Home » , , , , » KESEHATAN DAN PERAWATAN RAMBUT

KESEHATAN DAN PERAWATAN RAMBUT

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Monday, January 23, 2017

Kajian Online WA  Hamba الله SWT

Senin, 23 Januari 2017
Rekapan Grup Nanda 2
Narasumber : Ustadzah Tri Setyorini
Tema : Kesehatan
Editor : Rini Ismayanti



Dzat yang dengan Kebesaran-Nya, seluruh makhluk menyanjung dan mengagungakan-Nya...
Dzat yang dengan Keperkasaan-Nya, musuh-musuh dihinakan lagi diadzab-Nya...
Dzat yang dengan Kasih dan Sayang-Nya, kita semua mampu mengecap manisnya Islam dan indahanyaa ukhuwah di jalan-Nya, memadukan hati kita dalam kecintaan kepadaNya, yang mempertemukan kita dalam keta'atan kepadaNya, dan menghimpunkan kita untuk mengokohkan janji setia dalam membela agamaNya.

AlhamduliLlah... tsumma AlhamduliLlah...

Shalawat dan salam semoga tercurah kepada tauladan kita, Muhammad SAW. Yang memberi arah kepada para generasi penerus yang Rabbaniyyah bagaimana membangakitkan ummat yang telah mati, memepersatukan bangsa-bangsa yang tercerai berai, membimbing manusia yang tenggelam dlm lautan syahwat, membangun generasi yang tertidur lelap dan menuntun manusia yang berada dalam kegelapan menuju kejayaan, kemuliaan, dan kebahagiaan.

Amma ba'd...
Ukhti fillah sekalian. Agar ilmunya barokah, maka alangakah indahanyaa kita awali dengan lafadz Basmallah

Bismillahirrahmanirrahim...                       

KESEHATAN DAN PERAWATAN RAMBUT

Rambut bagi wanita adalah mahkota, tapi bukan berarti harus dipertontonkan. Sebagai muslimah rambut sbg salah satu yang wajib kita tutupi. Tapi karena ditutupi bukan berarti tidak dirawat.                       

Kenapa harus dirawat?  
                    
Semua yang ada di tubuh kita pasti ada fungsinya                       

Subhanallah              
        
Apa fungsi rambut?   
                   
Isolasi

Fungsi utama dari rambut manusia adalah untuk melindungi tubuh manusia.
 Rambut melakukan hal ini dalam dua cara:
 ia berfungsi sebagai penghalang fisik antara udara dingin eksternal dan kulit, dan juga sebagai perangkap udara hangat di antara kulit dan rambut, menjaga tubuh lebih hangat.

Perlindungan dari Faktor Eksternal

Rambut melindungi kulit dari faktor eksternal, seperti kerusakan akibat sinar matahari dan kulit pecah-pecah dari kerusakan angin. Hal ini juga menghalangi debu dan kotoran dari menetap pada kulit.                       

Penyangga gesekan

Rambut berfungsi sebagai penyangga terhadap gesekan. Ini adalah salah satu alasan bahwa rambut hadir pada kaki, dan beberapa tempat lain
 Hal ini juga menyerap keringat untuk penguapan lebih mudah sehingga keringat tidak menempel di tubuh selama aktivitas fisik, yang dapat menyebabkan pecah-pecah dan terik.

Diferensiasi dan Keindahan

Rambut secara luas digunakan dalam semua mamalia untuk diferensiasi dan kecantikan. Singa jantan memiliki surai, rusa memiliki bintik dekoratif dan banyak burung telah memiliki warna untuk membedakan jantan dari betina. Manusia memiliki rambut untuk tujuan yang sama, yaitu mengapa laki-laki tumbuh rambut wajah dan wanita tidak. Rambut juga dianggap menambah keindahan, itulah sebabnya mengapa wanita sering memiliki gaya rambut yang rumit dan mengapa laki-laki berusaha keras untuk melawan kebotakan.

Pengalihan Keringat dan Air

Rambut juga menyerap keringat dari kulit sehingga tidak akan menyebabkan iritasi akibat gesekan dan juga pengalihan keringat sehingga bagian-bagian tertentu dari tubuh dapat lebih cepat kering dan tetap dilindungi. alis mengarahkan keringat dari dahi menjauh dari bola mata                       

Berikut beberapa tips merawat rambut berhijab                       

1. Pilih bahan jilbab atau hijab yang dapat menyerap keringat

Memakai jilbab ataupun hijab untuk menutup aurat kerapkali membuat rambut cepat lepek atau mudah berkeringat. Keringat yang berlebih inilah yang justru bisa mengakibatkan timbulnya permasalahan pada rambut, seperti berketombe, mudah rontok, lembab, bau apek, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, Anda harus pintar-pintar memilih jilbab dengan bahan yang mudah untuk menyerap keringat seperti katun ataupun kaos.

2. Hindari memakai hijab dalam keadaan rambut basah
Penyebab masalah rambut ketika berhijab adalah kebiasaan memakai hijab ketika rambut masih basah. Rambut dalam keadaan basah saat memakai hijab akan memicu kerontokkan rambut lebih parah, ketombe, gatal-gatal dan juga bau apek. Oleh karena itu, sebaiknya keringkan rambut terlebih dahulu sebelum memakai jilbab. Jika Anda dalam keadaan terburu-buru dan tidak cukup waktu untuk mengeringkan rambut secara alami bisa memakai hairdryer untuk mengeringkannya dengan cepat.

3. Hindari mengikat rambut terlalu kuat dan kencang
Tips merawat rambut bagi wanita berjilbab berikutnya adalah dengan tidak mengikat rambut terlalu kencang. Hal ini untuk menghindari permasalahan rambut yang mudah patah atau bercabang.

4. Pilih jilbab berwarna soft
Sebaiknya pilih jilbab yang memiliki warna-warna soft untuk memberikan efek yang sejuk hingga kulit kepala.

5. Keramas dengan teratur
Anda juga harus tetap menjaga kesehatan dan kebersihan kulit kepala serta rambut dengan keramas secara teratur. Pilihlah shampo yang tepat dilengkapi dengan vitamin serta masker rambut. Anda bisa berkeramas secara rutin setiap 2 hari sekali atau 3 kali dalam seminggu.

6. Selalu merapikan rambut sebelum maupun sesudah berjilbab
Untuk merawat rambut berjilbab, sebaiknya selalu merapikannya dengan menggunakan sisir yang bergigi jarang terbuat dari bahan plastik agar kerontokan pada rambut bisa diminimalisir.

7. Istirahatkan rambut
Ketika di rumah, Anda bisa melepaskan jilbab Anda dan mulai memanjakan rambut Anda untuk memberikannya waktu beristirahat. Biarkan rambut tanpa ikatan saat di dalam rumah, agar rambut bisa bernafas, menjadi lebih segar, dan juga lebih sehat. Cara ini juga lebih efektif untuk meminimalisir kelembaban di kulit kepala yang bisa memicu ketombe ataupun kerontokan pada rambut.

8. Konsumsi makanan yang bernutrisi
Untuk menjaga kebersihan dan kesehatan rambut, Anda juga harus merawat rambut dari dalam dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi untuk menutrisi rambut Anda. Adapun nutrisi penting yang harus dikonsumsi adalah makanan yang mengandung vitamin B-6, vitamin B-12, vitamin C, vitamin E dan juga protein. Kandungan tersebut ada dalam sayuran hijau, buah-buahan dan juga kacang-kacangan.

9. Gunakan bahan alami
Anda juga bisa merawat rambut yang berjilbab dengan cara menggunakan bahan-bahan alami, seperti masker rambut yang terbuat dari lidah buaya, dan lain sebagainya untuk perawatan dari luar.

TANYA JAWAB

Q : Bunda cara menghilangkan ketombe yang membandel gmn? Syukron
A : Ketombe dapat muncul akibat kulit kepala yang kering, peradangan pada kulit kepala, penumpukan sel kulit mati pada kepala, dan juga akibat adanya jamur pada kulit kepala . Jamur ini dapat memecah kelenjar minyak yang ada di kulit kepala dan menjadikannya sebagai makanan. Kemudian, jamur akan menghasilkan produk asam lemak yang dapat membuat kulit kepala menjadi gatal dan mudah kering sehingga membentuk ketombe. Ketombe bisa dihilangkan dengan beberapa bahan alami seperti garam, jeruk nipis, baking soda. Tapi harus rutin dan perawatan tetep dilakukan supaya ketombe tidak kembali lagi.                      
Mencuci rambut secara teratur, menghilangkan ketombe secara cepat bisa dengan mencuci rambut.  Mencuci rambut seperti biasanya, tetapi tidak mencuci rambut setiap hari karena akan menyebabkan kerusakan pada rambut. Mencuci rambut bisa membantu mengatasi ketombe karena kotoran atau sel kulit mati di kepala sebelum terlalu banyak menumpuk dan terlihat sudah di bersihkan dengan di cuci secara teratur. Gunakan shampo yang cocok juga atau dengan bahan alami, karena sering kali kulit sensitif memiliki ketombe karena produk yang tidak cocok di gunakan.
Perbanyak minum air putih,  karena dengan mencegah rambut dan kulit agar tidak kering juga akan membantu untuk mengatasi ketombe juga. agar kulit kepala tidak kering. Minum air putih yang cukup sehingga tidak akan menyebabkan rambut rontok.
Lindungi kepala dari panas, kulit yang kering akan menyebabkan kulit kepala cepat mengelupas dan mati. Maka dari itu lindungi kulit kepala agar tidak terpapar secara langsung yang akan menyebabkan kulit kepala kering menyebabkan ketombe maupun menyebabkan rambut rontok parah . kulit kepala yang lembab juga bisa disebabkan oleh suhu panas, dan menutupi rambut yang lembab akan menyebabkan jamur yang nantinya akan menjadikan ketombe. Oleh sebab itu menghilangkan ketombe secara cepat akan melindungi kepala dari panas.
Asupan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh juga termasuk untuk kulit kepala. dan memenuhi nutrisi dari makanan yang mengandung banyak vitamin dan juga nutrisi lainnya yang baik untuk kulit kepala dan juga rambut. Harus di penuhi dengan baik karena salah satu penyebab ketombe juga bisa dikarenakan oleh kurang asupan nutrisi yang baik.

Q : Bunda..untuk mencegah kerontokan rambut bagaimana? Syukron
A : -Lakukan perawatan rambut seperti materi diatas
- Jangan mengikat rambut terlalu kencang
- Jangan mengeringkan rambut yang basah dengan menggosok2nya
- Jaga asupan nutrusi
- Kelola stres

Q : Bunda...  Kalau sering lembat rambut trus d jilbabin... Nah kata orang itu akan menimbulkan kutu rambut. Benarkah? Kutu itu kan binatang yah...Trus cara mengobati kutu katanya pke kapur kutu... Itu bahayakah bagi rambut???
A : Kutu rambut penyebabnya bukan karena hijab. Kutu rambut termasuk binatang.  Timbul karena ada penularan. Kutu rambut hanya diidap manusia dan hanya dapat menular antar manusia saja. Parasit ini tidak dapat ditularkan pada hewan atau pun sebaliknya. Penularan kutu rambut dapat terjadi melalui:
Kontak langsung. Penularan ini terjadi ketika rambut seseorang bersentuhan dengan rambut penderita yang memungkinkan kutu rambut merayap dan berpindah tempat.
Kontak tidak langsung. Penularan ini terjadi melalui perantara benda yang dipakai bersama yang telah terkontaminasi kutu rambut atau telurnya. Contohnya sikat rambut, sisir, helm, topi, seprai, bantal, earphone, handuk, dan baju.                       
Mengobati kutu rambut
Sebelum mengobati kutu rambut dengan menggunakan obat-obatan, sebaiknya lakukan penanganan dengan cara sederhana terlebih dahulu. Cara sederhana ini sama seperti langkah-langkah mendeteksi keberadaan kutu rambut dengan memakai sisir serit. Metode penyisiran yang sebaiknya digunakan adalah dengan cara basah.
Lakukan prosedur ini secara berkala, yaitu pada hari ketiga, keenam, kesembilan, keduabelas, dan kelimabelas. Jarak waktu ini bertujuan agar Anda dapat membersihkan seluruh kutu rambut, termasuk anak-anak kutu yang baru menetas sebelum mereka menjadi dewasa dan berkembang biak.                       
Klo belum berhasil baru digunakan bahan alami. Seperti jeruk nipis, minyak kayu putih, bawang putih.

Q : Kira kira shampo apa' yang tidak menyebabkan ketombe..sebab kenapa ya ketombe itu kadang bandel
A : Untuk pemilihan shampo itu tergantung individu juga. Merk A cocok untuk seseorg belum tentu cocok untuk yang lain. Pilih shampo yang komposisinya cocok dengan masalah rambut. Dan jangan ganti-ganti merk. Yang terpenting setelah pake shampo bilas sampai bersih. Karena sisa-sisa shampo bisa juga menimbulkan masalah.

Q : Bunda. .. Yang rontok bagaimana d katakan rontok alami dan rontok bahaya??
A : Rambut manusia diperkirakan terdiri dari 100.000 - 200.000 helai, dan tumbuh terus menerus. Kecepatan pertumbuhan sehelai rambut : rata-rata 0,3 milimeter perhari. Jumlah rambut yang gugur setiap hari yakni 50 sampai 100 helai. Lebih dari 150 helai rambut yang rontok segera lakukan perawatan

Q : Bund bolehkah mewarnai rambut dalam islam? Dan agar aman dari bahan kimia, saya ingin mewarnai dengan bahan alami..Adakah bahan alami yang dapat membuat warna rambut berubah?
A : Boleh asal tidak bewarna hitam. Bisa pakai henna. Atau teh hitam untuk menghasilkan warna coklat tua. Klo mau warna lebih terang bisa pakai madu + minyak kelapa                       

Q : Bun kadang pas udara panas suka timbul kaya jerawat di kepala untuk mengatasi gimana ya?
A : Jerawat pada kulit kepala bisa disebabkan oleh beberapa hal, dari stress, atau bahkan kondisi rambut yang cenderung kotor. Saat kita mengalami stress, otak akan memproduksi hormon dengan tidak normal sehingga memicu jerawat pada kulit kepala. Selain itu, jika rambut atau kepala kita sering terpapar polusi atau cenderung terlalu lembab karena banyak memakai helm atau topi, maka jerawat pun berpotensi muncul pada kulit kepala.                       
Menghilangkan bisa pakai lemon. Tomat. .madu. Lidah buaya. Tea tree oil.
Eh salah satu aja ya jangan dicampur semua                       
Trus perwatannya  adalah :                    
Yang pertama dan paling utama, rutinlah membersihkan rambut dengan cara berkeramas untuk menghindari penumpukan sel kulit mati, minyak dan bakteri yang dapat menyebabkan jerawat.
Bersihkan alat perawatan rambut seperti sisir, sikat, alat penjepit rambut dan lainnya secara rutin. Pastikan juga mencuci handuk dan ikat kepala beberapa hari sekali.
Jika kulit kepala terlalu berkeringat, keramaslah setiap sore untuk membersihkannya. Saat keramas pijatlah kulit kepala dengan pelan untuk memperlancar peredaran darah.
Jika kulit kepala berjerawat, hindari pemakaian kondisioner untuk sementara. Jika memang terpaksa menggunakannya, aplikasikan pada bagian tengah hingga ujung rambut saja.
Jangan memotong rambut saat kulit kepala sedang berjerawat.
Hindari menekan atau memencet jerawat karena dapat menyebabkan jerawat meluas.
Hindari konsumsi makanan berminyak dan makanan pedas sebisa mungkin.
Konsumsi lebih banyak buah dan sayur.
Lindungi kulit kepala dari sinar matahari langsung.
Kendalikan stress , karena stress dapat memicu timbulnya jerawat pada kulit kepala.
Rambut yang panjang lebih beresiko mengalami jerawat pada kepala dibandingkan rambut pendek. Oleh sebab itu, jika anda sering mengalami jerawat pada kulit kepala sebaiknya pilihlah gaya rambut pendek yang simpel.

Q : Bunda, kalau laki-laki itu rambut bgian depannya bisa rontok dan botak. Nah itu hanya dialami kaum adam aja atauu.. Bisa dialami kaum Hawa?
A : Botak bisa terjadi pada pria dan wanita. Meski tersering adalah kaum pria.  Kenapa? Kita kenali dulu penyabanya                       
1. Stres
Stres bisa menyebabkan kebotakan laki-laki di usia muda, stres kronis akan mengacaukan sekaligus menyebabkan ketidakseimbangan pada hormon-hormon yang mengakibatkan penipisan rambut.
2. Kekurangan nutrisi
Kurang asupan protein membuat tubuh menyimpan protein yang tersedia untuk keperluan lain sehingga membuat rambut kehilangan nutrisinya. Nutrisi sangat penting untuk pertumbuhan rambut, hubungan antara makanan dan rambut cukup sederhana. Rambut terdiri dari protein yang disebut keratin, sehingga sangat penting menyertakan protein yang cukup dalam menu makan sehari-hari.
3. Gejala Penyakit
Kebotakan bisa terjadi karena gejala suatu penyakit, ALS adalah penyakit pada sel-sel saraf di otak dan sumsum tulang belakang yang mengontrol gerakan otot.
4. Merokok
Nikotin yang terkandung dalam rokok bisa mempersempit pembuluh darah, sehingga mengurangi pertumbuhan rambut dan mengurangi nutrisi untuk rambut.
5. Minum-minuman beralkohol
Alkohol bisa menyerap zat besi di dalam tubuh dan menghambat penyerapan zinc. Alkohol juga menyebabkan dehidrasi dan menghalangi tubuh menyerap nutrisi penting. Karena seperempat rambut mengandung air, alkohol yang berlebihan akan selalu membuatnya rapuh.

Pencegahan
1. Kenali terlebih dahulu apakah memiliki bakat untuk mengalami botak, selain itu apakah ada faktor luar yang bisa membuat resiko menjadi botak.
2. Dalam melakukan manipulasi terhadap rambut hendaknya jangan semena-mena, maksudnya jangan terlalu sering melakukan tarikan yang terlalu keras (sasakan), jepit atau ikat rambut yang terlalu kencang, pengeritingan atau pengeringan rambut dengan hair dryer dan sebagainya.
3. Perawatan rambut yang teratur dan dengan produk yang tepat, misalnya shampoo, conditioner, creambath, hair tonic, hair spa.
4. Nutrisi sangat penting dalam menunjang rambut sehat, beberapa diantaranya adalah zat besi, vitamin B1, asam
PanAminoBenzolac (PABA), kalsium D pantotenat (provitamin B5), asam folat dan zinc.

Q : Kan perempuan tidak diperbolehkan berdandan menyerupai laki-laki, klo motong rambut jadi benar-benar pendek termasuk prilaku itu ga?
A : Boleh asal model tidak menyerupai laki. Intinya tidak masalah memendekkan rambut namun lebih baik untuk wanita rambut panjang.
Yang jadi masalah besar adalah ketika rambut tidak ditutupi atau tidak berhijab di depan selain mahrom.

Q : Bener ga sik klo nyisir harus lebih dari 100 kali tiap hari
A : Gak bener. Bisa rontok rambut. Seperlunya saja

Q : Pengunaan garam untuk menghilangkan ketombe cara nya bagaimna?
A : Buat larutan air garam yang agak kental. Gosokkan pelan2 pada kulit kepala. Diamkan 30-60menit. Lalu bilas seperti keramas biasanya

Alhamdulillah, kajian kita hari ini berjalan dengan lancar. Semoga ilmu yang kita dapatkan berkah dan bermanfaat. Aamiin....

Segala yang benar dari Allah semata, mohon maaf atas segala kekurangan. Baikloah langsung saja kita tutup dengan istighfar masing-masing sebanyak-banyakanya dan do'a kafaratul majelis:


سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika

“Maha Suci Engakau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”


Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Ketik Materi yang anda cari !!