Tujuan utama dari pelaksanaan Grup ini, semata-mata hanya untuk mencari Ridho اللّهُ SWT. Terus semangat belajar dan berbagi ilmu sampai ke liang lahat demi menjadi Hamba Allah SWT yang Kaffah

TIPS - TIPS MENDIDIK ANAK

Kajian Online WA  Hamba الله SWT

Kamis, 26 Januari 2017
Rekapan Grup Nanda 1
Narasumber : Ustadzah Lilah
Tema : Parenting
Editor : Rini Ismayanti




Dzat yang dengan Kebesaran-Nya, seluruh makhluk menyanjung dan mengagungkan-Nya...
Dzat yang dengan Keperkasaan-Nya, musuh-musuh dihinakan lagi diadzab-Nya...
Dzat yang dengan Kasih dan Sayang-Nya, kita semua mampu mengecap manisnya Islam dan indahnya ukhuwah di jalan-Nya, memadukan hati kita dalam kecintaan kepadaNya, yang mempertemukan kita dalam keta'atan kepadaNya, dan menghimpunkan kita untuk mengokohkan janji setia dalam membela agamaNya.

AlhamduliLlah... tsumma AlhamduliLlah...

Shalawat dan salam semoga tercurah kepada tauladan kita, Muhammad SAW. Yang memberi arah kepada para generasi penerus yang Rabbaniyyah bagaimana membangkitkan ummat yang telah mati, memepersatukan bangsa-bangsa yang tercerai berai, membimbing manusia yang tenggelam dalam lautan syahwat, membangun generasi yang tertidur lelap dan menuntun manusia yang berada dalam kegelapan menuju kejayaan, kemuliaan, dan kebahagiaan.

Amma ba'd...
Ukhti fillah sekalian. Agar ilmunya barokah, maka alangkah indahnya kita awali dengan lafadz Basmallah

Bismillahirrahmanirrahim...                        

TIPS - TIPS MENDIDIK ANAK

1. Apabila anak susah makan.
Jangan biasakan anak disuapi sambil berjalan - jalan. Ajaklah anak makan berjamaah dengan ibu dan ayahnya, serta kakak- kakaknya. Biasakan sejak usia 2 tahun. Secara psikologis akan terbangun sikap mandiri, toleran, menghargai waktu, merasakan dirinya bukan sentral tapi bagian dari jamaah kecil, yaitu keluarga. Dan ini akan mencegah sifat manja dan mengatur ibunya. Biasakan makan sendiri walau acak-acakan. Pelan-pelan didisiplinkan. Dan yang lebih baik,makan Jamaah dalam 1 nampan dengan kakak-kakaknya. Ajarkan cara makan Rosullulloh, mengambil yang terdekat,suapan dari pinggir menuju tengah,cara duduk Rosul ketika makan dll.In Sya Alloh, dengan makan berjamaah banyak hikmah dan barokah.                       

2. Menyuruh anak mandi.
Apabila anak sedang bermain dan anda menyuruhnya mandi.Jangan dipaksa karena akan melukai perasaannya dan memberontak. Tapi ucapkan yang baik ", nak, 5 menit lagi mandi,yaa !".  Dengan memberi ruang waktu, maka anak lebih merasa dihargai. Bagi anak balita,ciptakan suasana mandi yang menyenangkan, ruangan yang terang (ruang terbuka lebih dianjurkan), bawa mainannya selama mandi.Ajaklah dialog selama mandi. Anak akan merasa bahwa mandi bukanlah rutinitas yang membosankan, tapi menjadi bagian dari arena bermain yang menyenangkan.                       

3.Meredakan anak ketika menangis.
Kadang anak menangis tidak berhenti.Caranya, alihkan perhatian pada hal lain, misalkan tuh ", tuh ada cecak makan nyamuk !", atau ", ada kodok melompat !". Anak biasanya akan berhenti menangis dan memperhatikan hal yang kita tunjukkan.

4. Kadang seorang ibu memiliki banyak anak yang masih kecil- kecil.Rumah berantakan,cucian bertumpuk,setrikaan seabreg, dll. Bagaimana cara mengaturnya sehingga pekerjaan menjadi ringan ? Salah satu caranya yaitu dengan memberi masing- masing tanggung jawab secara estafet. Tugasnya sama,mencuci,menyetrika,memperhatikan makan,belajarnya,dan menjaga ,disesuaikan dengan umur.Misalnya anak ke 1 bertanggung jawab pada anak ke 2. Anak ke 2 bertanggung-jawab pada anak ke 3. Dan seterusnya,sampai mereka dewasa. Jadi sekiranya anak yang ke 3 belum makan,atau belum disiapkan baju seragamnya, maka anak yang ke 2 yang kita tegur dan kasih sangsi. Dengan cara ini,tugas sebagai ibu menjadi ringan.

5. Mengatasi tamu yang membawa anak kecil.
Biasanya kita kedatangan tamu yang masih kecil dan anak itu rewel atau tangannya memegang barang- barang seisi ruangan. Caranya, siapkan selalu mainan bola,atau puzle,boneka,pasir putih dll, dan atau prosotan dan ayunan di ruangan atau di teras. Itu akan membuatnya asyik dan terkendali.

6.Mencetak anak agar berani tampil di muka umum.
Sejak kecil, biasakan anak berada di keramaian. Akan lebih baik,saat ibunya mengajar di mesjid,kumpulan PKK, atau saat memberikan seminar anak kita dilibatkan. Agar tidak mengganggu jalannya acara, beri dia buku gambar, atau spidol dan kertas, gunting dan kertas lipat, menggunting gambar di kertas kado dll. Anak biarkan duduk dekat kita, sehingga dia terbiasa di muka umum. Tidak perlu banyak dilarang, yang penting arahkan saja. Kalau anak yang remaja bisa dilibatkan buat mendata atau mengurus absensi.

TANYA JAWAB

Q : Bagaimana menghadapi anak usia 5tahun yang berbicara kotor atau melakukan kebiasaan buruk Ustadzah? Padahal tinggal di lingkungan Pesantren
A : 1. Tanamkan tauhidnya dulu.Bahwa Alloh memciptakan dia untuk apa, terutama lidahnya.Semata-mata untuk menjalankan perintah Alloh ; makan,minum,berkata yang baik.
2. Ketika dia mengucapkan mulutnya sentuh dengan jari kita krn anak2 perlu peraga ( sesuai kebiasaan Rosul menegur anak ), lihat siapa temannya dan pesankan pada ustadznya di pesantren. Ketika berkata kotor sentuh mulutnya.Jadi menegur dengan ucapan dan peraga
3. Sampaikan ancaman Alloh pada anak yang menggunakan lidahnya untuk bicara kotor.
4. Sampaikan hadiah Alloh ( syurga ) kalau dia mau selamatkan lidahnya

Q : Bunda, tips untuk anak usia 3tahun biar anteng mengaji gimana ya bun?????
A : Perlu diperjelas ngajinya seperti apa? Usia 3 tahun adalah masa menghayal dan berimajinasi. Tanamkan Tauhid, ceritakan tentang Syurga dan neraka. Tentang malaikat dll Beri cerita2 Islam, itu akan tertanam dalam-dalam. Juga kisah Rosul kecil. Usia 3 tahun,sebenarnya bukan usia membaca. Tapi banyak ibu-ibu yang memaksa anak usia 3 tahun untuk membaca. Secara keilmuan justru tidak bagus buat otak. Penanaman Tauhid justru di usia 3 tahun, ia akan yakin seyakin2 nya apa yang kita ceritakan..

Q : Bun, keponakanku umur 7 tahun, bicaranya suka jorok, jarang mau makan, pemarah, suka males mandi dan sekolah.  Dulu ndak gini, abis diajak ke rumah sakit buat jemput sepupunya yang meninggal abis dilahirkan.  Nah dia sejak itu berubah. Ini gimana, Bun?
A : Anak berubah-ubah sesuai perkembangan.
Suatu ketika anak saya masuk ke semak-semak. Saya larang takut ada ular, dia menjawab. Ngak takut,ada Alloh,kok. Ini contoh keyakinan yang tertanam kuat

Q : Sebenarnya usia anak berapa yang mulai dibolehkan belajar baca dan berhitung, soalnya banyak kasus anak yang Paud dan TK ada yang ga mau berangkat, dan bilang bosan. lalu langkah kita bagaimana ustadzah?
A : Usia membaca yang benar adalah berumur 7 tahun. Kita tidak bisa mengikuti arus kebodohan ( jahiliah ) kecuali anak Jenius seperti Imam Syafii. Kalaupun mau diajari ngaji, cukup dengan hafalan, tapi tidak menggunakan target. Anak tidak boleh dipaksa. Nanti sel-sel otaknya mati. Ya itu kerusakan dalam pendidikan kita. Perjuangkan anak kita ebih baik belajar di rumah,atau ke paud dan minta tidak diajari membaca. Anak kita milik kita.

Q : Usia 3 th itu usia mendengarkan cerita ya bun? Saya curhat dikit ya bun, di rumah saya buka TPA & ada ibu yang menitipkan anaknya usia 3th untuk ngaji & si anak baca iqra tapi tidak mau melihat & selalu mengganggu santri yang lain, sikap saya harus seperti apa ya bun? Mau ngomong sama orang tuanya ga enak & sie anak disuruh pulang duluan ga mau.
A : Usia 3 tahun,harus di kelas usianya. Tidak boleh membaca. Klo mengganggu, tanya lagi siap ngak ibunya membayar guru privat yang lain. Kita harus tegas, karena tanggung jawab kita pada Alloh. Kita mengajar bukan untuk merusak otak anak,kaaan ?

Q : Apakah harus solusinya dikasih gambar-gambar yang ada hubungannya dengan mengaji, mengenalkan huruf hijaiyah?
A : Suruh ibunya cari kawannya yang seusia dan buat kelas baru. Jangan menyusahkan diri, ortu punya tanggung jawab juga pada anaknya.
Baiknya tanamkan tauhid, kembangkan otak imajinasinya,jangan disuruh berfikir. Tip untuk berani sudah disampaikan. Dan klo tauhidnya benar, ia akan jadi pemberani. Penanaman Tauhid di usia 3 tahun,usia emas,sangat strategis sekali,jangan sampai salah mendidik.

Q : Ustadzh gimana cara memperlakukan anak yang susah di atur atau ga mau diem untuk mengaji ketika pada saat di TPQ atau TPA?
A : Yaa,anak usia di bawah 7 tahun,ngak diam wajar. Jangan dicubit. Harusnya disekitar ruang,siapkan mainan. Atau gambar binatang, serangga. Sebelum berangkat buat janji dulu sama anak supaya tertib

Q : Bun, aku malah suka ngajarin keponakan umur 1 tahun mengenal huruf Alif dan Ba. Dia juga udah bisa ngikutin orang adzan, walau bicaranya kurang jelas. Tapi tangannya di tarok di telinga. Ini boleh ndak? Soalnya dia malah senang nunjuk, walau nyebut huruf alif itu E tapi Banya dah benar.
A : E ggak usah belajar huruf Kalau meniru adzan dan bacaan2 boleh Usia 1 tahun baru melek dunia. Dia baru adaptasi lingkungan.

Q : Ya, tapi suka niru. Apa aja yang di lihat gitu. Kalau kakaknya megang buku, juga mau megang. Makanpun mau nyuap sendiri kalau dikasih sendok. Alhasil ampek rambutnya penuh nasi
A : Ya itu bagus,coba kenalkan dengan simbol-simbol Islam. Huruf arab, bulan,bintang,mesjid, dll. Makan mandiri seperti itu bagus.

Q : Untuk mendidik anak laki usia kelas 2 SMP bagaimana ya? mereka kan lagi masa puber..
A : Usia SMP adalah usia otak mengalami pembelahan ke kiri dan ke kanan. Di usia ini, otak di seting oleh Alloh untuk belajar Fiqih, tentang benar salah, perintah dan larangan. Baiknya mulai berguru atau di sekolah terpisah laki dan perempuan. Klo sampai terganggu fikirannya,alamat kegagalan. Konsentrasinya terpecah. Jauhkan dari kawan perempuan. Kita harus tegas. Dia harus fokus

Q : Bunda bagaimana caranya menyuruh anak smp kelas 1 untuk mau sholat, karena setiap di suruh sholat banyak alasannya
A : Arahkan ke mesjid setiap maghrib sampai Isya. Di usia ini perlu disuport dengan lingkungan yang positif atau masukkan pesantren. Baiknya Ayah bawa anak shalat jamaah di mesjid. Klo perempuan dengan ibunya di rumah. Atau bilang,bunda ingin dengar kamu mengaji setiap habis maghrib setelah sholat. Bunda senang dengar suaramu.

Q : Sudah bun, tapi tetap aja ponakan saya banyak alasannya yang ngantuklah, yang capeklah..
A : Tapi usia SMP sudah bisa disampaikan akibat meninggalkan sholat
Klo tidak sholat, jatah makan malam hilang ( sumber hadist ).Karena ia tidak butuh Alloh.

Q : Ustadzah ponakan saya umur 10th,dulu disuruh sholat nya gampang, langsung jalan,tapi sekarang susah nya bukan maen, banyak banget alesan nya,gimana caranya biar punya kesadaran buat sholat ya ustadzah
A : Soal sholat harus tegas !
Jangan kasih uang jajan. Klo mogok ngak sekolah,biar saja. Dia ngak akan tahan. Pake aksi mendiamkan,tidak bicara. Mendidik anak dengan tegas itu harus dilakukan. Asal jangan memukuli. Tegas dan keras,beda. Coba ketika tidur bacakan ayat ruqyah dan tiupkan atau di air minumnya. Berlaku juga untuk guru2 yang punya anak suka ganggu. Baca ruqyah di tangan,usapkan di kepala siswa

Alhamdulillah, kajian kita hari ini berjalan dengan lancar. Semoga ilmu yang kita dapatkan berkah dan bermanfaat. Aamiin....

Segala yang benar dari Allah semata, mohon maaf atas segala kekurangan. Baikloah langsung saja kita tutup dengan istighfar masing-masing sebanyak-banyakanya dan do'a kafaratul majelis:


سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika

“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”