WANITA PERINDU SURGA

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Monday, March 6, 2017

 Kajian Online WA  Hamba الله SWT

Ahad, 5 Maret 2017
Rekapan Grup Bunda G5
Narasumber : Ustadzah Lien
Tema : Kajian Umum
Editor : Rini Ismayanti



Dzat yang dengan Kebesaran-Nya, seluruh makhluk menyanjung dan mengagungkan-Nya...
Dzat yang dengan Keperkasaan-Nya, musuh-musuh dihinakan lagi diadzab-Nya...
Dzat yang dengan Kasih dan Sayang-Nya, kita semua mampu mengecap manisnya Islam dan indahnya ukhuwah di jalan-Nya, memadukan hati kita dalam kecintaan kepadaNya, yang mempertemukan kita dalam keta'atan kepadaNya, dan menghimpunkan kita untukuk mengokohkan janji setia dalam membela agamaNya.

AlhamduliLlah... tsumma AlhamduliLlah...

Shalawat dan salam semoga tercurah kepada tauladan kita, Muhammad SAW. Yang memberi arah kepada para generasi penerus yang Rabbaniyyah bagaimana membangkitkan ummat yang telah mati, memepersauntukan bangsa-bangsa yang tercerai berai, membimbing manusia yang tenggelam dalam lautan sayaahwat, membangun generasi yang tertidur lelap dan menuntukun manusia yang berada dalam kegelapan menuju kejayaan, kemuliaan, dan kebahagiaan.

Amma ba'd...
Ukhti fillah sekalian. Agar ilmunya barokah, maka alangkah indahnya kita awali dengan lafadz Basmallah

Bismillahirrahmanirrahim...                       

WANITA PERINDU SURGA

Dulu pernah saya bertanya pada orang-orang yang hidupnya sibuuuk dengan hobbynya.. anak imapa... waktu saya tanya.. mas klo cari istri yang bagaimana..


Rerata mnjawab yang sholihah dong mb..

Knp? Saya tanya kembali... mereka jawab biar ank2nya sholeh dan bisa masuk surga                       

Artinya apaa??? Setiap insan bahkan preman akut pun punya cita-cita masuk surga... bahkan PSK saja... afwan .. juga punya cita-cita masuk surga                       

Lalu... mudahkah cara kita masuk surga???

Sebenarnya masuk surga itu mudah namun ketika melaksanakan hal-hal untuk menuju surga itu yang godaanya macam-macam dan buaaaanyaaaak                       

Berikut kita bahas tentang wanita seperti apa siih perindu surga itu                       

Wanita memiliki kedudukan yang sangat agung dalam islam. Islam sangat menjaga harkat, martabat seorang wanita. Wanita yang mulia dalam islam adalah wanita muslimah yang solehah.
Wanita muslimah tidak cukup hanya dengan muslimah saja, tetapi haruslah wanita muslimah yang solehah karena banyak wanita muslimah yang tidak solehah.                       

Allah Subhaanahu wata’ala sangat memuji wanita muslimah, mu’minah yang sabar dan khusayau’.

Bahkan Allah Subhaanahu wata’ala mensifati mereka sebagai para pemelihara yang taat. Allah Subhaanahu wata’ala berfirman:
Artinya: “Maka wanita yang solehah adalah yang taat, lagi memelihara diri ketika suaminya tidak ada dikarenakan Allah telah menjaga mereka.” (QS. An Nisa’:34)                       

Alangkah indahnya jika setiap muslimah menjadi wanita yang solehah, idaman setiap suami. Oleh karena itu setiap wanita bersegera untuk memperbaiki diri dan akhlaqnya agar menjadi wanita yang solehah. Oleh karena itu kita harus mengetahui sifat dan ciri-ciri wanita solehah, di antaranya:                       

1. Wanita muslimah adalah wanita yang beriman bahwa Allah Subhaanahu wata’ala adalah Rabbnya, dan Muhammad Shallallahu ‘alaihi wasallam adalah nabi-Nya, serta islam pedoman hidupnya. Dampak itu semua nampak jelas dalam perkataan, perbuatan, dan amalannya. Dia akan menjauhi apa-apa yang menyebabkan murka Allah, takut dengan siksa-Nya yang teramat pedih, dan tidak menyimpang dari aturan-Nya.                       

2. Wanita muslimah selalu menjaga solat lima waktu dengan wudhuknya, khusayau’ dalam menunaikannya, dan mendirikan solat tepat pada waktunya, sehingga tidak ada sesuatupun yang menyibukkannya dari solat itu. Tidak ada sesuatupun yang melalaikan dari beribadah kepada Allah Subhaanahu wata’ala sehingga nampak jelas padanya buah solat itu. Sebab solat itu mecegah perbuatan keji dan munkar serta benteng dari perbuatan maksiat.                        

3. Wanita muslimah adalah yang menjaga hijabnya dengan rasa senang hati. Sehingga dia tidak keluar kecuali dalam keadaan berhijab rapi, mencari perlindungan Allah dan bersayaukur kepadaNya atas kehormatan yang diberikan dengan adanya hukum hijab ini, dimana Allah Subhaanahu wata’ala menginginkan kesucian baginya dengan hijab tersebut. Allah berfirman:
Artinya: “Hai Nabi, Katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka”. yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, Karena itu mereka tidak di ganggu. dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. Al Ahzab:59)                       

4. Wanita muslimah selalu menjaga ketaatan kepada suaminya, seiya sekata, sayang kepadanya, mengajaknya kepada kebaikan, menasihatinya, memelihara kesejahteraannya, tidak mengeraskan suara dan perkataan kepadanya, serta tidak menyakiti hatinya.                       

5. Wanita muslimah adalah wanita yang mendidik anak-anaknya untuk taat kepada Allah Subhaanahu wata’ala, mengajarkan kepada mereka aqidah yang benar, menanamkan ke dalam hati mereka perasaan cinta kepada Allah dan Rasul-Nya menjauhkan mereka dari segala jenis kemaksiatan dan perilaku tercela.
Allah berfirman, Artinya: “Wahai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, keras, dan tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.” (QS. At Tahrim:6) 

6. Wanita muslimah adalah wanita yang tidak menyerupai laki-laki dalam hal-hal khusus yang menjadi ciri-ciri mereka.
Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,Ertinya: “Allah melaknat laki-laki yang menyerupai wanita dan wanita-wanita yang menyerupai laki-laki”
Juga tidak menyerupai wanita-wanita kafir dalam hal-hal yang menjadi ciri khusus mereka, baik berupa pakaian, maupun gerak-gerik dan tingkah laku.                                              

7. Wanita muslimah tidak berkhalwat (berduaan) dengan laki-laki bukan mahramnya.
Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda,Ertinya: “Tidaklah seorang wanita itu berkhalwat dengan seorang laki-laki, kecuali setan menjadi pihak ketiganya” (Riwayat Ahmad)Dia dilarang bepergian jauh kecuali dengan mahramnya, sebagaimana pula dia tidak boleh menghadiri pasar-pasar dan tempat-tempat umum kecuali karena mendesak. Itupun harus berhijab. Nabi Shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda:
Artinya: “Seorang wanita dilarang mengadakan suatu perjalanan sejarak sehari semalam keculai disertai mahramnya” (Mutafaq Alaih)Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, artinya: “Diizinkan bagi kalian keluar rumah untuk keperluan kalian (wanita)” (Mutafaq Alaih)                       

8. Wanita muslimah selalu menyeru ke jalan Allah di kalangan wanita dengan kata-kata yang baik, baik berkunjung kepadanya, berhubungan telefon dengan saudara-saudaranya, maupun dengan sms. Di samping itu, dia mengamalkan apa yang dikatakannya serta berusaha untuk menyelamatkan diri dan keluarganya dari siksa Allah.                       

9. Wanita muslimah selalu menjaga hatinya dari sayaubhat maupun sayaahwat. Memelihara matanya dari memandang yang haram. Allah Subhaanahu wata’ala berfirman:
Artinya : “Katakanlah kepada wanita yang beriman: “Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya.” (QS. An Nur: 31) Menjaga farajnya, memelihara telinganya dari mendengarkan nyanyian dan perbuatan dosa. Memelihara semua anggota tubuhnya dari penyelewengan. Ketahuilah yang demikian itu adalah takwa.                       

10. Wanita muslimah selalu menjaga waktunya agar tidak terbuang sia-sia,baik siang hari atau malamnya. Maka dia menjauhkan diri dari ghibah (mengumpat), namimah (mengadu domba), mencaci dan hal lain yang tidak berguna.

TANYA JAWAB

Q : Klo naik ojek karena suami gak bisa antar apa termasuk berkhalwat ustdz?
A : Jika ada gojek wanita sebaikknya wanita mb.. selain terhindar fitnah juga lbih aman dr sisi keamanan jika memang sangat darurat ga bisa pake angkot tafadhol mb.. tapi klo bisa diantara mb dan si lelaki ada dikasi batas misal tas gtuu.

Q : 1. untuk yang no 6 itu, apakah didalamnya cara berpakaian wanita jaman sekarang, mengenakan celana panjang begitukah ?
2. kalo misal perjalanan dinas rombongan ke luar kota, dan nginep kan gak sama suami, itu gimana bunda ?
A : 1. Yaa... hindari celana panjang.. secara syetan pakaian islami untuk muslimah adalah longgar dan tidak membentuk body.. klo celana kan terbentuk bodynya mb.. afwan..Tapi untuk keadaan darurat misal kerja dirumah sakit.. maka silahkan.. tapi setelah kerja kenakan pakaian muslimah nya
2. Jika sudah mendapat izin suami silahkan.. namuun ingaaat harus bisa jaga diri, tidak sekamar dengan lawan jenis kurangi interaksi dan sering-sering komunikasi dengan suaminya

Q : kalo wa atau sms dengan lawan jenis apakah itu juga termasuk berkhalwat juga kah ?
A : Kepentingannya apa mb? Seberapa sering dan lama??
Q : Kalo misal kepentingan dinas gitu bunda ? gak lama sih, paling cuma ngedongke permasalahan yang ditanyakan aja, cuma kadang ngedongke orang itu jadi merembet kemana mana
A : Sgera hindari mb.. karena peluang syetan luar biasaa                        
Q : bikin galau juga nih syetan, udh sholat,ngaji, puasa tapi kok ya hobies banget menggoda
A : Istiqamah mb.. dan jeleknya klo dah di akherat mereka cuci tangan dan bilang... sapa suruh loe ikut gua... nah looo

Q : bunda yang no 9 itu menghindarkan tubuh dari penyelewengan, apakah didalamnya termasuk nerima "yang gak jelas gak jelas " gituh?
A : Iya mba

Q : bunda, gimana caranya istiqomah dan biar syetan gak hobies menggoda ??
A : Selalu memohon pertolongan kepada Allah
Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam sangat sering memanjatkan do’a:

يَا مُقَلِّبَ الْقُلُوْبِ ثَبِّتْ قَلْبِيْ عَلَى دِيْنِكَ

“Ya Rabb Yang membolak-balikkan hati, tetapkanlah hatiku di atas agama-Mu.” [HR. At-Tirmidzi (no. 3522). Lihat Shahiih

Berusaha untuk kontinyu dalam beramal
Dianjurkan memilih amalan shalih menurut kemampuan yang tidak memberatkan dirinya supaya ia dapat kontinyu dalam beramal. Jadi berusaha dengan sangat untuk melakukan amalan ini dalam keadaan apa-pun, tanpa kecuali. Karena sekali kita membuat pengecualian, membuat alasan atau mangkir dari melakukan amalan ini, maka akan makin berat dan malas untuk melakukannya di lain waktu

Meneladani Para Salaf dalam Beramal
Meneladani

Target Ibadah dan Amal Shalih
Mempunyai target dalam beribadah dan beramal shalih yang realistis dan sesuai kemampuan diri akan membantu menumbuhkan motivasi dan arah yang jelas untuk terus beramal dan istiqamah.

Selalu Intropeksi Diri
Intropeksi diri (muhasabah) sangat diperlukan bagi jiwa agar tidak merasa jenuh dan bosan dalam beramal shalih. Intropeksi diri akan membuat jiwa bercermin dan sadar atas tujuan penciptaan manusia di dunia ini, yaitu untuk beribadah kepada Sang Khaliq.

Mengingat Mati
Ingat mati (dzikrul maut) terbukti mampu memompa semangat jiwa untuk beribadah kepada Allah Ta’ala dan istiqomah di jalan-Nya

Q : Ketika wanita diperintahkan untuk menjaga iffah dan izzah baik di dunia nyata dan dunia maya, terlebih kaum wanita yang sudah berkeluarga. Namun terkadang wanita sulit menjaga itu di dunia maya karena merasa "tidak ada yang mengawasi". Misalnya, di facebook begitu mudah berkomunikasi dengan laki-laki yang jelas-jelas bukan mahram, seperti coment" bercanda padahal ketika berada di dunia nyata benar benar menjaga dari hal-hal tersebut.
Melihat kondisi seperti itu, apakah bisa dikatakan sebagai wanita yang "munafik"? 
A : Bukan hak kita menjudge dmikian...  Do'akan dan tegur secara ahsan.
Q : Ini untuk intropeksi diri saya sendiri bunda
A : Tanya hati mb... apakah dibenarkan?? Mintalah fatwa pada hatimu karena hati tak pernah bohong.. So.. mari kita sama-sama jaga hati.. jika tidak penting tinggalkanlah..Hindari hal2 yang tidak bermanfaat

Q : Bolehkah kita berdandan jika keluar dengan suami (tapi tidak berlebihan ya. Paling hanya bedak dan lipstik warna juga dak mencolok). Saya niatkan untuk suami. Supaya keluar pantes gitu ndak malu maluin  suami, dan Suami juga yang Memintanya,?
A : Tafadhol mb.. yang penting suami ridho dan ga over.

Q : Bunda ada kah tips untuk ibu rumah tangga yang memegang semua pekerjaan rumah&mendidik anak namun ibadah sunnah terlaksana. Terkadang kalau sudah larut dengan rutinitas itu jadi lalai
A : Buat skala prioritas, atur manajemen waktu mb.. dan isi. Waktu yang ada diisi dengan hal-hal yang brmanfaat.

Q : bunda bagaimana dengan perempuan yang merokok ?
A : Secara sayaariat ga boleh

Q : Bunda.. cukupkah saya menutup aurat  kaki dan punggung tangan ?
untuk wajah saya blm bisa pakai niqob
A : Cukup mb... yang penting jaga hati jaga akhlaknya. Karena niqab itu hukumnya sunnah.

Q : Bunda, saya istri bekerja. Apakah saya salah kalau saya tidak pernah minta uang dari suami bahkan untuk keperluan belanja sehari-hari di rumah..? Uang suami untuk pembelian yang besar, dan saya pakai uang saya untuk belanja harian. Takutnya nanti suami dihukumi dosa dan saya turut andil karenanya. Semoga tidak ya bun.. Lalu saya mempunyai adik seorang huffadz. Dia menjadi guru ngaji dan tidak punya penghasilan tetap yang memadai. Apakah adik saya boleh menerima zakat maal dari saya?. Kalo boleh, apakah saya harus menyampaikan kepada adik saya bahwa itu pemberian zakat. Takutnya dia malu dan menjadi tidak enak hati menerimanya..
A : Uang yang kita keluarkan jatuhnya sedeqah... jadi uang suami bisa digunkan yang lain yang ns bermanfaat. Selama Allah ridho g apa mb.. jng sampai hal ini mmbuat suami jatuh haraga dirinya secata diam2..

Q : Ustadz untuk rumah yang kredit ke bank Dan sudah lunas .. apakah rumah ini harus di Jual ..?
A : tidak perlu dijual.

Q : Temen kantor saya adalah bendahara salah satu Prodi di lingk. kantor saya. Nah honor mengajar Dosen sdh ditentukan sesuai sks/pengisian jam kuliah. Kebijakan intern Kaprodi tsb, jika Dosen tertentu gak hadir/mengisi jam kuliah ,otomatis honor tsb tidak dibayarkan ke Dosen tsb, melainkan dana itu digunakan unt kepentingan operasional Prodi sehari-hari, itu gimana hukumnya bunda?
A : Sah-sah saja mb karena kan kesepakatan.. justru akan bermasalah jika kita isi ontime tapi nyatanya kita telat.. artinya ada yang bukan hak kita dalam gaji kita.. dan itu haram hukumnya jika masuk perut... astaghfirullah

Q : Memang Punggung tangan termasuk aurat, bunda?.
A : Ada beberapa yang mengatakan bahwa punggung tangan bgian dari telapak tangan jadi ga perlu ditutup... ada pula sebaliknya... jadi silahkan dipilih

Wallahu a'lam bishowab

Alhamdulillah, kajian kita hari ini berjalan dengan lancar. Semoga ilmu yang kita dapatkan berkah dan bermanfaat. Aamiin....

Segala yang benar dari Allah semata, mohon maaf atas segala kekurangan. Baikloah langsung saja kita tutup dengan istighfar masing-masing sebanyak-banyakanya dan do'a kafaratul majelis:


سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك

Subhanakallahumma wabihamdika asayahadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika


“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”

Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Ketik Materi yang anda cari !!