Home » , » BELAJAR BERSAMA ANAK

BELAJAR BERSAMA ANAK

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Wednesday, March 1, 2017

Kajian Online WA  Hamba الله SWT

Jumat, 24 Februari 2017
Rekapan Grup Nanda 2
Narasumber : Ustadzah Lilis
Tema : Parenting
Editor : Rini Ismayanti



Dzat yang dengan Kebesaran-Nya, seluruh makhluk menyanjung dan mengagungakan-Nya...
Dzat yang dengan Keperkasaan-Nya, musuh-musuh dihinakan lagi diadzab-Nya...
Dzat yang dengan Kasih dan Sayang-Nya, kita semua mampu mengecap manisnya Islam dan indahanyaa ukhuwah di jalan-Nya, memadukan hati kita dalam kecintaan kepadaNya, yang mempertemukan kita dalam keta'atan kepadaNya, dan menghimpunkan kita untuk mengokohkan janji setia dalam membela agamaNya.

AlhamduliLlah... tsumma AlhamduliLlah...

Shalawat dan salam semoga tercurah kepada tauladan kita, Muhammad SAW. Yang memberi arah kepada para generasi penerus yang Rabbaniyyah bagaimana membangakitkan ummat yang telah mati, memepersatukan bangsa-bangsa yang tercerai berai, membimbing manusia yang tenggelam dlm lautan syahwat, membangun generasi yang tertidur lelap dan menuntun manusia yang berada dalam kegelapan menuju kejayaan, kemuliaan, dan kebahagiaan.

Amma ba'd...
Ukhti fillah sekalian. Agar ilmunya barokah, maka alangakah indahanyaa kita awali dengan lafadz Basmallah

Bismillahirrahmanirrahim...                       

BELAJAR BERSAMA ANAK

Setiap anak ,akan melihat semua perilaku ibunya,orang yang paling dekat dengannya sejak lahir.Setiap gerak-geriknya akan terekam semuanya,karena efek visual lebih tertanam di benaknya daripada ucapan atau apa yang ia dengar dan ia baca.
Oleh karena itu,seorang ibu harus hati-hati dalam bertingkah laku di hadapan putra putrinya. Ibu yang sering ke mall, bergosip, berkata kotor  dampaknya pada anak berbeda dengan ibu yang lebih sering habiskan waktu dengan ke mesjid, perpustakaan dan rajin membaca di rumah.

Untuk itu ,agar mudah difahami,di sini akan dikemukakan petunjuk praktis menjadi ibu madrasah.
      
     
Untuk menanamkan Tauhid, ajaklah anak untuk melihat bulan, bintang, gunung dll, untuk mengesankan betapa Alloh itu Maha Besar, Maha Pencipta, Maha Kuasa.

Ajaklah anak melihat jenis-jenis akar; akar serabut,akar gantung,akar tunggal dll untuk mengenalkan ilmu pengetahuan Alam.

Ajaklah anak rutin ke perpustakaan atau musium, untuk menambah wawasan dan menanamkan minat baca pada anak.

Ajaklah secara rutin ke kebun,sawah,bukit untuk menanamkan jiwa petualangnya.

Ajaklah anak secara rutin ke panti asuhan dan panti jompo untuk menumbuhkan sifat empati dan kepedulian sosial.

Ajaklah anak melihat pesawat, markas-markas, musium militer untuk menanamkan jiwa patriotisme.

Ajaklah anak untuk membuat kreativitas agar otak kanannya berfungsi dengan baik dan menjadi anak yang penuh kreativitas.

Ajaklah anak ke mesjid untuk menbuhkan cinta mesjid dan dekat dengan orang-orang soleh.

TANYA JAWAB

Q : Saya mau tanya di luar tema yaa bagaimana hukumnya jika kita memakai baju yang ada gmbar makhluk hidup misalnya gambar orang,????
A : Sama saja,klo gambar hidup.Karena keterangan hadist, Aisyah memajang tirai yang ada gambar hidupnya.Rosul menyuruh memotong2 nya buat sarung bantal.Gambar hidup itu seperti magnet buat jin.Jadi gambar bunga aja,yah ? lebih indah.

Q
: Assalmualaikum bunda mau tanya : 
1. Ponakan saya umur 3 tahun setiap di telpon eyangnya selalu gak mau diajak ngobrol. Sekali ngobrol bilangnya "sombong kamu" padahal kita serumah tidak pernah bicara seperti itu. Bagaimana caranya ya bun? 
2. Gimana caranya menasihati atau ngajarin anak yang suka mukul. Apa anak umur 3 thn itu seneng mukul ya? .
A
: 1. Ucapan itu meniru..Dia belum mengerti maksudnya.Seringlah ucapkan " Eyang sayang ", supaya terekam diotaknya bahwa eyang nya penyayang. Kalau ngak mau diajak ngobrol seusia itu,kadang seperti itu. Mungkin hatinya belum merasa dekat
2.Memukul juga kadang meniru. Klo bukan dari ortu,mungkin dari kakak, teman, paman dll. Cukup tarik tangannya dengan lembut,sampaikan tangan itu dikasih Alloh untuk makan,memberi dll.( Positif ). Jangan dicubit dll. Usia 3 thn belum mengerti etika.

Q : Ponakan saya sejak kecil didengarkan  shalawat (habsyi) lewat hp sampai dia tertidur baru dipindahin itu hp, nah sekarang dia suka main hp...  dikit-dikit minta hp. Metode kayak gitu gimana ustd?? Sekarang dia udah 6 tahun.
A : Ajak main yang kreatif.Main pasir, kerikil, buat lobang-lubang. Biasanya mengasyikan di usia ini.Temani dan ajak ke ruang terbuka. Sampai dia lupa hpnya. Jangan biasakan dengan HP. Banyak prestasi menurun setelah anak kenal HP.Dia harus trafi. Yang dengan cara main yang kreatif. Sinar radiasi HP mematikan sel sel otak anak, masih terlalu rentan.

Alhamdulillah, kajian kita hari ini berjalan dengan lancar. Semoga ilmu yang kita dapatkan berkah dan bermanfaat. Aamiin....

Segala yang benar dari Allah semata, mohon maaf atas segala kekurangan. Baikloah langsung saja kita tutup dengan istighfar masing-masing sebanyak-banyakanya dan do'a kafaratul majelis:


سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika

“Maha Suci Engakau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”


Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Ketik Materi yang anda cari !!