Home » , , , , , » AKTIVIS REMAJA MASJID PEREKAT UKHUWAH

AKTIVIS REMAJA MASJID PEREKAT UKHUWAH

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Monday, August 8, 2016

Kajian Online WA  Hamba الله SWT

Rabu, 27 Juli 2016
Narasumber : Ustadz Asyari
Rekapan Grup Nanda M110
Tema : Kajian Umum
Editor : Rini Ismayanti


Puji syukur kehadirat Allah SWT yang masih memberikan kita nikmat iman, islam dan Al Qur'an semoga kita selalu istiqomah sebagai shohibul qur'an dan ahlul Qur'an dan dikumpulkan sebagai keluarga Al Qur'an di JannahNya.

Shalawat beriring salam selalu kita hadiahkan kepada uswah hasanah kita, pejuang peradaban Islam, Al Qur'an berjalan, kekasih Allah SWT yakninya nabi besar Muhammad SAW, pada keluarga dan para sahabat nya semoga kita mendapatkan syafaat beliau di hari akhir nanti. InsyaAllah aamiin.

AKTIVIS REMAJA MASJID  PEREKAT UKHUWAH

Sahabat yang di Muliakan Allah

Diantara perbuatan Mulia bagiRemaja adalah Silaturahmi dan membangun Ukhuwah

Silaturahmi juga merupakan faktor yang dapat menjadi penyebab umur panjang dan banyak rizki. Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

 “Barang siapa yang ingin dilapangkan rizkinya dan dipanjangkan umurnya, maka hendaklah ia menyambung tali silaturahmi”. [Muttafaqun ‘alaihi].

 “Ar-rahim itu tergantung di Arsy. Ia berkata: “Barang siapa yang menyambungku, maka Allah akan menyambungnya. Dan barang siapa yang memutusku, maka Allah akan memutus hubungan dengannya”. [Muttafaqun ‘alaihi].

 “Wahai Rasulullah, tahukah engkau bahwa aku memerdekakan budakku?” Nabi bertanya, “Apakah engkau telah melaksanakannya?” Ia menjawab, “Ya”. Nabi bersabda, “Seandainya engkau berikan budak itu kepada paman-pamanmu, maka itu akan lebih besar pahalanya”.

 “Tidaklah masuk surga orang yang suka memutus, ( memutus tali silaturahmi)”. [Mutafaqun ‘alaihi].

”Termasuk perbuatan dosa besar, yaitu seseorang yang menghina orang tuanya,” maka para sahabat bertanya: ”Wahai Rasulullah, adakah orang yang menghina kedua orang tuanya sendiri?” Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: ”Ya, seseorang menghina bapak orang lain, lalu orang lain ini membalas menghina bapaknya. Dan seseorang menghina ibu orang lain, lalu orang lain ini membalas dengan menghina ibunya”.

Aktivitas positip bagi remaja adalah dengan silaturahmi MEMAKMURKAN MASJID

Remaja Masjid membina para anggotanya agar beriman, berilmu dan beramal shalih dalam rangka mengabdi kepada Allah subhanahu wa ta’ala untuk mencapai keridlaan-Nya.. Remaja Masjid yang telah mapan biasanya mampu bekerja secara terstruktur dan terencana. Mereka menyusun Program Kerja periodik dan melakukan berbagai aktivitas yang berorientasi pada: keislaman, kemasjidan, keremajaan, keterampilan dan Keilmuan.

Beberapa sikap dan perilaku praktis yang perlu diperhatikan aktivis Remaja Masjid antara lain adalah:
1.Menyadari sebagai pemakmur Masjid.
2.Mengamalkan adab sopan santun di Masjid.
3.Rajin melaksanakan shalat berjama’ah di Masjid.
4.Berpakaian yang islami.
5.Menjaga pergaulan antara laki-laki dan perempuan.
6.Mengembangkan kepribadian yang menarik.
7.Rajin menuntut ilmu.
8.Berusaha terlibat dalam kepengurusan Remaja Masjid.
Adapun jenis-jenis aktivitas Remaja Masjid adalah:
1. Berpartisipasi dalam memakmurkan Masjid.
2. Melakukan pembinaan remaja muslim.
3. Menyelenggarakan proses kaderisasi umat.
4. Memberi dukungan pada penyelenggaraan aktivitas Ta’mir Masjid.
5. Melaksanakan aktivitas da’wah dan sosial.
‘AYO KE MASJID’

TANYA JAWAB

Q : Ustadz, pada point rajin melaksanakan sholat berjamaah dimesjid ini berlaku untuk ikhwan saja kan? Atau akhwat juga?
A : Prinsipnya bagi ikhwan tiada sholat wajib kecuali di masjid. Bagi wanita sebaik sholat baginya di rumah walaupun boleh juga di masjid asal mampu menjaga diri.

Q : Point no.4 itu agak sedikit sulit ustdz. Kadang kalau rapat saja, waktu dimintai pendapat tentang agenda masjid ujungnya keputusan para sesepuh juga yang dipakai. Bahkan remaja masjid cuma dilibatkan hanya bagian mengajar TPA saja. Lalu bagaimana menyikapi hal itu ustdz?
A : Memang masih ada yang seperti itu. Sebaiknya ikuti dulu sambil membuktikan kita amanah dan bisa. Nanti bertahap akan di berikan kepercayaan

Q : Ustadz terkadang ada beberapa anggota remas yang sedikit menyalahi aturan, misalnya ihtilat pada saat kegiatan atau rapat. Lalu bagaimana baiknya kita, apakah tetap mengikuti atau tidak, maklumlah ustadz kita-kita masih jomblo..
A : Memang harus jaga adab kita kasih contoh saja dan bertahap ajarkan ke sesuai sunnah butuh kesabaran . Tapi sudah bagus mau aktif di banding dengan aktib di luar lebih parah tidak terbina

Q : Ustadz ..jika ada orang yang menghina orang tua kita terus kita membela dengan cara memberi teguran.. Dan pada akhir nya tidak ada komunikasi lagi sampe sekarang.. Bagaimana ustd padahal kita tidak bermaksud memutus silaturahmi...tapi yang di tegur itu malah bilang sama orang laen bahwa bukan saudara lagi... Bagaimana itu ustdz?
A : Itulah yang kita harus jalin silaturahmi usaha terus sampai dapat hidayah. Maaflan dengan tulus sertai dengan semoga hidayah mebghampirinya.

Q : Ustadz, bagi laki-laki apakah sama antara sholat di musholla sama di mesjid?
A : Prinsip sama boleh namun afdholnya di masjid jami leboh utama

Alhamdulillah, kajian kita hari ini berjalan dengan lancar. Semoga ilmu yang kita dapatkan berkah dan bermanfaat. Aamiin....

Segala yang benar dari Allah semata, mohon maaf atas segala kekurangan. Baiklah langsung saja kita tutup dengan istighfar masing-masing sebanyak-banyaknya dan do'a kafaratul majelis:

سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika

“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”

​السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ



Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Ketik Materi yang anda cari !!