Ketik Materi yang anda cari !!

Home » , » Ramadhan, Rinduku Padamu

Ramadhan, Rinduku Padamu

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Wednesday, May 24, 2017


Image result for ramadan

REKAP Kajian Online Hamba Allah G-6  
Kamis, 18 Mei 2017; Jam 09.00- Selesai  
Tema : Persiapan Ramadhan
Narsum :  Ustadz Hizbullah Ali
Editor : Sapta
💕💕💕💕💕💕💕💕💕



بسم الله الرحمن الرحيم

Segala puji bagi Allah سبحانه وتعالى yang telah menciptakan bulan Ramadhan sebagai penghulu dari segala bulan serta melipat gandakan amalan baik manusia di dalamnya. Shalawat beserta salam senantiasa tercurah kepada junjunan kita Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم yang telah menerima al-Qur'an sebagai petunjuk, nasehat, rahmat, serta penyembuh bagi seluruh umat manusia.

Umat muslim patut bergembira dengan hadirnya bulan Ramadhan sebab bulan tersebut merupakan bulan ampunan, bulan yang penuh dengan keberkahan, bulan al-Qur'an, bulan kasih sayang, bulan kesabaran, bulan taubat, serta bulan pembebasan dari api neraka. Juga bulan Ramadhan merupakan bulan yang ditunggu-tunggu kehadirannya oleh seluruh umat Muslim.

Rasulullah صلى الله عليه وسلم pernah bersabda (berdo'a) seputar bulan Ramadhan, Yaa Allah... Berkahilah kami pada bulan Rajab dan Syaban serta sampaikanlah kami pada bulan Ramadhan. Perhatikanlah penyampaian Rasulullah صلى الله عليه وسلم berikut tentang kedatangan bulan Ramadhan di hadapan para sahabatnya.

Ketika datang malam pertama di bulan Ramadhan, seluruh setan dibelenggu serta seluruh jin diikat. Semua pintu-pintu neraka di tutup (dikunci), takada satupun pintu neraka yang terbuka. Kemudian setiap malam datang seorang penyeru, Wahai orang-orang yang mencari kebaikan kemarilah! Wahai orang-orang yang mencari keburukan menyingkirlah! Hanya Allah lah yang bisa menyelamatkan dari api neraka (HR. at-Tirmidzi)

Pada riwayat lain, Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda, Sudah hadir kepada kalian bulan Ramadhan, bulan yang diberkahi. Allah mewajibkan di dalam bulan Ramadhan untuk berpuasa. Pada bulan Ramadhan Allah membuka pintu langit, menutup pintu neraka, dan membelenggu semua setan. Di dalam bulan Ramadhan Allah memiliki satu malam yang lebih baik dari seribu bulan. Barang siapa yang diharamkan kebaikan malam itu maka ia sungguh telah diharamkan (dari kebaikan) (HR. Nasa'i dan Baihaki)

Menurut Imam Ibnu Rajab al-Hanbali hadits di atas sebagai sebuah dalil menyambut datangnya bulan Ramadhan yang digunakan setiap muslim untuk memberikan selamat kepada muslim yang lain. Artinya, setiap muslim sangat bergembira dengan diobralnya pahala dari Allah سبحانه وتعالى berupa surga yang pintunya dibuka lebar-lebar secara khusus di bulan Ramadhan.

Bulan Ramadhan dianalogikan sebagai tamu istimewa. Setiap tamu istimewa wajib diperlakukan secara istimewa pula. Tamu istimewa selayaknya disambut dengan sukacita serta memuliakannya. Bayangkan di tempat tinggal kita kedatangan presiden. Presiden adalah pejabat tertinggi pada sebuah negara yang wajib disambut dengan penuh rasa hormat. Dan menyiapkan segala sesuatunya dengan sebaik mungkin. Apalagi dengan menyambut Ramadhan.

Ramadhan lebih dari seorang presiden atau pejabat tinggi lainnya, sebab Ramadhan merupakan anugerah dari Allah سبحانه وتعالى yang nilainya sangat luar biasa. Ramadhan adalah waktu yang bisa dijadikan sebagai kesempatan bagi muslim untuk menyiapkan masa depan baik dunia dan akhirat secara sekaligus. Untuk itu agar muslim bisa meraihnya diperlukan persiapan yang paripurna. Dengan demikian, target untuk mendapatkan gelar takwa serta mendapat janji Allah سبحانه وتعالى berupa terbebas dari siksa api neraka bisa diraih.

〰〰〰
#FQ
#Oase Kalbu (FQ Secret)
#ASA

********************************
TANYA JAWAB

Tanya : Ustadz ijin bertanya, tentang hutang puasa. Almarhumah ibu mertua ramadan kemarin bisa puasa sampai hari ke 20, selanjutnya sakit dan meninggal 1 bulan kemudian, keluarga tidak menyangka dan tidak membayar fidyah hutang puasa yang 10 hari yang ditinggalkan. Bagaimana itu ustadz hutang puasanya?
Jawab : jika memang benar-benar sudah tidak memungkinkan lagi berpuasa, untuk pembayaran fidyah bisa dilakukan sekaligus atau bertahap setiap hari, namun harus diingat fidyah harus ke fakir-miskin, bukan ke tempat berbuka puasa bareng. Atau salah seorang ahli warisnya yang berpuasa untuk menggantikan

Tanya : Ustadz, batasan ibu hamil dan menyusui boleh tidak berpuasa ramadhan itu seperti apa ya? Apakah kalau kuat puasa tapi tetap mengambil rukhsoh yang tidak berpuasa boleh? Atau kalau kuat berpuasa ya berpuasa saja ?
Jawab : harus puasa kalau mampu


~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~
Kita akhiri majlis hari ini dengan membaca :  

🔊 ucap syukur : الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِين
🔊 dan istighfar أَسْتَغفِرُ اَللّهَ الْعَظيِمْ

[In Syaaa ALlaah]  إِنْ شَاءَ الله  
kebersamaan ini bermanfaat dan barokah.

أٰمِيْنَ يَا رَبَّ الْعَالَمِيْن
[aamiin yaa Rabbal 'aalamiiiin]

و‌َالسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ


~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~
PENUTUP

DOA PENUTUP MAJELIS
سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ
Subhanaka Allahuma wabihamdika asyhadu alla ilaha illa anta astaghfiruka wa atubu ilaik. Artinya:“Maha suci Engkau ya Allah, dan segala puji bagi-Mu. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan melainkan Engkau. aku mohon ampun dan bertaubat kepada-Mu.”
Aamiin ya Rabb.

======================
Website: www.hambaAllah.net
FanPage : Kajian On line-Hamba Allah
FB : Kajian On Line-Hamba Allah
Twitter: @kajianonline_HA
IG: @hambaAllah_official

Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment