Home » , , » Menjadi Orang Bertaqwa

Menjadi Orang Bertaqwa

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Tuesday, May 2, 2017


Image result for bertakwa

Kajian Online Hamba Allah Ummi G2
Senin, 24.04.2017, Jam : 07.00 pagi
Materi : Tauhid
Narasumber : Ustadz. Kholid
Editor : Sapta
************************************
Ingin dibela Allah? Dimenangkan? Jadilah orang yg bertakwa, karena setelah menjadi orang bertaqwa baru ada jaminan dan pembelaan dari Allah di dunia dan di Akhirat. 

Bila jadi orang bertaqwa barulah dosa diampunkan, barulah amal ibadah ini diterima, barulah mendapat pimpinan dari Allah. Secara langsung Allah menjadi pemimpinnya. Bila menjadi orang bertaqwa pintu rezeki akan terbuka, tidak tahu dari mana datang dan sumbernya. Bila menjadi orang yang bertaqwa, Allah mudahkan kerja-kerjanya. Bila kerja sedikit, hasilnya banyak. Kalau kerja banyak, lebih banyaklah yang akan diperoleh.
Hal inilah yang dijelaskan oleh Allah melalui firmanNya :

“Barang siapa yang bertaqwa pada Allah, Allah beri jalan keluar dari kesusahan dan akan beri rezeki dari arah yang tidak terduga-duga” (QS At Talaq 2 – 3)

“Barang siapa yang bertaqwa pada Allah, Allah akan permudah segala urusannya” (Q.S. At-Talaq : 4)

“Allah menjadi pemimpin (pembela) orang yang bertaqwa” (Q.S. Al Jasiah : 19)

Dalam ayat yang lain :

“Sesungguhnya amal ibadah yang diterima dari orang yang bertaqwa” [Al Maidah 27]
“Dan jika ada penduduk sebuah kampung itu beriman dan bertaqwa, maka akan Allah bukakan berkat dari pintu langit dan bumi” [Q.S. Al-A’raf : 96]

Allah akan buka pintu berkat dari langit dan bumi, maka sudah tentu kehidupan orang bertaqwa akan aman damai, berkasih sayang, mesra, selamat sejahtera, tidak ada gangguan, penuh harmoni dan indah, di dunia sudah dapat Syurga dan pastilah di Akhirat akan dapat Syurga yang kekal abadi.

Banyak lagi ayat-ayat yang memberitahu bahwa setelah seseorang atau satu bangsa itu menjadi orang yang bertaqwa, barulah dapat pembelaan dari Allah. Kalau hanya sekedar Islam tidak ada jaminan dan pembelaan dari Allah di dunia maupun di Akhirat. Inilah yang terjadi kepada seluruh umat Islam di dunia hari ini. 

Rata-rata umat Islam sebagai seorang muslim tetapi tidak menjadi orang yang bertaqwa. Sebab itu tidak ada pembelaan dari Allah. Bila tidak ada pembelaan dari Allah, coba kita lihat apa yang terjadi. Hidup tidak bersatu padu, musuh menekan, menghina, menderita, menjadi hamba orang, susah dan tersingkir di mana-mana. Jumlah banyak tapi tidak berguna. Ramai tapi tidak berguna laksana buih di lautan

Oleh karena itu kita mesti menjadi orang bertaqwa barulah jaminan dan pembelaan akan diperoleh baik di dunia maupun di Akhirat. Oleh itu kita mesti berusaha bersungguh-sungguh dalam hidup ini untuk memiliki sifat taqwa. Lebih-lebih lagi bagi mereka yang bercita-cita membangunkan Islam, perlu berusaha menjadikan diri mereka orang yang bertaqwa.

Orang Islam yang mempunyai cita-cita perjuangan bukan saja ingin memperbaiki dirinya tetapi juga ingin membaiki masyarakat. Untuk itu, dia mesti faham bagaimana memperbaiki dirinya sendiri dan bagaimana untuk memperbaiki masyarakat.

********************
TANYA JAWAB

T : Apakah ciri-ciri orang bertaqwa itu ustadz?
J : Ciri paling memonjol adalah selalu berusaha mengamalkan perintah Allah dan menjauhi laranganNya.

T : Jika orang bertaqwa itu bekerja sedikit maka hasilnya akan banyak. Berarti benar yang orang tua dulu katakan, bahwa seorang remaja yang bertaqwa dan rajin ibadah maka masa tuanya tidak akan sulit hidupnya?
J : Bisa jadi itu termasuk dari keberkahan ketaqwaannya. Sebab amal shalih memberikan keberkahan pada hidup pelakunya.
Lihat an nahl 97 :
{مَنْ عَمِلَ صَالِحًا مِّن ذَكَرٍ أَوْ أُنثَىٰ وَهُوَ مُؤْمِنٌ فَلَنُحْيِيَنَّهُ حَيَاةً طَيِّبَةً ۖ وَلَنَجْزِيَنَّهُمْ أَجْرَهُم بِأَحْسَنِ مَا كَانُوا يَعْمَلُونَ}

T : Bila ketaqwaan itu memudahkan kita memperoleh rizqi dari arah mana saja, apakah boleh kita memiliki keyakinan bahwa bila kita bersedekah, rajin.shalat malam maka akan memperoleh rizki tanpa usaha yang susah payah? Bagaimana bila kemudian Allah memberikan ujian, setelah rajin shalat malam.dan sebagainya rizki tidak kunjung tiba lalu jadi protes kepada Allah?
J : Boleh walau kadang harus diuji iman kita tersebut dengan sebaliknya namun yakinlah akhirnya akan bagus

T : Jikak kita berdoa agar dimudahkan dalam satu urusan, akan tetap kesulitan ternyata masih mendera, mestinya kita hrs bagaimana? Berarti belum masuk kategori orang yang bertaqwa/ banyak dosa/ kurang sedekah ?
J : Harusnya tambah yakin kalau tidak berdoa bisa dapat kesulitan yang lebih besar lagi. Sebab Allah tidak pernah menyelisihi janjinya. Semua kesulitan yang didera itu sudah diringankan dibanding dengan sebab yang kita lakukan yang buat kesulitan.

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~
PENUTUP

DOA PENUTUP MAJELIS
سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ
Subhanaka Allahuma wabihamdika asyhadu alla ilaha illa anta astaghfiruka wa atubu ilaik. Artinya:“Maha suci Engkau ya Allah, dan segala puji bagi-Mu. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan melainkan Engkau. aku mohon ampun dan bertaubat kepada-Mu.”
Aamiin ya Rabb.

======================
Website: www.hambaAllah.net
FanPage : Kajian On line-Hamba Allah
FB : Kajian On Line-Hamba Allah
Twitter: @kajianonline_HA
IG: @hambaAllah_official

Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Ketik Materi yang anda cari !!