Home » , , » Tetap Sehat di bulan Ramadhan (plus herbal)

Tetap Sehat di bulan Ramadhan (plus herbal)

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Thursday, May 18, 2017


Image result for sehat saat ramadhan

Rekap Kajian HA UMMI G-5
Senin, 15 Mei 2017, Jam : 18.00 - selesai
Pemateri : Ustadz Asyari
Tema : Tetap Sehat di bulan Ramadhan
Editor : Sapta
***********************************

  • Saat sahur usahakan untuk membatasi asupan teh dan kopi. Pasalnya, dua asupan tersebut membuat metabolisme berjalan cepat. Sehingga cepat mendatangkan rasa haus meski tak terdehidrasi, di bolehkan kopi herbal seperti kopi radix
  • Sangat dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang lambat dicerna dan memiliki serat yang tinggi. Contohnya gandum, padi-padian, kacang-kacangan, biji-bijian, nasi merah.
  • Saat berbuka puasa dianjurkan untuk mengkonsumsi kurma karena mengandung gula serat, karbohidrat, kalium dan magnesium. Dengan kurma, kebutuhan nutrisi tubuh yang hilang selama puasa perlahan dipenuhi.
  • Mengkonsumsi pisang saat berbuka sangat baik bagi tubuh Anda, sebab pisang merupakan sumber kalium, magnesium dan karbohidrat. Bisa juga dengan kurma.
  • Batasi makanan yang digoreng saat berbuka, karena dapat meningkatkan sel-sel lemak dalam tubuh. Hal ini karena seorang yang sudah di usia lanjut cenderung memiliki keluhan penyakit yang disebabkan lemak, seperti penyakit jantung, cc koroner dan hipertensi.
  • Batasi makanan yang lebih cepat dicerna, seperti gula. Hal ini bisa cepat mendatangkan rasa haus di tengah Anda menjalani puasa nantinya.
  • Konsumsi air atau jus buah antara berbuka puasa dan sebelum tidur. Hal ini bertujuan untuk menyediakan kebutuhan cairan dalam tubuh untuk Anda lancar beraktivitas esok harinya.
  • Hindari terlalu banyak makanan es, karena memudahkan Anda kenyang. Dimana asupan makanan gizi yang lengkap akan menurun karena tak bisa masuk dalam tubuh.

Herbal yang di anjurkan :
  1. MADU secara umum madu sangat baik untuk sahur dan buka
  2. Spirulina di sarankan di pagi sebelum makan sahur
  3. Kopi radix bisa di minum saat sahur dan berbuka
  4. Bagi yang berpenyakit khusus herba dianjurkan sebelum sahur dan setelàh buka
  5. Teh pegagan saat sahur dan boleh juga saat buka

Suplemen atau asupan makanan yang sangat penting untuk meningkatkan imunitas atau daya tahan tubuh selama berpuasa di bulan Ramadhan antara lain:

Vitamin
Kebutuhan tubuh akan vitamin justru akan meningkat saat berpuasa. Kebutuhan vitamin yang sangat diperlukan saat berpuasa adalah Vitamin C, E dan D. Vitamin C berperan meningkatkan daya tahan tubuh agar tubuh tidak gampang sakit, sedangkan vitamin E berperan sebagai antioksidan dan menjaga kulit agar terhindar dari kekeringan saat berpuasa. Vitamin D ini dapat meningkatkan penyerapan mineral dan kalsium penting untuk menjaga kesehatan.
Protein
Sangat penting bagi tubuh, karena itu pada saat sahur atau pun saat berbuka puasa anda wajib konsumsi makanan yang berprotein. Protein dicerna oleh tubuh secara perlahan dan konstan, sehingga suplai energi terpenuhi secara berkala meskipun berpuasa. Protein juga mampu menjaga kesehatan kulit, otot, rambut serta membangun jaringan tulang rawan. Kerana itu pada saat berbuka maupun pada saat sahur konsumsilah makan makanan yang kaya akan protein.

Mineral
Bukan hanya Protein dan Vitamin, asupan mineral juga mutlak untuk diperhatikan ketika kita sedang berpuasa. Salah satu mineral yang penting bagi tubuh adalah kalsium Tubuh yangkekurangan kalsium bisa menjadi lesu dan daya tahannya menurun. Oleh karena itu, menjaga daya tahan tubuh selama berpuasa juga wajib memperhatikan asupan kalsium. Perlu kita ketahui , kebutuhan kalsium bagi orang dengan usia 19-50 tahun adalah 1000 miligram per hari, namun dari kenyataan nya masih banyak yang kurang dari kebutuhan tersebut.
Penting untuk selalu menjaga daya tahan tubuh kita. Sebab daya tahan tubuh yang semakin kuat, maka kemungkinan untuk terserang sakit akan semakin kecil. Lantas, bagaimana cara meningkatkan daya tahan tubuh ? untuk meningkatkan daya tahan tubuh kita perlu tidur yang cukup, berolahraga, banyak minum air putih, mengkonsumsi makanan sehat dan mengkonsumsi suplemen atau obat. Nah Suplemen Herbal Untuk Menjaga Daya Tahan Tubuh Saat Puasa

Bekam jika ingin berbekam saat berpuasa saran sebagai berikut :

  1. berbekamlah dengan satu titik, yaitu titik umum. Dan titik umum yang efektif adalah titik al kahil. Dalam suatu hadits dijelaskan titik ini dapat mencegah dan menyembuhkan 72 penyakit dan merupakan pertemuan 6 meridian Yang (menurut tradisional madicine).
  2. torehan (sayatan) atau tusukannya jangan terlalu banyak. Untuk torehan, cukup 3 torehan. Sedangkan dengan tusukan cukup 7 tusukan.
  3. jika ingin menambah titik, anda bisa menggunakan titik umum yang ada di kaki yaitu titik st 36 (zusanli). Titik ini secara pengalaman dan teori sangat bagus untuk meningkatkan stamina tubuh. Dan stop jangan tambah titik lagi.
  4. jika masih ragu, anda dapat berbekam pada malam harinya setelah sholat tarawih. Dengan ketentuan, anda melakukan makan malam setelah salat Maghrib, sehingga badan anda ketika berbekam sudah memiliki energi yang cukup yang diperoleh dari makanan yang sudah dicerna.

Demikian sedikit tips dan penjelasan berbekam saat berpuasa. Semoga bermanfaat.

Selamat menjalankan ibadah shaum dan ibadah lainnya di bulan Ramadhan. Semoga diberi kelancaran, kesehatan dan khusyu' serta ikhlas menjalaninya.

MARHABAN YAA RAMADHAN..
***************************
TANYA JAWAB

Tanya: Mau nanya, kalau pas buka puasa minum teh manis, apa ada efek sampingnya?
Jawab : Prinsipnya boleh minum teh manis sebaiknya tidak pakai es

Tanya : Ustadz kapan kah waktu terbaik untuk mengkonsumsi makanan berat saat ramadhan? Apakah setelah sholat Maghrib atau kah setelah tarawih?
Jawab : Sebaik nya bada maghrib secukupnya bisa di tambah suplemen madu misalnya

Tanya : Ustadz, suami saya harus diet rendah lemak, kira-kira untuk sahur dan buka enaknya makan apa ya? Karena kan kolak tidak boleh karena ada santannya, penggantinya apa kah?
Jawab : Saran sahur teh pegagan pakài gula aren. Madu dan spirulina. Apel satu buah. Buka teh pegagan. Kurma. Buah boleh pisang. Madu. Boleh nasi 1/ 2 porsi  boleh juga  kopi radix.

Tanya : Ustadz, saya kan punya bayi 6 bulan, baru mulai Mpasi, baru saya coba coba kasih buah dan sayuran. Dan saya juga masih punya hutang puasa bulan lalu 29 hari (yang 5 hari tahun sebelumnya lagi). Kira-kira, apa yang harus saya lakukan agar tahun ini bisa puasa, tanpa mengurangi asupan makanan bayi saya? Terimakasih.
Jawab : Semoga Allah beri kemudahan dan kekuatan. Saat sahur madu boleh teh pegagan dengan gula aren. Ada yang bagus kopi kacip fatimah. Spirulina nasib secukupnya. Buka kurma . Madu kopi kacif fatimah dan makan serta sayur secukupnya.

Tanya : Assalamu'alaikum ustadz mau bertanya, kenapa ya ustadz ketika di bulan Ramadhan sepertinya makanan, masakan sepertinya sangat mendominasi disebagian rumah-rumah kita yang menjalankan puasa, dan yang dijual-jual kebanyakan penjual makanan seperti habis aja, kadang-kadang setelah berbuka sepertinya biasanya juga tidak terlalu enak seperti yang dibayangkan, tidak seperti ketika menjalankan ibadah puasa sunah, kenapa ya ustadz? Ada juga yang alakadarnya saja, yang penting buka puasa tanpa memperhatikan komposisi yang dimakan, kenapa itu ya ustadz? Apakah memang  gangguan syaitan lebih dominan berapa kali lipat dari puasa sunnah hari-hari biasa? Mohon pencerahannya ustadz, Jazakallah khairan katsir.
Jawab : Bila iman sudah melekat, sebenarnya bagi orang beriman akan makan secukupnya. Sesuaikan dengan kadar dan kemampuan kembali pada sunnah. Godaan syahwat coba kita kendalikan semoga Allah beri kemudahan ramadhàn berkah

Tanya : Assalamualaikum wrwb, ustadz saya mau bertanya emang bener ya kalo sudah masuk bulan sa'ban kita sudah tidak boleh meng-qodho puasa ramadhan tahun lalu, mohon pencerahannya, terimakasih.
Jawab : Wassalam batas akhir qodho satu hari sebelum satu ramadhan. Mari kita jadikan ramadhan ini yang terbaik seakan ramadhan terakhir dalam hidup kita.

Tanya : Maaf sedikit melenceng dari tema boleh tidak puasa daud juga sebagai puasa pengganti puasa ramadhan yang batal
Jawab : Selesaikan qodho ramadhan baru puasa yang lain caranya bisa seperti puasa daud

Tanya : Berati puasa daud juga puasa qodho tidak boleh dalam sehari maksudnya sehari untuk 2 niat puasa sunah kah?
Jawab : Qodho ramadhan tidak boleh di campur bahwa Allah beri pahala dua hak Allah

Tanya : Kalau puasa syawal sama puasa daud apakah boleh ustadz digabung? Kan sama-sama puasa sunah
Jawab : Sebagian ulama membolehkan

Tanya : Tanya ustadz kalau misal kita sudah berniat meng-qodho puasa tapi suami tidak mengijinkan, itu bagaimana ya?
Jawab : Minta ridhonya, asal tidak lewat  batas waktu. Insya Allah jelaskan dengan baik.

Tanya : ustadz, baiknya minum air putih saat berbuka berapa gelas ya, supaya tidak berasa kembung nanti keburu kenyang air putih?
Jawab : Sebaiknya satu gelas, cukup satu bisa dua gelas di sambung ba’da maghrib.

Tanya : Ustadz jus buah  manisnya dari buah atau boleh tambah gula+susu? Sebaiknya bagaimana?
Jawab : Jus buah bagus, di tambah susu boleh kalau bisa gunakan gula aren atau tanpa gula.

Tanya : Ustadz, untuk asupan gula sendiri sebaiknya, gula yang baik itu gula seperti apa ya ustadz,? kalau kandungan gula dari buah aja sudah cukupkah? Tanpa gula pasir dan sejenisnya?
Jawab : Sebenarnya juz buah sudah cukup kalau mau tambah gula aren.

Tanya : Gula aren beda sama gula jawa ya ustadz?
Jawab : Beda baik asal maupun manfaat cari yang asli ya

~~~~~~~~~~~~~~~~
Selanjutnya, marilah kita tutup kajian kita dengan bacaan istighfar 3x
Doa robithoh dan kafaratul majelis

Astaghfirullahal' adzim 3x

Do'a Rabithah
Allahumma innaka ta'lamu anna hadzihil qulub,
qadijtama-at 'alaa mahabbatik,
wal taqat 'alaa tha'atik,
wa tawahhadat 'alaa da'watik,
wa ta ahadat ala nashrati syari'atik.
Fa watsiqillahumma rabithataha,
wa adim wuddaha,wahdiha subuulaha,wamla'ha binuurikal ladzi laa yakhbu,
wasy-syrah shuduroha bi faidil imaanibik,
wa jami' lit-tawakkuli 'alaik,
wa ahyiha bi ma'rifatik,
wa amitha 'alaa syahaadati fii sabiilik...
Innaka ni'mal maula wa ni'man nashiir.

Artinya :
Ya Allah, sesungguhnya Engkau mengetahui bahwa sesungguhnya hati-hati kami ini,
telah berkumpul karena cinta-Mu,
dan berjumpa dalam ketaatan pada-Mu,
dan bersatu dalam dakwah-Mu,
dan berpadu dalam membela syariat-Mu.
Maka ya Allah, kuatkanlah ikatannya,
dan kekalkanlah cintanya,
dan tunjukkanlah jalannya,
dan penuhilah ia dengan cahaya yang tiada redup,
dan lapangkanlah dada-dada dengan iman yang berlimpah kepada-Mu,
dan indahnya takwa kepada-Mu,
dan hidupkan ia dengan ma'rifat-Mu,dan matikan ia dalam syahid di jalan-Mu.Sesungguhnya Engkau sebaik-baik pelindung dan sebaik-baik penolong.
Aamiin...    

DOA PENUTUP MAJELIS
سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ
Subhanaka Allahuma wabihamdika asyhadu alla ilaha illa anta astaghfiruka wa atubu ilaik.Artinya:“Maha suci Engkau ya Allah, dan segala puji bagi-Mu. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan melainkan Engkau. aku mohon ampun dan bertaubat kepada-Mu.”
Aamiin ya Rabb.

======================
Website: www.hambaAllah.net
FanPage : Kajian On line-Hamba Allah
FB : Kajian On Line-Hamba Allah
Twitter: @kajianonline_HA
IG: @hambaAllah_official

Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Ketik Materi yang anda cari !!