Ketik Materi yang anda cari !!

Home » , , » Infeksi saluran kemih (ISK)

Infeksi saluran kemih (ISK)

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Thursday, April 20, 2017


Image result for infeksi saluran kemih

Rekap Kajian Online Hamba Allah Ummi G-3
Selasa ,8 April 2017, Pukul 20:00 - selesai
Materi : Infeksi Saluran Kemih
Narasumber : dr Ella
Editor : Sapta
***********************************
Infeksi saluran kemih adalah infeksi pada bagian manapun dari sistem kemih (dapat di ginjal, ureter, kandung kemih atau uretra). ISK yang paling sering terjadi hanya mengenai kandung kemih dan uretra.

Perempuan beresiko lebih tinggi terkena ISK dibandingkan pria yang. Hal ini karena secara anatomi, uretra wanita lebih dekat dgn dubur dan vagina, serta ukurannya lebih pendek. Jika infeksi tidak ditangani dengan tepat, dapat menyebabkan infeksi naik sampai ke ginjal.

Penyebab ISK yang paling sering adalah bakteri, terutama E. coli karena letak dubur yg berdekatan dengan muara uretra memungkinkan bakteri dari usus berpindah ke uretra. Atau saat infeksi pada vagina, dapat juga menyebabkan infeksi menyebar ke uretra.

Beberapa gejala yang mungkin ditemukan pada ISK antara lain:
1. Anyang-anyangan atau ingin berkemih terus
2. Sensasi seperti panas atau terbakar saat berkemih
3. Nyeri saat berkemih
4. Urine tampak keruh, atau berwarna gelap, atau bisa juga berwarna merah
5. Urine berbau aneh
6. Nyeri panggul atau nyeri perut bawah
7. Demam
8. Mual muntah

Beberapa hal yang dapat meningkatkan risiko ISK
1. Wanita, karena posisi anatomi dari uretra
2. Wanita yang aktif secara seksual
3. Penggunaan obat-obatan tertentu yang dapat membunuh flora normal
4. Menopause, penurunan estrogen juga mengubah flora normal di muara uretra
5. Batu pada saluran kemih, aliran urine yang tersumbat dapat memudahkan perkembangbiakan bakteri
6. Individu dengan penyakit yang menurunkan sistem imun, missal diabetes
7. Penggunaan kateter

Pemeriksaan penunjang yang bisa dilakukan adalah pemeriksaan urine di laboratorium untuk melihat apakah ada bakteri atau tidak.
Umumnya dokter akan memberikan antibiotik bila penyebabnya adalah bakteri.
Hal lain yang bisa dilakukan adalah dengan minum air putih yg banyak untuk mengencerkan urine serta mengeluarkan bakteri. Selain itu, dapat jg dilakukan kompres hangat di daerah perut untuk mengurangi nyeri.

Pencegahan:
1. Setelah BAB atau BAK, bilas dengan cara menyiramkan air dari depan ke belakang. Kemudian segera dikeringkan
2. Mengganti pakaian dalam secara rutin
3. Minum air yang cukup
4. Tidak menahan BAK
5. Menghindari penggunaan obat atau bahan pembersih yang dapat menyebabkan iritasi pada saluran kemih
6. Hindari penggunaan pakaian ketat yg dapat memicu keringat dan membuat suasana lembab pada organ kemaluan dan saluran kemih.


*****************
TANYA JAWAB

T : Tanya Bu Dokter, saya kalau mau tidur suka minum air putih.di jam jam 10 atau 11 suka terasa ingin BAK.tapi karena ngantuk, tertahan sampai bangun jam 4, apakah menahan BAK juga berpengaruh pada ISK?
J : Menahan BAK dapat membuat urine terendap lama di kandung kemih, ini akan meningkatkan risiko infeksi. Atau jika urine jenuh akan zat-zat tertentu yang bisa menimbulkan endapan, maka bisa terbentuk batu kandung kemih atau saluran kemih. Sebaiknya memang tidak menahan BAK ya.

T : Izin bertanya bu dokter,  amankah jika kita sering menggunakan pantyliner?
J : Jika rutin diganti tidak apa mbak. Yang penting tidak lembab, bukan dari bahan yang memicu iritasi kulit. Jika sering berkeringat, segera ganti.

T : dr ella mau tanya, saya sering sekali pipis tapi hanya terjadi dimalam hari. Apakah ini indikasi ISK?Minum normal dr ela, tapi tidak disertai nyeri saat berkemih.
J : Apakah sebelumnya mbak lestari banyak minum? Apakah ada keluhan lain? Tanda khas ISK selain sering berkemih, sering disertai nyeri saat berkemih atau perubahan warna dan bau urine
Bisa pengaruh cuaca, atau makanan/minuman/ yang menyebabkan diuresis atau pengeluaran urine, misal kopi, teh, dan lain-lain.

T : Ijin bertanya bu dokter, tapi diluar tema, apa penyebab keputihan yg berlebihan, tapi tidak gatal, hampir bening?
J : Keputihan yang tidak disertai gatal bisa disebabkan oleh perubahan hormon, atau perubahan komposisi flora normal. Perlu pemeriksaan lebih lanjut untuk mengetahui penyebabnya.

T : Dokter Ella, dahulu saya pernah sakit ISK. Kalau BAK nyeri panas dan kaki kayak kejang dari pinggul sampai telapak kaki. Apakah ada hubunganya dengan KB IUD ya Dok?
J : pemakaian IUD tidak menyebabkan ISK mbak. Kecuali ada infeksi di vagina juga, hal ini memang akan meningkatkan risiko terkena ISK karena posisi vagina dan uretra yang berdekatan

T : Mau bertanya dok, saya sering merasa sakit diperut bawah kalau kata orang-orang turun berok, apakah kecapekan bisa jadi penyebabnya? Dan satu lagi diluar tema ya dok, kenapa sekarang banyak kasus janin tidak berkembang, apakah penyebabnya? Syukron dokter.
J : untuk mengetahui penyebab nyeri perut bawah pada mbak, harus dilakukan pemeriksaan yang lebih detail untuk tahu penyebabnya. Karena pada wanita bisa ada organ reproduksi, bisa juga organ cerna. Untuk turun berok atau hernia, itu artinya ada usus yang keluar melalui lubang didinding perut. Biasanya dipengaruhi oleh tekanan yang besar disekitar perut, misal batuk, setelah mengangkat barang berat, dan lain-lain.
Untuk kasus janin tidak berkembang, penyebabnya bisa banyak hal, bisa secara genetik, memang ada kelainan pada janin, bisa dikarenakan infeksi, atau bisa juga dipengaruhi kondisi ibu, misal kelainan darah, dan lain-lain


~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~
PENUTUP

DOA PENUTUP MAJELIS
سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ
Subhanaka Allahuma wabihamdika asyhadu alla ilaha illa anta astaghfiruka wa atubu ilaik. Artinya:“Maha suci Engkau ya Allah, dan segala puji bagi-Mu. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan melainkan Engkau. aku mohon ampun dan bertaubat kepada-Mu.”
Aamiin ya Rabb.

======================
Website: www.hambaAllah.net
FanPage : Kajian On line-Hamba Allah
FB : Kajian On Line-Hamba Allah
Twitter: @kajianonline_HA
IG: @hambaAllah_official

Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment