Tujuan utama dari pelaksanaan Grup ini, semata-mata hanya untuk mencari Ridho اللّهُ SWT. Terus semangat belajar dan berbagi ilmu sampai ke liang lahat demi menjadi Hamba Allah SWT yang Kaffah

KIAT MELATIH ANAK BERPUASA

📜Materi SI (Tahrib Ramadhan)
📆 Pekan ke 1 bulan April
📚 Tim Kurikulum Hamba Allah

🔷🔷🔷🔷🔷🔷🔷🔷🔷🔷

Kiat Melatih Anak Berpuasa


Sahabat Hamba Allah, bulan Ramadhan akan tiba sebentar lagi. Tentunya kita ingin bisa menjalankan ibadah spesial ini dengan baik. Termasuk juga melatih putra-putri kita atau adik,saudara dll untuk mulai menjalankan puasa semenjak usia dini. Banyak sekali manfaat yang bisa kita peroleh dengan menjalankan ibadah puasa ini.

🔹Namun mengajarkan anak untuk puasa tidaklah  semudah membalik telapak tangan. Butuh usaha ekstra dan kerja pantang menyerah agar si kecil mau berpuasa. Walaupun itu cuma puasa setengah hari. Atau istilahnya berlatih puasa. Sebab jika puasa tidak dibiasakan sejak dini, anak akan mengalami kesulitan saat mulai puasa pertamanya.

🔹Memiliki anak-anak yang soleh dan solehah tentulah menjadi dambaan kita semua. Anak-anak yang ketika dewasa nanti bisa menjadi muslim yang baik, anak yang taqwa dan selalu mendahulukan Allah,  yang bisa mendoakan kita saat kita sudah menghadap Allah nanti. Namun melihat kenyataan yang terjadi pada akhir-akhir ini di mana telah terjadi kemerosotan akhlak di kalangan anak-anak kita, sudah seyogyanya kita memperhatikan pendidikan anak-anak kita sejak dini supaya mereka menjadi generasi yang soleh dan solehah seperti harapan kita.

🔹Untuk itu marilah kita manfaatkan semaksimal mungkin kesempatan emas dengan datangnya Ramadhan yang mulia ini untuk memberikan latihan-latihan ruhiyah bagi anak-anak kita, dengan mempersiapkan dan melatih mereka menjalankan ibadah puasa lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya.

🔹Melatih anak memulai puasa pertamanya tidak boleh dengan paksaan. Ajarkanlah secara bertahap. Mulailah dari waktu terpendek di mana anak kuat berpuasa. Lalu setelah itu bisa mulai kita tingkatkan lamanya waktu berpuasa bagi anak. Apabila orang tua mengalami kesulitan dalam mengajar anak berpuasa, maka bersabarlah karena sesungguhnya Allah dekat dengan orang-orang yang bertakwa.

Di bawah ini adalah tip yang patut di coba untuk melatih si kecil berpuasa:


1⃣ Memberi pemahaman tentang pentingnya puasa Ramadhan. Sebaiknya dilakukan sebelum tiba bulan Ramadhan. Gunakan kata-kata yang jelas, lambat, dan menggunakan bahasa yang sederhana sesuai dengan usia anak. Jelaskan apa itu puasa, bila waktunya untuk berpuasa, apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan ketika berpuasa.  Jelaskan pula tentang keutamaan orang yang melakukan ibadah puasa, dan apa akibatnya bagi orang yang tidak berpuasa.

2⃣ Sambutlah bulan Ramadan dengan wajah yang berseri-seri dan penuh ceria. Si kecil pasti akan bersemangat untuk berpuasa dan akan dipraktikkan dengan mudah ketika mereka mulai besar. Ajaklah anak untuk ikut sembahyang tarawih Dengan merasakan suasana menjelang ramadhan membuat anak termotivasi ikut berpuasa.

3⃣ Menetapkan waktu tidur si kecil agar memudahkan mereka bangun sahur. Ajaklah anak-anak kita sahur bareng bersama keluarga, ini untuk membiasakan diri agar mereka dapat memahami waktu sahur. Dengan adanya kebersamaan di saat sahur pasti membuat si kecil tambah bersemangat. Pastikan untuk selalu melakukan sahur agar mendapatkan sumber energi. Buatlah  suasana saat sahur menyenangkan buat anak karena pada saat ini anak masih terasa sangat mengantuk. Tingkatkan konsumsi makanan yang mengandung nutrisi & protein untuk membantu menghindari rasa lapar dan serat untuk memperlancar buang air besar.Hindari memberikan vitamin penambah nafsu makan saat sahur karena dapat membuat anak cepat lapar.

4⃣Jangan meletakkan makanan atau minuman secara terbuka di hadapan anak.

5⃣ Jauhkan anak dari bergaul dengan teman-temannya yang tidak melaksanakan puasa. Sebaliknya biarkan anak berkumpul dengan teman-temannya yang sedang berpuasa. Karena pergaulan dapat mempengaruhi pendirian seorang anak.

6⃣ Ajaklah anak melakukan kegiatan alternatif yang bermanfaat untuk mengisi waktu puasa agar anak lupa terhadap rasa lapar dan hausnya. Bisa juga mengajak anak untuk melaksanakan hobbynya. Mungkin dengan menggambar atau membuat kerajinan tangan yang disukai anak.

7⃣ Di siang hari jika anak kita merasa lapar dan tidak bisa menahan lapar, biarkan mereka makan lalu dilanjutkan puasanya sampai waktu berbuka. Latihlah mereka untuk makan di saat lapar dan makan tidak sampai kekenyangan.

8⃣ Beri motivasi pada anak. Misalnya, puasa selama tiap 3 jam. Jika mereka tidak tahan, maka biarkan dulu mereka makan. Lalu disambung lagi. Di samping pujian berikan hadiah untuk menambah semangat si kecil dalam melaksanakan ibadah puasa.


9⃣ Ajaklah si kecil menyemarakkan syiar Islam seperti solat  berjemaah di masjid, mengaji dan mengkaji Al Quran dan sebagainya.

🔟.Berikan contoh. Anak kecil adalah peniru yang ulung. Dan tak ada nasehat yang paling manjur pada anak kecuali orang tua memberikan contoh nyata kepada anak. Melalui contoh anak akan lebih termotivasi.

Wallahua'lam bish showab

💎 Sumber :
 Diadaptasi dg perubahan dari tulisan Sri Wahyuti, UMMI/III/2015

🔷🔷🔷🔷🔷🔷🔷🔷🔷🔷

TANYA JAWAB:

Tanya:
Mulai usia berapa tahun sebaiknya anak  kita latih berpuasa?

Jawab:
Mulai 5 tahun diajarkan diberikan pengertian dan contoh tapi jangan dipaksakan.

Tanya:
Untuk seorang wanita apabila sholat tarawih sebaiknya sholat di rumah apa ikut berjamaah di masjid? Masjid di dekat rumah  saya, sholat tarawihnya cepat sekali sampai belum sempat baca bacaan sholat sdh berganti rukuk sujud dst. Sebaiknya bagaimana ustadz sholat di masjid yg cepat itu apa sholat di rumah saja yg lebih nyaman, tapi sendirian.

Jawab:
Itu pilihan. Ibu sebaiknya di masjid bermasyarakat. Nanti tambahin lagi sholat di rumah.

Tanya:
Kalau di masjid menyelenggarakan sholat tarawih + witir 23 rakaat tp kita hanya mengikuti sholat tarawihnya saja tp cuma 8 rakaat lalu witirnya di lanjutkan di rumah boleh tidak?

Jawab:
Boleh..

 (Tanya Jawab Lanjutan)

Q : Bunda. Sebenarnya kan puasa setengah hari itu tidak ada. Tapi kenapa ya, masih banyak orgtua yang mendidik anaknya berpuasa setengah hari. Walau udah kelas 2 SD masih ada yang begitu. Dan kalaupun ada yang puasa full satu hari nanti pas buka dikasih duit, katanya untuk motivasi biar besok puasa lagi. Bagaimana pendapat Bunda?
A : Ya, puasa setengah hari memang tidak ada. Namun untuk melatih dan mengenalkan mereka dengan nilai-nilai puasa hal tsb boleh dilakukan. Termasuk memberi reward seperti hadiah uang dll. Agar mereka bersemangat. Dan seiring bertambah usia dan pemahaman mereka hal . Maka mereka tidak akan berpuasa karena hadiah semata. Ya. Nanda

Q : Bunda umur berapa anak-anak bisa diajarkan puasa bun,,,?
A : Mengajar anak berpuasa biasanya dimulai ketika mereka mulai bersekolah misal di TK atau PAUD. Namun usia dibawah itu nilai2 puasa ramadhan sudah ditanamkan. Misalnya dengan menceritakan apa itu puasa ramadhan fadhilah atau keutamaannya. Kenapa ayah dan bunda tidak makan saat di siang hari bulan ramadhan. Ibadah yang baik dilakukan di bulan ini dll. Sehingga suasana ramadhan juga mereka rasakan. Pada saat usia sekolah mereka mulai dilatih berpuasa dikenalkan dengan sahur walau sahurnya mungkin jam 5 dan jam 9 mereka sudah makan kembali. Hal-hal tsb dilakukan sebagai proses pembelajaran. Dan  perlahan jumlah jam puasa ditingkatkam hingga akhirnya mereka bisa full 1 hari. Namun orang tua tidak boleh memaksakan mereka kalau ternyata mereka memang tidak kuat. Karena ini memang bagi anak-anak hanya proses pembelajaran.

Q : Bunda, mengqada puasa kan wajib ya. Pernah ketemu adik-adik SMA, cerita tentang puasa dia ga pernah mengqada puasanya. Kaget juga segede itu ga tau kalo mengqada puasa itu harus dilakukan. Nah sekarang kan dia udah tau. Harus kah dia mengganti puasa-puasanya beberapa tahun yang lalu? Saya sih ngasih saran hitung saat dia mulai haid & perkirakan 7 hari puasanya tertinggal setiap ramadhan. Dan kalikan aja berapa ramadhan ia ikuti setelah haid. Cara lain menyampaikannya gimana Bun?
A : Menqodo puasa yang tertinggal adalah wajib hukumnya. Jadi kita beri pemahaman secara bertahap tentang Islam dahulu. Karena bisa jadi mereka memang tidak faham tentang Dinul Islam. Atau bisa jadi bahkan tidak melaksanakan sholat. Jadi untuk mereka yang seperti ini sulit jika kita langsung mengajak untuk mengqodo puasanya. Tumbuhkan dulu kecintaan mereka pada agama lambat laun mereka akan faham dan berusaha memperbaiki hal-hal yang salah dimasa lalunya. Ya nanda...

Q : Bunda gimana caranya menahan diri pada saat puasa dari hal-hal yang buruk bun, kadang suka khilaf nih hehe
A : Shiyam artinya menahan diri. Jadi tumbuhkan kesadaran pada diri akan hal-hal yang bisa mengurangi atau membatalkan puasa kita. Sibukkan diri dengan ibadah misal memperbanyak tilawah dan kurangi ngobrol atau bersendagurau yang berlebihan. Banyak istighfar dan berdoa pada Allah InsyaAllah diri bisa terjaga.

Q : Mau bertanya gimana caranya memberitahukan adik mereka mau puasa masih diajar tapi kalau ke sholat nya jarang. kadang aku suka marah-marah buat apa puasa kalau ga sholat. menurut bunda gmn? mksh bun
A : Sayangku. Mengajarkan sesuatu pada anak-anak harus sabar dan ulet. Tidak boleh mudah emosi. Tumbuhkan kesadaran akan pentingnya semua ibadah di dalam Islam sebagai bentuk kita mensyukuri karunia Allah. Jangan ditakut takuti sampai mereka akhirnya menganggap ibadah itu sebagai beban. Yang akhirnya membuat mereka merasa tidak enjoy dengann agama ini. Beri motivasi dari setiap ibadah, misal dengan pujian atau hadiah kecil jika mereka disiplin dalam sholat. Jadi anak-anak juga menjadi sarana Allah untuk membuat mentarbiyah kita jadi sabar.

Q : Assalamu'alaikum bunda evi..tema kali ni seakan dekat sekali bulan yang di rindukan.. Pertanyaannya bunda.. Apa yang lebih utama bagi musafir, berbuka atau terus berpuasa? Terutama pada safar (bepergian) yang tak ada kepenatan, seperti dalam pesawat atau alat-alat transportasi modern lainnya?
A : Nanda sayang menurut jumhur ulama untuk musafir yang dalam perjalanan dimana perjalanannya menimbulkan kepayahan misal jauh dan memakan waktu yang cukup lama serta kondisi transport yang tidak kondusif maka tidak berpuasa adalah lebih utama. Namun sebaliknya mereka yang dalam perjalanan walau jauh namun karena kondisi transportasi tidak menimbulkan kepenatan misal naik pesawat. Maka lebih utama untuk berpuasa. Ya. Nanda

Q : Apakah kita wajib menghentikan sahur saat adzan subuh berkumandang, ataukah kita diperbolehkan makan dan minum sampai muadzin selesai dari adzannya?
A : Saat azan sudah terdengar pada saat itu kita harus segera menghentikan makan atau minum. Oleh karenanya adanya waktu imsyak sebagai waktu berhati-hati agar kita bisa menyelesaikan sahur dengan tidak tergesa-gesa.

Q : Wah, bulan puasa segera tiba! Sudahkah anak Ayah Ibu melontarkan berbagai pertanyaan mengenai puasa? Selain terpapar iklan di televisi, anak akan segera mengamati perubahan perilaku orangtuanya yang berpuasa, setidaknya dalam hal makan dan minum. Ibadah puasa tentu tak mudah dilakukan, apalagi bagi anak yang pertama kali melakukannya. Anak terbiasa dengan pola makan sehari-
hari, bahkan ngemil di waktu-waktu tertentu. Itulah sebabnya belajar
berpuasa akan mengubah kebiasaan mereka. Tak hanya perubahan perilaku, ibadah puasa juga membutuhkan perubahan kesadaran pada anak. Biasanya anak masih terarah pada pemuasan kesenangan. Namun saat belajar berpuasa, anak belajar menahan
diri. Itulah sebabnya melatih anak berpuasa perlu memperhatikan kesiapan fisik maupun psikologis mereka...Bunda evi, tindakan apa yang harus dilalukan memberikan pemahaman anak sebelum datangnya bulan ramadan..adakah tips-tips parenting nya bunda ato pengalaman bunda menghdapi perihal tersebut??
A : Rasulullah dari bulan rajab dan syakban sudah mulai menghidupkan suasana Ramadhan. Di ke2 bulan ini Rasulullah mulai memperbanyak ibadah sunah. Tujuannya agar masuk ke bulan ramadhan dengan hati yang bersih dan ibadah sunah mjadi ringan karena telah menjadi kebiasaan. Pada bulan syakban fiqih ibadah di bulan ramadh mulai diingatkan kembali. Agar menjalani ibadah ramadhan dengan kepahaman yang baik. Jadi bagi orang tua kita mulai
1. Proses pembiasaan ibadah sunah. Misal shodaqoh. Tilawah AQ. dll.
2. Mulai dibacakan tentang fikih puasa
3. Diceritakan tentang keutamaan ibadah-ibadah yang tidak didapatkan pada bulan-bulan yang lain.
4. Diceritakan juga manfaat puasa dari sisi ilmiah dll
5. Jugan lupa beri motivasi berupa reward thd ananda kita. Allah saja memotivasi kita dengann pahala yang berlimpah. Kita juga harus memotivasi sebagai bentuk cinta kita pada ananda karena mereka mencintai Allah.

Q : Bund mau tanya.. Terkadang sebagian ortu kalau anaknya sudah puasa setengah hari smpai 15 ramadhan, ortunya sudah tidak membangunkan anaknya tuk sahur dengan alasan kasian anaknya sudah kurus.. Gimna tu bund menyikapi ortu yang seperti itu?
A : Ya nanda memang masih banyak orang tua yang mengabaikan pendidikan agama terhadap anak dengan alasan yang tidak jelas. Hal ini bisa disebabkan mereka tidak memiliki pemahaman yang cukup tentang agama ini. Kita jelaskan saja jika mereka tidak dilatih dari kecil kebiasaan ini akan menjadi kebiasaan yang tidak baik terhadap kepribadian si anak. Mereka justru menjadi anak yang lemah dsbnya. Kecuali si anak memang sudah tidak kuat. Namun kita tidak perlu kecewa jika mereka tidak menerima apa yang kita sarankan. Rasulullah saja dalam berdakwah ada yang menerima dan ada yang tidak. Ya nanda
PENUTUP:

Doa Kafaratul Majelis

سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika

“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”

Aamiin...


=====================

REKAPAN KAJIAN ONLINE HAMBA ALLAH (HA) M5.

Hari/Tgl: Rabu, 6 April 2016
Narasumber: Ustadz Kaspin Nur
Tema: Kiat Melatih Anak Berpuasa
Group: M5
Notulen: Fasikha M