Ketik Materi yang anda cari !!

SEHAT SELAMA RAMADHAN

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Monday, June 6, 2016

Kajian Online WA  Hamba الله SWT

Senin, 6 Juni 2016
Narasumber : dr. Ella
Kajian Link Ramadhan Pekan-2 Grup Nanda
Tema : Kesehatan
Editor : Rini Ismayanti


Puji syukur kehadirat Allah SWT yang masih memberikan kita nikmat iman, islam dan Al Qur'an semoga kita selalu istiqomah sebagai shohibul qur'an dan ahlul Qur'an dan dikumpulkan sebagai keluarga Al Qur'an di JannahNya.
Shalawat beriring salam selalu kita hadiahkan kepada uswah hasanah kita, pejuang peradaban Islam, Al Qur'an berjalan, kekasih Allah SWT yakaninya nabi besar Muhammad SAW, pada keluarga dan para sahabat nya semoga kita mendapatkan syafaat beliau di hari akhir nanti. InsyaAllah aamiin

SEHAT SELAMA RAMADHAN

Mulai hari ini sampai insya Allah 30 hari ke depan kita akan melakukan ibadah puasa. Agar bisa menjalankan ibadah mulia ini dengan baik dan optimal, saya akan sedikit berbagi mengenai puasa sehat selama ramadhan.. semoga bermanfaat.

Ada beberapa hal besar yang perlu kita perhatikan agar tetap sehat selama berpuasa.

SAAT SAHUR
1.  Usahakan untuk sahur di akhir waktu. Hal ini bermanfaat  untuk menyimpan energi yang cukup selama kita berpuasa. Selain itu juga mengikuti sunah rasul SAW.
2. Sahur dengan makanan berisi karbohidrat kompleks, tak lupa protein dan serat. Karbohidrat kompleks seperti nasi, beras merah, gandum, kentang, dll akan dicerna perlahan sehingga cukup dipakai sebagai sumber energi. Protein dan serat diperlukan untuk cadangan energi, pemenuhan protein untuk kebutuhan sel, serta serat untuk menjaga pencernaan.
3. Minum air yang cukup (2-3 gelas) agar kebutuhan cairan tubuh terpenuhi. Bisa juga dengan mengkonsumsi jus buah.
4. Hindari minuman berupa gula sederhana (syrup gula, soft drink dll) yang dapat memicu rasa lapar cepat datang. Hindari juga konsumsi minuman berkafein seperti teh atau kopi yang bersifat diuretik, sehingga memicu haus dan membuat sering kencing.
5. Jangan tidur setelah sahur, karena dapat membuat pencernaan lambat bekerja dan menimbulkan rasa kembung atau begah.

SAAT BERBUKA
1. Berbuka dengan kurma dapat membantu memberikan kalori secara cepat. Selain itu kurma juga memberi serat dan beberapa mineral penting tubuh. Air gula boleh diminum dengan jumlah terbatas, jangan terlalu banyak. Lebih baik dengan air putih biasa atau hangat untuk memenuhi kebutuhan cairan.
2. Mulailah dari makanan ringan seperti buah atau sup atau makanan ringan lain tapi jangan yang mengandung banyak minyak atau lemak. Makan secara perlahan dan porsi sedikit agar tubuh dapat beradaptasi setelah berpuasa. Baru dilanjutkan dengan solat magrib.
3. Setelah solat magrib, dapat dilanjuntukan dengan makan besar dengan komposisi seimbang. Makanlah dengan porsi biasa, tidak berlebihan agar tubuh tidak kaget dan tidak banyak kelebihan kalori yang ditimbun yang dapat memicu kegemukan serta penyakit lain.
4. Setelah solat tarawih boleh mengkonsumsi makanan ringan, dan tidak lupa air putih.
5. Usahakan untuk tetap beraktivitas agar tubuh tetap bugar. Tidur terlalu banyak akan membuat tubuh menyimpan kelebihan kalori serta membuat tubuh lemas. Tidur siang boleh jika memungkinkan.
6. Hindari terpapar sinar matahari atau aktivitas berat yang mengeluarkan banyak cairan.
7. Jika menderita penyakit tertentu atau pada ibu hamil dan menyusui konsultasikan dulu ke dokter untuk mengetahui apakah puasa dapat dilakukan atau ada pergantian obat yang diperlukan. Pada pasien diabetes melitus tipe 1, dapat diberikan obat insulin kerja panjang jika ingin berpuasa, tergantung kondisi kesehatan pasien.
8. Tetap menyibukkan diri dengan aktivitas yang positif seperti ibadah dll akan membuat tubuh dan pikiran lebih tenang, sehingga puasa tidak terasa menyulitkan.

Itu sedikit pembahasan dari saya. Semoga bermanfaat dan ibadah puasa kita bernilai pahala.

TANYA JAWAB

M111
Q : Mau tanya mba.. saat ini saya sedang sariwan lumayan besar dan perih. Jadi agak terganggu ketika makan. Klo sudah sariawan gini jadi males makan. Tadi pas sahur saya makannya sedikit. Menurut dokter makanan apa untuk menyembuhkan sariwan dengan cepat. Jazakillah khoir dok.
A : Makanan yang mengandung vitamin B dapat membantu regenerasi sel. Vitamin C membantu penyembuhan lukanya. Jus buah baik untuk sumber vitamin. Jika memang mengganggu bisa diberi obat untuk sariawan.

Q : Mau tanya, apa pernah diadakan penelitian sebelumnya kenapa Alloh menjadikan waktu sahur sebelum subuh? Apa penjelasan ilmiahnya? Mungkin kah proses pencernaan tubuh pada jam itu lebih bagus atau bagaimana? Terima kasih
A : Saya belum menemukan artikel/jurnal yang spesifik mengenai sahur. Tapi beberapa hormon seperti kortisol yang penting pada otot halus (seperti pada otot pembuluh darah, saluran cerna) meningkat tinggi sejak malam sampai menjelang pagi. Sehingga nutrisi saat sahur dapat membantu kerjanya.


M109
Q : Dokter maaf saya ingin bertanya, jika setelah makan kenapa sakit perut ya dokter? Itu penyebabnya salah makan atau bagaimana dokter?
A : Bisa jadi ada beberapa kandungan dalam makanan tersebut yang memicu sakit perut (misal cabe, santan, produk susu, dll), yang pada mba mungkin lebih sensitif saluran cernanya sehingga menimbulkan sakit perut. Sebaiknya perhatikan makanan apa saja yang membuat sakit perut.  Jika memang ada penyakit seperti maag, konsumsi obat pengatur asam lambung sebelum makan dapat membantu. Makan makanan dalam porsi kecil tapi sering.

Q : Kan sebelum bulan puasa, saya mencoba puasa sunah.. Nah, ketika berpuasa otot saya berasa ketarik .. seperti kram ... kemudian lemas berkepanjangan walaupun sudah berbuka. Sudah coba diminumi cairan elektrolit & teh manis. Tapi tetap lemas ,,Pertama saya cuekin, tapi stlah bbrapa kali saya puasa. Selalu sperti itu , Kebetulan puasa pertama ramadhan ini , saya sedang halangan. Jadi untuk persiapan setelah selesai halangan ini dokter. Saya mesti bagaimana ya dokter?
A : Saran saya, periksakan dahulu ke dokter untuk diperiksakan secara lebih detail. Jika memang ada penyakit yang perlu pengobatan, tangani dahulu.Kemudian jika memungkinkan bisa berlatih menahan makan beberapa jam, perhatikan apakah gejala berulang. Konsumsi makanan karbohidrat kompleks seperti beras merah dapat menjadi sumber energi yang cukup lama.

Q : Saya sering kram...apakah itu pngaruh dari pembengkakan kelenjar limfa saya?
A : Kram dimana persisnya? Kram di perut bisa banyak penyebabnya, dispepsia, ada radang di saluran cerna atau masalah lainnya. Sebaiknya dikonsultasikan ke dokter dengan lebih rinci.

Q : Dokter, saya mau tanya, saya kadang mengalami ketika setelah makan, malah perutnya jadi agak  lapar.. itu dikarenakan apa? Bagaimana cara mengatasi nya?  Terimakasih..
A : Biasanya itu karena makanan yang dimakan merupakan bentuk karbohidrat sederhana (misal gula, madu, sari buah) yang cepat dicerna tubuh, sehingga mudah memicu lapar. Misal makan dan minumannya teh atau air gula. Makan makanan berupa karbohidrat kompleks (nasi, jagung, gandum, kentang) biasanya cukup untuk menunda lapar dalam waktu cukup lama. 

Q : Assalamu'alaykum bu dokter aku mau nanya, kenapa setiap haid selama 3 bulan terakhir ini perut sakit sekali sampai kaya mau buang air besar, dubur juga sakit. Apa karena jarang puasa ya dok? Trims
A : Untuk itu perlu pemeriksaan khusus, jika nyerinya saat haid, bisa jadi berhubungan dengan organ reproduksi.


M105
Q : Apakah infuse Water berguna khususnya disaat puasa adakah manfaatnya seperti kurma dijadikan Infuse Water?
A : Saya tidak terlalu mendalami infuse water. Mengkonsumsi buah segar lebih baik karena vitamin, mineral dan nutrisi terutama yang bekerja sebagai antioksidan akan lebih fresh diterima tubuh.


M106
Q : Ada tante baru datang dari daerah maluku, ,lagi hamil kena penyakit demam hidungnya tersumbat berat flu berat baiknya minum apa, sementara lagi puasa.
A : Untuk ibu hamil, obat yang digunakan memang terbatas. Sementara bisa konsumsi paracetamol dan vitamin. Istirahat dan minum air putij yang cukup. Obat flu warung sebaiknya tidak dikonsumsi. Kontrol ke dokter kandungan jika perlu.


M112
Q : Kalau sup buah biasa nya di daerah saya di campur dengan susu. Pernah baca artikel kalau buah dan susu tidak boleh di mkn bersamaan.. Mohon penjelasan bunda
A : Buah secara umum bersifat asam kemudian cepat dicerna. Saat dimakan dicampur dengan susu, susu akan menggumpal kemudian sulit untuk dicerna. Selain itu, zat gizi susu menjsdi sulit diserap. Beberapa antioksidan yang terdapat dalam buah juga dapat terikat dengan protein susu, sehingga tidak diserap tubuh.

Q : Assalamu'alaikum dok. Saya penderita darah rendah ( anemia ) dan darah kental. Sering kali tensi darah hanya 70/60 bahkan pernah sampe 60/60 dan menerima  transfusi darah. Apa yang harus saya lakukan dok untuk mencegahnya? Dan apakah puasa sah jika saya melakukan tranfusi darah trimksih dok.
A : Minum air putuh yang cukup, makan bergizi seimbang, dan konsultasikan ke dokter bila perlu. Hindari aktivitas fisik berat. Masalah transfusi, ada perbedaan pendapat ulama. Sebagian ulama menyatakan batal puasanya karena dalam darah terdapat nutrisi, sebagian lain menyatakan tidak apa jika hanya sebagian komponen darah yg dimasukkan (misal eritsori atautrombosit saja). Tapi agar aman, transfusi dapat dilakukan saat tidak puasa atau malam hari.


M114
Q : Afwan mau tanya ukh..Muntah termasuk membatalkan puasa gak yaa??
A : Wa'alaikumussalam mbak, Jika tidak sengaja, tidak batal. Tapi jika muntah berulang, perlu diperhatikan mungkin tubuh kurang sehat dan butuh asupan cairan jika muntah banyak berulang. Sebaiknya dibatalkan puasanya.


M101
Q : Assalamualaikum. Saya mau bertanya Bagaimana cara untuk meningkatkan energi kita selama berpuasa?
A : Asupan makanan yang bergizi seimbang, karbohidrat kompleks bisa jadi pilihan sebagai sumber energi yang cukup lama. Kemudian yang penting sebenarnya pikiran positif dan semangat dalam menjalankan puasa, karena telah tahu keutamaannya.


M110
Q : Aku kalau puasa sore harinya sering migran, gimana solusinya kak?
A : Pada orag yang menderita migrain, kasus migrain biasanya memang cenderung sedikit meningkat saat puasa. Biasanya diakibatkan kekurangan cairan sehingga volume darah juga berkurang atau menjadi sedikit lebih kental. Sebaiknya minum air putih yang cukup, minimal 8 gelas, atau bisa juga dengan minum jus buah. Kemudian hindari tempat yang terik atau panas yang dapat menyebabkan cairan tubuh berkurang drastis. Jika memang masih migrain, konsultasikan ke dokter.


M116
Q : Assalamualaikum wrwb.. Bu dokter.. mau Tanya.. kalau gusi sering berdarah itu penyebabnya apa ya bu dokter? Dan apa hukum nya bila sedang berpuasa gusi nya berdarah.. mohon penjelannya bu dokter.. terimakasih.. wassalamualaikum
A : Bisa banyak hal, kekurangan vitamin K, masalah dengan pembuluh darah, masalh dengan komponen darah dll. Perlu pemeriksaan lebih lanjut untuk tahu penyebabnya. Jika berdarah tidak sengaja dan masih mampu untujk berpuasa, tidak apa-apa dilanjutkan puasanya.

Q : Assalamu'alaikum,,, Saya mau nanya kalo misalnya maag sedang kambuh saat jam malem, dan ketika siang (pas puasa) sembuh,, tapi abis maghrib buat buka puasa malah kambuh lagi jadi kram perutnya,,  kira-kira makanan yang sperti apa yang harus dimakan untuk menghindari kambuhnya maag?
A : Sebaiknya konsumsi obat maag dulu sebelum makan besar. Berbuka dengan kurma atau air gula tidak apa. Hindari makanan pedas dan berlemak agar kerja lambung tidak terlalu banyak.


M103
Q : Assalammualaikum dok..Kan klo anak kos pasti suka yang praktis tuh. Dan klo sahur telur pasti jadi andalan. Pernah baca di artikel katanya makan telur ga boleh lebih dari 4x seminggu. Memangnya kenapa ya dok?
A : Maaf, saya juga baru dengar itu. Sebenarnya yang harus diperhatikan adalah makanan tsb komposisi gizinya seimbang dan sesuai kebutuhan tubuh. Jika ada alergi, tidak bisa banyak konsumsi telur. Selain itu kuning telur juga memiliki kadar kolesterol cukup tinggi. Tapi konsumsi 1x/hari masih wajar.

Q : Assalamu'alaikum. Ayah saya punya penyakit diabetes. Dan ingin seperti yang lain berbuka dengan minuman yang manis & segar.  Adakah alternatif minuman berbuka untuk penyakit diabetes?
A : Bisa gunakan gula jagung atau gula buatan untuk penderita diabetes. Tapi memang harus tumbuh kesdaran untuk menahan diri demi menjaga kesehatan.

Q : Mo tanya dok, karena saya klo sahur ga bisa makan yang berat (udah pernah coba dan pas  kuliah pagi bolak balik kamar mandi) alhasil saya hanya minum vitamin dan nyemil saja, apakah tidak apa kaya gt?
A : Coba makan dalam porsi kecil tapi sering. Misal jam 2 makan, jam 3.30 makan lagi. Atau ganti dengan karbohidrat kompleks lain seperti gandum, jagung, kentang.


M 20
Q : Minum obat trus stelah nya minum susu..apa tidak apa-apa? Takutnya ga ada reaksinya obat dibarengi dengan susu..
A : Beberapa obat memang ada yang tidak bisa diminum bersama susu, karena zat aktif obat yang dapat diikat oleh kalsium pada susu, sehingga obat sulit diserap tubuh. Contohnya tetrasiklin. Tetapi beberapa obat lain tidak mengapa dikonsumsi bersama susu. Jadi konsultasikan saja bagaimana cara minum obat tsb dengan dokter yang merawat.

Q : Assalamualaikum...Bu Dokter mo tanya klo ingin menaikkan berat badan pada waktu puasa gimana? Bisa ga? Pola makan gimanaa yang harus diterapkan...
A : Untuk menaikkan berat badan, kalori asupan makanan harus lebih tinggi dari yang dikeluarkan tubuh. Makan makanan yang tinggi kalori dan protein bisa membantu meningkatkan berat badan. Ketika berbuka atau saat malam hari, bisa makan dalam porsi kecil/sedang dan frekuensi lebih sering. Tapi tetap memperhatikan makanan sehat.

Q : Anak (usia dibawah 10 thn) biasanya suka pilih-pilih makanan, untuk berbuka minta yang seger-seger ;es buah, es campur dll, dalam minuman tsb kan biasanya sirup, skm, jus buah bercampur aduk, gimana ya dok mensiasati supaya anak-anak tercukupi kebutuhab nutrisi dan tetap sehat? Terimakasih....
A : Ajak anak untuk ikut menyusun menu berbuka dengan ibu tetap menjelaskan apakah makanan tsb sehat atau tidak. Kemudian anak-anak boleh ikut membantu menyiapkan atau memasak makanan tsb. Jika ibu bingung memilih makanan, setidaknya pilih dengan  komponen karbohidrat (nasi, jagung, gandum), protein (ikan, tempe), vitamin dan mineral (sayur, buah).

Q : Assalamualaikum dok, apa boleh selama puasa untuk buka dan sahur tidak mengkonsumsi nasi, tapi diganti oleh buah dan sayurz, juga susu low fat? Apakah aman buat saya penderita lambung akut ? Karena klo sahur makan nasi saya lambung saya malah sakit, mohon penjelasan nya dok, syukron.
A : Sumber karbohidrat penting untuk energi tubuh. Kecuali dalam kondisi obesitas. Asupan karbohidrat setidaknya 50% dari total kebutuhan kalori tubuh. Jika tidak bisa makan nasi, bisa diganti dengan jagung, kentang, gandum, singkong, atau bihun.

Q : Assalaamualaikum dr. Ella.. Sudah 6 hari ini saya batuk rejan. Biasanya akan sedikir reda bila minum air hangat. Namun hari ini mulai puasa, ada saran agar batuknya tidak terlalu menyiksa? 
A : Saran saya, periksakan ke dokter terdekat untuk dilihat apakah masalahnya ada di saluran napas atas atau bawah. Apakah butuh terapi khusus atau tidak. Karena bisa jadi penyebabnya banyak hal; faringitis, infeksi saluran napas, dll. Jika memang perlu, nanti dokter akan memberikan obat penahan batuk.


M10
Q :  Tiap saya puasa kenapa tidak bisa bab secara rutin, kadang sampai 3 hari bahkan 1 minggu. Menu sahur roti + air putih/susu kedelai/susu  mohon penjelasannya.. Apakah ini bahaya.. Dan bagaimana solusinya supaya bab tetap rutin. Jazakillah khairon ustadzh
A : Bab rutin penting agar kotoran tidak menumpuk lama di dalam usus. Coba tambahkan makanan tinggi serat seperti sayur dan buah-buahan agar feses lebih bervolume dan cepat dikeluarkan. Jangan lupa minum air putih yang cukup.

Q : Dokter,  betulkah protein susu dan terigu sulit dicerna (ilmu food combining)?
A : Lemak susu termasuk yang lama dicerna tubuh, tapi bukan berarti tidak diperlukan tubuh. Tepung terigu juga mengandung sumber energi berupa karbohidrat dan protein. Memang tepung terigu mengandung gluten yang pada beberapa individu yang sensitif dapat menimbulkan masalah pencernaan. Tapi jika tidak ada masalah, tidak apa mengkonsumsj terigu dalam batas wajar.


M8
Q : Nanya ya...aku tuh setiap awal puasa pasti pusing...begitu juga senin kamis...kenapa ya? Memang saya darah rendah..tapi dah minum sangobion juga ga hilang pusingnya....kira2 saya makan apa ya?
A : Saat awal berpuasa tubuh masih melakukan penyesuaian, kadang timbul gejala pusing. Bukan cuma karena ada anemia. Dalam kondisi puasa, cairan tubuh berkurang sehingga volume cairan dalam pembuluh darah juga berkurang, hal ini bisa menimbulkan pusing juga. Minum air putih minimal 1,5-2 liter setiap hari (tapi jugan sekaligus). Jika pusing, istirahat sejenak. Jika pusing tidak kunjung hilang, periksakan ke dokter.


M15
Q : Begini Bun, saya hampir tiap malam sebelum tidur selalu makan, kalau tidak makan saya gak bisa tidur. Apa pola makan seperti ini bahaya bagi kesehatan Bun?
A : Sebaiknya beri jarak 1-2 jam sebelum tidur agar makanan sempat dicerna setidaknya sebagian. Saat tidur, tubuh tidak terlalu membutuhkan energi yang banyak sehingga kelebihan energi setelah makan akan disimpan menjadi cadangan energi oleh tubuh. Coba majukan jadwal makannya menjadi agak sore. Jika malam lapar, konsumsi buah.


M 20
Q : Untuk menurunkn berat badan selama puasa...katanya kita berbuka langsung minum air putih dan jugan minuman yang manis..itu kira-kira bagaimana dengan keterkaitannya dengan sunah rosul harus ada manis-manisnya...karena saya ingin BB menurun.
A : Berbuka dengan kurma beberapa butir cukup untuk memberikan energi sesaat saat berbuka, tapi tidak berlebihan kalorinya. Yang bisa dikurangi adalah makanan pembuka lain, tidak perlu makan puding atau es manis lain. Bisa dilanjuntukan dengan makan besar dengan komposisi karbohidrat yang tidak terlalu banyak (<50%). Tapi ini juga perlu disesuaikan dengan kebutuhan tubuh. Jika perlu, bisa dikonsultasikan dengan ahli gizi.


M15
Q : Pertanyaan tentang berat badan niiihh. Biasanya kalau puasa kaann berat badan berkurang yaa, walaupun nanti setelah hari raya kembali sedia kala, saya punya sahabat dia setiap berpuasa malah tubuhnya gemukkan bisa dilihat dari bawah dagu itu kelihatan gemuk, pertanyaannya pola apa yang salah yaa ustadzah, padahal menurutnya dia makan dan minum sewajarnya saja ....
A : Yang sering dilupakan bahwa saat berbuka kita mengkonsumsi makanan pembuka yang manis dengan porsi lebih banyak dari pada hari biasa (ada es sirup, puding, gorengan, dll) itu sudah membuat tabungan energi kita bertambah. Ditambah lagi porsi makan yang lebih besar. Alangkah baiknya jika porsi makan kita saat berbuka tetap dijaga seperti hari biasa.

Q : Maaf saya ibu menyusui, bayi baru 6 bulan. kalo sakiranya saya shaum, makanan untuk ibunya agar bayi sehat apa ya? Kalo ibu menyusui kan diperbolehkan tidak shaum. Apa ada syarat kapan dia diperbolehkan tidak shaum? Dan nantinya bayar fidhyah atau qodo atau kedua duanya.
A : Ibu menyusui boleh berpuasa dengan tetap makan makanan bergizi seimbang saat berbuka. Perbanyak minum air putih. Boleh tidak berpuasa jika ibu merasa pusing terus menerus atau sakit jika tetap berpuasa sambil menyusui, atau malah anak yang rewel terus menerus atau anak sakit. Karena sudah 6 bulan, bayi bisa diselingi dengan pemberian mpasi, jus buah, dll yang dapat mengurangi konsumsi asi. Jika tidak berpuasa karena khawatir dengan kesehatan anak, dibayar dengan qadha dan fidyah. Wallahu a'alam.


M21
Q : Susah sekali menghindari tidur setelah shalat subuh, bgmn caranya agar tidak tidur setelah shalat subuh?
A : Bisa dengan mengerjakn olahraga ringan atau aktivitas lain yang membuat tubuh bergerak, sehingga tubuh akan lebih segar dan tidak mengantuk.


Alhamdulillah, kajian kita hari ini berjalan dengan lancar. Semoga ilmu yang kita dapatkan berkah dan bermanfaat. Aamiin....

Segala yang benar dari Allah semata, mohon maaf atas segala kekurangan. Baiklah langsung saja kita tutup dengan istighfar masing-masing sebanyak-banyakanya dan do'a kafaratul majelis:


سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika

“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”

​السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ



Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment