Tujuan utama dari pelaksanaan Grup ini, semata-mata hanya untuk mencari Ridho اللّهُ SWT. Terus semangat belajar dan berbagi ilmu sampai ke liang lahat demi menjadi Hamba Allah SWT yang Kaffah

MERAIH KEBAHAGIAAN YANG HAKIKI

Kajian Online WA Hamba الله SWT

Rabu, 11 Mei 2016
Narasumber : Ustadzh Meichal
Rekapan Grup Nanda M103 (Mietha)
Tema : Kajian Umum
Editor : Rini Ismayanti


Puji syukur kehadirat Allah SWT yang masih memberikan kita nikmat iman, islam dan Al Qur'an semoga kita selalu istiqomah sebagai shohibul qur'an dan ahlul Qur'an dan dikumpulkan sebagai keluarga Al Qur'an di JannahNya.
Shalawat beriring salam selalu kita hadiahkan kepada uswah hasanah kita, pejuang peradaban Islam, Al Qur'an berjalan, kekasih Allah SWT yakninya nabi besar Muhammad SAW, pada keluarga dan para sahabat nya semoga kita mendapatkan syafaat beliau di hari akhir nanti. InsyaAllah aamiin

MERAIH KEBAHAGIAAN YANG HAKIKI

“Dijadikan indah pada (pandangan) manusia kecintaan kepada apa-apa yang diingini, yaitu: wanita-wanita, anak-anak, harta yang banyak dari jenis emas, perak, kuda pilihan, binatang-binatang ternak dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia, dan di sisi Allah-lah tempat kembali yang baik (syurga)”

Katakanlah: "Inginkah aku kabarkan kepadamu apa yang lebih baik dari yang demikian itu?". Untuk orang-orang yang bertakwa (kepada Allah), pada sisi Tuhan mereka ada surga yang mengalir dibawahnya sungai-sungai; mereka kekal didalamnya. Dan (mereka dikaruniai) isteri-isteri yang disucikan serta keridhaan Allah. Dan Allah Maha Melihat akan hamba-hamba-Nya.
(Al Imron  :  14-15)

Untuk saudara-saudariku semoga kalian masih menjadikan Al-Qur'an sebagai penguat hidup, karena siapakah yang berhak menentukan Takdir seseorang, jawaban singkat nya adalah  الله Subhanahu Wa Ta'ala. Lalu siapakah yang berhak kita sembah, jawaban nya tetap الله Azza Wa Jalla.

Jika ada sebuah pertanyaan, lebih baik mana terjatuh di atas kasur atau terjatuh dari gedung tinggi? Kita pun akan menjawab dengan singkat, setiap rasa sakit itu sangatlah tidak menyenangkan,tetapi proses kehidupan tetaplah harus kita lalui..

Karena hidup adalah rangkaian cara kita melangkah menuju nikmat nya Surga atau kita akan terkapar di lembah siksa Neraka. Jalan yang sedang kita lalui tak berhujung dan fatamorgana karena yg PASTI itu adalah ketetapan  الله

BerTaqwalah kita kepada الله Ta'ala dan jagalah 'amaliyah Taqwa kita, agar tak ada angin kegundahan mendatangi hidup kita. Sungguh kesabaran kita bersama Al-Qur'an dan diam kita dengan tangisan Do'a adalah indah nya hidup dan dapat mendatangkan kesakinahan, karena sebaik-baik penolong hanyalah  الله Azza Wa Jalla dan seburuk-buruk nya waktu adalah keputus asaan.

Maka ada 3 hal yang harus kita perjelas langkah hidup kita agar tidak terjatuh pada lembah keputus asaan, yaitu
1. Menghidupkan Hati di bawah naungan Al-Qur'an
2. Selalu membuka Hati untuk mengingat kematian
3. Menghidupkan Akhir malam untuk selalu berSujud diiringi munajat dengan kesungguhan Taubat
wallohu'alam bishowab

TANYA JAWAB

Q : Ustad maaf batas tahajud itu berapa jam sebelum subuh? Apa sebelum adanya kumandang adzan subuh masih diperkenankan tahajud dulu
A : Sebelum adzan berkumandang

Q : Ustad afwan saya sedang berada di negeri yang mayoritas non muslim jika saya membaca Alquran dari hape tapi tidak menutup aurat dengan sempurna hukumnya bagaimana?
A : Tidak apa-apa

Q : Ustad bagaimana cara agar kita tetap merasa dekat dengan allah ketika kita dalam keadaan berhalangan? Karena selalu merasa keimanan turun ketika sedang halangan.
A : Allohu ta'ala selalu dekat kepada kita, sangat dekat, tugas kita sebagai seorang hamba adalah menyempurnakan 'amalan taqwa kita dengan baik.

Q : Ustadzah kalau ada al qur'an di hp kan tidak boleh dibawa ke kamar mandi.  Bagaimana dengab muratal mp3 al qur'an di hp?  Apakah tidak boleh juga hp nya dibawa ke kamar mandi?
A : Fatwa ulama,ketika ada Al-Qur'an di HP maka saat masuk kedalam kamar mandi HP nya di matikan.

Q : Alhamdulillah berarti ustad tau gambaran saya di sini.. Lantas jika saya sholat di dapur ustad hukumnya bagaimana sedangkan di depan saya ada dupa yang biasa mereka buat sembahyang..
A : Jika dalam keadaan terdesak sholat d WC pun di perbolehkan


Alhamdulillah, kajian kita hari ini berjalan dengan lancar. Semoga ilmu yang kita dapatkan berkah dan bermanfaat. Aamiin....

Segala yang benar dari Allah semata, mohon maaf atas segala kekurangan. Baiklah langsung saja kita tutup dengan istighfar masing-masing sebanyak-banyaknya dan do'a kafaratul majelis:

سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika

“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”

​السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ