Tujuan utama dari pelaksanaan Grup ini, semata-mata hanya untuk mencari Ridho اللّهُ SWT. Terus semangat belajar dan berbagi ilmu sampai ke liang lahat demi menjadi Hamba Allah SWT yang Kaffah

FLU SINGAPURA

Kajian Online WA Hamba الله SWT

Rabu, 13 April 2016
Narasumber : dr. Aziza
Rekapan Grup Nanda M103 (Mietha)
Tema : Kesehatan
Editor : Rini Ismayanti



Puji syukur kehadirat Allah SWT yang masih memberikan kita nikmat iman, islam dan Al Qur'an semoga kita selalu istiqomah sebagai shohibul qur'an dan ahlul Qur'an dan dikumpulkan sebagai keluarga Al Qur'an di JannahNya.
Shalawat beriring salam selalu kita hadiahkan kepada uswah hasanah kita, pejuang peradaban Islam, Al Qur'an berjalan, kekasih Allah SWT yakninya nabi besar Muhammad SAW, pada keluarga dan para sahabat nya semoga kita mendapatkan syafaat beliau di hari akhir nanti. InsyaAllah aamiin

FLU SINGAPURA

Mungkin masih banyak yang belum mengetahui apa itu “flu singapura”, terbukti ketika seorang anak saya diagnosis dengan menyebuntukan “Pak, Bu, Ananda ini sedang terkena flu singapura” Ortu : “wah, penyakit apa itu dok? padahal kami belum pernah ke singapore”.. hmmm..  itu salah satu contoh dan masih banyak yang lainnya. Oleh karena itu pada kesempatan kali ini, mari kita pelajari apa itu flu singapura, gejala beserta ciri-cirinya, penyebab dan pemularannya serta pengobatan atau perawatan di rumah untuk penderita flu singapura. semoga bisa memberi manfaat yang sebesar-besarnya untuk pembaca sekalian.

Istilah kedokteran flu singapura adalah hand foot and mout disease atau disingkat HFMD, jika dibahasa indonesiakan menjadi penyakit KTM (Kaki Tangan Mulut) karena salah satu ciri penyakit ini adalah adanya lepuhan pada kaki, tangan, dan mulut. Lantas kenapa disebut Flu singapura? karena penyakit ini pernah mewabah di singapore hingga banyak sekolah dan fasilitas umum lainnya menjadi ditutup gara-gara penyakit ini sehingga penyakit ini menjadi populer dengan sebutan flu singapore.

Flu singapura adalah penyakit infeksi virus yang menyebabkan luka seperti sariawan yang banyak pada bibir dan mulut bagian dalam, luka lepuhan juga muncul pada tangan, kaki, dan terkadang pada bokong atau daerah popok.

Penyebab dan Cara Penularan Flu singapura Penyebab Flu singapura adalah virus RNA famili Picornaviridae, Genus Enterovirus terdiri dari virus Coxsackie A, virus Coxsackie B, Echovirus dan Enterovirus. Virus Penyebab Flu singapura tersering namun ringan adalah Coxsackie A16, sedangkan penyebab yang menimbulkan kasus berat atau berpotensi menimbulkan komplikasi hingga kematian adalah Enterovirus 71. Karena penyebabnya virus maka flu singapura ini mudah menular.

Penularannya seperti penyakit flu yaitu melalui droplet saat bersin, air liur, tinja, dan cairan dari vesikel atau ekskreta. Penularan kontak tidak langsung bisa melalui barang-barang yang terkontaminasi oleh cairan tersebut. Penyakit ini umumnya menyerang balita usia 2 minggu sampai 5 tahun, namun ada kasus yang terjadi pada anak hingga usia 10 tahun. Sedangkan Orang dewasa umumnya kebal terhadap enterovirus ini, namun bisa saja terjadi. Seperti infeksi virus pada umumnya, contohnya cacar air, anak yang sudah pernah terkena flu singapura akan memiliki kekebalan terhadap penyakit ini. Dengan catatan, virus strain-nya sama, tapi jika virus strainnya berbeda, anak tetap dapat terkena lagi.

Gejala dan Ciri-ciri Flu Singapura Gejala Flu singapura biasanya akan muncul 3 sampai 6 hari setelah anak terpapar atau terkena virus. Ini disebut masa inkubasi. 

Gejala dan Ciri-ciri flu singapura antara lain:
- Awal mulanya anak akan mengalami demam dengan suhu tubuh 101°F (38°C) sampai 103°F (39°C) disertai rewel atau lesu terkadang disertai pilek.
- Pada anak yang lebih gede biasanya mengeluh sakit tenggorokan, pada bayi mungkin akan menolak ASI atau tidak mau minum apalagi makan lantaran sakit menelan. Kemudian satu atau dua hari berikutnya, muncul bintik-bintik merah yang kemudian menjadi luka atau lecet di mulut (bibir dan pipi bagian dalam, langit-langit dan tenggorokan) mirip sariawan kecil-kecil dan banyak.
- Disamping itu muncul juga ruam berupa bintik-bintik merah datar atau timbul berisi cairan (vesikel) atau lepuhan, dan terkadang pecah menjadi lecet (ulkus). Ruam atau lepuhan ini biasanya terdapat pada telapak tangan dan telapak kaki; dapat juga muncul pada lutut, siku, bokong atau daerah genital.
-Beberapa anak yang terinfeksi dengan virus flu singapura ini mungkin tidak mendapatkan semua gejala penyakit. Sebagian mungkin hanya mengalami ulkus mulut atau lepuhan pada kulit. Seperti halnya penyakit virus lainnya, penyakit flu singapura akan membaik sendiri tanpa pengobatan dalam kurun waktu 7-10 hari. contoh lepuhan flu singapura pada telapak tangan.

Perawatan dan Pengobatan Flu Singapura Penyakit flu singapuran biasanya tidak memerlukan pengobatan khusus. Anda dapat menggunakan perawatan di rumah untuk membantu meringankan gejala flu singapura pada anak, yaitu dengan cara: Beri anak cairan atau minuman dingin untuk membantu meredakan sakit tenggorokan. Minum harus banyak agar tidak terjadi dehidrasi. Jangan memberikan makanan atau minuman yang terasa asam atau pedas, kerupuk, keripik atau gorengan sejenis. Karena makanan ini bisa membuat sariawan lebih menyakitkan. Untuk meredakan nyeri dan demam, berikan acetaminophen (parasetamol) atau ibuprofen.
- Jangan memberikan aspirin pada anak.
- Jangan memberikan antibiotik karena penyakit ini disebabkan oleh virus bukan bakteri.
- Jika anak atau bayi juga mengalami muntah, diare atau tidak dapat makan dan minum sehingga menjadi lemah, maka penderita tersebut harus dirawat.

Cara Mencegah Flu Singapura Tidak ada vaksin yang dapat disuntikkan untuk melindungi terhadap virus yang menyebabkan penyakit tangan, kaki, dan mulut ini. Seseorang dapat menurunkan risiko atau mencegah flu singapura dengan cara: Sering mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, terutama setelah mengganti popok dan menggunakan toilet. Rajin membersihkan benda-benda yang sering disentuh termasuk mainan anak. Menghindari kontak dekat seperti mencium, memeluk, atau berbagi peralatan makan atau cangkir dengan orang-orang yang lagi sakit flu singapura.  

Bersumber dari: Flu Singapura – Gejala, Ciri-ciri dan Pengobatannya | Mediskus.com

TANYA JAWAB

Q : mau tanya di luar tema..dok cara penanganan sederhana saat asam lambung naik gimana ya dok? Akhir-akhir ini asam lambung sering naik  kalo asam lambung lagi naik rasanya masya Allah nikmatnya  perut bagian kiri atas yang sering ngrasain nyerinya , jazzakillah dokter 
A : Minum air putih yang banyak biar netral PH lambungnya dan minum obat maag dan jangan panik karena ketika panik,, asam lambung malah panik. Jika nyeri banget,, bisa dibantu kompres air anget

Q : Assalammualaikum dok..Cara pencegahan Singapore gimana ya dok? Itu kan virus dok, apa bayi dalam rahim bisa kena virus tsb ketika sudah lahir?Trma kasih
A : Karena penyebabnya  virus, jadi kondisi imun tubuh sangat berperan penting ukh. Caranya,, selain cara di atas,, kita juga tingkatkan imunitas kita... 

Q : Kalau buka puasa minum es dan makan gorengan apa bkin naik asam lambung ya dok? Terus cara berbuka puasa yang baik  dan benar itu seperti apa. Mungkin jenis makanan dan minuman nya yang bagaimna dok?
A :  1. Berbuka (Ifthar) Sebelum Sholat Maghrib:
Tiga perkara yang merupakan akhlak para nabi: menyegerakan berbuka, mengakhirkan sahur dan meletakkan tangan kanan di atas tangan kiri dalam shalat. (HR. Ath-Thabarani, hadist Mauquf)
2.Buka Puasa Dengan Kurma dan Air
Adalah Rasulullah SAW berbuka dengan korma basah (ruthab), jika tidak ada ruthab maka berbuka dengan korma kering (tamr), jika tidak ada tamr maka minum dengan satu tegukan air. (HR. Ahmad, Abu Daud, Baihaqi, Hakim, Ibnu Sunni, Nasai, Daruquthni dan lainnya)
3.Sebaiknya berbuka dengan Kurma dengan bilangan ganjil: 1, 3 atau 5 dan seterusnya. Jika tidak apa saja yang ada. Sebaiknya menyantap makanan berat seperti nasi dilakukan setelah sholat Magrib.
4.Ingat, perbanyaklah berdoa Ketika Puasa & Berdoa Ketika Berbuka Puasa.
5. Makan utama stlh sholat maghrib
Minum es dan gorengan tidak dianjurkan untuk berbuka karena efek es menyebabkan kita cepet kenyang semu, akibatnya kita jadi sedikit makan menu utama,, hal ini menyebabkan kita kekurangan nutrisi tubuh

Q : Mo tanya oot boleh kah?  Klo stroke itu apa saja ya penyebabnya? Bgmn klo kita/ada yang terkena stroke, tindakan apa yang hrs segera diambil agar cepat terselamatkan? Bagaimana pencegahan stroke?
A : Stroke adalah kondisi yang terjadi ketika pasokan darah ke otak terputus akibat penyumbatan atau pecahnya pembuluh darah, sehingga terjadi kematian sel-sel pada sebagian area di otak. Stroke adalah kondisi kesehatan yang serius yang membutuhkan penanganan cepat.
Ketika pasokan darah yang membawa oksigen dan nutrisi ke otak terputus, maka sel-sel otak akan mulai mati. Karena itu semakin cepat penderita ditangani, kerusakan yang terjadi pun semakin kecil bahkan kematian bisa dihindari. Jika Anda merasakan serangan stroke atau melihat orang lain terserang stroke, segera hubungi rumah sakit untuk meminta ambulans.
Gejala stroke
Ingatlah gejala stroke berikut ini agar dapat melakukan tindakan yang tepat.
Cara bicara penderita tidak jelas atau kacau, bahkan ada juga penderita yang tidak bisa bicara sama sekali walau mereka terlihat sadarMata dan mulut pada salah satu sisi wajah penderita terlihat turunLengan si penderita mengalami kelumpuhan saat terserang stroke, karena itu mereka tidak mampu mengangkat salah satu atau bahkan kedua lengannya
Segera hubungi rumah sakit jika Anda melihat gejala-gejala di atas.
Latar belakang terjadinya stroke
Otak dapat berfungsi dengan baik jika pasokan oksigen dan nutrisi yang disediakan darah mengalir dengan baik. Jika pasokan darah terhambat, maka otak akan rusak, bahkan seseorang yang terkena stroke bisa meninggal.
Stroke menurut jenisnya
Jenis stroke jika dilihat dari penyebabnya dibagi menjadi dua yaitu stroke iskemik dan stroke hemoragik. Stroke iskemik terjadi jika pasokan darah berhenti akibat gumpalan darah dan stroke hemoragik terjadi jika pembuluh darah yang memasok darah ke otak pecah.
Ada juga yang disebut TIA (Transient Ischemic Attack) atau stroke ringan. TIA terjadi ketika pasokan darah ke otak mengalami gangguan sesaat yang biasanya diawali dengan gejala pusing, penglihatan ganda, tubuh secara mendadak terasa lemas, dan sulit bicara.
Meski hanya sesaat, tetap harus ditangani secara serius. Karena hal ini biasanya merupakan peringatan akan datangnya serangan stroke berat.
Penyakit stroke di Indonesia
Berdasarkan data Riset Kesehatan Dasar tahun 2013, terdapat sekitar 12 penderita stroke per 1000 penduduk Indonesia. Stroke juga merupakan penyakit pembunuh nomor satu di Indonesia.
Orang-orang yang usianya lebih dari 65 tahun paling berisiko terkena stroke. Namun dua puluh lima persen stroke terjadi pada orang-orang yang berusia di bawah 65 tahun, termasuk anak-anak.
Orang-orang yang merokok, kurang olah raga, dan memiliki pola makan yang buruk juga rentan terhadap stoke. Selain itu orang-orang yang sirkulasi darahnya terganggu akibat tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, detak jantung tidak teratur atau fibrilasi atrium, dan diabetes, juga lebih rentan terhadap stroke.
Diagnosis stroke
Stroke umumnya didiagnosis melalui tanda-tanda fisik, serta melalui foto atau pencitraan otak. Pencitraan otak gunanya untuk menentukan apakah stroke disebabkan oleh arteri yang tersumbat atau pembuluh darah yang pecah, adanya risiko serangan stroke iskemik, bagian otak mana yang terserang, dan seberapa parah stroke tersebut.
Metode pengobatan stroke
Pengobatan stroke tergantung dari jenisnya, stroke iskemik atau hemoragik. Pengobatan juga disesuaikan pada area otak mana stroke terjadi. Pada umumnya stroke diobati dengan obat-obatan, termasuk obat pencegahan untuk menurunkan tekanan darah, menurunkan tingkat kolesterol, dan menghilangkan pembekuan darah. Dalam beberapa kasus, operasi diperlukan untuk memperbaiki kerusakan yang disebabkan oleh stroke hemoragik atau menghilangkan lemak di arteri.
Dampak stroke terhadap kehidupan penderitanya
Stroke dapat berdampak pada kehidupan dan kesejahteraan Anda dalam berbagai aspek. Proses rehabilitasinya spesifik dan tergantung pada gejala yang Anda alami dan seberapa parah gejala tersebut. Sejumlah ahli dan spesialis bisa membantu. Diantaranya adalah, psikolog, ahli terapi okupasi, ahli terapi bicara, perawat dan dokter spesialis, serta fisioterapi.
Kerusakan akibat stroke bisa meluas dan berlangsung lama. Sebelum pulih seperti sedia kala, penderita harus melakukan rehabilitasi dalam periode panjang. Namun sebagian besar dari mereka tidak akan pernah pulih sepenuhnya.
Pencegahan stroke
Stroke dapat dicegah melalui penerapan pola hidup sehat. Risiko mengalami stroke akan berkurang jika Anda makan makanan sehat, berolahraga secara teratur, tidak merokok, dan minum alkohol sesuai takaran. Berusaha menurunkan tingkat kolesterol dan tekanan darah tinggi dengan obat-obatan juga bisa mengurangi risiko terkena stroke. Pada sebagian orang, obat-obatan untuk mencegah pembekuan darah serta obat untuk menjaga kadar normal gula darah juga penting untuk mencegah terjadinya stroke.
Komplikasi stroke
Stroke dapat menyebabkan munculnya berbagai komplikasi, dan beberapa diantaranya dapat membahayakan nyawa si penderita. Contoh dari komplikasi tersebut diantaranya adalah hidrosefalus atau tingginya produksi cairan serebrospinal,disfagia atau kesulitan menelan, dantrombosis vena dalam atau penggumpalan darah pada kaki.

Q : Oh iya dok baru inget..ada yang bilang jangan minum teh hijau dalam keadaan perut kosong atau engga makan nasii apa benar? dan minta penjelasannya 
A : Teh itu punya tingkat keasaman tinggi,, jadi ndak baik dminum setelah makan karena merusak penyerapan protein/vitamin makanan. Sebaiknya 1 jam setelah makan.
7 Kebiasaan Buruk setelah Makan
Kita semua memiliki beberapa kebiasaan yang biasanya dilakukan setelah makan. Namun, beberapa kebiasaan berikut sangat berbahaya bagi kesehatan kita.
Berikut tujuh kebiasaan buruk setelah makan:
1. Merokok
Sebuah penelitian yang dilakukan oleh para ahli membuktikan bahwa merokok sebatang rokok setelah makan sama efeknya dengan merokok 10 batang rokok (kemungkinan terserang kanker lebih tinggi).
2. Minum Teh
Alasan untuk ini adalah tingkat keasaman yang tinggi dari daun teh. hal ini akan menyebabkan kandungan protein dalam makanan yang kita konsumsi akan mengeras, sehingga sulit untuk dicerna. Minum teh disaranakn lebih baik satu jam setelah makan.
3. Makan Buah-buahan
Ketika Anda makan buah-buahan setelah makan, maka buah ini akan terjebak di perut bersama dengan isi makanan dan tidak dapat mencapai usus dalam waktu cepat. Buah-buahan dapat merusak sisa makanan di perut. Oleh karena itu dianjurkan bahwa Anda makan buah setidaknya satu jam setelah makan atau sebelum makan, sebaiknya di pagi hari dalam keadaan perut kosong. Karena di pagi hari tubuh dapat menyerap nutrisi terbaik dalam buah dan mendapatkan energi yang cukup untuk memulai hari.
4. Melonggarkan Ikat Pinggang
Beberapa orang memiliki kebiasaan untuk melonggarkan ikat pinggang mereka setelah makan. Namun, melonggarkan sabuk merupakan hal yang buruk, bukan karena menyebabkan usus terhalang sabuk, tapi dapat menyebabkan Anda merasa nyaman sehingga melanjuntukan makan secara berlebihan. Jadi makanlah sebatas Anda merasa nyaman tanpa melonggarkan ikat pinggang Anda!
5. Mandi
Mandi setelah makan akan menyebabkan peningkatan aliran darah ke tangan, kaki dan tubuh sehingga jumlah darah sekitar perut karena akan menurun. Hal ini akan melemahkan sistem pencernaan di dalam perut kita.
6. Berjalan atau Latihan Fisik
Berjalan langsung setelah makan adalah ide yang buruk, dapat mengakibatkan refluks asam dan gangguan pencernaan. Namun, berjalan sekitar setengah jam setelah makan sangat baik untuk Anda. Anda idealnya harus berjalan selama sekitar 10 menit dan hanya 20-30 menit setelah makan untuk mencegah refluks asam dan gangguan pada perut.
7. Tidur
Dan seperti yang Anda mungkin sudah tahu, alasan untuk ini adalah bahwa makanan tidak akan mampu dicerna dengan baik. Hal ini akan menyebabkan lambung & usus terinfeksi. 
Semoga bermanfaat .

Alhamdulillah, kajian kita hari ini berjalan dengan lancar. Semoga ilmu yang kita dapatkan berkah dan bermanfaat. Aamiin....

Segala yang benar dari Allah semata, mohon maaf atas segala kekurangan. Baiklah langsung saja kita tutup dengan istighfar masing-masing sebanyak-banyaknya dan do'a kafaratul majelis:


سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika

“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”

​السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ