Ketik Materi yang anda cari !!

Neuropathy

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Tuesday, October 31, 2017


 Image result for neuropathy

Rekap Kajian Online Hamba Allah Ummi G-2
Hari/Tgl: Senin ,07 Agustus 2017
Materi   : Neuropathy
Narasumber : dr. Eka Rosyilia
Waktu kajian :10.00 wib - selesai
Editor : Sapta
➖➖➖➖➖➖➖➖➖

Bismillahirrohmanirrohim assalamualaykum warohmatullohi wabarokatuh

Robbi zidni ilman war zuqni fahman

Neuropati adalah istilah umum yang digunakan untuk kondisi-kondisi yang terkait dengan kelainan pada fungsi saraf. Kata neuropati itu sendiri berarti gangguan saraf. Saraf-saraf yang ada di seluruh tubuh dapat mengalami gangguan akibat penyakit tertentu maupun cedera.
Pembahasan neuropati bisa menjadi cukup luas. Neuropati sendiri dapat dikelompokkan berdasarkan lokasi saraf yang terpengaruh dan penyakit-penyakit yang menyebabkannya. Berikut ini adalah jenis-jenis neuropati yang umum:

Neuropati perifer
Kondisi ini terjadi ketika gangguan atau kelainan saraf memengaruhi saraf di luar otak dan saraf tulang belakang. Dengan kata lain, neuropati perifer memengaruhi saraf-saraf pada anggota gerak, seperti lengan, tungkai, tangan, kaki, dan jari. Saraf-saraf ini adalah bagian dari sistem saraf perifer yang berfungsi menghantarkan sinyal dari dan ke otak. Jika saraf di bagian bahu, pinggul, paha, atau bokong yang mengalami gangguan, maka kondisi tersebut dikenal dengan istilah neuropati proksimal.

Gejala neuropati perifer yang berdampak pada fungsi motorik :
  • Kram otot dan kedutan.
  • Kelemahan atau kelumpuhan pada salah satu atau beberapa otot.
  • Sulit mengangkat kaki, sehingga mengalami kesukaran dalam berjalan.
  • Otot mengecil.

Gejala neuropati perifer yang berdampak pada fungsi sensorik:
  1. Parestesia, yaitu sensasi kesemutan atau rasa seperti tertusuk-tusuk pada bagian yang mengalami gangguan.
  2. Rasa perih dan menyengat, biasanya pada bagian kaki dan tungkai.
  3. Baal dan menurunnya kemampuan untuk merasakan rasa sakit.
  4. Pembengkakan kaki yang tidak dirasakan.
  5. Perubahan suhu tubuh, terutama di bagian kaki.
  6. Kehilangan keseimbangan atau koordinasi.
  7. Merasakan sakit dari stimulasi yang seharusnya tidak menimbulkan rasa sakit sama sekali.

    Neuropati otonom

    Kondisi yang muncul akibat kerusakan pada sistem saraf involunter. Sistem saraf ini mengendalikan detak jantung, sirkulasi darah, sistem pencernaan, respons seksual, keringat, dan fungsi kandung kemih. Gejala neuropati otonom, antara lain:Terutama pada malam hari akan mengalami konstipasi atau diare.Tekanan darah rendah atau hipotensi.Merasa mual, kembung, dan sering bersendawa.Gangguan pada respons seksual, misalnya disfungsi ereksi.Detak jantung cepat atau takikardia.Kesulitan menelan.Inkontinensia fekal.Gula darah rendah (hipoglikemia).Kesulitan buang air kecil.Berkeringat secara berlebihan.

    Neuropati kranial

    Kondisi di mana terjadi kerusakan pada salah satu dari 12 saraf kranial (saraf di bagian kepala). Berikut adalah dua jenis neuropati kranial:Neuropati optik. Kelainan pada saraf kranial yang berfungsi mengirimkan sinyal visual dari retina ke otak, sehingga mempengaruhi penglihatan.Neuropati auditori. Kelainan pada saraf kranial yang mengirimkan sinyal suara dari telinga menuju otak, dan menimbulkan gangguan dalam pendengaran.

    Neuropati fokal atau mononeuropati

    Kondisi yang hanya memengaruhi satu saraf, satu kelompok saraf, atau saraf pada salah satu bagian tubuh seperti paha, kaki, lengan, otot mata, atau dada. Kondisi ini umumnya dipicu oleh penyakit diabetes, dengan gejala yang muncul secara mendadak. Gejala biasanya dapat mereda dengan sendirinya dalam jangka waktu 6 hingga 8 minggu. Gejala yang muncul akan tergantung pada saraf mana yang mengalami gangguan, misalnya:Salah satu sisi wajah melemah (Bell’s palsy).Rasa kebas atau penurunan sensitivitas perabaan pada jari tangan atau jari tangan.Rasa sakit, kebas, atau lemah pada kaki atau lengan.Rasa sakit pada mata, serta pandangan kabur atau tidak bisa fokus.Neuropati umumnya menimbulkan gejala, tetapi tidak semua penderita memiliki gejala dan tingkat keparahan yang sama. Namun, kadang ada juga neuropati yang tidak menimbulkan gejala apa pun.

    Penyebab Neuropati

    Terdapat banyak hal yang bisa menyebabkan seseorang mengalami neuropati. Berikut ini adalah beberapa kondisi, cedera, dan infeksi yang bisa berakibat pada munculnya neuropati:

  1. Trauma atau cedera. Penyebab kerusakan saraf yang paling umum adalah cedera atau trauma. Cedera bisa terjadi karena aktivitas maupun kecelakaan.

  1. Diabetes. Ini adalah kondisi yang juga sering dikaitkan dengan neuropati. Jika gejala neuropati perifer muncul pada orang yang menderita diabetes, maka kondisi tersebut dikenal dengan istilah neuropati diabetes. Gejala biasanya menjadi lebih parah jika gula darah tidak terkontrol, atau penderitanya mengalami obesitas dan hipertensi.

  1. Penyakit autoimun. Beberapa penyakit autoimun bisa menjadi penyebab munculnya neuropati, misalnyarheumatoid arthritis, lupus eritematosus sistemik, dan sindrom Sjogren.

  1. Infeksi. Beberapa infeksi virus maupun bakteri juga bisa menyebabkan munculnya neuropati, misalnya HIV/AIDS, penyakit Lyme, dan sifilis.

  1. Tumor. Keberadaan tumor dapat menekan saraf-saraf yang ada di sekitarnya. Neuropati bisa terjadi jika tumor (jinak atau ganas) muncul di jaringan sekitar saraf.

  1. Penyakit keturunan. Neuropati juga bisa terjadi sebagai akibat dari penyakit keturunan, misalnya ataksia Friedreich,porfiria, dan penyakit Charcot-Marie-Tooth.

  1. Uremia. Kondisi ketika terjadi penumpukan sisa metabolisme tubuh di dalam darah akibat kondisi gagal ginjal yang akhirnya bisa mengakibatkan munculnya neuropati.

  1. Iskemia. Suatu kondisi ketika jaringan kekurangan suplai darah. Hambatan aliran darah ke saraf dapat menyebabkan kerusakan saraf jangka panjang.

  1. Defisiensi vitamin. Neuropati bisa muncul akibat kekurangan beberapa vitamin, terutama vitamin B12 dan folat, serta beberapa vitamin B lainnya.

  1. Obat-obatan. Beberapa obat untuk terapi kanker (salah satunya vincristine) dan antibiotic (misalnya metronidazoledan isoniazid) bisa menyebabkan kerusakan pada bagian saraf.

  1. Alkohol. Mengonsumsi minuman keras berlebihan bisa menyebabkan kerusakan pada saraf. Biasanya pecandu minuman keras mengalami kekurangan nutrisi dan vitamin.

  1. Racun. Beberapa racun (toksin) atau senyawa berbahaya bisa menyebabkan kerusakan pada saraf manusia, misalnya pestidisa, senyawa emas, arsenik, timah, atau merkuri.


Diagnosis Neuropati

Pada awal pemeriksaan, dokter akan menanyakan tentang gejala yang dirasakan dan riwayat kesehatan, serta melakukan pemeriksaan fisik untuk mencari tahu penyebab dan tingkat keparahannya.

Selain itu, pemeriksaan tambahan dapat dilakukan untuk memastikan diagnosis dan penyebabnya. Salah satu pemeriksaan yang biasanya dilakukan adalah pemeriksaan darah, untuk mengetahui apakah ada kondisi medis tertentu yang menyebabkan terjadinya kerusakan saraf.

Untuk mengetahui apakah terdapat penekanan atau kerusakan pada saraf, dapat dilakukan pencitraan seperti foto Rontgen, CT scan, dan MRI. Sedangkan pemeriksaan yang dilakukan khusus untuk melihat fungsi saraf adalah:

Elektromiografi (EMG). Tes ini berfungsi untuk mengukur fungsi saraf.Tes velositi konduksi saraf (NVC). Tes ini berfungsi untuk mengukur kecepatan penghataran sinyal pada saraf.Biopsi saraf. Merupakan prosedur pengambilan sampel jaringan saraf, untuk kemudian diperiksa di bawah mikroskop. Jika diperlukan, biopsi kulit juga dapat dilakukan untuk memeriksa kedalaman serat saraf pada kulit.

Pengobatan Neuropati

Tujuan pengobatan neuropati adalah untuk meredakan gejala yang muncul serta mengatasi penyebab utamanya. Jika kondisi yang mendasarinya terobati, maka neuropati pun akan hilang atau sembuh dengan sendirinya.

Khususnya pada neuropati diabetes, pengaturan kadar gula darah akan sangat penting dalam membantu mencegah kerusakan lebih lanjut pada bagian saraf yang sudah terpengaruh.

Jika neuropati disebabkan oleh penekanan atau penjepitan pada saraf, maka penanganannya adalah melalui prosedur operasi. Sedangkan apabila neuropati terjadi akibat penyakit autoimun, infeksi, kelainan ginjal, defisiensi vitamin, efek samping obat, cedera, atau kondisi lainnya, maka penanganannya pun akan disesuaikan dengan gangguan yang mendasarinya.

Berikut ini adalah contoh obat-obatan yang biasa dipakai dalam mengatasi kondisi dan gejala yang terkait dengan neuropati:

Antikonvulsan.Antidepresan.Opioid dan obat sejenisnya.Obat pereda nyeri topikal (dioleskan di kulit).Antioksidan asam alfa lipoat (untuk mengatasi gejala neuropati diabetes).Jika gejala atau rasa nyeri tidak mereda setelah pengobatan, sebuah prosedur yang disebut transcutaneous electrical nerve stimulation (TENS) dapat dilakukan untuk merangsang sistem saraf, dengan menggunakan energi listrik yang dihantarkan melalui permukaan kulit.

Neuropati, khususnya neuropati diabetes, sering terjadi pada saraf kaki. Oleh karena itu, sangat penting bagi penderitanya untuk memberikan perawatan khusus terhadap bagian tubuh tersebut. Penderita dianjurkan untuk:

Tidak keluar rumah tanpa memakai alas kaki.Tidak menggunakan alas kaki yang rusak atau tidak sesuai ukuran kaki ketika berpegian.Mencuci kaki dengan air hangat setiap hari dan mengeringkannya, terutama di bagian antara jari-jari kaki.Tidak membiarkan kuku jari kaki tumbuh terlalu panjang, atau memotongnya terlalu pendek.Memeriksa telapak kaki secara rutin untuk mencari luka robek, luka melepuh, atau kerusakan lainnya.Memijat kaki untuk meningkatkan sirkulasi atau berhenti merokok agar sirkulasi darah membaik.Menggunakan kaos kaki yang tebal untuk mencegah gesekan atau luka.

Pencegahan Neuropati

Sama halnya seperti langkah pengobatan, pencegahan yang dapat Anda lakukan untuk menghindari neuropati tergantung pada kondisi yang mendasarinya. Neuropati diabetes bisa dicegah dengan menjaga dan memonitor kadar gula dalam darah secara rutin agar tidak melebihi batas normal. Sedangkan neuropati akibat kekurangan nutrisi, defisiensi vitamin, atau kecanduan minuman keras, bisa dicegah dengan menerapkan pola makan seimbang dan membatasi konsumsi alkohol.
~~~~~~~~~~~~~~~~~
TANYA JAWAB

T: Materinya bagus Bu dokter, saya mau tanay ibu saya beberapa bulan ini lututnya sakit terutama ketika mau duduk dan berdiri, itu kenapa ya dok? dan apa obatnya? Terimakasih sebelumnya.
J : Bismillahirrohmanirrohim, itu karena kondisi sendi yang mengalami proses degeneratif atau penuaan juga tulang yang mulai menipis (osteoporosis). Biasanya diberikan pereda nyeri. Saya sarankan untuk fisioterapi juga konsul ke dokter jika memungkinkan untuk penyuntikan di area sendi nya. Wallahu'alam bishowwab

T : Saya juga mau bertanya, suami saya akhir-akhir ini mengeluh paha kiri bagian belakang sakit terus menjalar ke maaf bokong bagian belakang. Sekarang pindah ke paha kanan belakang sampai buat rukuk nahan sakit. Itu kenpa ya dok? Kira-kira ototnya atau apanya? Terimakasih
J : Bismillahirrohmanirrohim, Saya lebih cenderung ke syaraf terjepit Bunda. Coba tanya ada riwayat angkat benda berat atau posisi mengangkat benda yang salah atau mendorong sesuatu yang sulit tergeser atau bergerak dengan gerakan yang menyebabkan kondisi tulang tergeser. Wallahu'alam bishowwab

T : Saya sekarang sakit tenggorokan, sudah periksa, tapi tetep gatal dan batuk kering, sakit dan gatal banget, sehingga kurang tidur. Bagaimana ya dok?
J : Bismillahirrohmanirrohim, batasi makanan minyak/gorengan, yang dingin juga manis bunda, coba konsultasi kembali, adakah gejala lainnya seperti demam, dan berapa lama, untuk evaluasi terapi dan obat yang perlu ditambahkan atau dikurangi. wallahu'alam bishowwab

T : Saya mau tanya, 1 minggu yang lalu kaki sebelah kanan kram agak lama dan sakit banget, setelah kram malamnya saya merasakan sakit bagian selakangan ~maaf~ dan sampai terus di vagina saya, setelah saya raba diselakangan dan bibir vagina sebelah kanan seperti ada benjolan agak besar dan bahkan susah untuk buang air kecil, seperti beseran, karena saya merasa tidak kuat saya coba pijit dan benjolan itu di urut katanya otot yang kejang tadi akibat kram. Sudah seminggu lebih masih ada benjoln itu, tapi mengecil dan alhamdulilah sudah bisa buang air kecil kembli. Saya merasa ini kram yang sakit banget yang pernah saya alami. Yang saya tanyakan bagaimana cara mengatasi kram yang tiba-tiba menyerang seperti itu, dan apakah benjolan yang dibilang dari otot kejang yang berada di bibir vagina apa tidak berbahaya? Mohon penjelasannya dan terima kasih.
J : Bismillahirrohmanirrohim, ada keputihan bund? Berapa lama keputihannya jika ada? Adakah gejala lainnya. Karena bisa jadi bukan kejang otot biasa. Wallahu'alam bishowwan

T : Afwan dok tanya, kalau kepala suka tiba-tiba sakit mulai dari kepala bagian kiri tengah sampai mata, tapi cuma beberapa menit, kemudian hilang dan itu sering terjadi, itu kenapa ya dok? Syukron dokter.
J : Bismillahirrohmanirrohim, ada baik nya cek mata ya bunda, serta ke THT untuk sinus dan telinga nya. Wallahu'alam bishowwab

T : Saya mau tanya dok, untuk mengatasi kram apakah sebaiknya otot di regangkan atau di biarkan saja sampai reda dengan sendirinya? Saya sering kram di kaki+leher, dan apabila di biarkan walaupun sudah reda kramnya tapi menyisakan sakit. Ketika kulit lebam apakah ini juga berhubungan dengan neuropati dok? Di kaki/paha saya sering lebam berwarna ungu/kebiruan, biasanya timbul setelah pegal atau kadang-kadang tanpa sebab, kira-kira apa penyebab dan pengobatnnya seperti apa? Jazakillah.
J : Bismillahirrohmanirrohim, Bunda bisa di relaksasi, konsumsi pisang dan alpukat untuk mengurangi kejadian kram atau tetani in syaa Alloh. Boleh jika menyisakan rasa sakit diminum pereda nyeri nya. Untuk lebam di kulit baiknya konsul ke sppd bunda, untuk memastikan tidak ada gangguan pada hematologi nya. Wallahu'alam bishowwab

T : Dok, mengapa jika kaki kanan saya di tekuk-diluruskan ditekuk-diluruskan, si lutut saya duka ada bunyi kress -kresssan? Mohon penjelasan akibat dari apa? makanan atau hal lain? Saya harus banyak makanan apa? karena saya tidak suka minum obat-obatan. Jazakillah dokter, barokallah.
J : Bismillahirrohmanirrohim, biasanya karena kaku sendi ya bunda, jika tidak ada kecenderungan asam urat, perbanyak kacang-kacang an, susu. Wallahu'alam bishowwab

T : Dokter “charcot marie tooth” itu apa ya? Syukron.
J : Bismillahirrohmanirrohim, Penyakit ini merupakan penyakit genetik, dengan gejala berupa neuritis perifer dan disertai kelainan pada otot serta tulang pada ekstremitas (bagian anggota gerak, lazim nya kaki dan telapak kaki). Wallahu'alam bishowwab

T : satu lagi dokter, anak saya usia 6 tahun, gemuk banget sih nggak, BB sekitar 23-25kg, kalau tidur suka tiba-tiba kesemutan di kaki kadang tangan, apakah itu juga termasuk gejala neuropati?
J : Bismillahirrohmanirrohim. Ya bunda, hanya sebabnya jelas maka tidak dikatakan neuropathy tapi neuritis, karena BB yang besar sehingga menekan saraf perifer, sehingga yang terjadi adalah rasa kebas (baal). Wallahu'alam bishowwab

T : Tanya dokter, apakah boleh ketika kita merasakan sebagian gejala dari (gangguan) saraf tersebut di atas, kita konsumsi saja supplemen/obat yang dijual bebas di apotik seperti  Neurobion? Apakah jika dikonsumsi rutin (dalam jangka waktu lama) ada efek sampingnya?
J : Bismillahirrohmanirrohim. Boleh, jika hanya sebatas suplemen, tapi sesekali konsultasikan ke tenaga pelayanan kesehatan ya. Kenapa dibolehkan untuk neurobion atau yang isinya sama, karena isinya vitamin B yang bisa larut dalam air. Jika dosisnya berlebih maka akan mudah dibuang melalui ginjal dengan minum air putih yang banyak. Wallahu'alam bishowwab.

T : Bu dokter mau tanya, Saya sudah hampir sebulan sakit kaki awalnya dari sering sakit pinggang terus angkat beban berat, tapi menjalar ke sakit panggul, sakit paha, sendi lutut sakit dan kaku, terus sakit betis, sakit kaki kadang sampai sakit jalan dan bengkak. Sudah tes darah takutnya ginjal tapi alhamdulilah bukan. Sudah di rontgent ternyata tulang punggung saya berbentuk huruf S (skiolosis). Apakah gejala-gejala sakit yang selama ini saya rasakan itu neuropati? Waktu awal periksa saya dikasih vit B.12 dan obat untuk syraf, pas periksa ke-2 beda dokter lagi saya dikasih obat anti nyeri. Tapi sendi lutut sampai sekarang masih kaku dan belum bisa jongkok suka sakit. Bagaimana ya dok? Apakah saya lanjut saja konsumsi vit B.12? Nuhun atas jawabannya dokter.
J : Bismillahirrohmanirrohim. Jadi neuropathy ada dalam gejala yang bunda alami, tapi itu gejala bukan sebab penyakitnya, sebabnya adalah saraf yang terjepit kemungkinan karena posisi tulang belakang yang tidak normal lagi. Berbentuk s atau skoliosis. Vitamin B 12 silahkan minum. Penghilang nyerinya juga minum. Saran saya ke fisioterapi. Wallahu'alam bishowwab

~~~~~~~~~~~~~~~~
Selanjutnya, marilah kita tutup kajian kita dengan bacaan istighfar 3x
Doa robithoh dan kafaratul majelis

Astaghfirullahal' adzim 3x

Do'a Rabithah
Allahumma innaka ta'lamu anna hadzihil qulub,
qadijtama-at 'alaa mahabbatik,
wal taqat 'alaa tha'atik,
wa tawahhadat 'alaa da'watik,
wa ta ahadat ala nashrati syari'atik.
Fa watsiqillahumma rabithataha,
wa adim wuddaha,wahdiha subuulaha,wamla'ha binuurikal ladzi laa yakhbu,
wasy-syrah shuduroha bi faidil imaanibik,
wa jami' lit-tawakkuli 'alaik,
wa ahyiha bi ma'rifatik,
wa amitha 'alaa syahaadati fii sabiilik...
Innaka ni'mal maula wa ni'man nashiir.

Artinya :
Ya Allah, sesungguhnya Engkau mengetahui bahwa sesungguhnya hati-hati kami ini,
telah berkumpul karena cinta-Mu,
dan berjumpa dalam ketaatan pada-Mu,
dan bersatu dalam dakwah-Mu,
dan berpadu dalam membela syariat-Mu.
Maka ya Allah, kuatkanlah ikatannya,
dan kekalkanlah cintanya,
dan tunjukkanlah jalannya,
dan penuhilah ia dengan cahaya yang tiada redup,
dan lapangkanlah dada-dada dengan iman yang berlimpah kepada-Mu,
dan indahnya takwa kepada-Mu,
dan hidupkan ia dengan ma'rifat-Mu,dan matikan ia dalam syahid di jalan-Mu.Sesungguhnya Engkau sebaik-baik pelindung dan sebaik-baik penolong.
Aamiin...    

DOA PENUTUP MAJELIS
سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ
Subhanaka Allahuma wabihamdika asyhadu alla ilaha illa anta astaghfiruka wa atubu ilaik.Artinya:“Maha suci Engkau ya Allah, dan segala puji bagi-Mu. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan melainkan Engkau. aku mohon ampun dan bertaubat kepada-Mu.”
Aamiin ya Rabb.

======================
Website: www.hambaAllah.net
FanPage : Kajian On line-Hamba Allah
FB : Kajian On Line-Hamba Allah
Twitter: @kajianonline_HA
IG: @hambaAllah_official

Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment