung saja kita tutup dengan istighfar masing-masing sebanyak-banyaknya dan do'a kafaratul majelis:

سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika

“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”

​السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ