Home » , , , , » PERAN AYAH DALAM PENDIDIKAN ANAK

PERAN AYAH DALAM PENDIDIKAN ANAK

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Monday, January 9, 2017

Kajian Online WA  Hamba الله SWT

Senin, 9 Januari 2017
Rekapan Grup Nanda 2
Narasumber : dr. Eka
Tema : Kajian Parenting
Editor : Rini Ismayanti



Dzat yang dengan Kebesaran-Nya, seluruh makhluk menyanjung dan mengagungkan-Nya...

Dzat yang dengan Keperkasaan-Nya, musuh-musuh dihinakan lagi diadzab-Nya...

Dzat yang dengan Kasih dan Sayang-Nya, kita semua mampu mengecap manisnya Islam dan indahnya ukhuwah di jalan-Nya, memadukan hati kita dalam kecintaan kepadaNya, yang mempertemukan kita dalam keta'atan kepadaNya, dan menghimpunkan kita untuk mengokohkan janji setia dalam membela agamaNya.

AlhamduliLlah... tsumma AlhamduliLlah...

Shalawat dan salam semoga tercurah kepada tauladan kita, Muhammad SAW. Yang memberi arah kepada para generasi penerus yang Rabbaniyyah bagaimana membangkitkan ummat yang telah mati, memepersatukan bangsa-bangsa yang tercerai berai, membimbing manusia yang tenggelam dlm lautan syahwat, membangun generasi yang tertidur lelap dan menuntun manusia yang berada dalam kegelapan menuju kejayaan, kemuliaan, dan kebahagiaan.

Amma ba'd...

Ukhti fillah sekalian. Agar ilmunya barokah, maka alangkah indahnya kita awali dengan lafadz Basmallah

Bismillahirrahmanirrahim...   

                    

Ayah adalah sosok yang sangat penting dalam pendidikan dan pembinaan anak. Bukan hanya ibu....walaupun sekarang secara praktik banyak yang bertumpu pada ibu....padahal dibutuhkan padu padan ayah dan ibu dalam membina anak-anak mereka.....

Anak merupakan tabungan akhirat...harta titipan Alloh yang tidak ternilai maka dari itu penjagaan nya diperlukan hal yang khusus dan elok agar mereka memang menjadi sosok tangguh dan menjadi pertanggungjawaban yang baik di yaumil akhir nanti.

Apa sajakah peran ayah dalam mendidik anak yang perlu kamu ketahui?

Sebagai Leader

Ayah adalah pemimpin dalam keluarga. Ayah punya peran untuk memimpin keluarga dan mengarahkan anak-anak agar tetap berada di jalur yang benar.

Sebagai Pelindung Keluarga

Sosok ayah berperan besar untuk membuat perasaan aman secara emosional bagi anak. Perasaan ini sangat penting bagi tumbuh-kembangnya anak serta dalam pembentukan karakter diri anak.

Pendorong Kepercayaan Diri Anak

Ayah punya peran krusial untuk meningkatkan kepercayaan diri anak. Lewat bimbingan dan kasih sayang yang diberikannya, seorang anak akan tumbuh dan memiliki rasa percaya diri yang baik.

Menumbuhkan Rasa Ingin Tahu Anak

Ayah yang baik bakal membuat rasa tahu anak terus berkembang. Sehingga anak pun akan mencoba untuk mengeksplorasi lingkungan sekitar dan mengenal apa yang belum diketahuinya.                       

Membuat Anak Jadi Pemberani

Dengan didikan yang tepat, seorang anak bisa menjadi pemberani. Di sini peran ayah yang sangat menentukan dalam pembentukan sifat tersebut.

Melatih Disiplin

Ayah juga punya peran istimewa dalam membuat putra-putrinya menjadi disiplin. Tentu untuk itu, ayah wajib memberikan contoh dan keteladanan dalam berdisiplin.

Menjadikan Anak yang Sholeh dan Sholehah

Anak yang sholeh dan sholehah tidak terjadi dengan sendirinya. Tapi peran kedua orang tua sangat penting dalam mewujudkan cita-cita ini. Seperti dengan mengarahkan dan mendidik agar anak selalu shalat tepat waktu dan menjalankan semua perintah Allah SWT.

Teladan

Anak adalah peniru yang ulung. Untuk itu, ayah dan ibu wajib memberi teladan yang baik bagi anak-anaknya. Sehingga diharapkan anak-anaknya pun bisa tumbuh menjadi anak yang berbudi pekerti luhur                       

Bermain Bersama Anak

Ayah tak perlu canggung untuk bermain bersama anak-anak. Bermain adalah hak anak. Ayah bisa bermain bersama anak dan bergembira. Saat bermain itu, ayah pun bisa menyelipkan pelajaran-pelajaran penting untuk membentuk anak yang berkarakter.

Sebagai Motivator

Ayah bisa menjadi pendorong dan motivator ulung bagi anak. Dengan pendekatan yang baik, ayah bisa mengubah perilaku anak yang sebelumnya kurang baik untuk berubah menjadi lebih baik.

Menumbuhkan Rasa Peduli

Anak yang punya rasa peduli pada orang lain dan gemar menolong merupakan salah satu hasil dari didikan orang tuanya. Ayah dalam hal ini punya peran yang sangat strategis agar anak memiliki sifat mulia ini.

Memperkuat Ikatan sebagai Sebuah Keluarga

Ayah punya fungsi penting untuk memperkuat ikatan batin antar anggota keluarga. Sehingga antara ayah, ibu dan anak selalu merasa memiliki hubungan batin yang sangat kuat.

Teman Curhat

Ayah bisa berfungsi sebagai teman curhat bagi anak. Sehingga masalah yang sedang dihadapi anak tidak dipendam sendiri. Ayah bisa dengarkan dengan sabar apa yang diutarakan anak, sambil mengarahkan apa sebaiknya solusi terbaik yang ditempuh.

Memberi Perhatian

Perhatian orangtua selalu dibutuhkan anak. Karenanya jangan sampai kesibukan sehari-hari membuat anak merasa kurang mendapat perhatian.

Mengawasi Pergaulan Anak

Dengan siapa saja anak bergaul wajib menjadi perhatian ayah. Supaya hal-hal yang tidak diinginkan, seperti anak salah pergaulan, bisa dicegah.

Meningkatkan Kecerdasan Emosional Anak

Seorang anak kadang emosinya masih belum stabil. Untuk itu, sebagai ayah punya peran yang sangat penting untuk meningkatkan kecerdasan emosioanal anak. Tumbuhkan komunikasi yang intens agar ada proses saling percaya. Beri anak kepercayaan sambil tetap dipantau supaya tingkat kematangan emosionalnya tumbuh dengan baik.


Wallohu'alam bishowwab


TANYA JAWAB

Q : Maaph bunda..mo tanya..untuk kami yang belum menikah..bagaimana memilih calon ayah yang baik dan ideal seperti di atas..syukron..
A : Bismillah...pertama tawakal in syaa Alloh dikasi Alloh pasangan yang baik....kedua ikhtiar dg menjadi wanita baik dan sholihah.... Dan selalu belajar lebih baik... Wallohu'alam bishowwab
Q : Kalo ada ayah yang ga bisa ngajar anak ngaji malah dikasih ke guru ngaji. Itu karakter anak akan seperti apa?
A : Bismillah.... Jika memang tidak bisa...boleh dialihkan...hanya kita pun bukan hanya menyerahkan begitu saja... Tapi berusaha belajar juga untuk bisa mengaji...sehingga anak akan belajar berusaha dan tidak kenal putus asa... Wallohu'alam bishowwab
Alhamdulillah, kajian kita hari ini berjalan dengan lancar. Semoga ilmu yang kita dapatkan berkah dan bermanfaat. Aamiin....
Segala yang benar dari Allah semata, mohon maaf atas segala kekurangan. Baiklah langsung saja kita tutup dengan istighfar masing-masing sebanyak-banyakanya dan do'a kafaratul majelis:

سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك
Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika
“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”

Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Ketik Materi yang anda cari !!