Tujuan utama dari pelaksanaan Grup ini, semata-mata hanya untuk mencari Ridho اللّهُ SWT. Terus semangat belajar dan berbagi ilmu sampai ke liang lahat demi menjadi Hamba Allah SWT yang Kaffah

Bolehkah Membaca Doa Kemudian Ditiupkan ke Air?


Image result for pengobatan syar'i


Kajian Online Hamba Allah Ummi G-7 & G-2
Jum'at, 7 April 2017 (Jam : 18.00- selesai)
Tema : Pengobatan Syar’i
Narsum : Ustadz Dodi Abu El Jundi
Editor : Sapta
➰➰➰➰➰➰➰➰➰➰

Apakah diperbolehkan Membaca Doa kemudian ditiupkan ke Air?

Sering kita melihat ada kiayi atau ustadz yang meniupkan doa ke air kemudian digunakan untuk mengobati orang sakit baik sakit fisik atau gangguan jin. Apakah ini ada contohnya atau apakah disyariatkan?

Kita bahas yuuukk....!!!

Nabi ﷺ  jika merasakan sakit beliau (membaca kemudian) meniupkan surat Al Ikhlas dan Mu’awwidzatain (Al-Falaq dan An-Naas) pada tangan beliau sebanyak 3 kali. Lalu mengusapkan kedua tangannya pada bagian tubuh yang mampu diusap sebelum tidur. Dimulai dari kepala, wajah, lalu ke dada.

Sebagaimana yang diberitakan oleh ‘Aisyah radhiallahu’anha dalam hadits yang shahih.

Selain itu, Jibril pernah meruqyah Beliau ﷺ  ketika beliau sakit, dengan menggunakan air yang dibacakan doa:
بسم الله أرقيك، من كل شيء يؤذيك، من شر كل نفس أو عين حاسد الله يشفيك، بسم الله أرقيك
“bismillaah urqiika min kulli syai’in yu’dziika wa min syarri kulli nafsin au ‘ainin hasidin allaahu yasyfiika bismillaahi urqiika”

Artinya : “Dengan nama اللّهُ  aku meruqyahmu, dari segala sesuatu yang mengganggumu, dan dari keburukan penyakit ‘ain yang timbul dari pandangan mata orang yang dengki, semoga اللّهُ  menyembuhkanmu, Dengan nama اللّهُ  aku meruqyahmu”

Ini sebanyak 3 kali. Ini adalah metode ruqyah yang disyariatkan dan bermanfaat. Nabi ﷺ  juga pernah membacakan (doa/ruqyah) pada air untuk Tsabit bin Qais radhiallahu’anhu lalu memerintahkan ia untuk memercikkan air tersebut padanya. Sebagaimana diriwayatkan oleh Abu Daud dalam kitab Ath Thibdengan sanad yang hasan.

Dan contoh-contoh lain metode ruqyah yang dilakukan pada masa Nabi ﷺ
Diantaranya juga, Nabi ﷺ  sering mendoakan orang yang sakit dengan doa:

اللهم رب الناس، أذهب البأس، واشف أنت الشافي، لا شفاء إلا شفاؤك، شفاء لا يغادر سقماً
“Allaahumma rabbannaas adz-hibil ba’sa wasyfi antasy syaafii laa syifaaa illa syifaauka syifaa an laa yughaadiru saqamaa”

Artinya : “Ya اللّهُ ,  Rabb bagi manusia. Hilangkanlah penyakit ini dan sembuhkanlah. Engkaulah yang Maha menyembuhkan, tidak ada kesembuhan melainkan hanya dari-Mu. Berikanlah kesembuhan yang tidak meninggalkan sisa sedikit pun”
Islam sudah mengajarkan sejak diutusnya Nabi Muhammad ﷺ  jauh sebelum Doktor Masaru Emoto menemukan hal tersebut (adanya perubahan struktur air menjadi lebih baik jika diberikan kata kata yang baik dan bermanfaat), sebelum dan sesudah makan disunahkan untuk membaca doa dan apabila meminum air dengan membaca bismillah dan juga Nabi ﷺ  pernah menjenguk pimpinan lawan perangnya yang sakit dan memberikan segelas air yang telah dibacakan doa dan diberikan kepadanya agar sembuh.

Sehingga perlakuan yang banyak dilakukan oleh orang kampung yang meminta air untuk didoakan oleh para ulama, kiayi, ustaz dan orang alim lainnya, baru diketahui rahasianya berkat kajian Doktor Emoto yang memperkuat diballik rahasia air yang didoakan. Dibalik air yang doakan tersebut, ternyata mempunyai kekuatan menyembuhkan.

Subhanallah….!!!

Air di rumah, bisa setiap hari didoakan dengan khusyu kepada اللّهُ, agar anak yang meminumnya saleh, sehat, dan cerdas, dan agar suami yang meminum tetap setia. Air tadi akan berproses di tubuh meneruskan pesan kepada air di otak dan pembuluh darah. Dengan izin اللّهُ Ta'ala pesan tadi akan dilaksanakan tubuh tanpa kita sadari.

Bila air minum di suatu kota didoakan dengan serius untuk kesalehan, in sha اللّهُ  semua penduduk yang meminumnya akan menjadi baik dan tidak beringas.

Rasulullah ﷺ  bersabda, “Zamzam lima syuriba lahu”, “Air zamzam akan melaksanakan pesan dan niat yang meminumnya”. Barangsiapa minum supaya kenyang, dia akan kenyang. Barangsiapa minum untuk menyembuhkan sakit, dia akan sembuh.

Subhanallah! Pantaslah air zamzam begitu berkhasiat karena dia menyimpan pesan doa jutaan manusia selama ribuan tahun sejak Nabi Ibrahim a.s.

Bila kita renungkan berpuluh ayat Al Quran tentang air, kita akan tersentak bahwa اللّهُ  rupanya selalu menarik perhatian kita kepada air. Bahwa air tidak sekadar benda mati. Dia menyimpan kekuatan, daya rekam, daya penyembuh, dan sifat-sifat aneh lagi yang menunggu disingkap manusia.

Islam adalah agama yang paling melekat dengan air. Shalat wajib perlu air wudlu 5 kali sehari. Habis bercampur, suami istri wajib mandi. Mati pun wajib dimandikan. Tidak ada agama lain yang menyuruh memandikan jenazah, malahan ada yang dibakar. Seorang ilmuwan Jepang tersebut telah merintis penemuan yang hebat ini dan Ilmuwan muslim harus melanjutkan kajian kehidupan ini berdasarkan Al Quran dan hadits.

Dan Kami ciptakan dari air segala sesuatu yang hidup.” (QS. Al Anbiya : 30).

Subhanallah..

mudah-mudahan iman kita senantiasa bertambah dan tidak meragukan sedikitpun akan kekuasaan اللّهُ Ta'ala.
‎والله أعلم بالصواب


➰➰➰➰➰➰➰➰➰➰

TANYA JAWAB

T : bertanya ustad, bagaimana dengan air yang ada di masjid yang sering didatangi kaum muslimin dan sering mengadakan kajian ilmu, apakah air disana bisa mempunyai fungsi seperti air Zamzam ustad?
J : Hati hati ini bisa pengkultusan. Hal diatas bisa dilakukan denhan mandiri

T : Ustadz kalau makan minum menggunakan tangan kiri, hukumnya haram, wajib tangan kanan. Merskipun orang kidal? Kecuali ada udzur syar'i. Makan minum sambil berdiri hukumnya Makruh. Sunahnya minum air zamzam adalah berdiri, menghadap ke kiblat, berdoa.
Benarkah pernyataan ini ustadz?
J : Benaaarrr

T : Ijin tanya ustadz, jadi kalau minta air do'a dari kyai seperti itu boleh ustadz? Kemudian kalau ada orang yang mau ujian atau menjadi caleg dan sebagainya, minta air kepada kyai bagaimana ustadz?
J : Ruqyah itu penyembuhan yaa. Bukan untuk jampi jampi

T : Ustadz, kalau minum zamzam dengan niat semoga dijauhkan dari siksa api neraka, insyaa dikabul ya ustadz?
J : Surga dan Neraka itu tergantung Ridho اللّهُ ﷻ

T : assalamualaikum ustadz, saya pernah baca buku yang judulnya The True Power of Water yg ditulis oleh Masaru Emoto. masyaallah ternyata partikel.air bisa berubah setelah ditiupkan doa-doa, partikel air  berubah menjadi bentuk kristal yang indah. Yang saya tanyakan apa boleh kita percaya air itu bisa jadi penyembuh? karean orang tua dulu banyak yang percaya sembuh oleh air yang sudah dibacakan oleh ustadz, apa itu bukannya musrik?
J : Perantara saja. Tetap yang menyembuhkan adalah اللّهُ Jalla Jalaluhu

T : Ustadz, bagaimana demgan air hujan? Bisa menyembuhkan juga? Ruqyah air hujan bisa menghilangkan pengaruh negatif dalam tubuh?
J : Hujan salah satu waktu waktu terkabulnya doa. Maka doalah apa saja waktu tersebut. Termasuk meminta kesembuhan.

T : Afwan ustadz, agak oot, gini ustadz, Hr senin ada 1 siswa sakit tidak masuk, sebutlah namanya mawar. Pulang sekolah beberapa siswa, kerja kelompok naik bareng sama mobil siswa yang namanya melati, nah pas pulang itu mawar itu masuk mobil katanya mau ikut kerja kelompok dan betulan kerja kelompok sampai selesai. Selasanya ketika tidak sengaja cerita-cerita masalah kerja kelompok kemarin, siswa yang sakit bingung soalnya dia tidak kemana-mana, di rumah tidur seharian. Nah hebohlah kelas, katanya kelas itu memang ada penghuninya. Saya pikir perlu diruqyah, tapi anak-anak juga perlu diruqyah tidak? Mungkin bisa memakai air yang didoakan itu?
J : Tidak perlu Bunda, mengusir makhlus halus didalam rumah atau gedung dengan membaca Al Baqarah saja setiap hari. Terserah beberapa ayat per hari

T : apakah air doa hanya bisa diminta dari kyai, ustad atau orang-orang alim saja ustadz? apakah orang awam tidak bisa membuat air doa sendiri untuk kesembuhannya?
J : Bisaa kok diatas memang untuk kita kerjakan sendiri

T : mau tanya, disitu di jelaskan bahwa air bisa digunakan untuk bersia agar anak saleh sehat dan cerdas. doa apa saja yaa agar anak kita menjadi sholeh?
J : Seperti doa Nabi Ibrahim aja

T : Ustadz,.saya pernah pas sakit baca-bacain air untuk diminum tapi ada rasa ragu dan tidak ada pengaruhnya.Apa kita baca-bacanya harus percaya air bisa menyembuhkan atau bagaimana ya?
J : Bukan percaya airnya. Tetapi percaya bahwa metode Ruqyah adalah salah satu metode penyembuhan penyakit dari اللّهُ Ta'ala

T : Assalamualaikum ustadz, Apa air yg setelah dibaca Alfatihah 3x setelah ditiup tidak melanggar syariah islam ? Mohon penjelasannyaMakasih ustad
J : Kalau ibadah harus ada dalilnya kan. Maka bacaan bacaan seperti di materi atas ada dalilnya. Maka diperbolehkan. Jika pembacaan Basmalah 3x ada dalil dan peruntukkannya maka silahkan saja

T : Ustadz, izin bertanya
  1. apakah ada pengaruhnya,.saat seseorang yang sedang kepayahan dalam sakaratul maut di berikan air yang telah di rukyah?
  2. apakah boleh kita siapkan air saat kita membaca rukyah mandiri, lalu di minumkan (di berikan) kepada keluarga?

J : 1. Secara fisik memamg haus. Jadi pengaruh ke fisiknya.
    2. Boleh saja

T : Ustadz mohon bertanya, jadi bolehkah atau adakah tuntunannya meniup air yang diruqiyah?
J : Diatas kan boleh

T : Zaman dahulu, setiap malam sehabis shalat malam membacakan alfatihah dan 3 qul untuk masing-masing anaknya. Apakah boleh ditiru? Apakah boleh kita menganggap bahwa "akibat perbuatan" nenek itu keempat putera nya sukses sekarang ini?
J : Diatas juga ada 3 Qul. Pake yang ada dalilnya ajaa yaaa. Naah ini jadi PENGKULTUSAN, hindarinyaa

T : Assalammualaikum ustadz, dalam istigosah..pasti ada air di botol aqua..dan air itu bisa mustajab, terus bagaimana kita meminumnya..apakah termasuk syirik?
J : Hindari saja. Nuansa pengkultusan terjadi disini. Ruqyah mandiri itu juga termasuk ibadah. Maka hindari ritual ritual yang tidak sesuai sunnah

T : Afwan Ustadz, 2 do'a d atas di bacakan setelah kita membaca yang 3 Qul atau bagaimana Ustadz?
J : Sesuai urutannya aja

T : Bertanya ustadz, apakah benar meminta diruqyah itu hal yang dilarang Allah? saya pernah mendengar ada yang didalam cermah si fulan orang yang tidak dilihat Allah salah satunya, orang yang meminta diruqyah? mohon jawabannya.
J : Maksudnya Ruqyah Syirikiyah. Kalau yang Syar'iyah diperbolehkan

T : Ustadz kalau meruqiyahkan seseorang haruskan kita ceritakan masalahnya kepada si pe ruqyah?
J : tidak harus jugaa

T : Ustadz, saya pernah melihat ruqyah kok aneh ya masa orang yang di ruqyahnya di gebukin sapu lidi ? Sementara yang beberapa kali saya ikuti tidak begitu caranya? Apa itu ruqyah syirikiyah? apa tidak kesakitan orangnya?
J : Ada metode pukul pake rotan juga kok. Tidak sakit, kan tidak pake tenaga full

T : Kalau ruqyah emang jinnya bisa komunikasi? Afwan bawel.karena ketidak tahuan selama ini saya ikut ruqyah tanpa kesurupan?
J : Bisa lewat mulut yang kerasuki

T : Ijin bertanya..apakah betul apabila seseorang setelah diruqyah apabila memang ada jinnya suka menjadi lebih kuat/brutal dari sebelum diruqyah?
J : Tidak lah. Lebih mudah mengeluarkan jin kafir dibandingkan jin muslim yang tidak taat

T : Apakah jika seorang ibu-ibu sudah tua sering banget marah-marah. Dan pernah menyimpan kaya keris. Tapi ternyata setelah di ruqyah. Tetep aja ngomel-ngomel. Apakah sebenarnya ibu tersebut baik-baik saja hanya wataknya yang memang begitu. Atau harus pindah pe ruqyah? Cuma dikasih wejengan harus tetep baik sama orangtua.
J : Boleh minta second opinion dari peruqyah lainnya. Sama aja kayak Dokter kan. Setiap dokter berbeda keilmuannya bukan...?


~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~
PENUTUP

DOA PENUTUP MAJELIS
سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ
Subhanaka Allahuma wabihamdika asyhadu alla ilaha illa anta astaghfiruka wa atubu ilaik.Artinya:“Maha suci Engkau ya Allah, dan segala puji bagi-Mu. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan melainkan Engkau. aku mohon ampun dan bertaubat kepada-Mu.”
Aamiin ya Rabb.

======================
Website: www.hambaAllah.net
FanPage : Kajian On line-Hamba Allah
FB : Kajian On Line-Hamba Allah
Twitter: @kajianonline_HA
IG: @hambaAllah_official