Home » » MENSTRUASI

MENSTRUASI

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Friday, April 1, 2016

Menstruasi atau haid atau datang bulan adalah perubahan fisiologis dalam tubuh wanita yang terjadi secara berkala dan dipengaruhi oleh hormon reproduksi baik FSH-Estrogen atau LH-Progesteron. Periode ini penting dalam hal reproduksi. Pada manusia, hal ini biasanya terjadi setiap bulan antara usia remaja sampai menopause. Selain manusia, periode ini hanya terjadi pada primata-primata besar, sementara binatang-binatang menyusui lainnya mengalami siklus estrus.

Pada wanita siklus menstruasi rata-rata terjadi sekitar 28 hari, walaupun hal ini berlaku umum, tetapi tidak semua wanita memiliki siklus menstruasi yang sama, kadang-kadang siklus terjadi setiap 21 hari hingga 30 hari. Biasanya, menstruasi rata-rata terjadi 5 hari, kadang-kadang menstruasi juga dapat terjadi sekitar 2 hari sampai 7 hari paling lama 15 hari. Jika darah keluar lebih dari 15 hari maka itu termasuk darah penyakit. Umumnya darah yang hilang akibat menstruasi adalah 10mL hingga 80mL per hari tetapi biasanya dengan rata-rata 35mL per harinya.

Menstruasi yang menyakitkan atau dysmenorrhea.
Dysmenorrhea pertama biasanya dihubungkan dengan naiknya kadar kimia alami di dalam tubuh saat ovulasi, yang menyebabkan rasa sakit. Dysmenorrhea kedua merupakan tanda suatu kelainan mendasar. Dysmenorrhea kedua ini mempengaruhi wanita yang belum pernah menstruasi sebelumnya. Kelainan reproduksi, endometriosis, atau fibroids dapat menimbulkan menstruasi dengan rasa sakit, dan satu-satunya cara untuk mengetahui penyebabnya secara pasti adalah dengan memeriksakannya ke dokter. Gejala dysmenorrhea termasuk rasa sakit pada punggung bagian bawah atau kaki, kram perut, atau sakit pada tulang panggul. Kelainan menstruasi ini dapat menunjukkan ketidaksuburan.

Menstruasi yang sangat hebat, atau menorrhagia.
Ketidakseimbangan hormon atau kelainan rahim dapat menyebabkan volume darah menstruasi yang sangat tinggi, namun Dr Minkin mengatakan bahwa penyebabnya tidak selalu jelas. Jika wanita mengalami menstruasi selama tujuh hari atau lebih, dan darah yang keluar tidak tertampung lagi oleh pembalut, maka kemungkinan ia menderita menorrhagia. Darah yang menggumpal juga sebenarnya normal, namun gumpalan darah dalam jumlah besar merupakan tanda "heavy periods".Menorrhagia dapat menyebabkan anemia, jadi pastikan untuk mengonsumsi cukup banyak zat besi. Daging yang tidak berlemak, sayuran hijau, sereal, oatmeal, kacang kedelai rebus, dan kacang-kacangan lain, merupakan sumber zat besi yang baik. Obat-obatan dari dokter mungkin dibutuhkan untuk mengatasi menstruasi yang berlebihan atau anemia, namun pastikan untuk memberi tahu dokter jika sedang berusaha untuk hamil.

Menstruasi tidak teratur, atau oligomenorrhea.
Menstruasi yang tidak dapat diprediksi datangnya termasuk normal, namun hanya bila hal ini terjadi pada tahun pertama wanita mengalami menstruasi dan saat perimenopause (tahun-tahun menjelang menopause). Ketidakseimbangan hormon atau kelainan juga menyebabkan haid tidak teratur, yang dapat memengaruhi tingkat kesuburan dan kesempatan wanita untuk mendapatkan bayi.

Tidak mengalami menstruasi atau amenorrhea.
Jika wanita tidak mengalami menstruasi selama tiga bulan, kemungkinan ia sedang hamil. Namun penyebab lainnya bisa juga karena ia mengalami amenorrhea, perimenopause, atau menopause. Penyebab yang paling umum dari absennya menstruasi adalah kehamilan. Amenorrhea juga merupakan efek samping dari penyakit, stres, latihan terlalu berat, atau turunnya berat badan yang terlalu banyak. Jika wanita tidak menstruasi, bisa jadi ia tidak berovulasi (tidak melepas telur setiap bulan). Jika tidak berovulasi maka ia akan kesulitan hamil. Penderita sebaiknya menghindari diet dan latihan yang ketat.

❤️ Tanya Jawab ❤️

1. Assalamualaikum bunda, saya mau tanya. Usia rata-rata manopose itu berapa ya ? Bun setiap haid saya selalu disertai sakit yang hebat, dl sebelum nikah sampe pingsan, waktu anak pertama lahir lewat operasi karena sekalian ngambil kista juga, tapi setelah di periksa kistanya hanya berupa cairan bening dan menurut dokter tidak bahaya, hamil anak ke 2 kasusnya sama ,ambil anak dan kista demikian juga yang ke tiga ...nah setiap sudah operasi haid saya tidak sakit  itu hanya kuat 1 tahun tidak sakit nya selanjutnya sakit tp bisa saya handle...itu kenapa ya bun? Mhm penjelasannya syukron..
Jawab
Kistanya ukurannya berapa bun? biasanya kalo seseorang wanita ada kista akan nyeri hebat saat mens. Nah bunda sudah kontrol lagi untuk melihat ukuran kistanya?

2. Apa yang harus dikonsumsi supaya kandungan subur,mengingat saya sudah 7th belum ada keturunan?
Jawab
Sudah periksa kedokter tentang kesehatan bunda dan suami mengenai sistem reproduksinya?

3. Apa yang mnyebabkan menstruasi kita ga teratur?  Makanan kah atau yang lainnya?
Jawab
Mens tidak teratur ada 3 hal
A. Stres
B. Kelainan hormon
C. Masalah dalam kandungannya
Nah kalo dari segi makanan gak ada pengaruhnya

4. Siklus haid saya suka maju 2-7hari,,misalkan bulan januari tgl 30,naah februari tgl 22 sudah ketemu lg...apakah itu masih normal?
Jawab  
Masih normal
Siklus haid itu 21-35 hri

5. Bunda, apa penyebab manupouse dini ? Teman saya usia 40 sudah monupouse. Lalu satu lagi bunda, biar tubuh tetap sehat saat monupouse apa yang harus kita lakukan? Mohon penjelasannya, syukron..
Jawab
Ada beberapa jenis faktor resiko yang bisa memancing datangnya penyakit menopause dini lebih cepat mendatangi anda diantaranya:
a. Terlalu aktiv secara sksual pada usia belia
b. Masturbasi
c. Merokok
d. Meminum alkohol
e. Stress
f. Kurang olahraga
g. Gaya hidup tidak sehat
h. Faktor genetik

Sehat itu berasal dri pemikiran masing-masing orang. Jadi saat menoupase sehatkan dulu jiwa dan pikiran kita dengan begitu badan akan sehat

6. Bunda jika seseorang mendapat menstruasi pada usia belia misalnya 9 tahun, apa mungkin masa manupouse yang akan lebih lama di banding yang mendapat menstrusi awal pada usia 15 thn misalnya, mohon penjelasannya bun...
Jawab
 Gak ada hubungannya antara mens dluan dengan mens terakhir


KAJIAN ON LINE TELEGRAM HAMBA اللّٰه

------------------------------
Tanggal: 26 Maret 2016
Narasumber: Ustadzah Ratih
Tema: Kesehatan
Admin: Yudith M
Notulen: Rohimah

Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Ketik Materi yang anda cari !!