Ketik Materi yang anda cari !!

Home » , » Jadilah Dirimu Sendiri

Jadilah Dirimu Sendiri

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Friday, April 29, 2016

Embun Pagi

Jum'at, 29 april 2016

Jadilah Dirimu Sendiri

Dr. Gilang (member M301 Kajian Online HA M107)

Nasihat orang "jadilah dirimu sendiri".
Lantas bila diri sendirinya itu orang jahat, haruskah dia menjadi jahat?  Bila dirinya sendiri itu orang pendengki, haruskah dia menjadi pendengki? Haruskah dia menjadi pemarah, tidak sabaran, suka mengeluh, pendendam. Bila dirinya sendiri ahli Neraka, haruskah dia menjadi ahli Neraka? 

Sesungguhnya menurut ilmu psikologi, manusia adalah makhluk peniru yang paling hebat. Sejak bayi, manusia sudah belajar meniru orang lain yang ada di sekitarnya. Kita sudah punya insting sejak lahir untuk meniru apa yang ada di sekitar kita. Sehingga kita dapat menjadi diri kita yang sekarang ini dengan segala macam sifat baik dan sifat buruk yang ada di diri kita.

Allah SWT tidak memerintahkan kita untuk menjadi diri kita sendiri, karena diri kita belum tentu baik dan belum tentu membawa kepada keselamatan. Yang diperintahkan oleh Allah adalah meniru dan meneladani Rasulullah SAW.

Dalam Al-Qur'an, Allah memberi petunjuk:
Qs.Al-Ahzāb : 21
لَقَدْ كَانَ لَكُمْ فِي رَسُولِ اللَّهِ أُسْوَةٌ حَسَنَةٌ لِمَنْ كَانَ يَرْجُو اللَّهَ وَالْيَوْمَ الْآخِرَ وَذَكَرَ اللَّهَ كَثِيرًا
Sungguh, telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari Kiamat dan yang banyak mengingat Allah.

Jadi, tidak ada yang namanya pilihan untuk menjadi diri sendiri. Karena diri sendiri kita adalah hasil meniru orang lain. Pilihan kita hanya ada dua: 

1. Meneladani teladan yang baik. Tentu teladan yang paling baik adalah Rasulullah SAW dan para orang orang sholeh.

2. Meneladani teladan yang belum tentu diridhai oleh Penguasa langit dan bumi.
Jadi tidak ada alasan, kalau kita tidak bisa berubah menjadi pribadi yang baik menurut Allah. Kita bisa, karena kita sudah dibekali insting untuk meniru dan itu sudah kita lakukan sejak masih bayi. Tinggal diri kita sendiri yang mau atau tidak meniru karakter dan sifat seorang muslim yang baik menurut Allah. 

Manusia adalah ciptaan Allah yang istimewa, karena dia diberi kebebasan untuk memilih. Namun kelak, dia juga merupakan makhluk yang akan dimintai pertanggungjawaban atas apa yang sudah dipilihnya.

Div BBnA-HA/A/139/29/IV/2016
===================================
 Diperkenankan menshare artikel ini ke semua medsos jika dirasa bermanfaat tetapi dengan tetap mencantumkan narasumber aslinya, www.hambaAllah.net

Follow us
 twitter : @kajianonline_HA
 fb : KAJIAN ON LINE-HAMBA ALLAH
 Web : www.hambaAllah.net
 IG : @hambaallah_official
 Join kajian HA via telegram
klik Bit.ly/kajian_HA

Ayo kirim karyamu;
 Akhwat
  Tuwuh +6281290734391
  Anna +6287788217444
 Ikhwan
Ridho +6289623801053
Jaka +6285716479466

posted by
EmbunPagi
www.hambaAllah.net

Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment