Ketik Materi yang anda cari !!

Home » , , , » IKHWANUL MUSLIMIN (IM)

IKHWANUL MUSLIMIN (IM)

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Tuesday, August 16, 2016

Senin, 15 Agustus 2016
Narasumber : Ustadz Farid Nu’man
Kajian LINK Nanda Pekan ketiga Agustus 2016
Tema : Ikhwanul Muslimin
Editor : Rini Ismayanti


Lantunan syukur mari kita ucapkan kepada Allah Azza wa Jalla...
Dzat yang dengan Kebesaran-Nya, seluruh makhluk menyanjung dan mengagungkan-Nya...
Dzat yang dengan Keperkasaan-Nya, musuh-musuh dihinakan lagi diadzab-Nya...
Dzat yang dengan Kasih dan Sayang-Nya, kita semua mampu mengecap manisnya Islam dan indahnya ukhuwah di jalan-Nya, memadukan hati kita dalam kecintaan kepadaNya, yang mempertemukan kita dalam keta'atan kepadaNya, dan menghimpunkan kita untuk mengokohkan janji setia dalam membela agamaNya.

AlhamduliLlah... tsumma AlhamduliLlah...

Shalawat dan salam semoga tercurah kepada tauladan kita, Muhammad SAW. Yang memberi arah kepada para generasi penerus yang Rabbaniyyah bagaimana membangkitkan ummat yang telah mati, mempersatukan bangsa-bangsa yang tercerai berai, membimbing manusia yang tenggelam dalam lautan syahwat, membangun generasi yang tertidur lelap dan menuntun manusia yang berada dalam kegelapan menuju kejayaan, kemuliaan, dan kebahagiaan.

Amma ba'd...
Ukhti fillah sekalian. Telah hadir ditengah-tengah kita Ustadz Farid yang akan berbagi ilmu pada kita semua. Sebelum itu alangkah indahnya jika kita awali dengan lafadz Basmallah

Bismillahirrahmanirrahim


IKHWANUL MUSLIMIN (IM)

Didirikan oleh Imam Hasan Al Banna (1906 - 1949M), pada tahun 1928M, di Mesir

Didirikan untuk mengembalikan kejayaan Islam, berdasarkan Al Quran dan As Sunnah secara bertahap:
1. Membentuk pribadi muslim (aqidahnya benar, ibadahnya shahih, wawasan luas, akhlaknya bagus, kuat fisiknya, bermanfaat bagi org lain, rapi urusannya, mampu mencari nafkah sndiri, bersungguh menundukkannp nafsu, pandai mengatur waktu)
2. Membentuk keluarga Islami
3. Membentuk masyarakat Islami
4. Memperbaiki pemerintahan
5. Membebaskan negeri-negeri muslim dari penjajahan dan mengembalikan kekayaan ke pangkuan umat
6. Daulah Islamiyah
7. Menjadikan Islam sebagai soko guru dunia

Hari ini penyebarannya sudah sampai 90an negara, dan Syaikh Amin Husaini mengatakan, Ikhwanul Muslimin adalah gerakan Islam terbesar yang penyebarannya paling luas dan banyak, dengan nama-nama yang berbeda-beda di masing-masing negara.

Dekade 80-90an, Gerakan ini menjadi gerakan awal yang mengenalkan istilah seperti: daurah, ikhwan, akhwat, dan sebagainya.

Gerakan ini ikut membantu kemerdekaan RI, bahkan Syaikh Hasan Al Banna membuat panitia dari Ikhwan untuk memerdekakan Indonesia. Sehingga tokoh-tokoh RI mendatangi markas IM untuk memberikan apresiasinya, yang karenanya Mesir menjadi negara pertama mengakui kemerdekaan RI.

Syaikh Hasan Al Banna, sesuai pengakuannya lebih suka memproduk "Tokoh-tokoh"  dibanding kitab, oleh karena itu karya Beliau tidak banyak. Oleh karena itu dari didikannya lahir para ulama, da'i, dan mujahid.

Seperti Sayyid Sabiq, Sayyid Quthb, Yusuf Al Qaradhawi, Fathi Yakan, Abdul Fattah Abu Ghudah, Ali Juraisyah,  Manna Khalil Qattan, Ahmad 'Assal, Muhammad Al Ghazali, Asy Sya'rawi, Ahmad Ar Rasyid, Amin Abdul Aziz, Abdul Halim Mahmud, Abdullah 'Azzam, Marwan Hadid, Ahmad Yasin, dan sebagainya.

Rata-Rata tokoh IM sudah mengalami siksaan, pemenjaraan, pengusiran, juga ribuan anggotanya. Hal itu terus berlangsung sampai saat ini.

Di Mesir, gerakan ini adalah jamaah yang dominan, baik dalam kehidupan sosial atau politik, walau ditekan oleh militer. Di Indonesia, gerakan ini masuk secara pemikiran dibawa oleh DDII, Dewan Da'wah Islamiyah, .. buku-buku ulama Ikhwan banyak diterjemahkan oleh penerbit Media Da'wah milik DDII.

Muhammad Natsir dan Buya Hamka juga kerap menjadikan karya-karya ulama IM sebagai rujukan. Metode gerakan mereka cukup unik, mereka berdakwah melalui masjid, buku,  majalah, sekolah, kampus, ma'had, rumah sakit, klub olah raga, pramuka/kepanduan, persatuan pengacara, pengusaha, dan politik. Bagi mereka, Islam  adalah negara dan umat, akhlak dan kekuatan, pemerintahan dan rakyat, kekayaan dan nafkah, undang-undang dan hukum, dakwah dan jihad, dan ibadah yang benar dan aqidah yang lurus. Mereka istilahkan SYUMULIYATUL ISLAM, kesempurnaan Islam. Mereka menolak pemahaman parsial tentang Islam yang hanya berkutat aqidah dan ibadah saja, atau politik saja, dan semisal ini.

Mereka sangat aktif dalam menyalurkan bantuan untuk mujahidin, baik personil, dana, media dan pelatihan, baik di Palestina, Bosnia, Chechnya, Moro, Kashmir, Afghanistan ... Corak da'wahnya: metode sunni, da'wah salafiyah, hakikat shufiyah .., maksudnya aqidah mereka ahlus sunnah, mengikutu salafus shalih, dan secara pembinaan ruhiyah bagaikan sufi ..

Pimpinan mereka disebut Mursyid 'Am, yaitu:
- Hasan Al Banna
- Hasan Al Hudhaibi,
- Umar Tilmisani,
- Hamid Abu Nashr,
- Mushthafa Masyhur,
- Ma'mun Al Hudhaibi,
- Mahdi Akif,
- Muhammad Badi'

Dahulu IM menolak partai-partai politik di Mesir, tapi ini ijtihad di zaman itu yang bagi mereka bisa berubah melihat kondisi. Saat ini mereka banyak mendirikan partai politik untuk implementasikan dakwah melakui politiknya, tanpa meninggalkan dakwah lainnya. Yang mirip dengan IM adalah Jamiat Islami di Pakistan, atau AKPnya Erdogan, oleh karena itu hub mereka sangat dekat.

TANYA JAWAB

M106
Q : Mau tanya pergerakan ikhwanul islamiyah ini di indonesia saat ini bagaimana ustadz ?
A : Mencari yang mirip 100% tidak ada, tapi yang terinspirasi dengan IM maka banyak gerakan-gerakan lokal mengambil darinya. Dahulu yang dianggap IMnya Indonesia adalah Masyumi seperti yang dikatakan Fathi Yakan, saat ini yang dianggap seperti mereka adalah Partai Keadilan, seperti yang dikatakan Syaikh Al Qatadhawi. Wallahu a'lam

M105
Q : 1. Bagaimna pergerakan ihwanul muslimin saat sekarang???
2. Bagaimn tahapan pergerakan IM, apakah harus berurut dari tahap pertama yaitu membetuk pribadi muslim, membntuk keluarga islami dan seterusnya...
dan mohon penjelasan stiap tahap tersebut.
A : 1. Hari ini, dalam konteks Mesir, IM mengalami ujian yang luar biasa. Penyiksaan dan penangkapan para pemimpinnya, dan pembunuhan terhadap ribuan anggotanya. Tapi, itu bukan hal baru bagi mereka, sejak awal berdirinya sudah mengalami itu. Sehingga mereka sudah pengalaman dan terbiasa dengan siksaan. Tahun 66 tokoh-tokohnya dihukum mati, di antaranya Syaikh Sayyid Quthb.
2. Mereka fleksibel, tidak kaku, diserahkan dgn kondisi negara masing-masing.
Wallahu a'lam

M107
Q : Ustadz apa sama antara ikhwanul muslimin sama muhammadiyah?
A : Berbeda, baik metodologi, target dan tujuan dakwahnya, tapi sama sama Ahlus Sunnah wal Jamaah. Muhammadiyah konsentrasi pada pendidikan dan pemberantasan tahayul, bid'ah dan khurafat, serta di Indonesia saja. Wallahu a'lam

Q : 1. Mengapa dakwah Ikhwanul Muslimin selalu menjadi sasaran konspirasi musuh Islam di segenap penjuru Timur dan Barat?
2) Mengapa dakwah Ikhwanul Muslimin hingga kini cahayanya tak kunjung
padam?..Wasalam..
A : 1. Tabiat jalan da'wah pasti memiliki musuh, baik dari orang-orang kafir, munafik, dan mu'min pendengki. Pertarungan haq dan batil itu abadi, ini sunnatullah hidup. Konspirasi semuanya memang sering menghantam jamaah ini. Sudah banyak buku-buku yang menceritakan konspirasi itu, sangat menegangkan, dan menginspirasi bagi kesabaran dan ketabahan.
AS yang kapitalis tahu betul bahaya IM buat kepentingan barat dan kuffar, juga Rusia yang komunis bgitu ngeri dengan IM karena ide Islamisasi di semua lini hidup. Sebagaimana dahulu, Romawi dan Persia yang ketakutan dengan datangnya Islam. Wallahu a’lam

M115
Q : Bagaimana im memandang jamaah lainnya? Salafy, wahdah, nu, mm? Apakah sama dengan akp dan jamiat juga?
A : Kalau dilihat dari dokumen resmi, yaitu taujih Syaikh Al Banna, IM dilarang menggibahi gerakan lain atau pribadi tokohnya. Sesuai namanya, Ikhwanul Muslimin, persaudaraan kaum muslimin, mereka memandang yang lain sebagai saudara, bahkan mereka siap menjadi jundi/prajurit siapa pun yang membawa ide-ide Islam. Oleh karena itu IM sangat menjaga jarak dengan masalah-masalah khilafiyah fiqih, atau hal-hal yang membawa perpecahan umat. Wallahu a’lam

M104
Q : 1. Ustadz mau tanya IM itu sebenarnya apa? Sama tidak dengan organisasi yang ada skr?
2. Pernah baca artikel kalo kemerdekaan RI & sebelum bendera Merah Putih dijahit oleh ibu Fatmawati awal mula direbut oleh seorang habib & apakah habib itu ada pertalian darah dari Rasulullah betulkah stadz? Melalui apakah habib bisa sampai ke Indonesia stadz?
A : 1. IM adalah organisasi da'wah Islam internasional, yang lahir di Mesir, detilnya silahkan lihat lagi materinya.
2. Istilah habib, memang menjadi brand bagi keturunan nabi, khususnya dari jalur Ali dan Fathimah. Mereka sangat memelihara nasab, shgga jejak rekam nasab mereka masih bisa dilihat dan telusuri sampai abad ini. Ada memang yang habib palsu, tapi biasanya mudah dideteksi oleh mereka. Peran mereka dalam menyebarkan Islam di nusantara, dan kemerdekaan RI sangat besar.
Yang mengarang lagu 17 Agust adalah seorang habib, yaitu Sayyid Husin Al Muthahar. Wallahu a'lam

Alhamdulillah, kajian kita hari ini berjalan dengan lancar. Semoga ilmu yang kita dapatkan berkah dan bermanfaat. Aamiin....

Segala yang benar dari Allah semata, mohon maaf atas segala kekurangan. Baiklah langsung saja kita tutup dengan istighfar masing-masing sebanyak-banyaknya dan do'a kafaratul majelis :

سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك
Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika

“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”
​السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ



Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment