Home » , , » Bagaimana Sholat Anak Kita

Bagaimana Sholat Anak Kita

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Monday, November 20, 2017


Image result for menjaga sholat anak

REKAP KAJIAN ONLINE HAMBA ALLAH G-4
Hari/tgl : Kamis 17 Agustus 2017
Narsum: Ustadzah Endria Sari
Tema.   : Bagaimana Sholat Anak Kita
Waktu   : 19.00-selesai
Admin  : Sugi, Rahmi,
Notulen: Laela
Editor : Sapta
➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖

Sholat adalah salah satu selain Zakat sebagai pembatas dari suatu identitas ke-Islaman seseorang.

Artinya batas atau bedanya seorang muslim dan orang kafir adalah terletak pada SHOLAT dan ZAKAT nya ...
Begitu besar perhatian Allah kepada seorang yang mengaku islam terhadap amal sholatnya.
Jika kita review kembali apa yang sudah kita fahami.

Sholat adalah ibadah yang ketika turunnya perintahNya , Rasulullah ﷺ diperjalankan oleh Allah ‎ﷻ di malam hari dalam keadaan sadar dan penuh dengan suasana yang Allah ingin tunjukkan kepada Hamba kekasihNya itu betapa Maha AgungNya Dia... dan betapa Maha Kuasanya Allah ‎ﷻ
Sholat juga ibadah yang akan meringankan kita atau memberatkan keadaan kita saat kita sudah berada di alam barzah ..
Sholat juga akan menjadi sebab ringan atau beratnya keputusan Allah kelak ketika kita tiba sampai di hari Hisab. Yakni hari Perhitungan. Di akhirat.

Sholat di dalam Al Qur'an juga merupakan cara agar kita terhindar dari perbuatan mungkar.
Sholat selain merupakan perintah juga merupakan ajaran Allah ‎ﷻ bagaimana agar kita manusia segera ditolong oleh Allah ta'ala ketika berada dalam jurang kesempitan.
Yang yang tidak kalah utama yang harus kita ingat adalah bahwa SHOLAT merupakan Sarana Seorang Muslim untuk berkomunikasi, bermediasi, bermohon berbagai kebaikan. Dan juga sebagai sumber sebab dicintainya seseorang oleh Allah ‎ﷻ ....

MasyaAllah
Laa quwwata ilaa billaah
Betapa dahsyatnya Ibadah yang satu ini yaaa ...
Oleh karena itu ...
Kalau tadi kita sdh memahami betapa istimewanya ibadah Sholat ini ... mgkin nara sumber yang lain juga sudah menjalaskan panjang lebar rentang fiqh dan keutamaan2 yg lain ...

Pada malam hari ini saya ingin lebih spesifik pada pembahasan bagaimana keadaan sholat anak-anak kita. Untuk lebih mudahnya saya menyampaikan materi ini, saya izin untuk sedikit berbagi pengalaman pribadi saya dengan keluarga saya. Ambil saja moment ter up date yakni hari ini. Apa yang terjadi hari ini ?
Di saat hampir disetiap sudut wilayah indonesia sedang memeriahkan acara 17an. Mungkin Juga termasuk di daerah semua jama'ah yang ada di grup ini. Sebelum saya menceritakan keadaan anak saya ... hari ini.

Saya ingin semua bunda yg ada disini "berkaca" artinya melihat ke  kami dan juga lihat ke anak bunda yang ada di rumah atau di tempat di mana saja. Bagi yang sempat melakukan evaluasi pada malam hari ini, bersyukurlah kepada Allah dan memohonlah pertolongan agar bunda dan keluarga diberi tambahan hidayah dan juga jiwa yang istiqomah didalam melaksanakan ibadah sholat. Sedangkan bagi bunda yang sibuk bekerja dimana saja berada, malam ini saya mengajak diri saya dan bunda sekalian untuk bermuhasabah. Mengevaluasi diri segera terkait urusan Sholat kita sendiri dan juga Sholat anak-anak kita.

Hari ini seperti biasa anak saya yang laki-laki umur sekitar 11 tahun menuju 12 th (bulan Mei nanti insyaAllah), padat dengan aktivitasnya baik yang sifatnya hiburan baginya atau rutinitas wajib yang sudah kami sepakati sebagai agenda harian yang hrs dikerjakan. Bedanya hari ini hari libur jadi tidak ada waktu yang tersita untuk berada di sekolahnya. Sebelum subuh seperti biasa saya sudah membangunkannya untuk segera menuju masjid dan melaksanakan sholat subuh berjama'ah. Setelah subuh biasanya dia melanjutkan untuk Menghafal Qur'an, yang alhamdulillah tadi pagi dia laporkan sudah mendapat 2 halaman hafalan baru.

Menjelang siang (dari sepagi hingga dzuhur) saya kurang perhatian kepadanya karena kebetulan banyak tugas membuat materi yang harus saya kerjakan. Anak saya juga datang ke rumah hanya sebentar-sebentar sekedar untuk minum segelas air kemudian kembali mengikuti jadwal pertandingan demi pertandingan dgn warga setempat. Hingga setiap terdengar azan dia baru pulang untuk salim dan minta izin ke saya hendak menunaikan sholat di masjid. Setiap setelah selesai sholat selalu menghampiri ibunya kembali untuk salim lagi.

Saya biasanya tanya, ke dia lama di masjid ngapain aja dik ?
"Aku ngaji dulu muroja'ah alhamdulillah dapet 1 juz ma.. Soalnya teman-teman belum siap juga." Jawabnya ..Baik ... saya bersyukur dan sempat puji dan doakan dia. Memasuki waktu ashar juga demikian. Azan terdengar dia bergegas menghampiri ibunya hanya sekedar salim kemudian pergi ... ke masjid. Sholat ashar ...Pulang lapor alhamdulillah setelah sholat dapat muroja'ah 1 juz lagi. Maghrib hampir sama dengan beberapa waktu sebelumnya. Dia melaksanakan sholat di masjid kemudian muroja'ah 2 halaman yang tadi pagi dihafalnya,

Demikian sekelumit aktivitas anak saya hari ini yang baru beberapa menit sebelum kajian saya terfikir untuk mengangkatnya sebagai bagian dari materi ini. Karena ketika kita bicara Bagaimana mendidik Anak dalam hal ini dan itu ... jika nara sumber tidak memiliki pengalaman dalam hal tsb tentu akan sulit menjelaskan .. Dari crita singkat diatas … Seperti yang saya minta kepada seluruh jama'ah bunda ...

Tengok anak bunda hari ini saja
Gak usah yang kemarin-kemarin ...
Bagaimana mereka?
Sudahkah bunda yakin anak-anak bunda telah melaksanakan perintah Allah ini (Sholat Fardhu') ?
Tentu jawabnya akan beragam...

Saya ingin mulai dialog langsung saja ...

Siapa yang ingin bercerita singkat tentang keadaan anak nya hari ini

Agar kita bisa mulai memperlebar pokok bahasannya ..
Karena cerita tentang anak saya itu tadi hanyalah sebuah pancingan pada forum diskusi malam ini sehingga para bunda yang membaca hatinya tergerak untuk bettanya atau menyapaikan uneg-unegnya.

==============
TANYA -JAWAB


T : Afwan pertanyaannya..bagaimana menumbuhkan inisiatif dia untuk sholat awal waktu kami sudah menceritakan bahwa anak sholih itu masuk surga dan supaya kayak syurga sholatnya harus ontime dan benar?
J : Karena kasus seperti yang kedua anak bunda itu ... saya qadarullah juga sudah pernah mengalaminya. Artinya masa-masa seperti itu adalah suatu proses walaupun tidak mutlak setiap anak akan sama persis ya . Masalah bangun tidur pagi. Anak saya juga masih susah sampai sekarang. Walaupun kebiasaan dia sholat subuh di masjid itu sudah sejak ia berusia 4 tahun. Hingga sekarang sudah 11 tahun. Berarti sudah 7 tahun lewat tabiat subuh susah bangun masih tetap juga berlaku hehehe. Dalam hal ini kita perlu cerdas bunda .. jangan menyerah. Perhatikan ...Apa kira-kira yang membuat dia sulit untuk bangun maka hilangkan penyebab itu.

Kalau dulu masih kecil sebelum azan subuh saya sudah lepas semua bajunya dan saya gendong dalam keadaan mata merem juga tetap saya lepas dan saya guyur sekujur badannya dari kepala ...itu saya lakukan hampir setiap hari ...Lama-lama ketika pikirannya sudah berkembang, rasa malunya juga sudah mulai ada .. dia mulai berfikir, tidak mau dianggap seperti anak kecil lagi. Kasihan juga mamanya harus gendong badannya yang mulai kekar. Sekarang alhamdulillah dia sudah lebih mudah dibangunkan setelah saya siati dengan menghilangkan penyebab dia susah bangun pagi.
Apa itu ..Saya selalu usahakan agar dia tidur di awal waktu. Sekitar jam 20.00 hingga maksimal 20.30 wib. Dengan demikian anak sudah cukup waktu tidurnya sehingga lebih mudah untuk bangun...Ini menurut saya efek nehatifnya jauuuh lebih besar daripada anak kecapean selepas bermain ..

Sebanyak apapun peluh (keringat)nya ... kalo sekedar karena bermain yang bukan dengan gadgets atau nonton TV saya tidak terlalu khawatir. Mengapa? Karena kerusakan syaraf dan juga mental kejiwaan anak dari pengaruh gadget maupun TV itu sangat berbahaya dibanding permainan fisik. Otak yang lelah lebih mengacaukan kondisi kejiwaan anak sehingga membuatnya sulit untuk bangun pagi ..

T : Ustadzah, Alhamdulillah untuk urusan sholat anaku yang pertama (11 tahun) sudah dengan kesadaran sendiri, yang saya pengin ustadzah dia belajar hafalan alquran tapi saya sendiri bukan penghafal al quran.  bagaiimana caranya ya ustadzah paling tidak ada beberapa juz yang hafal?!
J : Untuk mendidik anak menghafal Qur'an kebetulan saya sedang membuat program yang khusus saya rancang untuk orang tua yang ingin anaknya menghafalkan Al Qur'an. Bunda bisa mengikuti program tersebut jika mau.

Barikut info yg sdh saya share :


*Anakku Menghafal Al Qur'an*
:::::::::::::::::::  AMQ :::::::::::::::::

‎بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ
‎السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Bersama ini kami mengundang para orangtua Muslimin untuk bergabung dalam Komunitas Orangtua Para Penghafal Qur'an. Programnya bernama AMQ (Anakku Penghafal Qur'an).

Penjelasan tentang Program AMQ :
* Program AMQ adalah program bagi Orangtua (bukan anaknya), yang berniat membimbing anaknya menjadi seorang Penghafal Al Qur'an.
* AMQ juga diperuntukkan siapa saja yang memiliki visi dan misi membangun Keluarga Qur'ani. Tidak dibutuhkan syarat untuk bergabung. Hanya diperlukan konsistensi untuk mengikuti kegiatan program yang hanya dilakukan secara ONLINE. Hanya via Grup WA saja. Program tidak berbayar (GRATIS).
* Peserta Program insyaAllah akan mendapat materi bimbingan terkait tujuan program. Dan juga mendapat kesempatan untuk berdialoq selama proses pembimbingan dan mengarahan anaknya (konselling).

Mungkin disekitar kita, apakah saudara, teman atau tetangga ada yang berminat mengantarkan putra putrinya menjadi para Ahlul Qur'an. InsyaAllah program ini akan memberi manfaat yang banyak.

*Quota sangat TERBATAS*

Jika ada yang mengikuti program lantaran seruan kita, insyaAllah akan menjadi sumber pahala jariyah yang tak kan putus pahalanya.

‎والله أعلم بالصواب


*Semoga Allah ‎ﷻ menjadikan kita dan anak keturunan kita sebagai Ahlul Qur'an, sehingga akan diberi Keselamatan, Kesejahteraan serta Kemuliaan, baik sejak di DUNIA hingga kelak di AKHIRAT.*
‎آمِيْن يَا رَبَّ الْعَالَمِيْنَ.

Jazakumullah khoir,
Management M.Q.M
________
Pendaftaran:
WA - 081932220610
Bunda Endria


=====================
Kita akhiri majlis hari ini dengan membaca :  

🔊 ucap syukur : الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِين

🔊 dan istighfar : أَسْتَغفِرُ اَللّهَ الْعَظيِمْ
🔊 serta
Doa Kafaratul majelis

سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك َ

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika

“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”

[In Syaaa ALlaah]  إِنْ شَاءَ الله  
kebersamaan malam inih bermanfaat dan barokah.

أٰمِيْنَ يَا رَبَّ الْعَالَمِيْن
[aamiin yaa Rabbal 'aalamiiiin]


و‌َالسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ


======================
Website: www.hambaAllah.net
FanPage : Kajian On line-Hamba Allah
FB : Kajian On Line-Hamba Allah
Twitter: @kajianonline_HA
IG: @hambaAllah_official

Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Ketik Materi yang anda cari !!

Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT