Ketik Materi yang anda cari !!

Home » » FAKTOR - FAKTOR PENGUNDANG BENCANA

FAKTOR - FAKTOR PENGUNDANG BENCANA

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Monday, May 9, 2016

Assalamualaikum
Ada beberapa faktor yang harus kita waspadai oleh kita karena berdasarkan alquran dan kisah kisah kaum terdahulu menjadikan mereka terkena bencana karena memiliki atau melakukan nya.

1. Demoralisasi

Contoh nyata dalam hal ini adalah kaum Nabi Luth yang amoral dan akhirnya dihancurkan oleh Allah swt. Lihat alquran surat al-a'raf 80-84

وَأَمْطَرْنَا عَلَيْهِمْ مَطَرًا ۖ فَانْظُرْ كَيْفَ كَانَ عَاقِبَةُ الْمُجْرِمِينَ

Dan Kami turunkan kepada mereka hujan (batu); maka perhatikanlah bagaimana kesudahan orang-orang yang berdosa itu. {Al-A'raf : 84}

Kalo melihat kondisi demoralisasi bangsa kita hari ini saya khawatir justru inilah penyebab bencana bencana yang terjadi itu.

2. Kemusyrikan

Kaum Quraisy dan kaum kaum sebelumnya dihancurkan juga karena kesyirikan. Sementara kita melihat fenomena kemusyrikan di negeri ini berkembang dengan banyak nya pemikiran paranormal dan mistik bahkan dalam koran dan televisi.
Lihat al a'raf 85-91

3. Kecurangan 

Kaum nabi Shuaib di hancurkan karena curang dalam timbangan dan takaran. Dan korupsi konon katanya sudah jadi budaya di negara kita.

 فَأَخَذَتْهُمُ الرَّجْفَةُ فَأَصْبَحُوا فِي دَارِهِمْ جَاثِمِينَ

Kemudian mereka ditimpa gempa, maka jadilah mereka mayat-mayat yang bergelimpangan di dalam rumah-rumah mereka, {Al-A'raf : 91}

4. Pendewaan Kekuasaan 

Firaun ditenggelamkan oleh Allah karena arogansi nya. Di negeri kita banyak juga pemimpin yang arogan bahkan orang berlomba ingin jadi pemimpin dengan alasan dendam dan haus kekuasaan padahal minim kemampuannya.

5. Pendewaan Harta 

Qorun ditelan bumi karena bangga dan membanggakan hartanya.

6. Pendewaaan Profesi 

Haman dibinasakan karena merasa pintar dan serba bisa.

Semoga kita bisa mengambil hikmah.
Sungai mahakam airnya bersih
Cukup sekian terima gajih
Wassalam

TANYA JAWAB

1. Selain rasa Syukur, Sifat-sifat apa yang harus kita miliki agar ketika kita memiliki harta dan kekuasaan / profesi tidak mendewakkannya? karena sering kita menyepelehkan orang lain tanpa sadar
Jawab
Selain syukur juga harus sabar. Kemudian senantiasa merasa diawasi oleh Allah

2. Dari kisah d atas ketika ada bencana pasti ada sebab dan akibat. Kalau kita fikir di negara kita sudah banyak bencana yang terjadi apakah sebabkan salah satu faktor,  pertanyaan nya bagaimana kita mengahadapi negara pada saat sekarang ini contoh pemimpin yang noni atau yang lainnya.
Jawab
Hadapi aja baik baik. Berikan pencerahan sesuai kemampuan. Agama ini bukan sekedar lip Service tapi amal nyata dan akhlak mulia sebagai hasil dari ibadah yang baik dan aqidah yg kokoh.

3. Assalamualaikum ustad melihat di negeri kita seperti ini apakah kita masih bisa mencegah semuanya dan bagaimana caranya?
Jawab
In sya Allah bisa kita harus berbenah mulai dari diri pribadi dari hal terkecil dan mulai sekarang kemudian ke keluarga dan masyarakat. Jadilah orang muslih bukan hanya sholeh.


Marilah kita tutup majelis ilmu kita hari ini dgn membaca istighfar, hamdallah serta do'a kafaratul majelis

Doa penutup majelis :

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ ٭

Artinya:
“Maha suci Engkau ya Allah, dan segala puji bagi-Mu. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan melainkan Engkau. aku mohon ampun dan bertaubat kepada-Mu.”
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

KAJIAN ONLINE HAMBA ALLAH
Hari / Tanggal: Senin, 09 Mei 2016
Narasumber : Ustadz Kaspin
Notulen : Ana Trienta



LINK NANDA

Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment