Tujuan utama dari pelaksanaan Grup ini, semata-mata hanya untuk mencari Ridho اللّهُ SWT. Terus semangat belajar dan berbagi ilmu sampai ke liang lahat demi menjadi Hamba Allah SWT yang Kaffah

NASIHAT RASULULLAH SAW

Image result for nasehat rasul
Kajian Online Hamba Allah Ummi G-6
Rabu, 1 Februari 2017; Jam: 11.52 - 19.21 WIB
Narsum : Ustadz Kaspin
Tema : Nasehat Rasulullah SAW
Notulen : Bunda Risma
Editor : Sapta
🎗🎗🎗🎗🎗🎗🎗🎗

Assalamu'alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh Alhamdu lillahi nasta'iinuhu wa nastaghfiruhu wa na'udzu hillahi min syuruuri anfusinaa Allahumma shalli 'alaa Muhammad wa 'alaa aalihii wa ashhabihi aj'main Ammaa ba'du, uushiikum wa nafsii bitaquwallahi faqad faazalmuttaquun.

NASIHAT RASULULLAH SAW

Dari Mu'adz bin Jabal R.A, ia berkata, "Pernah aku bersama Rasulullah SAW dalam suatu perjalanan.  Pada suatu hari  aku dekat sekali dengan beliau kala kami sama-sama menapakan kaki.  Aku berkata, "Wahai Rasulullah, beritahulah aku tentang sesuatu perbuatan yang dapat menghantarkan aku masuk surga dan menjauhkan diriku dari neraka."
Beliau bersabda, "Kamu telah bertanya tentang sesuatu yang besar. Hal itu sangat mudah bagi orang yang dimudahkan Allah bagi nya. Hendaklah  kamu menyembah  Allah, tidak menyekutukan-Nya dengan suatu apapun, mendirikan shalat, mengeluarkan zakat, berpuasa Ramadhan, dan menunaikan haji di Baitul Haram."

        Kemudian beliau melanjutkan lagi, "Maukah kamu  kutunjukkan pintu-pintu kebaikan?" "Baik ya Rasulullah," kataku. Beliau bersabda, "Puasa adalah surga. Shadaqah dapat memadamkan kesalahan sebagaimana air yang memadamkan api.  Shalat yang didirikan seseorang di tengah malam adalah syi'ar orang-orang shaleh."  

Lalu beliau membaca ayat Al-Qur'an: "Lambung mereka jauh dari tempat tidurnya, sedang  mereka berdo'a kepada Rabbnya dengan rasa takut dan harap, dan mereka menafkahkan sebagian rizki yang Kami berikan kepada mereka. Seorang pun tidak mengetahui apa yang di sembunyikan untuk mereka, ya itu (bermacam-macam nikmat) yang menyedapkan pandangan  mata sebagai balasan terhadap apa yang telah mereka kerjaka ."

Beliau bersabda lagi, "Maukah kamu kuberitahu tentang pangkal masalah, tonggak, dan yang paling tinggi kedudukannya?" "Baiklah ya Rasulullah," kataku. "Pangkal masalah adalah Islam.  Tonggaknya adalah  shalat, dan yang paling tinggi kedudukannya adalah jihad."    

"Maukah kamu kuberitahu sendi dari semua itu?" "Tahanlah ini atas dirimu," sabda beliau  sambil  menunjuk lidah.         "Wahai Rasulullah, bagaimana kita dapat melakukannya padahal kita berbicara dengan lidah?," kataku.
"Wahai Mu'adz, ibumu akan bersedih karena kematianmu. Apakah manusia menjerumuskan  wajahnya ke dalam  api atau berkata dengan dengusan hidungnya kecuali diakibatkan oleh lidahnya?"

Assalamu'alikum wa rahmatullahi wa barakatuh
🎗🎗🎗🎗🎗🎗🎗🎗

TANYA JAWAB

T : Masih belum jelas untuk alenia terakhir abah, penjelasan Rasulullah bahwa ibu Mu'adz akan bersedih karena kematian muadz. . .dst
J : Iya, kalau meracau merayau rayau apalagi sampai jerit-jerit dan merobek baju karena sedih ini tanda tidak ridho dengan takdir Allah, ini membuat seseorang jadi ke neraka.

T : Ohh. . .jadi lisan yang membuat masuk neraka dalam hal ini karena dalam hal ini berlebihan ketika ditinggal mati oleh seseorang gitu ya ustadz?
J : iya

T : Ustadz, lebih urgent mana jika kita bersedekah dengan orang-orang dijalanan yang menurut kita lebih layak diberi (pemulung, tukang becak, sapu jalan, tukang koran) di banding tetangga kita yang sudah mampu dan duduk berdiam diri dirumah, meskipun tetangga juga kadang kita antar makanan. Syukron.
J : Iya, tapi memang menurut saya sih yang dekat aja dahulu

T : Ijin bertanya ustadz semoga masih berhubungan dengan materi:Tips yang jitu agar tetap terjaga amalan harian, kadang sebagai ibu keseharian dengan anak-anak membuat lalai dan bahkan lupa untuk "me & Allah time".
J : Ingat Allah, Ingat surga, Ingat neraka, Ingat mati



~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~
Kita akhiri majlis hari ini dengan membaca :  

🔊 ucap syukur : الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِين
🔊 dan istighfar أَسْتَغفِرُ اَللّهَ الْعَظيِمْ

[In Syaaa ALlaah]  إِنْ شَاءَ الله  
kebersamaan ini bermanfaat dan barokah.

أٰمِيْنَ يَا رَبَّ الْعَالَمِيْن
[aamiin yaa Rabbal 'aalamiiiin]

و‌َالسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ


~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~
PENUTUP

DOA PENUTUP MAJELIS
سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ
Subhanaka Allahuma wabihamdika asyhadu alla ilaha illa anta astaghfiruka wa atubu ilaik. Artinya:“Maha suci Engkau ya Allah, dan segala puji bagi-Mu. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan melainkan Engkau. aku mohon ampun dan bertaubat kepada-Mu.”
Aamiin ya Rabb.

======================
Website: www.hambaAllah.net
FanPage : Kajian On line-Hamba Allah
FB : Kajian On Line-Hamba Allah
Twitter: @kajianonline_HA
IG: @hambaAllah_official