Home » , , , , » PENTINGNYA INTERAKSI DENGAN AL QURAN

PENTINGNYA INTERAKSI DENGAN AL QURAN

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Monday, January 9, 2017

Kajian Online WA  Hamba الله SWT

Senin, 9 Januari 2017
Rekapan Grup Nanda 1
Narasumber : Ustadz Meichal Kusumadiya
Tema : Kajian Umum
Editor : Rini Ismayanti




Dzat yang dengan Kebesaran-Nya, seluruh makhluk menyanjung dan mengagungkan-Nya...
Dzat yang dengan Keperkasaan-Nya, musuh-musuh dihinakan lagi diadzab-Nya...
Dzat yang dengan Kasih dan Sayang-Nya, kita semua mampu mengecap manisnya Islam dan indahnya ukhuwah di jalan-Nya, memadukan hati kita dalam kecintaan kepadaNya, yang mempertemukan kita dalam keta'atan kepadaNya, dan menghimpunkan kita untuk mengokohkan janji setia dalam membela agamaNya.

AlhamduliLlah... tsumma AlhamduliLlah...

Shalawat dan salam semoga tercurah kepada tauladan kita, Muhammad SAW. Yang memberi arah kepada para generasi penerus yang Rabbaniyyah bagaimana membangkitkan ummat yang telah mati, memepersatukan bangsa2 yang tercerai berai, membimbing manusia yang tenggelam dlm lautan syahwat, membangun generasi yang tertidur lelap dan menuntun manusia yang berada dalam kegelapan menuju kejayaan, kemuliaan, dan kebahagiaan.

Amma ba'd...
Ukhti fillah sekalian. Agar ilmunya barokah, maka alangkah indahnya kita awali dengan lafadz Basmallah

Bismillahirrahmanirrahim...                       

"Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat); dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan."
(الحشر ؛ ١٨)

Tahun berganti tahun dan waktupun terus berputar lalu di setiap detik yang berlalu ada pertanggung jawaban yang kita pikul.

Kesempatan demi kesempatan datang tanpa bosan dalam nafas hidup kita.

Mungkin beberapa menit lagi mata kita sudah terbelalak menghadapi sakaratul maut dan hari esok sudah memberikan salam perpisahan untuk kita dan mungkin beberapa hari lagi jiwa kita sudah terbujur kaku dan terbungkus kain kafan, memberikan pesan selamat tinggal untuk orang-orang yang kita cintai.

Dua hal yang harus kita ingat agar syahwat diri kita dapat terkikis dan terkubur oleh waktu, yaitu pertama, interaksi kita dengan Al-Qur'an melebihi interaksi kita dengan Dunia dan tdk melalaikan tanggung jawab kita sebagai penghuni Dunia.

Cintailah Dunia dengan wajar tanpa berlebihan
Cintailah Dunia dengan fitrah kita sebagai manusia
Cintailah Dunia dengan Taqwa
Jika ruh Qur'an kita sudah hidup maka Al-Qur'an yang akan membimbing kita selama kita bernafas

Kedua, sesuatu yang bisa memutus hubungan kita dengan Perhiasan fatamorgana Dunia, yaitu kematian. Kematian adalah keniscayaan atau kepastian yang kita semua akan mengalami nya. Suka tidak suka, biarpun dalam keadaan sehat ataupun sakit kita akan menghadapi kematian. Lalu apa yang kita miliki untuk menghadapi dahsyat nya sakaratul maut yang sangat mengerikan.

Dialah الله عزوجل Yang Maha Mengetahui dan Maha melihat

Dialah الله عزوجل Yang Maha Merajai dan Maha Menguasai

Dialah الله عزوجل Yang Maha Lembut dan Maha Pengampun

masihkah kita tak sadar dan tak berbuat untuk kebaikan diri kita atau berbuat baiklah untuk orang yang kita Cinta, terutama IBU kita.

Jangan buat air mata nya berderai dan jangan pernah menyakiti Hati nya karena pangkal sebuah kejahatan selain syirik adalah Durhaka terhadap orang tua.

Janganlah rusak waktu kita tanpa amal dan ibadah dan jangan berikan kesempatan syaithon mempengaruhi Hati kita

"Janganlah kamu seperti orang-orang yang lupa kepada الله، sehingga الله menjadikan mereka lupa akan diri sendiri. mereka itulah orang-orang Fasik."
(الحشر ؛ ١٩)

Sejenaklah kita bermuhasabah, menatap Dosa-Dosa yang sudah kita perbuat. Mungkin hajat kita belum hadir karena masih ada kerikil-kerikil Dosa yang masih menyelimuti diri kita. Jagalah Hati dari kedengkian dan jangan biarkan diri kita terbelenggu dengan sifat bakhil dan ingatlah, semakin dekat interaksi kita dengan Al-Qur'an PASTI akan datang kesakinahan dalam Hati kita.

TANYA JAWAB

Q : Assalamualaikum, mau bertanya diatas disampaikan interaksi kita dengan Al-Quran melebihi interaksi kita dengan dunia tanpa melalaikan tanggung jawab kita sebagai penghuni dunia. Bagaimana caranya, apabila kita bekerja kurang lbh 18 Jam,. Dan sampai rumah masih banyak urusan rumah yang harus diselesaikan dan kita juga butuh istirahat? Bagaimana solusinya untuk menutupi kekurangannya tsb? Terimakasih
A : Rubah konsep berfikir kita antara tentang kesibukan dan kebutuhan. Saat kita sibuk melengkapi Dunia yang kita butuhkan maka ada kebutuhan diri kita yb harus kita tunaikan untuk akhirat kita. Bukan berkaitan masalah waktu tetapi cara kita meraih surga dengan waktu yang kita miliki.
                   
Q : Kita sering membaca qur'an tapi banyak juga dari kita yang tidak tau makna nya, hanya sekedar membaca nya saja.. apa pahala sama dengan mreka yang membaca qur'an serta tau makna nya ?? Syukron
A : 1 ayat yang kita baca bisa menggugurkan 100 Dosa kecil kita dan bisa mendatangkan ampunan dari الله

Q : Semisal kita ikut suatu komunitas yang mengharuskan kita membaca al quran dengan target tertentu, misal kita membaca al quran hanya untuk kebutuhan menggugurkan kewajiban di komunitas tsb bukan karna allah bagaimana?
A : Ibadah butuh di paksa ketika kesadaran dan kesibukkan menyelimuti diri kita.

Alhamdulillah, kajian kita hari ini berjalan dengan lancar. Semoga ilmu yang kita dapatkan berkah dan bermanfaat. Aamiin....

Segala yang benar dari Allah semata, mohon maaf atas segala kekurangan. Baiklah langsung saja kita tutup dengan istighfar masing-masing sebanyak-banyakanya dan do'a kafaratul majelis:


سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika

“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”


Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Ketik Materi yang anda cari !!