Tujuan utama dari pelaksanaan Grup ini, semata-mata hanya untuk mencari Ridho اللّهُ SWT. Terus semangat belajar dan berbagi ilmu sampai ke liang lahat demi menjadi Hamba Allah SWT yang Kaffah

SEPUTAR KEHAMILAN (TRIMESTER DUA HINGGA PROSES PERSALINAN)

Kajian Online WA  Hamba الله SWT

Senin, 11 April 2016
Narasumber : dr. Eka
Rekapan Grup Bunda M6 (Shofie)
Tema : Kesehatan
Editor : Rini Ismayanti


Puji syukur kehadirat Allah SWT yang masih memberikan kita nikmat iman, islam dan Al Qur'an semoga kita selalu istiqomah sebagai shohibul qur'an dan ahlul Qur'an dan dikumpulkan sebagai keluarga Al Qur'an di JannahNya.
Shalawat beriring salam selalu kita hadiahkan kepada uswah hasanah kita, pejuang peradaban Islam, Al Qur'an berjalan, kekasih Allah SWT yakninya nabi besar Muhammad SAW, pada keluarga dan para sahabat nya semoga kita mendapatkan syafaat beliau di hari akhir nanti. InsyaAllah aamiin

SEPUTAR KEHAMILAN (TRIMESTER DUA HINGGA PROSES PERSALINAN)

Pada masa ini, mual-mual di pagi hari dan kelelahan yang menempel pada diri Anda selama tiga bulan pertama akan mulai menghilang, sehingga Anda akan mulai merasa lebih berenergi dan beraktivitas dengan lebih baik lagi.
Pada kebanyakan wanita, masa trimester dia ini merupakan masa kehamilan yang paling mudah, sehingga Anda harus benar-benar menikmatinya saat Anda merasa lebih baik dan energi mulai naik, dan mulailah merencanakan kedatangan si kecil dengan lebih baik.

Perhatikan Asupan Makanan Dan Minuman Anda
Pastikan Anda memperoleh asupan gizi dan aktivitas yang cukup untuk melancarkan peredaran darah di perut dan di bagian tubuh lainnya.
Jenis makanan yang baik untuk fase ini adalah banyak sayur dan buah. Keduanya mengandung serat yang baik untuk mengatasi masalah pencernaan dan kesulitan dalam BAB. Pada masa ini, hormon kehamilan juga akan berproduksi lebih banyak, seperti hormon esterogen dan progesteron.
Keduanya akan mendukung pertumbuhan kelenjar susu. Pada fase ini, Anda juga harus waspada akan beberapa hal yang umumnya menjadi masalah umum pada ibu hamil, seperti : sakit punggung, wasir, varises, masalah gusi, pembengkakan pada kaki yang berlebihan, dan lain sebagainya.
Masalah-masalah di atas dapat diatasi dengan meminum banyak air putih, beraktivitas yang cukup dan memakan banyak sayur dan buah.
Namun apabila Anda menemukan gejala-gejala di atas menjadi semakin parah, Anda harus segera berkonsultasi ke dokter untuk penyembuhan lebih lanjut, jangan menggunakan sembarangan obat karena bisa jadi berbahaya bagi janin.

Hal-Hal Yang Harus Dihindari
Berikut ini adalah beberapa hal yang harus Anda hindari selama masa kehamilan terutama dalam fase kehamilan trimester kedua ini, yang merupakan fase perantara dari trimester pertama menuju trimester ketiga.

1. Hindari mengambil barang apa pun dengan membungkuk.
Membungkuk berarti menekan perut dan akan membuat janin menjadi tertekan. Lebih baik duduk di lantai terlebih dahulu dan ambil dengan cara jongkok saja.

2. Jangan melakukan aktivitas yang terlalu berat
Deperti mengangkat barang yang terlalu berat, mendorong, dan menjinjing. Anda juga disarankan untuk tidak melakukan jogging, memanjat dan lari dalam waktu yang lama.
Jika ingin beraktivitas seperti itu maka lebih baik melakukannya sebentar saja. Jangan mengambil risiko merusak dan mengganggu janin dengan melakukan hal-hal tersebut.

3. Jangan berdiri terlalu lama
Misalnya lebih dari satu jam karena kaki akan mengalami pembengkakan secara signifikan, mempercepat timbulnya varises bahkan akan membuat Anda pingsan secara mendadak.

4. Hindari makan dalam jumlah banyak dalam sekali makan
Lebih baik makan dalam jumlah sedikit akan tetapi dilakukan cukup sering seperti misalnya 2 atau 3 jam sekali. Perut akan terasa lebih ringan dan pembentukan lemak akan lebih lambat.

Hal ini lebih aman dan lebih nyaman bagi tubuh Anda.
5. Hindari aktivitas berat yang berulang-ulang dan mendadak
Seperti lari-lari dengan kecepatan tinggi, loncat atau memutar tubuh. Hal ini dapat memperbesari risiko keguguran karena janin yang masih dalam masa pembentukan ini.

6. Hindari memakai sepatu tumit tinggi atau high heels
Karena akan semakin mempercepat proses pembengkakan pada kaki Anda

Hal-Hal Yang Harus Dilakukan
Selain itu, Anda juga dapat melakukan beberapa hal yang mendukung aktivitas selama trimester pertama ini seperti:

1. Setelah makan usahakan duduk atau melakukan aktivitas ringan lain
Dan hindari tidur langsung, karena akan membuat kerja lambung menjadi lebih berat.

2. Merawat payudara dengan memijit-mijit daerah sekitar payudara
Dan secara teratur membersihkan puting susu dengan menggunakan krim khsusu payudara agar tidak terjadi pembengkakan saat mulai menyusui.

3. Memilih bra berkualitas
Yang dapat menyangga kedua susu dengan lebih nyaman, mencegah pembengkakan dan hindari bra yang memiliki kawat.

4. Mandi menggunakan air hangat
Karena dapat membuat otot menjadi lebih lemas dan membuat Anda semakin rileks. Juga berfungsi mengatasi pembengkakan yang mungkin terjadi di kaki.

5. Duduk dengan tegak dan selalu gunakan bantalan punggung
Hal ini untuk menghindari tubuh membungkuk, memberikan tekanan pada perut dan janin.

6. Tidurlah dengan posisi miring ke sebelah kiri
Hal ini tidak akan menganggu aktivitas dan gerak janin pada masa ini, serta gunakan bantalan pada kaki.

7. Anda harus selalu ingat dan berpikir positif
Bahwa kehamilan merupakan anugerah, sehingga yang perlu Anda lakukan adalah menikmati kenyamanan dan ketidaknyamanan di dalamnya.
Dengan berpikir positif maka keinginan untuk mengeluh akan makin berkurang, juga akan lebih mudah bagi Anda untuk menentukan gaya hidup yang lebih sehat dengan pikiran yang tenang.

8. Belajar lebih lanjut tentang kehamilan
Mumpung masih ada waktu, banyak-banyak belajar tentang persiapan persalinan, dan juga tentang perawatan bayi, sebagai persiapan saat waktu kelahiran janin tiba.

Wallahu'alam bishowwab
أَقُوْلُ قَوْلِيْ هَذَا وَأَسْتَغْفِرُوْا اللهَ لِيْ وَلَكُمْ - والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته


TANYA JAWAB

Q : Tanya juga ustdzh. Apa ya plus minus lahir secara normal dan SC? Untuk yang melahirkan SC dibatasi melahirkan sampai anak ke berapa? Jika sudah sampai pada batasnya sedangkan usia sang ibu masih muda apa yang biasanya dianjurkan dokter agar terjadi kehamilan? Jazakillah ustdzh..
A : Bismillah...
Partus normal biasa akan menyebabkan vagina longgar,  sedangkan kalau sc lama masa penyembuhannya. Jika bekas operasi sebelumnya bagus bisa sampaii anak ke 6... Jika memang tidak memungkinkan untuk hamil lagi...biasa nya tubektomi Bunda..
Wallahu'alam

Q : Bunda tanya saat usia kandungan 8 bulan apkah kita dianjurkan olahrga jalan-jalan pagi tidak memakai sandal/ sepatu itu gunanya apa bunda
Soalnya saya pernah dengar ibu-ibu nyaranin gitu.
A : Bismillah... Yang ada jalan-jalan saja untuk stamina Bund...
Wallahu'alam

Q : Bun tanya klo daerah pusar terasa panas bahayakah bun?
A : Bismillah....Ga merah kan?bengkak? Atau ber nanah? Jika tidak insya Alloh tak apa.
Wallahu'alam

Q : Bun, nanya adakah cara atau yang perlu dilakukan jika takut melahirkan, kok dari cerita-cerita serem banget ya… Trus klo mengedan pas melahirkan katanya ada tekniknya ya? Gimana teknik yang benar? Klo melahirkan kan ada yang vaginanya robek ada yang tidak, itu tergantung apa hehe
A : Bismillah...mb, serahkan takdir kepada Alloh dan ingat besar nya pahala pengorbanan melahirkan...
Cara nya tarik nafas panjang kemudian tarik paha ke belakang dan mengedan dengan menutup mulut di perut... Elastisitas vagina dengan besar nya bayi
Wallahu'alam

Q : Bun mau nanya...Usia kehamilan 37 minggu, pembukaan 1,abis tu mulesnya ilang sampe 1 minggu blom mules lagi dan blom nambah pembukaan lagi, biar cepat nambah pembukaan gimana caranya bun? Tiap melahirkan normal apa pasti dilakukan tindakan pengguntingan/episiotomi?
A : Bismillah...
Anak pertama ya? Biasa nya jika iya memang agak lama...Tunggu saja sambil perbanyak jalan.... Jika anak pertama atau besar butuh episiotomi Bunda agar tidak robek kemana-mana.
Wallahu'alam

Q : Hpl dari bidan saya melahirkan tgl 11 Mei.. Tapi dari anak pertama s/d kelima saya melahirkan maju 2 minggu dari perkiraan..apa penyebabnya ya Bu ? Dari anak pertama sampai kelima mules saya kurang dan lambat pembukaan tapi setelah diinduksi lewat infus baru cepat mules dan pembukaannya.. Katanya sekarang tidak boleh pakai induksi, apa memang ada efek samping nya?
A : Bismillah...gpp bund maju 2 minggu...Brarti hormon oksitosin lebih cepat bekerja sehingga lebih cepat pematangan jalan lahir.. Jika memang butuh masih boleh kok Bund... Ga usah khawatir jika memang ada insikasi nya...
Wallahu'alam

Q : Bun, apa bedanya hamil anggur dengan hamil di luar kandungan?
A : Bismillah... Kalo hamil di luar kandungan berarti hamil bukan di ruang rahim atau cavum uteri....jadi memang tidak cukup untuk perkembangan janin sehingga robek dengan sendri nya...
Kalo hamil anggur ya hamil biasa di rahim hanya perkembangan tidak sempurna hanya seperti bola-bola berisi air (mirip buah anggur)
Wallahu'alam bishowwab

Q : Dokter., saya 2x melahirkan sudah lewat HPL tidak ada tanda-tanda pembukaan.. Akhirnya dua-duanya dipacu dengan infus baru mulai pembukaan.. Itu kira-kira karena apa ya dokter?? Sayanya sudah jalan-jalan dan banyak aktivitas, senam hamil dan massage payudara juga sudah..
A : Bismillah.... Itu memang kondisi kita masing-masing mb....saya juga begitu...typikal hormon kehamilan yang masih tinggi

Q : Ustadzah...soal perawatan pasca operasi itu gimana?
A : Bismillah.... Perawatan pasca sc yang tidak boleh angkat berat....
Untuk luka hiegienitas di jaga...
Wallahu'alam

Q : Hormon kehamilan yang masih tinggi itu gimana bun maksudx?
Beda dengan hormon melahirkan?
A : Bismillah... Biasanya progesteron tapi kalo per salinan oksitosin yang berpengaruh walaupun yang lain juga ada Bund. ..
Wallahu'alam bishowwab

Q : Assalammualaykum bu dokter, Alhamdulillah sekarang usia kehamilan pertama masuk 34w yang mau saya tanyakan gimana sebaiknya mengatasi gatal pada perut dan payudara dok ? periksa ke bidan diberi bedak karena klo minyak zaitun/VCO/baby oil bakal lengket dan lembab.
A : Bismillah... Biasanya minyak zaitun atau cream anti strecth mark....bedak sebenarnya bisa namun jika lipatan lebih baik sebenarnya jangan bedak.

Q : Apa benar massage payudara sekarang tidak diperbolehkan? Jika diperbolehkan kapan dan gimana caranya yang tepat agar bayi lahir ASI bisa keluar lancar ?
A : Bismillah.... Boleh mb...

Q : Apa tips dan saran agar kelahiran nanti secara normal .
A : Bismillah... Jaga bb bayi, banyak aktivitas menjelang persalinan atau rapat jalan... Asupan nutrisi yang cukup untuk energi saat persalinan....dan berdoa minta pertolongan untuk kemudahan proses nya...
Wallahu'alam

Q : Nanya lagi bun, saya pernah jenguk orang habis melahirkan, tapi kenapa pake transfusi darah ya, kanan kiri ada selang infus. Penyebab pasca melahirkan pake transfusi darah itu kenapa ya bun?
A : Bismillah... Bisa karena kondsi sebelum lahiran misalnya hb rendah atau anak lebih dari 2... Atau faktor lainnya
Wallahu'alam

Q : Mau tanya... Apakah ada tips untuk menstabilkan hormon agar cepat hamil? Apakah ada cara untuk membuat haid jadi teratur?
A : Bismillah... Hidup sehat.. Perbanyak air putih, buah dan sayur terutama yang segar..
Wallahu'alam

Q : Mau tanya Bu. Sejak usia kehamilan 25w pangkal paha sudah mulai pegal & nyeri, sekarang 34w makin menjadi, miss V juga pegal/nyeri sampai dibawa berjalan sakit. Apakah masih wajar ya Bu?
A : Bismillah.... Bund, coba periksa... Ada kmungkinan varices vagina....tapi bisa juga normal... Bunda sc?
Wallahu'alam

Q : Insya Allah hamil ke-3 ingin VBA2C kasus sebelumnya karena pembukaan kurang bagus. Pernah dengar itu akibat serviks belum matang, apa benar seperti itu? Bagaimana cara agar bisa kontraksi secara alami?
A : Bismillah.... Bisa dengan aktivitas fisik...sepertu jongkok atau juga bisa mohon maaf dengan stimulasi sperma...
Wallahu'alam

Q : Stimulasi sperma?
A : Ya Bunda... Afwan vulgar...sperma bisa menstimulasi kontraksi rahim dan pematangan serviks

Q : Oo jadi sebaiknya sering-sering berhubngan dengan suami ya bun? Itu dimulai kapan ? Dekat-dekat lahiran ? Klo masa trimester 1 n 2 gpp dan amankah berhubungan dengan suami?
A : Di tri mester ke 3... Diatas 36 minggu...aman untuk ber jima... Cuma pada masa TM1 dan TM2 sebaiknya sperma dikeluarkan di luar atau azl, karena sperma dapat menstimulasi kontraksi Rahim.

Q : Dokter mau tanya....saya habis melahirkan sudah hampir 5 bulan tapi kok belum menstruasi ya....saya kb steril dok
A : Itu sebenarnya bagus...karena menyusuinya berhasil membuat tidak terjadi haid atau kb alami....

Alhamdulillah, kajian kita hari ini berjalan dengan lancar. Semoga ilmu yang kita dapatkan berkah dan bermanfaat. Aamiin....

Segala yang benar dari Allah semata, mohon maaf atas segala kekurangan. Baiklah langsung saja kita tutup dengan istighfar masing-masing sebanyak-banyaknya dan do'a kafaratul majelis:

سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika

“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”

​السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ