Ketik Materi yang anda cari !!

KANKER LEHER RAHIM (SERVIKS)

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Friday, September 2, 2016

Senin & Rabu, 29 & 31 Agustus 2016
Narasumber : Bidan Ratih
Kajian LINK Bunda & Nanda Pekan kelima Agustus 2016
Tema : Kesehatan Wanita
Editor : Rini Ismayanti


Puji syukur kehadirat Allah SWT yang masih memberikan kita nikmat iman, islam dan Al Qur'an semoga kita selalu istiqomah sebagai shohibul qur'an dan ahlul Qur'an dan dikumpulkan sebagai keluarga Al Qur'an di JannahNya.
Shalawat beriring salam selalu kita hadiahkan kepada uswah hasanah kita, pejuang peradaban Islam, Al Qur'an berjalan, kekasih Allah SWT yakaninya nabi besar Muhammad SAW, pada keluarga dan para sahabat nya semoga kita mendapatkan sayaafaat beliau di hari akhir nanti. InsyaAllah aamiin.





1. Definisi

Kanker leher rahim atau disebut juga kanker serviks adalah sejenis kanker yang 99,7% disebabkan oleh human papilloma virus (HPV) onkogenik, yang menyerang leher rahim. Di Indonesia hanya 5 persen yang melakukan Penapisan Kanker Leher Rahim, sehingga 76,6 persen pasien ketika terdeteksi sudah memasuki Stadium Lanjut (IIIB ke atas), karena Kanker Leher Rahim biasanya tanpa gejala apapun pada stadium awalnya. Penapisan dapat dilakukan dengan melakukan tes Pap smear dan juga Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA).Di negara berkembang, penggunaan secara luas program pengamatan leher rahim mengurangi insiden kanker leher rahim yang invasif sebesar 50% atau lebih. Kebanyakan penelitian menemukan bahwa infeksi human papillomavirus (HPV) bertanggung jawab untuk semua kasus kanker leher rahim.Perawatan termasuk operasi pada stadium awal, dan kemoterapi dan/atau radioterapi pada stadium akhir penyakit.            
           

2. Infeksi

Human papilloma virus (HPV) 16 dan 18 merupakan penyebab utama pada 70% kasus kanker serviks di dunia. Perjalanan dari infeksi HPV hingga menjadi kanker serviks memakan waktu yang cukup lama, yaitu sekitar 10 hingga 20 tahun. Namun proses penginfeksian ini sering tidak disadari oleh para penderita, karena proses HPV kemudian menjadi pra-kanker sebagian besar berlangsung tanpa gejala. Karena itu, Vaksinasi Kanker Serviks sangat dianjurkan,demikian juga Penapisan.               
        

3. Gejala

Kanker leher rahim pada stadium awal tidak menunjukkan gejala yang khas, bahkan bisa tanpa gejala. Pada stadium lanjut, gejala kanker serviks, antara lain: perdarahan post coitus, keputihan abnormal, perdarahan sesudah mati haid (menopause) serta keluar cairan abnormal (kekuning-kuningan, berbau dan bercampur darah).


4. Faktor pendukung

#Faktor Alamiah

Faktor alamiah adalah faktor-faktor yang secara alami terjadi pada seseorang dan memang kita tidak berdaya untuk mencegahnya. Yang termasuk dalam faktor alamiah pencetus kanker serviks adalah usia diatas 40 tahun. Semakin tua seorang wanita maka makin tinggi risikonya terkena kanker serviks. Tetapi hal ini tidak hanya sekedar orang yang sudah berumur saja, yang berusia muda pun bisa terkena kanker serviks. Tentu kita tidak bisa mencegah terjadinya proses penuaan. Akan tetapi kita bisa melakukan upaya-upaya lainnya untuk mencegah meningkatnya risiko kanker serviks. Tidak seperti kanker pada umumnya, faktor genetik tidak terlalu berperan dalam terjadinya kanker serviks. Ini tidak berarti Anda yang memiliki keluarga bebas kanker serviks dapat merasa aman dari ancaman kanker serviks. Anda dianjurkan tetap melindungi diri Anda terhadap kanker serviks.

#Faktor Kebersihan

Keputihan yang dibiarkan terus menerus tanpa diobati. Ada 2 macam keputihan,  yaitu yang normal dan yang tidak normal. Keputihan normal bila lendir berwarna bening, tidak berbau, dan tidak gatal. Bila salah satu saja dari ketiga syarat tersebut tidak terpenuhi berarti keputihan tersebut dikatakan tidak normal. Segeralah berkonsultasi dengan dokter Anda bila Anda mengalami keputihan yang tidak normal.
Penyakit Menular Seksual (PMS). PMS merupakan penyakit-penyakit yang ditularkan melalui hubungan seksual. PMS yang cukup sering dijumpai antara lain sifilis, gonore, herpes simpleks, HIV-AIDS, kutil kelamin, dan virus HPV.
Membasuh kemaluan dengan air yang tidak bersih, misalnya di toilet-toilet umum yang tidak terawat. Air yang tidak bersih banyak dihuni oleh kuman-kuman.

#Faktor Pilihan
Faktor ketiga adalah faktor pilihan, mencakup hal-hal yang bisa Anda tentukan sendiri, diantaranya berhubungan seksual pertama kali di usia terlalu muda. Berganti-ganti partner seks. Lebih dari satu partner seks akan meningkatkan risiko penularan penyakit kelamin, termasuk virus HPV. Memiliki banyak anak (lebih dari 5 orang). Saat dilahirkan, janin akan melewati serviks dan menimbulkan trauma pada serviks. Bila Anda memutuskan untuk memiliki banyak anak, makin sering pula terjadi trauma pada serviks. Pap Smear merupakan pemeriksaan sederhana yang dapat mengenali kelainan pada serviks. Dengan rutin melakukan papsmear, kelainan pada serviks akan semakin cepat diketahui sehingga memberikan hasil pengobatan semakin baik. Dokter yang tepat dalam melakukan pap smear adalah Dokter kandungan, tetapi beberapa Laboratorium Klinikpun dapat melakukannya.                         


5. Pencegahan

Pencegahan terhadap kanker serviks dapat dilakukan dengan program skrinning dan pemberian vaksinasi. Di negara maju, kasus kanker jenis ini sudah mulai menurun berkat adanya program deteksi dini melalui pap smear. Vaksin HPV akan diberikan pada perempuan usia 10 hingga 55 tahun melalui suntikan sebanyak tiga kali, yaitu pada bulan ke nol, satu, dan enam. Dari penelitian yang dilakukan, terbukti bahwa respon imun bekerja dua kali lebih tinggi pada remaja putri berusia 10 hingga 14 tahun dibanding yang berusia 15 hingga 25 tahun. Sayangnya, Vaksinasi HPV terbilang mahal setidaknya untuk negara berkembang. Penyakit ini bisa menular dengan cara mencuci pakaian yang sudah kotor karena pada pakaian tersebut mengandung virus dari orang lain jika yang sudah mengalami penyakit kanker serviks.                        


6. Pengobatan

Standar pengobatan kanker serviks meliputi terapi: operasi pengangkatan, radioterapi, dan kemoterapi. Pengobatan kanker serviks tahap pra kanker - stadium 1A adalah dengan: histerektomi (operasi pengangkatan rahim). Bila pasien masih ingin memiliki anak, metode LEEP atau cone biopsy dapat menjadi pilihan. Pengobatan kanker serviks stadium IB dan IIA tergantung ukuran tumornya. Bila ukuran tumor tidak melebih 4 cm, disarankan radikal histerektomi ataupun radioterapi dengan/tanpa kemo. Bila ukuran tumor lebih dari 4 cm, pasien disarankan menjalani radioterapi dan kemoterapi berbasis cisplatin, histerektomi, ataupun kemo berbasis cisplatin dilanjuntukan dengan histerektomi.Selain pengobatan medis, pasien juga dapat melakukan terapi komplementer dengan herbal kanker.


TANYA JAWAB


M20
Q : Setiapa bln saat M...saya mengalami kram perut yang menyakitkan..kira hari ke 2 dan ke 3...saat itu terjadi darah yang kluar akan berbentuk gumpalan yang lumayan besar (kira2 seperti hati ayam)...apakah itu bisa menjasi salah satu penyebab dari penyakit di atas ?
A : Disarankan pap smear dulu, karena sudah contact dengan alat kelamin pria. Tidak bisa ditegakkan suatu diagnosa dalam penyakit hanya dengan 1 data saja, perlu beberapa diagnosa.... Namun jika mengeluarkan darah seperti itu ya dalam kondisi abnormal untuk lebih pasti, aman, jelasnya coba melakukan pemeriksaan sejak dini.

Q : Kalau ada rasa nyeri di bawah perut  gimana ya, kadang di kanan, kadang dikiri, nyerinya ga tentu.. Hilang timbul.  Lalu apakah artikel yang menyebuntukan membuat minuman soda+madu itu betul menyembuhkan kanker?
A : Andaikata artikel itu benar gak terjadi peningkatan penderita ca cervix.

Q : Assalamu'alaikum.. kalau setiap hari memakai pantyliner apakah ada pengaruh jangka panjang?
A : Wa'alaikumsalam wr wb. Klo dalam pemakaian tsb ada keluhan bisa jadi ada pengaruhnya. Contohnya...gatal-gatal lalu digaruk, kondisi lembab, kena gesekan cd bisa jadi kutil alias penyakit kulit. Atau kurang menjaga kebersihan bisa jadi infeksi atau bakteri.
           
Q : Bunda.. september besok jadwal saya pap smear lagi setelah 1 th... apa aman ya kalau saya pap smear di bidan? Apakah IUD mempengaruhi menstruasi? Karena saya baru pasang dan menstruasi saya kok kacau ya bunda? Jadi sakit kalau menstruasi...
A : Aman, asal tau cara pengambilan samplenya...nanti dari bidan dibawa ke lab yang da dokter PA nya. Klo kacaunya ini kacau yang gimana ya??? Setahu saya pemakaian IUD tidak membuat haid jadi kacau.


M11
Q : Klo kista itu katanya klaupun parah ga akan pernah jadi cancer,,,tapi klo miom klo dia parah akan mengarah ke cancer,, pendapat in bener ga ya?..
A : Keduanya tergolong tumor jinak. Jikalau tumor jinak tidak ditangani dan ada indikasi virus hpv bisa menjadi ca   .
                     
Q : Kalau dari penjabaran diatas kan vaksin sebaiknya diberikan untuk remaja putri agar lebih optimal hasilnya. Nah kalau untuk yang sudah menikah apakah vaksin masih optimal untuk dilakukan. Berapa persen ya effektivitas vaksin untuk pencegahan bagi yang usia 30 tahun keatas dan sudah menikah? Atau cukup pap smear aja ?
A : Tingkat keberhasilannya tiap daerah berbeda, karena sesuai penelitian masing-masing data yang ada disetiap daerah.  Tetapi ini di daerah jogja pada tahun 2013 seorang wanita yang sudah menikah tingkat keberhasilannya adalah 89%. Prosesnya pap smear dulu lalu vaksin.

Q : Gimana dengan hubungan suami istri berarti sangat memungkinkn terjadi penularan? Kalau suami yang ketularan adakah ciri-cirinya?
A : Lebih kepada PMS sih ya bun untuk seorang laki-laki. Contohnya alat kelaminnya bernanah, lalu ada kutil-kutilnya kayak jengger ayam....

                        
M3
Q : Saya kena infeksi rahim waktu 8thn yang lalu ketika mengandung anak ke 3..saya baru tau ketika berobat ke dokter 3thn yang lalu..saya merasakan sakit yang hebat setelah dokter diagnosa saya infeksi rahim, tapi dokter mengatakan infeksi saya bersih tidak ada miom atau kista hanya infeksi di rahim..tapi setelah berobat rutin setahun saya masih merasakan nyeri di atas pangkal paha sebelah kanan..dokter bilang mungkin itu lama sembuhnya. Sekarang ini saya komsumsi obat herbal untuk mengurangi rasa sakit apabila kumat. Yang mau saya tanyakan..obat apa yang bisa mengobati infeksi saya ini? Saya ingin benar-benar sembuh ..
A : Sembuh totalnya itu tergntung dari tingkat keparahan sakit tsb, obat yang digunakan, kondisi masing-masing penderitanya,dukungan lingkungan skitar, dll, jadi tidak bisa dilihat hanya dengan begitu saja... Klo dokter menyatakan prosesnya lama karena ditunjang dari tingkat keparahan penyakit tsb tapi penderita optomis ya akan cepet sembuh. Tetapi untuk sembuh semua ada prosesnya dan tidak bisa instan. Klo sudah sembuh total ya rahimnya bersih      

Q : Ap ini penyakit turunan?
A : Bukan turunan...tapi bibit kankernya yang turunan...tapi perlu diwaspadi saja jika keluarga kita ada yang meninggal karena ca cervix jadi kita mengantisipasi sejak dini

Q : Kalau papsmear bisa dilakukan untuk mendeteksi kanker serviks, bagaimana dengan kanker rahim? Apakah sama cukup dengan melakukan papsmear juga? Kalau berbeda tes apa yang dilakukan untuk mendeteksi kanker rahim?
A : Ca cervix adalah bagian dari kanker rahim, cuma kankernya ada dicervix atau mulut Rahim. Penyakit semuanya rahim yang biasa disebut oleh masyarakat dengan kanker kandungan adalah sel kanker yang berkembang di badan rahim. Sementara kanker serviks adalah kanker yang terjadi di leher rahim. Rahim terdiri atas tiga bagian: leher rahim, badan rahim, dan dua saluran telur. Nah...semuanya dilihat menggunakan pap smear...mau kanker Rahim, mau kanker servix. Dan tentunya juga ada pemeriksaan laborat juga...yang dikenal dengan ca125 itu pemeriksaan laboratnya                                           


M 15
Q : Apa gejala awalnya bun?? Membaca cara pengobatannya..sepertinya bener-bener mempengaruhi kesuburan kita ya? Kira-kira bisa hamil dengan resiko tinggi atau kemungkinan hamil sedikit ya bun?
A : Untuk gejalanya sudah saya jelaskan diatas.  Untuk hamil sudah tidak bisa...karena dia berhubungan pasutri saja tidak bisa...spermanya akan keluar lagi atau akan dikalahkan oleh ca nya.
                    

M4
Q : Dok, anak perempuan saya haidnya tidak teratur, kadang haidh kadang 2 bulan gak haidh. Klo haidh kadang disertai sakit yang amat sangat. Dia juga sering keputihan, apakah itu gejala kanker ?
A : Klo siklus haidnya sepertinya tidak teratur, itu nanti mempengaruhi tingkat kesuburan putri bunda. Klo nyerinya masih bisa beraktifitas masih tergolong normal,tapi klo nyerinya sampai tidak bisa aktivitas itu abnormal,tapi tanda-tanda itu salah satu gejala kista...jadi untuk menegakkan diagnosa ca cervix butuh data yang banyak. Tidak satu dua data sehingga berdiri diagnosa ca cervix.

Q : Usia saya sekarang menjelang 67 thn...pda usia 33 thn saya di perkirakan pra kanker...Dokter menyarankan untuk konisasi..dan Alhamdulilah..sampai sa'at ini sehat...Tapi pertanyaannya apakah harus dijalani terus pap smear yang tiap 1 thn sekali? Berhubung saya sudah menopause.. sa'at usia 53 thn...makasih dok..
A : Ada baiknya untuk pap smear. Karena pasien di tempat saya bekerja sudah menopause sudah didiagnosa ca cervix. Jadi saya sarankan untuk check up. Karena jenengan sudah berpotensi ca cervix atau sudah ada bibit ca.


M6
Mo tanya bund. Apakah dengan pemeriksaan  pap smear yang rutin dilakukan tiap thn maka tidak perlu lg melakukan  vaksin serviks. Hasil vaksil Alhamdulillah bagus... dan satu  hal lagi... bunda td dikatakan usia 15 -25 kurang efektive melakukan vaksin serviks. Bagaimana dengan usia yangdiatas 40 th.. berarti tidak perlu vaksin lg ya bund? Terima kasih untuk jawaban nya bund

A : Pap smear itu melihat apakah kita ada bibit ca cervix,klo gak ada ya lgsg vaksin. Klo ada perlu penanganan lebih lanjut. Kurang efektif karena diusia segitu sudah haid dan lebih parahnya sudah berhubungan pasutri, jadi sudah rentan daerah kewanitaannya. Usia berapapun perlu vaksin jika dinyatakan hasil pap smearnya bagus.


M21
Q : Saya mendengar bahwa pemeriksaan panggul tidak nyaman. Apakah ada alternatif untuk mendeteksi dini kanker leher rahim selain pap smear ?
A : Nyaman gaknya tergantung masing-masing orang...Ada namanya iva,tapi kurang akurat hasilnya.


M19
Q : Saya baru mengalami keguguran... ada rekan yang menyarankan untuk melakukan untuk  papsmear... apakah memang harus ya bu melakukan papsmear setelah keguguran...
A : Sebenarnya pemeriksaan pasca keguguran bukan itu, tapi lebih pada pemeriksaan laborat yang berhubungan dengan toxo, kualitas sperma dan sel telur, lalu pemeriksaan dalam mungkin ada masalah rahimnya, nah itukan dilakukan pemeriksaan dalam mungkin sekalian pap smear gpp

Q : Apakah setiap kecapehan atau lelah bisa terjadi keputihan..?
A : Iya karena pengaruh hormon yang tidak stabil

Q : Apakah anak-anak ato remaja sebaiknya di vaksin kanker serviks? Umur sebaiknya melakukan vaksinasi?
A : Iya...sebelum menikah sesudah haid

Q : Bagaimana pengaruhnya jika kita akan menopouse atau setelah menopouse baru melakukan vaksinasi?
A : Pengaruhnya ya kita mencegah terjadinya ca cervix


M2
Q : Selain faktor pemicu yang sudah disebutkan tentunya bisa juga dari makanan kah? Selain pewarna, pengawet ada pencetus lain ya dok?
A : Ada...tetapi itu yang lebih banyak penunjangnya.

Q : Bunda saya 2 x melahirkan dengan caesar. 2 thn setelah anak saya lahir, teraba ada benjolan di bekas caesar saya. Hasil usg menyatakan tidak apa-apa, hanya kemungkinan besar kista & saran dsog tidak boleh punya anak lagi karena dikhawatir kan terjadi pendarahan . Hasil usg memang benjolan itu lengket di rahim. Sebagai tambahan, dulu waktu kuliah di payudara juga ada benjolan & alhamdulillah sekarang sudah hilang. Dulu siklus menstruasi saya kacau bunda, kadang sampai 3 bulan baru haid, bahkan sampai punya anak 1, juga msh berantakan. Ketika akan punya anak kedua, saya mengalami pendarahan & oleh dsog dikasih obat hormonal. Alhamdulillah setelah itu selang 6 bulan saya hamil anak kedua.  Yang saya tanyakan, apakah berhubungan ya bunda riwayat masa muda saya dengan benjolan yang sekarang saya alami ?  Dan perlukah untuk menghilangkan benjolan itu dengan operasi ? Karena selama ini dsog selalu bilang selama tidak ada masalah tidak perlu diambil.
A : Ya nda ada hubungannya...penyakit-penyakit dalam tubuh itu berhubungan. Untuk lebih pastinya cari second opinion...jangan 1 dokter...cari yang lainnya biar lebih mantap untuk melangkah.


M12
Q : Penyakit ini bisa menular dengan cara mencuci pakaian yang sudah kotor karena pada pakaian tersebut mengandung virus dari pasien kanker servic. Ini maksudnya gimana ya.  Penularan nya melalui apa?
A : Memang tidak lewat pakaian penderita. Cara penyebaran ca tidak dari pakaian...sesuai yang saya jelaskan faktor pendukungnya

Q : Untuk pap smears sebaiknya dilakukan berapa tahun skali..??
A : Setelah dilakukan pemeriksaan pap smear akan ada himbauan dari dokternya kapan waktunya untuk kembali melakukan pap smear.

Q : Vaksinasi nya apa sudah pasti jelas tidak ada unsur babi nya?
A : Maaf seperti vaksin anak anak kan memang sudah ada halal dari mui tapi kan memang bahan dasar dari babi yang di olah di saring dsb. Angkut ke yang lebih ahlinya ya dalam agama islam. Karena saya tidak paham tentang itu. Saya cuma berpikir karena dalam kondisi yang terpaksa diperbolehkan. Karena setiap tahunnya ada 500 wanita terkena kanker servix.


M21
Q : Di dekat rumah saya dl (surabaya) ada seorang anak kecil usia masih dibawah 20 tahun yang meninggal karena kanker serviks akut. Terdeteksinya sudah terlambat. Disini saya garis bawahi bahwa ternyata kanker serviks sudah tidak hanya menyerang orang dewasa dan remaja..tapi juga patut diwaspadai anak-anak (walau prosentasenya masih sepersekian persen). Nah menurut bunda..apa tindakan preventive yang perlu kita lakukan sebagai ortu agar anak-anak kita terhindar dari kanker serviks. Karena yang saya tau kanker serviks tidak hanya terjadi karena hubungan seks yang tidak bersih saja juga tapi faktor lingkungan di sekitarnya yang ikut berpengaruh.
A : Itukan faktor pendukung,dari faktor seks dan kebersihan. Yang lebih mendukung adalah terdapat bibit ca.. Nah bibit ca itu kebanyakan menurun, dilihat dulu dalam keluarganya terdapat bibit ca tidak? Jika tidak ya terdapat infeksi hpv dalam tubuhnya. Makanya saya tadi menjelaskan jika seorang anak gadis sudah haid ada baiknya dilakukan pemeriksaan pap smear.
                        
Q : Benarkah mengurangi pemakaian CD terutama saat tidur bisa mencegah penyakit-penyakit yang dialami wanita yang bisa lewat jalan tsb? Kalo benar, bolehkah diajarkan kepada anak-ana? Sampai sekarang anak perempuan saya susah sekali untuk dipakaikan pakaian dalam, usianya sudah 6 th..baik atau tidak ya?
A : Ya benar karena ada sirkulasi untuk daerah miss v, tetapi dimohon untuk menjaga privasi itu dan dijelaskan kepada bocilnya agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Q : 1. Di masyarakat sekarang banyak beredar produk pantyliner/pembalut/kristal yang katanya mengandung bahan alami pencegah kanker servix. Benarkah hal tersebut cukup efektif mencegah dengan memakainya?
2. Benarkah pembalut kain lebih aman daripada yang sekali pakai? Apa sudah ada penelitian tentang hal tersebut?
A : 1. Klo itu saya kurang tau. Tapi selama ini dokter spog tempt saya kerja tidak menjelaskan atau merecomkan pemakaian cristal itu.
2. Klo pembalut kainnya nyucinya bersih ya mungkin aman. Tapi klo gak bersih malah menumpuk bakteri dikain tsb.

Q : Setiap menjelang menstruasi,,,,Saya selalu mengalami keputihan yang menyebabkan gatal,, Apakah itu normal?? Dan apakah kanker serviks bisa menyerang wanita yang sudah menopause ?
A : Klo gatal ada bakteri atau jamur dalam miss v nya. Dan harusnya tidak gatal keputihan itu.  Bisa...kanker serviks tidak mengenal usia...siapapun bisa.


M9
Q : Bunda mau tanya agak beda topik sih, ini mengenai kista ovarium, agustus tahun  lalu saya operasi kista kanan 7 cm kiri 14 cm, lalu sampe november  usg sehat, trus januari 2016 kok ada kista lagi 2 cm kata dokter dipantau aja dulu rutin usg, alhamdulillah sampe agustus 2016 ini kistanya tetap dan tidak membesar. Bagaimana biar kistanya ilang ya bun?  Pada saat operasi kista saya besar sehingga kata dokter indung telur kiri lengket, sehingga indung telur kanan saja yang bisa diharapkan punya anak, nah  kan yang kanan ada kista lagi itu bun 2 cm, bagaimana ya bun apa masih bisa hamil bun, trus bgaimana caranya biar cepat hamil ya bun?
A : Tetap kontrol secara rutin. Dan bunda cerita ke dokternya klo mau progmil biar agar segera diprogmil. Insyaallah jika Allah mengijinkan akan hamil. Karena ada teman yang ovariumnya tinggal 1/4 bisa hamil.


M16
Q : Selama ini saya pakai alat kontrasepsi spiral tapi setelah pasang saya tidak pernah berhenti keputihan dan itu sangat mengganggu keputihan tidak bau dan berwarna cuma celana jadi lepek terus, kenapa saya pakai spiral karena saya udah coba semua alat kb dan pil sekalipun ga ada yang cocok dan bermasalah sedangkan kalo pakai kondom suami tidak mau kata ya kurang enak.... kalo kb kalender kebobolon dan jadi serba salah dan bingung mohon penjelasannya ustadz.syukron. Saya takutnya kalo diteruskan bisa menyebabkan kanker karena terus menerus keputihan
A : Malah klo pake KB hormonal terlalu lama pemicu kanker. KB yang aman ya KB non hormonal. Keputihan itu karena faktor hormon,nah...KBnya tidak berhormon, jadi gak berhubungan bun. Efek smping KB spiral itu haidnya lebih banyak atau lebih sedikit,nyeri saat haid(tapi tidak semua wanita mengalaminya). Lalu untuk keputihan saja itu tidak bisa ditegakkan diagnosa kanker servix.

Q : Kapan sebaiknya kita melakukan papsmear, usia saya sekarang 36th dan memakai IUD, apakah bisa mempengaruhi hasilnya nanti?
A : Jika sudah menikah ya sesegera mungkin untuk melakukan pap smear. Tidak ada pengaruhnya antara IUD dan hasil pap smear. Sebenarnya pada saat dibuka miss v kita...dokternya pasti tau kondisi rahim kita...rahimnya bagus atau tidak.                        

Q : Saya usia 48th pake KB spiral dah dari th 1997 berarti dah 19 th sampe sekarang tidak ada masalah sih tapi 1th belakangan ini saya suka keputihan cair tidak gatal cuma agak bau aja apakah ada masalah bu
A : Coba periksa saja bu jika ada keluhan...kedokter kandungan dulu...nanti jika terjadi apa-apa dokter kandungan akan merujuk kedokter lainnya.

Q : Mau tanya kenapa ketika haid saya mengalami sakit ketika BAB dan mau buang angin ?
A : Ya itu rasanya nyeri saat haid. Selama terasa begitu dan masih bisa aktivitas gpp.


M10
Q : 1. Seberapa efektifkah pemeriksaan IVA?
2. Apa pemakaian kontrasepsi(suntikan) bisa mengakibatkan kanker serviks?
3. Apakah kanker serviks bisa muncul karena makanan..?
A : 1. Berapa persennya ya rendah, karena tidak akurat hasilnya. Iva hanya melihat ada bibit kanker gak? Klo pap smear akan tau ini kena kanker or tidak? Ada benjolan abnormal gak? Jadi beda hasilnya
2. KB hormonal itu penunjang saja...jika pemakaian KB hormonal yang terlalu lama...max 3th untuk KB hormonal
3. Tidak...makanan itu lebih kepada mioma atau kista


M17
Q : Kalo pada anak balita mengalami keputihan itu kenapa ya? Keputihannya gak gatal Bun.
A : Karena pengaruh hormon sisa ibunya selama masih dalam kandungan...hal itu masih normal.

                       
M1
Q : Klo sakit perut bagian yang kanan napa ya dok?? Ane dah lepas 2 thn lalu pake spiral....dulu waktu make kirain sakitnya karena spiral...pas lepas kadang sakit klo kebanyakan bikeran...ato yang menyita jalan bolak balik,...( rasanya kayak turun berok.   Apa ane langsung ke dokter spog aja ya? Umur 42thn sejak lepas spiral haid total cuma 4 hari, 2 hr deres, pegel masih...sakit bawah perut juga masih..
A : Yap... coba kedokter spog. Klo berasa sakit rahimnya buat tidur terlentang ya dan jangan beraktivitas berat dulu.                        


NANDA

N107
Q : Jika keputihan terus menerus dan lebih banyak dari biasanya..tapi lendirnya kadang agak kaya susu kadang normal bening tapi pas konsultasi malah gak di kasih obat apa-apa, pas Tanya-tanya obat apa/jamu apa gitu,, cuma di bolehin minum jamu sirih, katanya kalau minum yang lain takutnya menyebabkan rahim kering.. jadi sebaiknya bagaimana mengobati nya?
A : Rahim kering itu istilah orang awam,tetapi istilah medis adalah infertil, nah untuk menegakkan diagnosa tsb butuh pemeriksaan pasutri. Klo untuk masalah keputihan coba ditingkatkan kebersihannya,sering ganti celana dalam, jangan biarkan daerah miss v lembab, karena dapat menyebabkan jamur. Nah...klo tidak diberi obat oleh dokter bisa jadi tidak perlu penanganan dengan obat

Q : Teman saya haidh sudah cukup lama hampir 1 minggu lebih dan volume darah haidhnya sangat banyak dan keluar gumpalan-gumpalan banyak terjadi di awal haidh dan rasa nyeri di daerah perut sangat sangat sakit..Sebelumnya teman saya ini untuk bulan haidh tidak normal bunda. Sering telat dan keluar sedikit darahnya, badannya agak padat, jam kerjax tinggi dan terkadang mudah stres..Apakah ini salah satu resiko penyakit rahim ya bunda??? Mohon tipsnya agar haidh tetap lancar dan tidak mengalami anemia.
A : Agar tetap lancar itu ada baiknya konsultasi ke dokter karena nantinya akan dilakukan pemeriksaan dan dicari sebab kenapa haid tidak lancar, nanti akan diberi pengobatan sesuai hasil pemeriksaannya. Haid itu tergantung dari kondisi rahim,tingkat stres dan hormon masing-masing orang. Jika sudah haid mencegah anemia boleh minum suplemen penambah darah.
Q : Kalau infeksi indung telur itu yang bagaimana? Apakah cirinya juga sama keputihannya tidak normal? Ada pengaruh tidak dalam memiliki keturunan? Misal kandungan lemah dll.
A : Infeksi indung telur itu peradangan pada indung telur. Setahu saya iya ada, tetapi allahualam ya...karena tidak memiliki keturunan itu banyak faktornya sesuai hasil pemeriksaan.

Q : Klo haid ga teratur..kadang 1x2bln dan kadang 1x3bln itu kenapa ya? Apa berpengaruh nanti untuk kesuburan (susah hamil)??
A : Haid yang gak teratur dikarenakan ada masalah dalam rahim, tingkat stres yang tinggi, ketidakseimbangan hormon. Nah mbaknya yang mana? Kita tidak tau klo tidak melakukan pemeriksaan mencari sebab kenapa haid tidak lancar. Nanti dari situ akan tau kenapa haid tidak lancar dan akan terjawab apakah ada hubungannya dengan kesuburannya nanti.


M116
Q : Biasanya saya haid tu lancar dan teratur malah tidak mersakan sakit sedikitpun. Namun sudah bebeapa bulan ni. Haid saya tidak teratur. Biasanya saya haid awal bunan akhir-akhir ini saya haid akhir bulan, bahkan 2 bulan kemaren saya tidak dapat haid. Saat haidpun saya mersakan sakit yang luar biasa bunda. Sampai tidak bisa beraktifitas. Cuman bisa tidur melipat baru agak enakan tapi kalau dilurusin sakitnya berasa lagi. Itu gimana ya bun. Trus apa yang harus saya lakukan. Trimaksih bunda.
A : Saya sarankan konsultasi kedokter saja mbak,biar tau detail penyebabnya haid tidak lancar apa. Karena klo hanya sekilas begitu datanya itu kurang valid info yang saya berikan.

Q : Bunda Ratih, apa pap smear dianjurkan juga untuk yang masih gadis? Klo mau periksa, apa puskesmas saat ini sudah menyediakan pap smear? Terima kasih sebelumnya..
A : Bukan gadis,tetapi yang sudah pernah melakukan hubungan sex. Di puskesmas ada, tapi ditanyakan dulu prosedurnya.

Q : Kanker serviks sendiri kan tidak ada gejala yang disadari, bahkan bisa dianggap biasa saja bagi orang awam, Adakah gejala gejala yang *sangat* menunjukan bahwa itu *kanker serviks*?
A : Kanker leher rahim pada stadium awal tidak menunjukkan gejala yang khas, bahkan bisa tanpa gejala. Pada stadium lanjut, gejala kanker serviks, antara lain: perdarahan post coitus, keputihan abnormal, perdarahan sesudah mati haid (menopause) serta keluar cairan abnormal (kekuning-kuningan, berbau dan bercampur darah). Tetapi untuk menegakkan diagnosa ca cervix butuh pemeriksaan lebih detail. Jika ada keluhan konsultasi saja kedokter kandungan.

Q : Terkait keputihan jika banyak dan terus menerus apalagi berwarna bening apa termasuk normal atau tidak,,jika sudah menyebabkan gatal apa sudah masuk bahaya atau masih normal, apa itu iritasi akibat dari keputihan atau karena Lembab? Biasanya saya atasi pakai pantiliner setiap hari karena dikhawtirkan jadi najis untuk sholat dan jika ditempat kerja kemungkinan ganti agak susah apa hal itu baik? Minta solusi nya ya terutama untuk Miss v yang sering iritasi atau gatal
A : Klo gatal setahu saya itu ada jamur dlam miss v,sebab jamur itu karena kurang bersih ditambah lagi kondisi miss v atau sekitar miss v lembab akhirnya jamurnya berkembang biak. Jadi saya sarankan untuk lebih menjaga kebersihan,sering ganti cd jika kondisi sudah tidak nyaman, jangan gampang menggunakan toilet umum, jika terpaksa lihat dulu kondisi toiletnya.


N102
Q : Adakah pencegahan selain melakukan pap smear? Misalnya melalui makanan atau pola hidup? Jika ada, makanan dan pola hidup seperti apa agar terhidar dari penyakit yang mengerikan para wanita ini
A : Tidak ada...pencegahan sejak dini itu ya pap smear.

Q : Menggunakan pembersih kewanitaan seperti yang terjualan di swalayan atau sabun untuk kewanitaan itu baik gak di gunakan sama kita kaum hawa? Kan banyak yang terjual dari harga yang paling murah sampai mahal.. Pembersih yang bagus itu yang seperti apa ya klo boleh tau.. ?
A : Klo saya pribadi gak memakai begituan jadi mending pake obat. Coba pake yang laxtacyd itu,tu direcomkan oleh dokter di tempat saya kerja.

Q : Apa kah Kanker serviks bisa ditularkan dari laki-laki ke wanita jika melakukan hubungan intim?
A : Jika si laki-laki itu berhubungan dengan penderita ca cervix si laki-laki itu membawa bibit ca cervix, tapi tidak memderita ca cervix karena laki-laki tidak punya rahim. Nah nanti si laki-laki itu yang mempunyai bibit ca berhubungan dengan gadis yang tidak punya bibit ca cervix, si gadis tsb tertular bibitnya, nanti jadi ca cervix tidaknya tidak tau. Salah satu faktor pendukung terkenanya ca cervix dari hubungan sex.


N104
Q : Menggunakan Panty boleh setiap hari?
A : Alasannya apa memakai setiap hari? Karena bisa menjadikan jamur atau bakteri dalam miss v karena lembab daerah miss v nya.

Q : Bunda, sekarang kan katanya lebih disarankan menggunakan pembalut kain yang bisa dicuci dan dipakai ulang. Apakah memang lebih bagus dan lebih steril?
A : Lebih bagus atau lebih sterilnya saya belum tau,karena belum membuktikan atau melakukan penelitian. Tetapi jika mbak menggunakan pembalut kain maka saya sarankan untuk benar-benar yakin bahwa pembalut yang sudah dipake dicuci dengan benar, jangan sampai menimbulkan bakteri dalam pembalut kain tsb. Malah yang ada kita yang kena bakteri tsb, maunya aman malah tidak aman.


N103
Q : Kalau (mohon maaf) di bagian dalam wanita . Ketika sedang BAK kita bisa memegang dan merasakan kalau yang bagian selaput ya nama atau daging pinggirannya ada seperti bentol gitu Bun. Apa itu iritasi atau ada apa ya Bun. Tapi sudah hilang dalam waktu lama..
A : Apa itu saya tidak bisa menjawab klo tidak melihat secara langsung. Dan datanya juga kurang valid, jenengan menyebutkan bentol saja,nah...itu bentolnya ukurannya berapa? Berupa air atau nanah? Bergerak atau tidak? Gatal atau tidak? Sakit atau tidak? Sakitnya jikalau dalam kondisi gimana? Itulah data yang sekiranya menunjang apa bentol tsb. Jadi saya cuma menyarankan konsultasi saja nanti akan dilihat sendiri apa bentol itu.

Q : Bun terkadang saya suka keluar flek bila kecapean tapi bukan haid, seperti keputihan tapi berwarna coklat. Saya sudah pernah konsul ke dokter tapi katanya tidak apa-apa. Tapi saya cemas ketika kambuh, takut itu penyakit bun. Dan saya tidak pernah mengkonsumsi obat saat keluar flek. Bagaimana solusinya bun?
A : Periksa ke dokter lain. Cari second opinion yang lain. Dengan banyak pendapat bisa semoga menjadi tenang karena mendapat jawaban yang kiranya pas buat jenengan.


N105
Q : Gimana cara ngatasi keputihan yang nggak wajar? Munculnya keputihan itu pas kapan saja?
A : Gak wajarnya gimana? Kondisi ketidakwajaran masing-masing wanita berbeda. Cuma yang lebih diperhatikan adalah kebersihan, jaga kondisi daerah miss v tidak lembab, jangan gunakan toilet umum terlalu sering, sering ganti cd jika sudah tidak nyaman. Kapan datangnya? Tiap wanita berbeda-beda kapan datangnya. Jadi kita observasi sendari disaat keputihan.

Alhamdulillah, kajian kita hari ini berjalan dengan lancar. Semoga ilmu yang kita dapatkan berkah dan bermanfaat. Aamiin....

Segala yang benar dari Allah semata, mohon maaf atas segala kekurangan. Baiklah langsung saja kita tutup dengan istighfar masing-masing sebanyak-banyaknya dan do'a kafaratul majelis :

سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك
Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika

“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”
​السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ


Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment