Home » , , » MOTIVASI MENJELANG RAMADHAN

MOTIVASI MENJELANG RAMADHAN

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Friday, May 19, 2017


Image result for ramadhan

REKAP KAJIAN ONLINE HAMBA ALLAH G4
Senin, 8 Mei 2017
Narsum: Ustadz Kholid
Tema.   : Motivasi Ramadhan
Admin  : Euis, Rahmi, Aini,Sugi
Notulen: Laela
Editor : Sapta
➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖

MOTIVASI MENJELANG RAMADHAN


  1. BERGEMBIRA MENYAMBUTNYA.

Allah Ta'ala berfirman : Katakanlah (Muhammad), “Dengan karunia Allah dan rahmat-Nya, hendaklah dengan itu mereka bergembira. Itu lebih baik daripada apa yang mereka kumpulkan.” (QS. Yunus 10:58).

Dan jika kamu menghitung nikmat Allah, niscaya kamu tidak akan mampu menghitungnya. Sungguh, Allah benar-benar Maha Pengampun, Maha Penyayang. (QS. An Nahl 16:18).

Berkata sebagian salaf : “Dulu para sahabat, selama enam bulan sebelum datang bulan Ramadhan, mereka berdo'a agar Allah mempertemukan mereka dengan bulan Ramadhan. Kemudian, selama enam bulan sesudah Ramadhan, mereka berdo'a agar Allah menerima amal mereka ketika di bulan Ramadhan.” (Lathaiful Ma›arif, Ibnu Rajab, hal.264)

  1. MEMPERBANYAK ISTIGFAR.

Allah Ta'ala berfirman : Dan (Hud berkata), “Wahai kaumku! Mohonlah ampunan kepada Tuhanmu lalu bertobatlah kepada-Nya, niscaya Dia menurunkan hujan yang sangat deras, Dia akan menambahkan kekuatan di atas kekuatanmu, dan janganlah kamu berpaling menjadi orang yang berdosa”. (QS. HUD 11:52).

Syaikh Muhammad bin Muhammad Al-Mukhtar As-Syinqity pernah mengatakan:Tidaklah hati seorang hamba selalu beristigfar melainkan akan disucikan.
Bila ia lemah, maka akan dikuatkan
Bila ia sakit, maka akan disembuhkan
Bila ia diuji, maka akan diangkat ujian itu darinya.
Bila ia kalut, maka akan diberi petunjuk
Dan bila ia galau, maka akan diberi ketenangan.

"Dan tidaklah (pula) Allah akan mengazab mereka, sedang mereka meminta ampun". (QS.al-Anfal 8:33).

Ibnu katsir -rahimahullah – berkata : Barangsiapa yang menghiasi dirinya dengan amalan ini, yaitu memperbanyak istigfar, maka Allah akan mempermudah rezekinya, memudahkan urusannya dan menjaga kekuatan jiwa dan raganya.

  1. BERNIAT UNTUK MEMAKSIMALKAN DIRI.

Allah Ta'ala berfirman : Dan barangsiapa berhijrah di jalan Allah, niscaya mereka akan mendapatkan di bumi ini tempat hijrah yang luas dan (rezeki) yang banyak. Barangsiapa keluar dari rumahnya dengan maksud berhijrah karena Allah dan Rasul-Nya, kemudian kematian menimpanya (sebelum sampai ke tempat yang dituju), maka sungguh, pahalanya telah ditetapkan di sisi Allah. Dan Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang. (QS. An Nisa 4 :100).

Asy-Syaikh 'Abdul 'Aziz bin Baz rahimahullah, "Ramadhan adalah bulan yang mulia. Padanya amal-amal dilipatgandakan, kejelekan juga menjadi besar (nilainya).

Maka wajib atas setiap mukmin untuk bersungguh-sungguh dalam melaksanakan apa yang Allah wajibkan atasnya dan waspada dari apa yang Allah haramkan atasnya. Hendaknya perhatian dia terhadap Ramadhan LEBIH BESAR dan LEBIH BANYAK."
🌎 http://binbaz.org.sa[2/60

  1. MEMPERBAIKI DIRI DAN MEMBIASAKAN AMALAN-AMALAN YG DISYARIATKAN.

Berkata 'Amr bin Qais rahimahullahu: "Sungguh beruntung, bagi orang yang telah memperbaiki dirinya sebelum ia masuk bulan Ramadhan." (Lathaiful Ma'arif (hal. 138).)

Ibnu Qayyim rahimahullah berkata ; Barang siapa yang mengerahkan upayanya dalam hal yang tidak di-syariatkan maka spontan akan melemah pula upaya (ghirohnya) dalam mengerjakan amalan yang di-syariatkan. [[I'lamul mauqi'iin 6/22]]

  1. MAU KAPAN LAGI...?

“Dan tidak ada seorang pun yang dapat mengetahui (dengan pasti) apa yang akan dikerjakannya besok. Dan tidak ada seorang pun yang dapat mengetahui di bumi mana dia akan mati. Sungguh, Allah Maha Mengetahui, Maha Mengenal”. (QS. LUKMAN 31:34)

::: Waspadalah...!
Ramadhan akan tiba namun hatimu tetap lalai

Al-Hafidz Ibnu Rajab al-Hambali -rahimahullah- berkata: Wahai yang telah lama jauh dari Kami, telah dekat hari-hari perbaikan diri...!
Wahai yang selalu dalam kerugian, hari-hari perniagaan yang menguntungkan telah di depan mata...!
Siapa yang tidak beruntung pada bulan ini (Ramadhan), kapan lagi akan mendapat keuntungan...?!
Siapa yang tidak mendekat kepada Rabbnya (dibulan Ramadhan), niscaya ia jauh dari-Nya dan akan merugi.
Berapa banyak yang telah diseru: "Mari menuju kemenangan", namun tetap merugi?!
Berapa banyak yang telah diajak pada kebaikan, namun tetap dalam kemaksiatan..?!
Dan berapa banyak yang mengharap bisa berpuasa bulan ini, namun tidak tercapai, hingga berada dalam kegelapan kubur. .
Berapa banyak hari-hari terlewatkan tanpa diisi dengan kebaikan dan berapa banyak yang berharap datangnya hari esok, namun tidak menjumpainya!
Sungguh, jika kalian memahami hakekat ajal dan tempat kembalinya, niscaya kalian akan membenci angan-angan dan tipu dayanya.
📚 Dikutip dari Lathaif al Ma'arif" hal: 281

  1. BERDO'A MINTA KEBERKAHAN DIBULAN RAMADHAN.

Apabila kamu memohon kepada Allah agar dirimu berjumpa dengan bulan ramadhan maka jangan lupa berdo'a agar Allah memberkahimu pada bulan ramadhan. Karena yang utama bukanlah pada berjumpa dengannya melainkan amalan apa yang akan kamu kerjakan di bulan itu ?...(Syaikh Nasir As-Sa'di)

  1. RAMADHANMU BAROMETER BULAN2 YG LAIN.

Ibnul Qayyim rahimahullahh berkata: Hari Jum'at adalah hari yang disunnahkan untuk memperbanyak ibadah. Ia memiliki keutamaan daripada hari-hari yang lain dengan berbagai macam ibadah wajib maupun sunnah. Allah Subhanahu wa Ta'ala menjadikan setiap umat hari yang istimewa untuk memperbanyak ibadah dan meninggalkan berbagai macam kesibukan dunia.

Hari Jum'at adalah hari untuk beribadah, keutamaannya dibanding hari-hari yang lain bagaikan bulan Ramadhan dibandingkan bulan-bulan yang lain.
Saat-saat dikabulkannya doa (ibadah) pada hari Jum'at seperti keutamaan malam lailatul qadar pada bulan Ramadhan. Oleh sebab itu, barangsiapa yang menjalani hari Jum'at dengan benar dan baik, maka hari-harinya menjadi baik, dan barangsiapa yang menjalani Ramadhan dengan benar dan baik, maka bulan-bulan yang lain menjadi baik, dan barangsiapa yang menunaikan haji dengan benar, maka seluruh umrahnya menjadi benar.
Hari Jum'at adalah barometer hari-hari dalam seminggu, Ramadhan adalah barometer bulan-bulan dalam setahun, dan haji adalah barometer semua umrah.
Wa billahittaufiq.
📝 [Dikutip dari kitab: Zaadul Maad fii Hadyi Khairil Ibad, hal: 158].

  1. MENYESAL YANG TIDAK MENANAM DIBULAN RAMADHAN.

Al Hafid Ibnu Rajab berkata : "Barang siapa yang dirahmati Allah pada bulan ramadhan maka ia lah orang yang mendapat rahmat,barangsiapa yang diharamkan baginya kebaikan dan berkah bulan ramadhan maka ia adl orang yang rugi dan Barangsiapa yang tidak berbekal diri untuk hari akhiratnya maka itulah orang yang celaka lagi tercela."

Ramadhan datang sebagai ladang bagi manusia...Untuk mensucikan hati dari kerusakan...Maka berikan hak-haknya baik berupa ucapan maupun perbuatan...Dan ambillah bekalmu untuk hari akhirat...Barangsiapa menanam biji tapi tidak menyiraminya ...Maka dia akan mengaduh sambil menyesal di hari memanen.
(Lathoif ma arif: 148.)

Semoga bermanfaat.

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~
TANYA JAWAB

Tanya : ustadz, mana yang lebih baik, kita katam beberapa kali atau katam dengan membaca artinya cuma sekali di bulan ramadhan? Jazakallah khoir.
Jawab: Yang baik khatam banyak dengann faham artinya. Tapi kalau tidak, maka jangan sampai tidak khatam sama sekali.

Tanya : Ustadz, bulan ramadhan besok saya punya baby usia 1 bulan. Apa yang harus saya lakukan terkait pembayaran fidyah, apakah dicicil setiap hari atau diawal semuanya atau diakhir ramadhan? Pembayaran fidyah bolehkan dibayarkan ke beberapa orang? Yang boleh menerima fidyah apa saja kriterianya? Syukran.
Jawab: membayar fidyah longgar,  bisa sekaligus dikumpulkan orang miskin sesuai dengan puasa yang ditinggalkan lalu makan sampai kenyang. Atau diberi setiap hari 1 miskin atau diberi ke beberapa orang miskin sesuai dengan jumlah harinya.

Tanya : Ustadz mau tanya, di bulan Ramadhan setelah kita melaksanakan sholat tarawih, ada yang mengatakan kita tidak usah melaksanakan tahajud lagi, betul tidak?
Jawab: pada asalnya setelah witir tidak sholat lagi, sebab witir dianjurkan diakhir tapi bila ingin tahajud lagi, maka diperbolehkan tanpa witir lagi.  Sebab tidak boleh ada 2 witir dalam semalam.

Tanya : Ustadz mau bertanya menyangkut fidyah. Anak saya 4 (umur 9 tahun, 5 tahun, 3 tahun dan mau 1 tahun). Waktu anak yang ke-4 tahun ll masih nifas dan tidak puasa selama 1 bulan penuh, sampe sekarang masih punya hutang puasa 12 hari lagi. Untuk fidyah alhamdulillah sudah saya lakukan sekaligus dibayarkan untuk ke4 anak, karena saya baru tahu kalau tidak puasa karena khawatir dengan bayi selain qodho juga bayar fidyah. Fidyah tersebut saya bayarkan dengan membikin nasi kuning lalu dibagikan saat pengajian mingguan di daerah pemukiman yang bisa di bilang ekonomi menengah kebawah.
Pertanyaan saya:
  1. Apakah fidyah saya tersebut sudah sesuai syariat?
  2. Jika hutang puasa saya yang masih 12 hari ini belum terbayar bisakah dibayarkan tahun depan?
Jawab:
  1. Fidyah kepada orang miskin.  Harus tepat kalau di pengajian yang makan macam macam. Baiknya bagi ke orang miskin misalnya tetangga atau di perkampungan miskin, dan di jakarta banyak.
  2. Apabila memang tidak mampu dan ada udzur maka boleh di qadha setelah ramadhan.

Tanya : Assalamu'alaykum warahmatullahi wabarakaatuh ustadz, mengenai sunnah wudhu yang memasukan air dalam hidung (istinsyaq). Apakah ketika kita berpuasa, sunnah ini tetap dilaksanakan atau kita tinggalkan? Jika ditinjau dari hukum yang membatalkan puasa adalah masuknya air/sesuatu dalam 7 lubang manusia dan di antara nya adalah lubang hidung. Mohon pencerahannya, syukron.
Jawab: Boleh tapi jangan keras-keras

Tanya : Fidyah harus makanan ya ustadz? tidak bisa diuangkan?
Jawab: Bisa bahan mentah bisa makanan matang

Tanya : Kalau bayar fidyahnya diuangkan boleh tidak ustadz? Dan seumpama dibayarkan ke panti asuhan bolehkah?
Jawab : Tidak boleh. Selama mereka termasuk orang miskin maka diperbolehkan.

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~
Kita akhiri majlis hari ini dengan membaca :  

🔊 ucap syukur : الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِين
🔊 dan istighfar أَسْتَغفِرُ اَللّهَ الْعَظيِمْ

[In Syaaa ALlaah]  إِنْ شَاءَ الله  
kebersamaan malam ini bermanfaat dan barokah.

أٰمِيْنَ يَا رَبَّ الْعَالَمِيْن
[aamiin yaa Rabbal 'aalamiiiin]

و‌َالسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ


~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~
PENUTUP

DOA PENUTUP MAJELIS
سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ
Subhanaka Allahuma wabihamdika asyhadu alla ilaha illa anta astaghfiruka wa atubu ilaik. Artinya:“Maha suci Engkau ya Allah, dan segala puji bagi-Mu. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan melainkan Engkau. aku mohon ampun dan bertaubat kepada-Mu.”
Aamiin ya Rabb.

======================
Website: www.hambaAllah.net
FanPage : Kajian On line-Hamba Allah
FB : Kajian On Line-Hamba Allah
Twitter: @kajianonline_HA
IG: @hambaAllah_official

Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Ketik Materi yang anda cari !!