Home » » Menjadi Muslim Seutuhnya

Menjadi Muslim Seutuhnya

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Tuesday, October 3, 2017

Image result for pribadi muslim seutuhnya
Kajian Online Hamba Allah Ummi G7
Tgl/ Hari : Senin,10 Juli 2017
Materi : Menjadi Muslim Seutuhnya
Narasumber : Ustadz Syaikhul Muqorobin
Waktu kajian :  ba'da dzuhur
Editor : Sapta
➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖

MARILAH MENJADI MUSLIM SEUTUHNYA


Dalam sebuah kontes dangdut, sang juara, biduanita, berdiri di atas panggung dengan pakaiannya yang mengumbar aurat. Ia mengucapkan hamdalah dengan begitu fasihnya, dan mengatakan bahwa usahanya ini, adalah demi orang tuanya, dan seluruh hadiah uang pun akan dijadikan hadiah umroh untuk orang tuanya.

Islami sekali?
Sungguh mulia kontes "laghwu" dangdut ini? Mengantarkan niat baik seorang wanita desa, memberangkatkan orang tuanya ke tanah suci menjadi kenyataan?

Marilah berhati-hati dari langkah-langkah syaitan. Karena memang syaitan tidak hanya punya satu jurus dalam mencari teman.

Terkadang yang rajin pengajian dibiarkannya, namun dipandu agar chatting mesra dengan teman pengajian muslimahnya.

Terkadang yang rajin tahajud dibiarkannya, namun diajak agar nyinyir dengan perjuangan mujahid di tanah jihad.

Terkadang yang banyak sedekah dibiarkannya, namun dijadikan istiqomah mencari penghasilan melanggar syariah.

أَيَوَدُّ أَحَدُكُمْ أَنْ تَكُونَ لَهُ جَنَّةٌ مِنْ نَخِيلٍ وَأَعْنَابٍ تَجْرِي مِنْ تَحْتِهَا الْأَنْهَارُ لَهُ فِيهَا مِنْ كُلِّ الثَّمَرَاتِ وَأَصَابَهُ الْكِبَرُ وَلَهُ ذُرِّيَّةٌ ضُعَفَاءُ فَأَصَابَهَا إِعْصَارٌ فِيهِ نَارٌ فَاحْتَرَقَتْ كَذَلِكَ يُبَيِّنُ اللَّهُ لَكُمُ الْآَيَاتِ لَعَلَّكُمْ تَتَفَكَّرُونَ

Apakah ada salah seorang di antaramu yang ingin mempunyai kebun kurma dan anggur yang mengalir di bawahnya sungai-sungai; dia mempunyai dalam kebun itu segala macam buah-buahan, kemudian datanglah masa tua pada orang itu sedang dia mempunyai keturunan yang masih kecil-kecil. Maka kebun itu ditiup angin keras yang mengandung api, lalu terbakarlah, Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepada kamu supaya kamu memikirkannya.
(QS. Al-Baqarah:266)

Ibnu Abbas radhiallahu `anhuma ketika menjelaskan ayat di atas, beliau mengilustrasikan dengan orang kaya yang beramal karena taat kepada Allah, kemudian Allah mengutus setan padanya, lalu orang itu melakukan banyak kemaksiatan sehingga amal-amalnya terhapus.
(Tafsir Ibnu Katsir)

Rasulullah saw bersabda;

Aku benar-benar melihat diantara umatku pada hari Kiamat nanti, ada yang datang dengan membawa kebaikan sebesar gunung di Tihamah yang putih, lalu Allah menjadikannya seperti kapas berterbangan, Tsauban bertanya, Ya Rasulullah, jelaskan kepada kami siapa mereka itu agar kami tidak seperti mereka sementara kami tidak mengetahui!, Beliau bersabda, Mereka adalah saudara-saudara kalian dan sebangsa dengan kalian, mereka juga bangun malam seperti kalian, akan tetapi apabila mendapat kesempatan untuk berbuat dosa, mereka melakukannya. (HR. Ibnu Majah, disahihkan oleh Al-Albany)

Memang, telah shahih kisah seorang pelacur yang akhirnya diampuni dosa-dosanya karena satu amal baiknya; memberi minum anjing yang kehausan.
Namun siapa di antara kita yang berani menjadi pelacur karena merasa aman bahwa memberi minum anjing bisa menghapuskan dosanya?
Sungguh, kita tidak pernah tahu amal sholih kita yang mana yang akan menjadi penolong kita di akhirat.

Sebagaimana, kita juga tidak tahu, dosa kita yang mana, yang dapat menjatuhkan kita ke nerakaNya.
Di atas itu semua, kita tidak pernah tahu, kapan ajal akan menjemput kita.
Semua rahasia Allah tersebut merupakan peringatan bagi kita agar, terus istiqomah di jalan kebaikan.

Marilah berhenti meremehkan dosa. Marilah berhenti membenarkan dosa. Semoga Allah memudahkan kita menjadi muslim yang bertaubat, muslim seutuhnya, jauh dari seluruh langkah-langkah syaitan.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا ادْخُلُوا فِي السِّلْمِ كَافَّةً وَلَا تَتَّبِعُوا خُطُوَاتِ الشَّيْطَانِ ۚ إِنَّهُ لَكُمْ عَدُوٌّ مُبِينٌ

Hai orang-orang yang beriman, masuklah kamu ke dalam Islam keseluruhan, dan janganlah kamu turut langkah-langkah syaitan. Sesungguhnya syaitan itu musuh yang nyata bagimu. (QS. Al-Baqarah: 208)


Wallahul musta`an
Dan hanya Allah-lah Yang Maha Menolong

➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖

TANYA JAWAB

T : Saya punya tetangga mualaf, tapi tidak pernah sholat, apa yang harus saya lakukan sebagai tetangga? Dan bagaimana mengajarkannya melakukan perintah Allah sedangkan dia umurnya lebih tua dari saya. Mohon penjelasannya ustadz. Jazakallah khoir.
J : Pergauli tetangga dengan baik. Antarkan makanan, sering sering tegur sapa. Saat-saat seperti itu, bisa sekalian mencari momen untuk memberikan hadiah buku islami. Atau diajak pengajian ke majelis taklim, sambil terus didoakan agar mendapat hidayah.

T : Pertanyaan titipan:
  1. Orang yang kesurupan, apakah ini berarti keislaman dia belum seutuhnya?
  2. Kalau orang yang sudah menikah terus berzina (katanya tidak sampai berhubungan, hanya petting), sekarang dia bertaubat. Haruskah dirajam sampai mati?
  3. Bagaimana mengingatkan saudara kita yang terbiasa pacaran tingkat tinggi, bingung saya ustadz.
  4. Bagaimana usaha kita supaya menjadi muslim seutuhnya?
  5. Ustadz lebih baik mana di zaman sekarang ini, menyimpan di bank, atau lebih baik di rumah dalam bentuk emas batangan?
J :
  1. Bukan, kesurupan bisa terjadi karena berbagai hal, tidak harus terkait dengan menjadi muslim seutuhnya
  2. Rajam adalah hukuman yang diberikan pemerintah. Bila pemerintah kita tak ada hukum rajam, jangan membuat sendiri.
  3. Mengingatkan saudara bisa dengan cara tidak langsung, baik dengan memberikan buku, atau diajak ke pengajian, dan kuatkan dengan doa.
  4. Agar menjadi muslim seutuhnya, tinggalkan seluruh maksiat. Usahanya bisa dengan rajin bergaul dengan orang soleh, ikut kajian dan doa minfa dikuatkan oleh Allah.
  5. Boleh meyimpan uang di bank syariah. Jangan di bank konvensional, karena ada ribanya, dan riba adalah dosa besar.

T : Ustad kalau membeli barang harga 5 juta dengan si A, tapi saya membayarnya dengan cara kredit senilai 10 juta, itu dinamakan riba bukan? Jadi harga 5 juta dikredit jadi 10 juta itu riba bukan ustadz? Syukron
J : boleh membedakan harga antara tunai dan kredit, tapi wajib dilakukan sebelum akad. Jadi saat akad, harus jelas mau pakai harga 5 juta (tunai) atau 10 juta (kredit). Setelah akad, harga tak boleh berubah-rubah lagi. Jika berubah-rubah maka bisa jatuh dalam riba.

T : Jadi sebelum bayar antara 2 belah pihak harus menyetujui gitu ustadz kalau harganya lebih mahal 2 kali lipat dari harga tunai ustadz?
J : sebelum akad, bukan bayarnya. Yang penting akadnya, ijab qabulnya

T : Assalamu'alaikum ustadz, pernah seseorang mencuri baju bekas, lipstik karena ikut temennya juga mencuri, suatu saat dia bertaubat menyesal untuk mengembalikan sangat jauh, kemudian dia menginfakkan uang senilai barang itu di khususkan untuk orang tersebut. Mohon penjelasan, syukron ustadz.
J : Waalaykumussalam. Kalau jauh, usahakan kontak,  telpon dll dan minta maaf ke korban. Kalo sudah berusaha tetap tak bisa kontakan, boleh bersedekah atas nama orang itu. Namun nanti bila ketemu/berhasil komunikasi tetap harus minta ridhonya

T : Sekarang ini, banyak kantor yang jika memberi gaji karyawan lewat bank konvesional ustadz, itu bagaimana ustadz?
J : usahakan minta ganti bank syariah. minimal buat pribadi. biaya transfer dipotong gaji gapapa, bila sudah usaha, tidak berhasil, ya tidak apa-apa, kita saja yang pindahkan sendiri. Sekarang bank syariah sudah dilengkapi inet banking, mobile banking, atm tersebar luas dan lain-lain. Setelah terima gaji langsung pindahkan ke rekening syariah. Sisakan saldo minimal di rekening konven.

T : Kalau hanya menerima saja tapi tidak ditabungkan di konven apa boleh?
J : menerima gaji saja halal. menabung di bank konven, selayaknya dihindari, pilih bank syariah

T : Assalaamualaikum Yaa Ustadz, mau tanya, Suatu hari si Fulan meminjam uang ke si A. Namun karena si A tidak punya uang tunai, maka si A meminjamkan Fulan sekeping logam emas 5 gram. Kemudian oleh si Fulan, emas 5 gram itu dijual dan jadi uang tunai sebesar Rp.2.500.000 (misalnya 1 gram = Rp  500.000,-). Kemudian, beberapa bulan kemudian, si Fulan ingin mengembalikan hutang. Namun harga emas yang baru saat itu menjadi Rp. 600.000,-.
Bagaimana sebaiknya si Fulan mengembalikan hutang ke Si A, apakah tunai senilai Rp.2.500.000,- atau tetap berupa keping emas 5gram namun dengan total harga Rp  3.000.000.
Terima kasih sebelumnya Ustadz. Mohon pencerahannya.
J : pinjam keping emas, kembalikan keping emas.

T : Assalamualaikum Ustadz. Seperti diatas pake cerita. Si Fulan bekerja di toko. Banyak jenis barang, yang masing-masing jenis, juga punya beberapa kwalitas. Barang-barang tersebut sudah di beri harga oleh pemiliknya. Bagaimana hukumnya, jika Fulan menjual barang A kwalitas 2 memakai harga kwalitas 1, selisih harga masuk kantungnya? Mohon jawaban/ penjelasan. Terimakasih Ustadz
J : waalaykumussalam wrwb. tidak boleh. jelas tidak jujur dan uang itu bukan haknya, wajib dikembalikan ke pembelinya. atau jika tidak berhasil mencarinya setelah berusaha, maka disedekahkan dengan niat atas nama pembeli, namun jika nanti pembelinya muncul tetap harus meminta ridhonya.

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~
Kita akhiri majlis hari ini dengan membaca :  

🔊 ucap syukur : الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِين
🔊 dan istighfar أَسْتَغفِرُ اَللّهَ الْعَظيِمْ

[In Syaaa ALlaah]  إِنْ شَاءَ الله  
kebersamaan ini bermanfaat dan barokah.

أٰمِيْنَ يَا رَبَّ الْعَالَمِيْن
[aamiin yaa Rabbal 'aalamiiiin]

و‌َالسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ


~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~
PENUTUP

DOA PENUTUP MAJELIS
سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ
Subhanaka Allahuma wabihamdika asyhadu alla ilaha illa anta astaghfiruka wa atubu ilaik. Artinya:“Maha suci Engkau ya Allah, dan segala puji bagi-Mu. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan melainkan Engkau. aku mohon ampun dan bertaubat kepada-Mu.”
Aamiin ya Rabb.

======================
Website: www.hambaAllah.net
FanPage : Kajian On line-Hamba Allah
FB : Kajian On Line-Hamba Allah
Twitter: @kajianonline_HA
IG: @hambaAllah_official

Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Ketik Materi yang anda cari !!

Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT