Tujuan utama dari pelaksanaan Grup ini, semata-mata hanya untuk mencari Ridho اللّهُ SWT. Terus semangat belajar dan berbagi ilmu sampai ke liang lahat demi menjadi Hamba Allah SWT yang Kaffah

Parenting Love

Image result for image parenting love
Rekap kajian HA Bunda G4, G-2
Senin, 06 Februari 2017, 27 Pebruari 2017
Narasumber : Ustadzah Azizzah, Spd (Bunda Azzam)
Tema :  Parenting Love
Admin : Rahmi, Euis ,Aini,  Sugi
Notulen : Laela
Editor : Sapta
➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖





Ada fase-fase yang dialami oleh setiap pasangan dalam berumah tangga yaitu Romantis, Distress/Diappointment, Knowledge and Awarenes, Transformation, dan Real Love.

1. Romantic Love

Pada tahap ini pasutri sama sama merasakan gelora cinta yg menggebu. Hal ini terjadi diawal masa pernikahan, yang banyak disebut orang bulan madu. Suami istri dalam suasana kegairahan cinta yang membara, ingin selalu bersama, merasakan ikatan yang sangat kuat, melakukan kegiatan bersama   ,makan bersama, olahraga bersama, jalan-jalan,membersihkan rumah sama-sama, tidur dan bahkan mandi bersama, mereka berdua seakan menikmati surga dunia yang sangat indah. Istilah Mawaddah tepat untuk menggambarkan situasi asmara yang menggebu ini.

2. Distress/Disappointment

Pada tahap kedua, suami istri saling menyalahkan, memiliki rasa marah dan kecewa terhadap pasangan, berusaha menang atau lebih benar dari pasangannya.Kadang suami istri berusaha untuk mengalihkan perasaan stres yang memuncak akibat konflik dengan pasangan ini dengan curhat kepada orang lain, atau mencurahkan perhatian pada pekerjaan,hobi, anak atau organisasi.jika tidak dikelola dengan baik, tahapan ini bisa membawa pasutri kedalam situasi yg negatif.

3. Knowledge and awareness

Tahap ke 3 ini bercorak dewasa.Ada perenungan dan kesadaran pada diri suami dan istri untuk memiliki kualitas hidup berumah tangga yg lebih baik. Pasutri yg sampai tahap ini akan lebih memahami bagaimana posisi diri dan pasangannya, mereka sibuk mencari informasi tentang bagaimana kebahagiaan pernikahan itu terjadi, dengan membaca artikel, berdiskusi, meminta kiat kebahagiaan Rumah tangga pada pasangan lain yang lebih tua, mengikuti seminar2 atau konsultasi perkawinan.

4. Transformation

Tahap kematangan hubungan, suami istri pada tahap ini akan berusaha melakukan perbuatan yang mampu membahagiakan hati pasangannya. Suami istri akan berusaha membuktikan bahwa dirinya adalah sahabat yang tepat bagi pasangannya. Suami dan istri akan saling menunjukkan penghargaan,empati dan ketulusan untuk mengembangkan kehidupan perkawinan yang bahagia.

5. Real Love

Tahap kesejiwaan antara suami dan istri. Istilah Rahmah tepat untuk menggambarkan situasi hubungan pasutri pada tahap Real Love ini. Pasutri akan kembali dipenuhi dengan keceriaan,kemesraan,keintiman,kebahagiaan, dan kebersamaan dengan pasangan. Suami dan istri semakin menghayati cinta kasih pasangannya sebagai realitas yang menetap. Inilah Cinta dewasa, cinta yang penuh makna dan kesungguhan jiwa.

Real Love sangatlah mungkin untuk anda dapatkan bersama pasangan jika anda berdua memiliki keinginan untuk mewujudkannya. Real Love tidak bisa terjadi dengan sendirinya tanpa usaha dari anda berdua.


TANYA JAWAB G-4

T : Assalamualaikum bunda,  bagaimana menghadapi sikap yang akan sulit menerima pendamping baru ibunya setelah ayah mereka wafat, berbagai pendekatan sudah dilakukan tapi tetap anak belum bisa menerima kehadiran sosok baru dalam kehidupan mereka. Memang sosok itu tidak bisa menggantikan ayah mereka, jadi beliau berusaha menjadi sahabat buat anak-anak. Mohon pencerahannya bunda?
J : Bagaimana pun ayah biologis yang memberikan kenangan mendalam pada jiwa anak tak akan mudah tergantikan oleh sosok siapapun. Sebagai ibu, maka yang bisa dilakukan adalah terus berusaha meyakinkan mereka bahwa, tak pernah ada yang sama di dunia ini. Karena manusia itu unik. Dan jika mereka tetap tak bisa menerima, bisa jadi karena distorsi informasi yang mereka terima tentang ayah/ibu tiri yang bisa jadi itu pengalaman temannya, baca di buku atau liat sinetron/film.
Disinilah perlu rasa empati, mengerti dan memahami gejolak rasa itu. Terus edukasi, dan pendekatan dengan hati. Seiring usia yang mendewasa, semoga mereka bisa tahu bahwa ibu atau ayahnya juga perlu teman berbagi. Teman diskusi, dan teman di masa tua nanti. Jadi, tetaplah menjadi ibu yang dirindukan, dan berdoalah semoga Allah memudahkan mereka menerima kehadiran orang baru di tengah-tengah mereka.
Katakan bahwa ayah mereka tetaplah ayah yang sudah tak lagi membersamai. Dia tak mungkin tergantikan. Tapi ibu/mama tetaplah manusia biasa yang juga sama seperti kalian butuh teman untuk sharing, dan berbagi perasaan. Yakinkan bahwa mereka tak akan kehilangan rasa cinta seorang ibu. Dan yakinkan bahwa takdir ibu dengan ayah mereka telah dicukupkn Allah sampai di detik ayah mereka berpulang. Bisikkan bahwa cinta ayah masih ibu rasakan dalam diri kalian, itu kenapa ibu merawat kalian dengan baik.

T : Apakah ada istilah bahwa 5 tahun pertama pernikahan adalah masa-masa rawan. Usia pernikahanku menginjak 6 tahun. Tapi kok rasanya biasa-biasa  saja. Maksudnya ada konflik ya diatasi. Dan saya malah cenderung cuek dengan keadaan dan tidak mengambil pusing. Kalau itu bukan masalah yang prinsip.  Soalnya kadang masalah sepele bisa dibesar-besarkan. Mohon pencerahannya ummi?!
J : Memang berproses setelah akad itu bermacam-macam. Itu kenapa ada istilah pernikahan seumur jagung. Karena memang dua-duanya tidak merasa harus menahan diri, tidakk mau mengalah dan maunya dia dianggap benar. Maka rumah tangga berakhir dalam hitungan bulan.
Lantas apa ia ada tahapannya? Ia, bunda sendiri mengalami 3 tahun pertama masa-masa penyesuaian yang rasanya itu "kok begini ya menikah itu..." Memasuki 5 tahun mulai merasa bisa enjoy, paham kalau abi begitu berarti ada yang salah dengan saya. Jadi tidak harus “petentengan” apalagi piring melayang kita sudah paham salah masing-masing apa. Kita tetap harus membicarakan akar masalah, agar tak terulang lagi

T : Berapa lama tahap itu bisa di lalui?
J : Ini bergantung pada masing-masing pasangan seberapa besar bisa memposisikan diri dan sadar hak dan kewajibannya. Jika mendahulukan hak pasangan insyaAllah yang ada take and give. Kalau yang diminta kewajiban dulu maka yang ada saling menuntut. Jadi, terus belajar menjadi istri dan ibu. Karena belajarnya sampai kita mati

T : Walaupun sudah menikah lebih 20 tahun, ada sifat-sifat dari pasangan yang tidak akan pernah berubah, ada satu sifat suami yang saya tidak suka, walaupun jarang sekali sifat ini keluar, sekali keluar saya jadi galau, stres dan lain-lain. Ketika dia sedang senang saya sudah bicara baik-baik, tapi diwaktu-waktu tertentu sifat ini keluar juga. Bagaimana seharusnya sikap saya? Apakah saya harus menerima dengan ikhlas sebagai kekurangannya?
J : Apapun kita, kita tetaplah manusia biasa tak punya kuasa merubah orang dengan sempurna. Yang penting sifat itu tidak sering keluar, apalagi kalau sering muncul dan punya ekses buruk pada sekelilingnya. Sebagai istri hanya mengingatkan dan saling bantu dia untuk menjauhkan pemicu yang bikin sifat itu muncul. Jika diminimalisir maka.bisa jadi dia tidak muncul. Tapi kalau dipancing malah spontan akan membikin masalah. Hal terbaik pahami kondisi-kondisi apa aja yang bakal jadi hulu ledaknya. Maka kita akan aman dari ekses.

T : Tanya bunda, bagaimana menyikapi rasa cemburu yang berlebihan, saya sudah kenal dengan suami hampir 14 tahun pernikahan kami baru menginjak tahun ke 9, tapi rasa cemburu yang berlebihan membuat saya takut. Takut Allah SWT murka terhadap saya. Tolong sarannya bunda.
J : Yang salah itu kalau tidak punya cemburu. ALLAH aja cemburu. Masa kita enggak. Yang harus dipahami adalah mana yang wajib di cemburui mana yang biasa saja. Tidak perlu berkobar-kobar dan membakar diri. Karena cemburu berlebihan justru takut berbalik "lah ayah tidak ngelakuin apa-apa saja mama bolak balik cemburu, apa perlu sekalian ayah lakukan? Jadi terbukti..." Nah lho kalau begitu bagaimana coba? Kan jadi salah.
Kalau bunda sama abi dulu, harus yakin bahwa abi itu lebih takut sama Allah daripada pada bunda. Abi juga begitu, dia berangkat kantor ya percaya saja kalau istri di rumah tidak bakal macam-macam dengan laki-laki lain, atau khianat terhadap harta titipannya. Bunda ke abi juga begitu, abi mengajar mahasiswa/i. Mau yang kaya dan kayak artis banyak. Yang sholihah dan menjaga pandangan juga banyak. Tapi yakin saja bahwa Allah yang memagarinya dari hal-hal yang buruk dan haram.
Hp, fb, wa, laptop tidak ada password. Boleh kapan aja baca asal tidak ikutan jawab atau di delete. Khawatir salah jawab atau hal penting ke hapus. Nikmati rasa tawakal menjalankan RT itu karena Allah. Ingat tidak cerita sahabat yang punya binatang peliharaan kuda dan sulit di tundukkan. Dan di nasehati begini "cobalah koreksi diri, jangan-jangan tuannya punya dosa dan menyalahi Allah, hingga binatangmu tak mau patuh pada tuannya". Dan sahabat itupun istighfar, mengingat-ingat apa dosa yang telah dilakukannya. Dan setelah dia tahu serta minta pun kudamyapun patuh padanya.
Lah bagaimana kalau itu suami? Dia kan komandan bagi istri dan anak-anaknya. Kalau dia benar maka anak buah akan benar. Begitu juga ibu. Kalau anak sulit patuh, mari kita koreksi diri punya dosa apa gerangan hingga hati sang anak susah di nasehati.

T : Curhat ya bund, Saat ini saya lagi merasa, ,bosan, monoton dan capek dengan rutinitas, jadinya ngomel-ngomel maunya, , suami kurang peka tiap mau ngomel sudah kabur duluan. Kata orang kurang piknik, sudah jalan-jalan dapatnya capek, kurang tilawah sepertinya. Sama,18 tahun menikah, kalau saya marah dia suka kabur, hobby mancing, nembak yang kalau beli harganya bikin emosi tingkat propinsi.
J : Ada saat-sat dimana kejenuhan itu melanda. Jika omelan justru membuat dia kabur kenapa tak coba diam. Diamkan saja sampai dia paham bahwa anda sedang tak ingin berdebat apapun dan itu artinya anda juga tidak suka dengan apa yang dilakukannya.
Dalam diam larilah ke ibadah, doakan hatinya terbuka mau menerima saat dia diajak bicara. Jangan memaksakan kehendak karena dia pasti tidak suka. Mengenai hobinya yang bikin emosi tingkat propinsi. Berarti masih ada lho hoby suami-suami diluar sana yang bikin emosi tingkat dunia. Lebih parah mana?
Membandingkan itu jangan dengan yang lebih baik kalau lagi edan dengan hobinya. Yang penting keuangan keluarga tercukupi coba pahami dulu hobinya. Maksud bunda begini, itu mancing masih mendingan yang dipancing ikan kan? bagaimana kalau yang dipancing itu musuh atau malah wanita? Naudzubillah kan jadinya. Bisa runyam kan. Jadi menghentikan hobi yang menurut kita cuma ngabis-ngabisin duit tapi baginya itulah refleksi dia menyikapi kejenuhan rutinitas kehidupan.

T ; Bunda, sakinah itu arti harfiahnya sama dengan tumani'nah dalam menjalankan sholat, kemudian apa perbedaan maknanya sehingga kedua kata itu digunakan dalam hal berbeda?
J : Sakinah itu tenang dan damai artinya. Saat sholat tidak beleh terburu-buru dan tergesa-gesa. Begitu juga dengan rumah tangga. Perlu proses untuk bisa saling merasa tentram antara satu dengan yang lainnya. Perasaan itu harus terjaga. Jangan sampai hadirmu dan alpa mu tidak berefek apa-apa pada pasangan. Jadi, pasangan itu membuat kita tenang menjalankan berbagai peran dalam kehidupan. Juga tenang saat bermuamalah dan beribadah.
➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖
TANYA JAWAB G-2
T ; izin bertanya, apakah swtiap tahapan ini akan dilalui smua pasutri hingga mencapai tahap real love, misal sdh menikah 10 tahun, berarti tahun pertama romantic love, tahun ke2 distress, dan seterusnya?
J : Tidak semuanya sesuai urutan semua bergantung pada kematangan, kedewasaan, dan satu hal.sejauh mana masing2 pasangan memahami agama nya. Kl paham bener bgmn rasul mencontohkn maka bisa jadi real love lebih cepat tercapai.

T : Ustadzah, biasanya di tahun-tahun kapan tahapan itu? Ustadzah, kalau istri pernah khilaf (selingkuh), suami sering sakit hati kalau ingat apa yang pernah dilakukan istri, akhirnya suami sering marah-marah dan main tangan, apa yang harus di lakukan istri?
J : Tahapan-tahapan itu mengalir begitu saja. Jadi tidak bisa kita patok baku demikian harus sesuai. Tapi biasanya itu berjalan seperti yang tertulis di atas.
Bagaimana jika pernah ada kesalahan? Manusia tempatnya khilaf, lemah dan mudah berbuat dosa. Sebagai istri. pahami bahwa semua perilaku itu muncul disebabkan oleh perbuatan dia dulunya.  Artinya harus banyak bersabar karena memang tak mudah memaafkan dengan begitu sempurna seakan-akan tak pernah terjadi perselingkuhan. Dan sebagai suami, pahami bahwa ketika istri sudah bertaubat maafkanlah dan kubur masa lalu. Jangan terus diungkit, karena ia sebenarnya sudah menyadari kesalahannya.
Intinya keduanya harus bisa jaga ego diri, apalagi kalau ada anak-anak. Jangan sampai justru keburukan pasangan di umbar ke anak-anak. Akan membuat anak-anak hilang rasa trust pada orangtuanya

T : Assalamualaikum, Bunda apakah tahapan tersebut akan tercapai jika pasangan selalu bermasalah dengan mertuanya?Menantu vs mertua. Mertua yang tidak bisa menetima mantunya begiti pula sebaliknya. Mohon arahannya.
J : Semua tahapan akan bisa dilalui kalau keduanya yakin akan melaluinya. Artinya rumah tangga itu kan milik berdua, apapun yang terjadi upayakan hal di luar tentang kau dan aku. Yuk kita selesaikan bersama.
Bukankah tak ada istilah anak mantu? Kalau sadar bahwa dia adalah istri/suami anak kita. Artinya ya dia anak kita. Begitu sebaliknya, tak ada kata mertua, jika anaknya sudah menikah dengan kita. Maka ialah ibu kita. Harus terus belajar menahan diri, memaafkn dan mengupayakan suami menjadi mediator terbaik untuk bisa menjadikan 2 wanita yang dicintainya saling mensupport da saling membersamai.

T : Dikatakan bahwa ank angkat tidak akan pernah menjadi anak kandung, apabila seorang suami yang merupakan anak angkat dan satu-satunya, apakah bakti seorang istri juga harus sama selayaknya kepada ibu mertua kndung ustadzah? Syukron.
J : Jika memang ibu angkat yang merawat dari bayi sampai beliau menikahkan maka, sebagai wujud rasa takzim tidak masalah bukan, tak akan mengurangi pahala. Jika ada orangtua kandungnya tetap saja harus mendapat bagian dari sebuah kewajiban silaturrahim, karena tak ada ceritanya menjadi mantan anak. Tetap bisa proporsional, jika keduanya bisa dilakukan dengan baik maka doa keberkahan insyaAllah akan selalu menyertai.

T : Bagaimana jika muncul konflik justru di fase 3 ? Sedang berusaha memahami pasangannya, bagaimana caranya ?
J : Konflik akan selalu ada dalam rumah tangga di fase manapun. Cara terbaik bukan menghindari, tapi justru jadikan konflik sebagai sarana uji kematangan dan kedewasaan saat harus mencari solusi bersama.
Bagaimana seorang suami tidak semena-mena mengatakan masalah selesai, padahal istri belum dilibatkan saat pengambilan keputusan. Setidaknya tetap belajar mendengar seperti apa yang pasangan mau untuk bisa keluar dari konflik yang terjadi. Sepasang suami istri harus selalu belajar untuk tak mengabaikan pendapat dan perasaan yang lain. Belajar untuk menahan ego, agar biduk itu terus bisa melaju.

6. Afwan ustdzh.. klo kita suka bercerita kekurangan & kelebihan suami kita ke anak, yg kbtln anak itu sdh dewasa apakah baik & kadang suka minta pendapatnya, syukron ustadzh atas penjelasnya

Jwb
Jika anak sdh dewasa, tdk masalah justru dia akan merasa brtgjwb untuk bisa memperbaiki hal2 yg seharusnya tak perlu ada. Toh keburukan ayah ibunya bkn untuk diumbar. Tp untuk jd bhn introspeksi diri, bhw kelak bisa jd ia jg akn mengalami hal yg sama, mirip atau lbh dari mslh yg sdg dialami orang tuanya.
Yg penting jaga dg baik wibawa ayah dan ibu, jgm smpai justru anak merasa malu punya ortu spt kita.

7. 🙋🏻. Ada seorang suami pernah selingkuh. Pada awalnya istri tidak tahu dan pada akhirnya tahu lwt hp. Sejak itu istri mjd tidak percaya sama suami. Kebetulan pula suami istri tsb sejak menikah komunikasi tdk lancar. Blm lg masalah pekerjaan sehingga suami suka uring2an dan tentu istri jd pelampiasan. Lebih tepatnya distress trs. Bgmn seorang istri harus bersikap sedang istri tidak bisa melupakan perselingkuhan tsb. Tks

8. Ada seorang suami pernah selingkuh. Pada awalnya istri tidak tahu dan pada akhirnya tahu lwt hp. Sejak itu istri mjd tidak percaya sama suami. Kebetulan pula suami istri tsb sejak menikah komunikasi tdk lancar. Blm lg masalah pekerjaan sehingga suami suka uring2an dan tentu istri jd pelampiasan. Lebih tepatnya distress trs. Bgmn seorang istri harus bersikap sedang istri tidak bisa melupakan perselingkuhan tsb. Tks

Jwb
Mslh spt ini betulang kali muncul yg di konsulkan ke bunda atau disampaikn oleh ustadz. Intinya adlh rmh tangga itu adalah wujud dari keimanan. Dan iman itu terdpt dlm 2 hal. Yakni, dalam rasa bhgia bgmn mewujudkn rasa syukur tdk dg cara ya salah dan mnyalahi syariat.
Kedua : iman itu ada dlam bentuk ujian yakni kesabaran. Kondisi kedua ini yg sdg dialami oleh cerita di atas. Jln keluarnya adlh sadari bhw pernikahan itu agung dan sakral jgn di rusak oleh hal2 yg gk sejln dengan maunya Allah. Krn itu sm saja mengundang bala'. Keberkahan menjauh.

Jika ada dlm kondisi ini, mk ada 2 pilihan bersabar dan mnjdkn ini adalah ldang dskwah bagi istri untuk terus membenahi sang suami. Terus ikhtiar mncari solusi terbaik, adakn trial by error (mencoba gagal dan mencoba lg) untuk bisa bicara dari hati ke hati dg suami. Atau pilihan ke dua jika merasa bhw menikah tak lagi bisa menemukan indahnya ibadah, tak punya samawa mk Allah ijinkan berpisah meski Allah membenci pilihan ini.

9. Bunda, dlm rt kan ada anak2, apakah mungkin mrk terlibat dlm tahapan2 rt tsb, bagaimana caranya? & bunda minta resep apa sj yg bunda lakukan, baik doa2, wirid rutin, agar anak2 qta mjd anak2 qurrataayun seperti ke3 matahari bunda 🙇🏼‍♀ aamiin

Jwb
MasyaAllah...darimana tahunya ttg 3 matahari bunda ya? 🙈
Pertanyaan ini sering membuat bunda sedih krn tak prnh punya hal istimewa yg berbeda dg kebanyakan ibu2 lainnya. Sama saja
Mengenai amalan wirid. Bunda biasakan sejak gafis blm nikah berdoa

"Rabbana hablana min azwajina qurtota a'yun waj'alna lil muttaqiina imaama"

Ktk anak2 sdh lahir
Suka berdoa "rabli habli minassholihiin..."
Sambil bayangin satu persatu wajah mereka di 1/3 mlm.

Melibatkn anak2 dlm pengambilan.keputusan sll bunda lakukan. Misal ; ini ibu belikan hp, krn ibu ingin cek kalian sdh sholat apa blm. Dan tlg di jaga, jgn prnh pergunakan untuk hal2 yg melanggar syariat. Ibu tdk prnh tahu kalian donlot apa, lihat apa dan main apa.
Tapi...ibu sdg bilang pd Allah...ya Allah jika hp yg saya amanshkn pd anak2 digunakan tdk baik, mk ku mhn tegurlah mrk dg cara Mu"
Itu doa ibu. Jd jika tiba2.kalian donlot yg porno, mk bisa jd hp jatuh terinjak, hilang di copet dll. Biarlah Allah yg memperingatkn itu.pd kalian. Jd jgn coba2 ya...

Alhmdllh anak2 lbh takut pd Allah drpd tevuran ibunya. Dan mrk sgt menyadari kl ibunya gk ridho mrk bakal susah ngetjain ujian, test atau lomba.

Itu knp mrk sll berkata "ibu...doain aku ya bu..." sambil cium tangan takzim dan salam.

10.Ustadzah, suami saya tipe penyuruh. Dari bangun tidur saya disuruh2 terus. Kadang baru mengerjakan A langsung disuruh B, blm selesai udh disuruh yg lain lg. Sementara kl saya bilang ntar, ngerjain ini dulu, langsung marah. Saya sampe bingung di rumah dan bahkan sering kepikiran pingin "kabur sementara" dari rumah. Gimana cara mengendalikannya ya ustadzah?

Jwb
Sdh pny brp putra/putri? Kl mmg itu katakternya, bljrlah untuk lbh sigap. Sbnrnya itu hal kecil, hny perlu penyikapan dan pemahaman. Kl itu rutinitas, mk sblm ditanya brgnya sdh ada di tmpt. Jd meminimalisasi kata 'mama...handuk papa ambilin dong.."
Atau kl dia bilang mau cuci mobil, mk sgr siapkn apa aja yg prlu disiapkn
Dan tlg catat, ketaatan dan keikhlasan saat diperintah itu pahalanya bsr lho.
Coba ibu bayangin, tetap melakukan perintah dg ttp ngedumel, mabyun dan sete.gah hati...ttp cape tapi pahala blm tentu dpt bnyk.

Jln keluarnya adlh saat santai cetitalh bgmn nabi mnjahit sepatunya sendiri. Krn beliau tau khadijah lelah. Bgmn umar jg mengasuh anak.dan mau diomelin istri. Segitu kelas sahabat yg dijamin masuk syurga.

11. Apa yg harus seorang istrilakukan kalo suami selalu membohongi istrinya  dalam hal apapun padahal istri tidak pernah membohonginya trus bagaimana cara menghentikan suami untuk tidak merokok lagi.syukron

Jwb
Ini mslhnya gk jls bg bunda bohongnya ttg apa? Gaji? Blnja? Brbagi uang dg klg dia? Atau dia gk mau jujur pny tabungan brp?

Masa ia suaminya sehari.penuh dan sebulan pe nuh ada dlm kebohongan? Mkn di luar, dibilang ada tmn ultah di traktir. Atau bohong uang habis krn dia hobi nurutin hobi mancing, pelihara hewan, atau koleksi benda2 trtentu? Astaghfirullah....

Ini.perlu ditelusuri, apa dari kcl diajarin bohong? Atau justru dia gk faham kl prilakunya itu menyakiti pasangannya? Sekali lg, seni menikah itu ada dlm kepandaian mengelola komunikasi yg efektif 2 arah. Saling mendengar dan punya visi dan misi yg sama.

Jika suasana santai mndukubg coba ajak diskusi hal2 yg mengganjal bg istri apa. Smg ia mau menyadari.

Ttg rokok, ada bbrp metode yg bisa dilakukan spt sefter. Yg di ketuk di beberapa titik syaraf. Coba ajak suami ikut seminarnya. Smg bisa membantu hentikan rokoknya.

12. Iya ustad bohong tetang penghasilan katanya cuma da sekian tapi tau tau ketauhan buat ini dan itu urusan pribadinya dengan tman temannya

Dan masih banyak lagi kebohongannya tentang waktu juga katanya lembur kerja ga taunya nongkrong

Jawab

Coba pahami, mgkib saat itu mng suami lg ingin menikmati.bersama tmn2nya. Maafkn dan coba stlh itu buat kesepakatan, baiknya gmn mgatur keuangan klg

13. bu..gmn hukum suami yg tdk memberi nafkah lahir ke istri? krn istri bekerja dan tdk punya anak?

bagaimana seharusnya sikap istri tersebut?

Jwb
Itu berdosa lah. Kan tgjwb suami nafkah lahir batin. Apa mgkn kelak dihadapan Allah dia ngeles dg mengatakan lah istru sy punya uang kan Rabb dari ia vekerja. Dan dua bisa mkn dari gajinya. Smntara kami tak pny ank jd saya gk perlu beli apa2.
Ini berbeda kl istri ikhlas. Ada kok tmn bunda berpuluhvrahun hdp berdua doang, istrinya baik2 saja uang suaminya untuk keponakan dn klg suaminya. Kl istri nuntut ya bicarakan dg baik2 bhw ia butuh seduatu untuk ia beli

14. Bagaimana caranya u mnjalani tahap 2. Distress?

Jwb
Melalui badai prahara ke dua belah pihak hrs sadar bhw ini adalah mutsaqan ghalizha. Satu ikstan kuat yg Allah mnjd saksinya.
Sesuatu yg td nya haram.mnjd halal krn.adanya akad. Untuk melewati itu dtg berdua pd orang yg paham agama. Yg tdk brpihak dan memahami mslhnya. Shgg jln keluar yg diberikan jg sesuai syariat.

Usahakn tdk cari tmn curhat yg beda jenis apalagi smpai ada keterikatan hati bisa runyam.

Perkuat keimanan diri, puasa sunnah untk kndalikn emosi. Dan jg wudhu ikuti dg sedekah. Minta sm Allah jln keluar nya. Mengadulah di 1/3 mlm dg sungguh2. Dan bljrlah meminta maah disaat ego msh tinggi.

15. Anak saya 3, paling kecil 3 tahun. Saya kerja full day, pulang masih ngerjain kerjaan rumah, ngajarin anak, ngurusin balita, tapi selalu di mata suami seolah2 saya gak ngerjain apapun.

Jwb
Kl sdh demikian, knp gk minta brhnti krja? Biar fokus tp suami hrs tanggung semua nafkah.
Bicarakan bhw anak bkn semata tanggungan istri jystru ayah pny peranan besar. Kl bc tulisan2 ust bendri dan bbrp ust lain yg pakar ttg membina klg sakinah.
Justru jika kepala klg msmpu membhgiakan ibunya anak2 dg baik mk efeknya anak2 itu tumbuh dg baik. Baik itu mental maupun fisiknya. Krn istri merasa ckp ksh syg lahir batin dari ayah, maka Anak2 tk mnjd pelampiasan kemarahsn ibu krn ayah yg egois.

Sekali lagi bangun komunikasi efektif ya dg suami. Krn anak tgjwb brsama

16. Kalo mendiamkan suami dosa tidak bu.ustadzah

Jawab

Ya berdosalah...jgnkan suami, yg punya kedudukan tinggi. Bhkn smpek ada hadist jika saja mkhluk blh sujud pd mkhluk mk akn kuperintahkn istri sujud pd suaminya.

Mendiamkn itu blh tapi gk sepanjang wkt, itu hny bntuk protes smntara. Sampai suami sadar kl istrinya diam saja
 Susahnya kl suami gk nyadar2 sampek 3 hari gmn? Kn mengundang neraka namanya

17; Ustazd sikap bagaimn yng baik menegor suami agr sholatnya tdk brntakn,misal ada sholat yng slalu di tinggalkan dngn sengaja,

Jwb
Ini berdosa besar. Krn sholat satu2nya amalan yg akan ditanya pertama kali saat di kubur.
Dan siksanya sgt pedih. Dalam buku alam barzah yg bunda baca. Satu kl meninggalkan sholat maka ia akan di seret ke atas batu. Dan kepalanya akan di pukul dg martil sebesar gunung uhud. Sampai kepala itu berkeping2 dan menyatu kembali. Terus menetus akn disiksa spt itu

Kita akhiri majlis hari ini dengan membaca :  

ucap syukur : الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِين
dan istighfar أَسْتَغفِرُ اَللّهَ الْعَظيِمْ
serta,
Doa Kafaratul majelis

سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك َ

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika

“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”

[In Syaaa ALlaah]  إِنْ شَاءَ الله  
kebersamaan malam inih bermanfaat dan barokah.

أٰمِيْنَ يَا رَبَّ الْعَالَمِيْن
[aamiin yaa Rabbal 'aalamiiiin]

و‌َالسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ


======================
Website: www.hambaAllah.net
FanPage : Kajian On line-Hamba Allah
FB : Kajian On Line-Hamba Allah
Twitter: @kajianonline_HA
IG: @hambaAllah_official