Home » , , » Tips Hidup Sehat Ala Rasul

Tips Hidup Sehat Ala Rasul

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Friday, May 5, 2017


Image result for tip hidup sehat ala rasul

Rekap Kajian On line HAmba Allah Ummi
Senin, 1 Mei 2017
Narasumber : Ustadz Asyari
Judul : Thibun Nabawi
No Grup : G5
Notulen : Hangesti
Editor : Sapta
*********************************

Sebelum materi, ini ada kisah yahudi berikut ini,

KISAH DOKTER YAHUDI
Pada suatu hari, Nabi Muhammad  kedatangan tamu seorang dokter Yahudi yang datang dari Palestina. Ia minta izin untuk buka praktik di kota Madinah. Nabi Muhammad pun mengizinkan. dokter Yahudi itupun mulai buka praktik. Tapi, satu bulan kemudian ia kembali datang menemui Nabi Muhammad, kali ini untuk permisi pulang ke negerinya.
Nabi Muhammad pun tak dapat menyembunyikan keheranannya. “Kenapa Anda begitu cepat meninggalkan kota ini, apa ada yang kurang menyenangkan di sini?,’’ tanya Nabi Muhammad. “Tidak, Tuan. Semuanya baik-baik saja. Bahkan penduduk kota ini sungguh sangat menyenangkan,” kilah sang dokter. “Lalu, apa yang menjadi masalahnya?,” desak Nabi Muhammad.
Sang dokter berterus terang, bahwa ia ingin cepat pulang ke negerinya karena selama satu bulan buka praktik di Madinah tak satupun warga kota yang datang untuk berobat padanya. Padahal, di negerinya ia termasuk dokter pakar yang terkenal dan banyak pasiennya.

Kemudian ia melanjutkan ceritanya. “Karena penasaran, saya pun berkeliling kota masuk kampung keluar kampung untuk mencari pasien yang sakit. Tapi, tak satupun saya jumpai orang sakit untuk saya obati. Saya merasa heran, seluruh warga kota dalam keadaan sehat wal’afiat. Belum pernah saya dapatkan kota dengan seluruh penduduknya yang sehat seperti di kota Madinah ini,” ujarnya panjang lebar.
“Lalu, saya bertanya kepada penduduk yang saya jumpai, apa rahasianya sehingga mereka hidup nyaris sehat sempurna?” lanjut sang dokter.
“Lantas, apa jawaban mereka?,” Tanya Nabi Muhammad.
Mereka menjawab: “Kami adalah kaum yang tidak (akan) makan sebelum datang lapar. Dan apabila kami makan, tidak (sampai) kekenyangan. “
Begitulah jawab mereka, Tuan, jelas sang dokter Yahudi itu kepada Nabi Muhammad.

Mendengar cerita dokter tersebut, Nabi Muhammad berkomentar, “Sungguh benar apa yang mereka katakan kepada tuan,” ujar Nabi Muhammad seraya menyatir sebuah hadits, “Lambung manusia itu tempatnya segala penyakit, sedangkan pencegahan itu pokok dari segala pengobatan”. (HR. Ad-Dailami).

Berangkat dari cerita ajaib dokter Yahudi di atas dapat kita simpulkan, bahwa kaum Muslimin pada masa awal berkembangnya agama Islam adalah satu kaum (umat) yang amat disiplin dalam mempraktekkan pola hidup sederhana.
Berdasarkan hadits yang diriwayatkan oleh Abu Daud rodhiyallahu ‘anhu bahwa, “Kami adalah kaum yang tidak (akan) makan kecuali lapar, dan apabila makan tidak akan (sampai) kekenyangan”. Hal ini menggambarkan sikap hidup umat Islam yang sangat berhati-hati dalam soal pengendalian perut.
Selanjutnya ada tips tips sehat ala nabi

Tips Hidup Sehat Ala Rasul

“Sesungguhnya telah ada dalam diri Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah. (al-Ahzab [33]: 21).

“Dua nikmat yang sering kali manusia tertipu oleh keduanya, yaitu kesehatan dan waktu luang”. (HR. Bukhari no. 6412).

Ketika Kaisar romawi mengirimkan bantuan dokter ke Madinah, ternyata selama setahun dokter tersebut kesulitan menemukan orang yang sakit. Dokter tersebut bertanya kepada Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam tentang rahasia kaum muslimin yang sangat jarang mengalami sakit.
Seumur hidupnya, Rasulullah hanya pernah mengalami sakit dua kali sakit. Pertama, ketika diracun oleh seorang wanita Yahudi yang menghidangkan makanan kepada Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam di Madinah. Kedua, ketika menjelang wafatnya tips kesehatan Rasulullah

  1. Rasulullah SAW cepat tidur dan cepat bangun
Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam tidak menganjurkan umatnya untuk begadang. Hal itu yang melatari beliau tidak menyukai berbincang-bincang dan makan sesudah waktu isya.

  1. Rasulullah sering berpuasa
“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa… Dan berpuasa lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.”

  1. Tidak pemarah
Nasihat Rasulullah:”Jangan marah”, diulangi tiga kali. Ini menunjukkan hakikat kekuatan seseorang bukanlah terletak pada jasad, tetapi pada kebersihan jiwa. Tidak mudah marah juga terbukti menyehatkan tubuh.

  1. Jaga kebersihan
Rasulullah SAW senantiasa tampak bersih dan rapi. Setiap kamis atau jumat, beliau mencukur rambut halus di pipi, memotong kuku, bersiwak, serta memakai minyak wangi . Rosul juga sangat menjaga kebersihan mulut dan gigi melalui sunah Beliau bersiwaq sampai sekarang dianut oleh umatnya.

  1. Menjaga Pola Makan
Di pagi hari pula Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam membuka menu sarapannya dengan segelas air yang dicampur dengan sesendok madu asli. Pada dasarnya, madu bisa menjadi obat berbagai penyakit. Ditinjau dari ilmu kesehatan, madu berfungsi untuk membersihkan lambung, mengaktifkan usus-usus dan menyembuhkan sembelit, wasir dan peradangan.

“Minuman yang paling disukai Rasulullah saw adalah minuman manis yang dingin.” (Diriwayatkan oleh Ibnu Abi `Umar, dari Sufyan, dari Ma’mar, dari Zuhairi, dari `Urwah, yang bersumber dari `Aisyah r.a.)

Masuk waktu dhuha (pagi menjelang siang), Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam senantiasa mengonsumsi tujuh butih kurma ajwa’ (matang). Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam pernah bersabda, “Barang siapa yang makan tujuh butir kurma, maka akan terlindungi dari racun”.
Hal itu terbuki ketika seorang wanita Yahudi menaruh racun dalam makanan Rasulullah pada sebuah percobaan pembunuhan di perang khaibar. Racun yang tertelan oleh Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam kemudian dinetralisir oleh zat-zat yang terkandung dalam kurma. Salah seorang sahabat, Bisyir ibu al Barra’ yang ikut makan tersebut akhirnya meninggal, tetapi Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam selamat dari racun tersebut.

“Rasulullah saw bersabda: “Makanlah minyak zaitun dan berminyaklah dengannya. Sesungguhnya ia berasal dari pohon yang diberkahi.”(Diriwayatkan oleh Mahmud bin Ghailan, dari Abu Ahmad az Zubair, dan diriwayatkan pula oleh Abu Nu’aim, keduanya menerima dari Sufyan, dari ` Abdullah bin `Isa, dari seorang laki-laki ahli syam yang bernama Atha’, yang bersumber dari Abi Usaid r.a.)

Di malam hari, menu utama makan malam Rasulullah adalah sayur-sayuran. Secara umum, sayuran memiliki kandungan zat dan fungsi yang sama yaitu menguatkan daya tahan tubuh dan melindungi dari serangan penyakit.
Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam tidak langsung tidur setelah makan malam. Beliau beraktivitas terlebih dahulu supaya makanan yang dikonsumsi masuk lambung dengan cepat dan baik sehingga mudah dicerna. Caranya juga bisa dengan shalat.

  1. Berolahraga
Rasulullah pun melakukan berbagai jenis olahraga yang menunjukkan bahwa tubuh beliau tidak hanya sehat tetapi juga kuat. Beliau pernah berlomba lari, bertanding gulat, juga memanah.
Rasulullah bersabda : “Ketahuilah bahwa yang dimaksud kekuatan itu adalah memanah, beliau mengucapkannya tiga kali.” (HR. Muslim). Di dalam hadits lain juga dijelaskan : “Kamu harus belajar memanah, karena memanah itu termasuk sebaik-baik permainanmu.” (HR. Bazzar dan Thabrani).

  1. Bersosialisasi
Rasulullah memiliki banyak sahabat dan senantiasa menjaga silaturahim dengan karib kerabat serta bertetangga dengan baik, bersosialisasi juga merupakan salah satu tips menjaga kesehatan ala Rasulullah yang patut kita tiru.

  1. Berbekam
Said bin Jubir  berkata dari Ibn Abbas r.a bahwa Rasulullah saw bersabda:
"Kesembuhan dapat diperoleh dengan tiga cara: pertama dengan meminum madu (dengan obat herbal), kedua dengan berbekam/hijamah, dan ketiga dengan (terapi) besi panas. Dan aku tidak menganjurkan umatku untuk melakukan pengobatan dengan besi panas." (HR. Bukhori)

~~~~~~~~~~~~~~~~~~
TANYA JAWAB

T : Tanya ustadz, Minuman yang paling di sukai Rasulullah saw adalah minuman dingin, maksud dari minuman dingin disini berupa air es atau air dingin tanpa es ya Ustadz?
J : Rasululloh minum dingin bukan es tetapi air tawar yang di embunkan di tempat terbuka sore atau malamnya. Atau air tawar zam zam

T : Tanya lagi ustadz, yang di maksud dengan berbekam dengan besi panas seperti apa ustadz? Mengapa Rasul tidak menganjurkannya?
J : Rasul tidak menganjurkan berobat dengan kayu atau besi yang di panaskan. Dulu ada sebagian orang berobat dengan cara besi di panas pada api baru di tempelkan di tempat sakit

T : Aktivitas apa yang sebaiknya dilakukan setelah makan, karena suami sering banget abis makan lesehan di kasur, tidur-tiduran, kalo dibilangin malah dikirain saya yang nyinyir?
J : di sarankan tidak tiduran karena mengganggu metabolisme tubuh. Jalan jalan ringan  atau aktivitas lain.

T : Assalamu'alaikum wr wb ustadz mau tanya, tentang berhentilah sebelum kenyang makanlah sebelum lapar.
1.Bagaimana posisi makan yang baik ala Rasulullah?
2.buah-buahan yang disukai Rasulullah apa saja ustadz?
3.Buah-buahan yang baik dimakan sebelum makan besar dan setelah makan besar ustadz?
Mohon pencerahannya, Jazakallah khairan katsir ustadz.
J : Wassalamualaikum, nabi membiasakan belum makan apabila tidak benar-benar lapar, agar bisa bersyukur dan berhenti sebelum kenyang agar tidak serakah. Buah yang di sukai nabi di antaranya kurma, Tin dan Zaitun. Sekarang buah yang warna merah di sarankan sebelum makan sesudah makan tidak di sarankan.

T : Ustadz, suami saya kena batu empedu, saran dokter sih dioperasi. Tapi selama bisa menjaga makanan dan tidak kumat, tidak jadi soal dan tidak masalah. Sama dokter juga dikasih obat. Jadi selain obat dokter juga herbal. Herbalnya kunir dan temulawak. Juga diet rendah lemak. Nah yang mau saya tanyakan, bagaimana pola hidup sehat yang harus dijalani suami agar batunya bisa keluar sendiri tanpa operas?i
J : di sarankan banyak minum air putih. Minum air putih, zaitun dan teh pegagan, kalu mau lanjut boleh japri

T : Buah warna merah apa ustadz?
J : Yang bagus warna masak merah seperti pepaya, semangka, tomat, mangga, dan lain-lain.

T : Ustadz, kalo kena kista harusnya bagaimana ustadz? Makanan apa aja yang pantang ?
J : Kista di sarankan minum rebusan daun kelor atau benalu di ambil daun batang dan akar asal jangan dari mangga kuweni. Minum teh pegagan herbal, lain boleh japri

T : Kalau bukan madu murni atau kurma ajwa yang di konsumsi bagaimana ustadz?
J : Semua madu baik yang bagus kadar air kurang 20 pesen dan kurma asli bagus juga

T : ustadz, apakah idealnya memang kita harus tidur jam 21- 03.00? Kadang saking capeknya beraktifitas di siang hari, jam 3 pagi tidak bisa bangun, bagaiimana itu ustadz?
J : Benar tidur yang berkualitas waktu tersebut. Jangan lupa berdoa. Kalau ada lampu garam bukit atau himalaya bagus untuk terapi.

T : Nah, bagaimana cara  mengetahui kadar air kurang dari 20%? Kalau kurma di Indonesia apakah ada yang asli ustadz?
J : Tingkat keencerannya dan di keterangan produk. Kurma yang masih segar bagus.

T : ustadz, mau tanya kalau untuk nyeri haid hebat & tiap haid keluar gumpalan darah beku, herbalnya apa ya, ustadz?
J : Di sarankan teh pegagan dan habbatusauda boleh

T : Ustadz, bagaimana dengan meniup makanan/ minuman panas? jika meniup yang dingin apa diperbolehkan?
J : Tidak boleh karena mengandung co2 kotor baik panas atau dingin.

T : Tidak harus asli ya ustadz kurmanya, yang penting segar dan bagus ustadz?
J : Benar jangan hegenis

T : Lampu garam bukit itu apa ustadz?
J : Ada lampu yang di buat dari garam, memang di sini masih jarang ya

T : Ustadz kalau terapi listrik itu diperbolehkan atau tidak?
J : Di perbolehkan asal dengan ahlinya

T : Ustad, minum setelah habis makan tidak disarankan, betulkah ustad?
J : Di sarankan sebelum makan. Sesudah makan boleh asal jangan yang manis, karena akan mengikat karbohidrat.

T : Ustadz, apabila kita membeli makanan yang kita tahu isu tempat berjualan ini pake pelaris,  apakah kita berdosa?
J : Kalau tahu dan tetap belanja dosa, tapi kita tidak boleh su’udhon dulu, buktinya apa takutnya hanya fitnah

T : Kalau untuk terkena miom pengobatan herbalnya bagaimana ustadz? Makanan apa yang di pantang? Boleh kah di bekam?
J : Miom boleh di bekkam, madu dan teh pegagan, atau herbalnya boleh japri ya

T : Kalau gondok pantangannya apa ya ustadz?
J : Pantangan kurangi garam kecuali garam himalaya. Di sarankan balur dengan minyak pak haji dan herbalnya mengkudu.

T : Ustadz, apa bisa benalu randu untuk membantu menyuburkan kandungan? (adik saya kelebihan berat badan).
J : Belum ada testimoni dan penelitian. Kalau untuk tumor boleh. Mau diet japri ya

T : Ustadz, saya sering kali sakit kepala sebelah, kadang-kadang pindah ke bagian telinga dan rasanya sakit banget, kadang diatas telinga ganti-ganti, apa ya Ustadz kira-kira obatnya?
J : Di sarankan bekam, minum teh pegagan dan kopi radix (japri ya)

T : Afwan ustadz, bagaimana menghadapi seseorang yang punya penyakit hati? Syukron
J : Afwan ini penyakit hati liver atau qalbun maridh? Kita sedang bahas tibbun nabawi. Bisa pakai jeruk lemon dan gamaat.

T : Assalamualaikum pak ustad, disini cari kurma ajwa susah, adakah mrek madu yang mengandung kurma ajwa (maaf nama mrek sebutin ), wassalamualaikum.
J : Ada madu arab diantara komposihya kurma. Madu spirumadu kemarin saya nemu di malaysia

T : Ustadz, barusan dapat ini di sebelah, nah ini bener semua atau ada yang salahkah ?
JANGAN LUPA BERBAGI KALO SUDAH BACA.
=====================
Para dokter di Rumah Sakit Nasional TAIWAN melakukan penemuan terbaru, penyebab utama kerusakan hati adalah tidur terlalu malam & bangun terlalu siang.
Jangan tidur lewat dari jam 22.00 malam, karena malam hari Pk. 23.00 s/d dini hari Pk. 01.00 adalah Proses Pembersihan(detox) di bagian hati, harus berlangsung dalam kondisi tidur pulas.
Pk. 01.00 s/d 03.00 Proses Pembersihan di bagian Empedu dalam kondisi tidur.
Pk. 03.00 s/d 05.00 Proses Pembersihan bagian Paru-paru. Nah...ini pas waktu bangun untuk tahajud dan tarik napas dalam2 menghirup udara pagi.
Pk. 05.00 s/d 07.00 Proses Pembersihan bagian Usus Besar, sebaiknya Buang Air Besar...
Pk. 07.00 s/d 09.00 Proses Penyerapan Gizi bagi Usus Halus, jadi harus makan pagi.
Begadang & bangun terlalu siang mengacaukan Metabolisme tubuh
Selain itu dari tengah malam s/d Pk. 04 dini hari adalah waktu bagi Sumsum Tulang Belakang utk memproduksi darah.
Kirim ke orang-orang yg kamu sayangi.

PENTING BUAT YG SUKA BEGADANG...
Menurut Dennis G West, pengarang buku Kesehatan Terlaris, hal2 yg harus di perhatikan :
✔Jawablah telepon menggunakan telinga sebelah kiri
✔Jangan minum Obat dengan Air Dingin
✔Jangan makan makanan berat setelah jam 18.00 malam
✔Minum lebih banyak Air Putih di pagi hari, malam lebih sedikit
✔Jam tidur yg Paling Baik jam 22.00 malam sampai jam 03.00 pagi
✔Jangan terlalu cepat berbaring setelah minum obat
✔Ketika Baterai Ponsel tinggal satu jangan angkat telp krn Radiasi meningkat hingga 100 kali.
Bagi ini ke orang-orang terdekat Anda,
Kebaikan hati tidak pernah merugikan kita.
Semoga bermanfaat Untuk Kita Semua!!
J : Afwan, walaupun belum ada uji klinis tetapi bagus sekali saya sering jadikan referensi

T : Kalau obat herbal untuk menyuburkan kandungan ada ya ustadz?
J : Afwan ada royal enzim dan radix kacip fatimah japri

T : Izin bertanya ustadz, saya hamil sudah mau 9 bulan, tapi tekanan darah saya rendah terus, kalau minum vitamin dari dokter pengaruhnya hanya sebentar setelah itu lemas lagi. Sebaiknya gimana ya ustadz untuk menjaga kesehatan ibu hamil? Jazakallah
J : Di sarankan minum madu. Atau royal enzim, afwan ada radix kacip fatimah boleh japri
Afwan Ini resep yang hamil, afwan menyebutkan merk
Resep jelang melahirkan :
- 5 kap paramaria
- 5 kap mengkudu
- 1 sachet RPH
- 2 sendok madu
Di shake dgn air sekitar 250 ml, berikan setelah mulai pembukaan. Boleh tambahkan sari kurma & spirulina tanpa di shake.
Biidznillah

T : Ustadz, batas makan malam kan sebelum jam 18.00, nah kalo diatas jam tersebut lapar terus bagaimana? Boleh makan tidak ? Dan makanan apa yang bikin kenyang, sehingga dari sore sampai pagi kita tidak lapar-lapar lagi?
J : Benar terutama yang diabetes. Boleh buah buahan, Madu

~~~~~~~~~~~~~~~~
Selanjutnya, marilah kita tutup kajian kita dengan bacaan istighfar 3x
Doa robithoh dan kafaratul majelis

Astaghfirullahal' adzim 3x

Do'a Rabithah
Allahumma innaka ta'lamu anna hadzihil qulub,
qadijtama-at 'alaa mahabbatik,
wal taqat 'alaa tha'atik,
wa tawahhadat 'alaa da'watik,
wa ta ahadat ala nashrati syari'atik.
Fa watsiqillahumma rabithataha,
wa adim wuddaha,wahdiha subuulaha,wamla'ha binuurikal ladzi laa yakhbu,
wasy-syrah shuduroha bi faidil imaanibik,
wa jami' lit-tawakkuli 'alaik,
wa ahyiha bi ma'rifatik,
wa amitha 'alaa syahaadati fii sabiilik...
Innaka ni'mal maula wa ni'man nashiir.

Artinya :
Ya Allah, sesungguhnya Engkau mengetahui bahwa sesungguhnya hati-hati kami ini,
telah berkumpul karena cinta-Mu,
dan berjumpa dalam ketaatan pada-Mu,
dan bersatu dalam dakwah-Mu,
dan berpadu dalam membela syariat-Mu.
Maka ya Allah, kuatkanlah ikatannya,
dan kekalkanlah cintanya,
dan tunjukkanlah jalannya,
dan penuhilah ia dengan cahaya yang tiada redup,
dan lapangkanlah dada-dada dengan iman yang berlimpah kepada-Mu,
dan indahnya takwa kepada-Mu,
dan hidupkan ia dengan ma'rifat-Mu,dan matikan ia dalam syahid di jalan-Mu.Sesungguhnya Engkau sebaik-baik pelindung dan sebaik-baik penolong.
Aamiin...    

DOA PENUTUP MAJELIS
سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ
Subhanaka Allahuma wabihamdika asyhadu alla ilaha illa anta astaghfiruka wa atubu ilaik.Artinya:“Maha suci Engkau ya Allah, dan segala puji bagi-Mu. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan melainkan Engkau. aku mohon ampun dan bertaubat kepada-Mu.”
Aamiin ya Rabb.

======================
Website: www.hambaAllah.net
FanPage : Kajian On line-Hamba Allah
FB : Kajian On Line-Hamba Allah
Twitter: @kajianonline_HA
IG: @hambaAllah_official

Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Ketik Materi yang anda cari !!