Tujuan utama dari pelaksanaan Grup ini, semata-mata hanya untuk mencari Ridho اللّهُ SWT. Terus semangat belajar dan berbagi ilmu sampai ke liang lahat demi menjadi Hamba Allah SWT yang Kaffah

DEMOKRASI DAN PARLEMEN

Tanya Jawab Singkat
by Ustad Abdullah Haidir


Tanya:

Asssalamualaikum, saya hendak bertanya: Bagaimana Islam memandang demokrasi dan parlemen. Menurut usatdz


Jawab :

Waalaikumussalam… 
Dalam masalah pemerintahan, Islam mengatur dengan kaidah-kaidah umum, tidak berbicara secara detail. Umumnya perkara detail diserahkan kepada ijtihad para ulama untuk merumuskannya.  

Dalam masalah demokrasi dan parleman, ada sisi lemah dan tidak sesuai dalam Islam, yaitu menyerahkan keputusan pada suara terbanyak yang belum tentu benar sesuai syariat. Idealnya adalah sistem syura, dimana urusan umat diserahkan kepada sekumpulan tokoh umat yang sudah dikenal ketakwaannya, kesalehannya dan keilmuannya, lalu mereka berunding mencari solusi dan keputusan yang bermanfaat bagi umat dengan mempertimbangkan berbagai aspek dan dengan landasan syariat Allah. 

Namun masalahnya, kondisi ideal tersebut belum terwujud. Yang ada adalah sistem demokrasi yang ada sekarang ini, dimana bisa saja ada orang-orang yang jauh dari ajaran Allah memegang kendali jika dia mendapatkan suara terbanyak. Jika belum ada alternatif lain, dan kalau kita biarkan akan menjadi kesempatan bagi mereka yg memusuhi Islam utk berkuasa dan sewenang-wenang. 

Maka kaidah yg dipakai adalah ‘irtikabu akhaffi adh-dhararain’ (Mengambil yang bahayanya lebih ringan),  yaitu memanfaatkan kesempatan dalam demokrasi utk mengajak kebaikan atau menghalangi adanya keburukan atau dengan kata lain sebagai medan dakwah dalam hal amar ma’ruf nahi munkar, sambil sedikit demi sedikit memperbaiki kekurangan yang ada. Misalnya dengan memilih calon muslim dan siap menyalurkan aspirasi Islam serta umat Islam atau mengusahakan perundang-undangan yang lebih dekat kepada ajaran Islam melalui kekuatan suara di parlemen, dll. Ini lebih baik daripada tidak sama sekali. 

Wallahu a’lam. 

Channel Telegram: https://telegram.me/AbdullahHaidir
Facebok: https://www.facebook.com/abdullahhaidir.haidir
Instagram: https://www.instagram.com/abdullah.haidir/
Twitter: https://twitter.com/abdullahhaidir1
http://manhajuna.com/