Home » , » Bagai Mengukir Di Atas Air

Bagai Mengukir Di Atas Air

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Thursday, August 11, 2016

Embun Pagi

Kamis, 11 Agustus 2016

Bagai Mengukir Di Atas Air

Bunda Mien  (Tim Editing Embun Pagi)

Ada pepatah yang mengatakan "belajar di waktu kecil bagai mengukir di atas batu dan belajar setelah dewasa bagai mengukir di atas air. Benarkah.?

Ilmu merupakan kunci untuk menyelesaikan segala persoalan, baik persoalan yang berhubungan dengan kehidupan beragama maupun persoalan yang berhubungan dengan kehidupan duniawi.

Ilmu diibaratkan dengan cahaya, karena ilmu memiliki pungsi sebagai petunjuk kehidupan manusia, pemberi cahaya bagi orang yang ada dalam kegelapan
Orang yang mempunyai ilmu mendapat kehormatan di sisi Allah dan Rasul-Nya.
Banyak ayat Al-Qur’an yang mengarah agar umatnya mau menuntut ilmu, seperti yang terdapat dalam Al Quran
"Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat (Q.s. al-Mujadalah : 11)"

Rasulullah Shalallahu Alaihi Wassallam bersabda : "Menuntut ilmu itu wajib atas setiap muslim”. (HR. Ibnu Majah. 

Dari pengalaman pribadi juga membaca pengalaman para tokoh terkemuka dunia, para ilmuwan, ulama, dan orang-orang sukses dunia, mereka mendapatkan ilmu yang benar benar merubah jalan hidupnya justru di usia dewasa.
Bahkan Baginda Nabi Muhammad Salallahu Alaihi Wassalam baru mulai belajar membaca di usia 40 tahun, dan itu adalah tonggak awal dari sejarah perobahan peradaban dunia.

Jadi tidak sepenuhnya benar bahwa belajar sesudah dewasa bagai mengukir di atas air. Menuntut ilmu itu hendaknya sejak dari buaian sampai liang lahat atau “Long life education” atau pendidikan seumur hidup.

Dalam Islam Ibnul Qoyyim rahimahullah telah menjelaskan ilmu apa saja yang wajib dipelajari oleh setiap muslim. Artinya, tidak boleh ada seorang muslim pun yang tidak mempelajarinya. Ilmu tersebut di antaranya:

Pertama, ilmu tentang pokok-pokok keimanan, yaitu keimanan kepada Allah Ta’ala, malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya, dan hari akhir.

Ke dua, ilmu tentang syariat-syariat Islam. Di antara yang wajib adalah ilmu tentang wudhu, shalat, puasa, haji, zakat dan tentang syarat, rukun dan pembatalnya.

Ke tiga, ilmu tentang hal-hal yang diharamkan seperti zina, riba, minum khamr, makan babi dan sebagainya.

Ke empat, ilmu yang berkaitan dengan akhlak dalam berinteraksi dengan orang lain dan Ilmu yang berkaitan dengan  kedudukan seseorang. Misalnya, seorang pedagang wajib mempelajari hukum-hukum yang berkaitan dengan perdagangan atau transaksi jual-beli atau sesuai dengan kondisi dan kebutuhan masing-masing. (Lihat Miftaah Daaris Sa’aadah, 1/156)

Dari penjelasan Ibnul Qoyyim rahimahullah di atas, jelaslah bahwa apa pun latar belakang pekerjaan dan profesi kita, dan berapapun usia kita, wajib bagi kita untuk mempelajari ilmu-ilmu tersebut di atas. Menuntut ilmu agama tidak hanya diwajibkan kepada ustadz atau ulama. Demikian pula kewajiban berdakwah dan memberikan nasihat kepada kebaikan, tidak hanya dikhususkan bagi para ustadz atau para da’i.

Rasulullah shallallahu Alaihi Wasallam bersabda: “Demi Allah, jika Allah memberikan petunjuk kepada satu orang saja melalui perantaraanmu, itu lebih baik bagimu dibandingkan dengan unta merah (yaitu unta yang paling bagus dan paling mahal, pen.)”. (HR. Bukhari dan Muslim)

Allah SWT berfirman: “Mereka hanya mengetahui yang lahir (saja) dari kehidupan dunia, sedangkan mereka lalai tentang (kehidupan) akhirat”. (QS. Ar-Ruum: 7)

Diambil dari berbagai sumber.

Div BBnA-HA/A/170/11/VIII/2016

===================================

Diperkenankan menshare artikel ini ke semua medsos jika dirasa bermanfaat tetapi dengan tetap mencantumkan narasumber aslinya, www.hambaAllah.net

Follow us

twitter : @kajianonline_HA
fb : KAJIAN ON LINE-HAMBA ALLAH
Web : www.hambaAllah.net
IG : @hambaallah_official
Join kajian HA via telegram🏻
klik Bit.ly/kajian_HA

Ayo kirim karyamu;

Akhwat
Tuwuh +6281290734391
Anna +6287788217444

Ikhwan
Ridho +6289623801053
Jaka +6285716479466

posted by
EmbunPagi
www.hambaAllah.net

Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Ketik Materi yang anda cari !!