Home » , » Tarhib Ramadhan Part 2

Tarhib Ramadhan Part 2

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Saturday, May 28, 2016

Embun Pagi

Sabtu, 28 Mei 2016

Tarhib Ramadhan
Part 2

Bunda Mien (Tim Editing BBnA Kajian Online Hamba Allah)

Ramadhan merupakan bulan yang penuh kenangan indah yang tidak pernah pupus dari ingatan.  Ramadhan adalah bulan penuh rindu yang tidak bisa dilukiskan terhadap orang2 dekat yang sudah mendahului menghadap Allah. Ramadhan adalah bulan silaturahmi karena hanya pada bulan tersebut setiap malam saat tarawih bisa bertemu banyak orang, bisa bercengkerama dengan keluarga dekat dan jauh, sahabat, tetangga dan handai taulan.

Bulan Ramadhan adalah bulan penuh kegembiraan terutama saat kita bisa membagikan makanan kepada orang lain dan mereka rebutan makannya, 

Saya jadi ingat saat mengantar kolak buatan ibu ke masjid dan anak anak berbuka rebutan kolak buatan ibu.
Kegembiraan itu juga sudah di ingatkan nabi dalamhaditsnya : "Barangsiapa yang memberikan hidangan berbuka puasa bagi orang yang berpuasa, maka akan diampuni dosanya, dan dibebaskan dari belenggu neraka, serta mendapatkan pahala setimpal dengan orang yang berpuasa tanpa mengurangi pahala orang berpuasa tersebut.” (HR bukhari)

Setiap orang punya kenangan khusus yang tidak bisa dilupakan saat menjelang bulan ramadhan, yang jauh di perantaun pasti ingat kenangan indah Ramadhan di kampung. Yang berada di kampung juga pasti rindu kehadiran sanak saudaranya kumpul bareng di bulan penuh cinta ini.

Semua orang juga punya cara khusus menyambut ramadhan. 

Ada 8 keistimewaan Ramadhan dibandingkan bulan-bulan lainnya, yaitu:

1. Syahrun Azhim (Bulan Yang Agung)
Azhim adalah nama dan sifat Allah Ta’ala. Namun juga digunakan untuk menunjukkan kekaguman terhadap kebesaran dan kemuliaan bulan Ramadhan.

2. Syahrul Mubarak
Bulan ini penuh berkah, semua perbuatan kita di saat berpuasa menjadi ibadah berpahala yang balasannya langsung dari Allah. Amal baik sekecil apapun nilainya dilipatgandakan. Keberkahan Ramadhan oleh Nabi dibagi 3 bagian, yaitu 10 malam periode pertama penuh rahmat Allah, 10 berikutnya diisi dengan ampunan (maghfirah), sedangkan di 10 malam terakhir merupakan pembebas manusia dari api neraka.

(To be continue)

Div BBnA-HA/A/153/28/V/2016
===================================
 Diperkenankan menshare artikel ini ke semua medsos jika dirasa bermanfaat tetapi dengan tetap mencantumkan narasumber aslinya, www.hambaAllah.net

Follow us
 twitter : @kajianonline_HA
  fb : KAJIAN ON LINE-HAMBA ALLAH
  Web : www.hambaAllah.net
  IG : @hambaallah_official
  Join kajian HA via telegram
klik Bit.ly/kajian_HA

Ayo kirim karyamu;
 Akhwat
  Tuwuh +6281290734391
  Anna +6287788217444
 Ikhwan
Ridho +6289623801053
Jaka +6285716479466

posted by
EmbunPagi
www.hambaAllah.net

Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Ketik Materi yang anda cari !!