BOIKOT PRODUK MUSUH ISLAM

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Wednesday, November 22, 2017

Kajian Online WA  Hamba الله SWT

Rabu, 22 November 2017
Rekapan Grup Nanda 1, Bunda G2
Narasumber : Ustadz Robin
Tema : Kajian Umum
Editor : Rini Ismayanti



Dzat yang dengan Kebesaran-Nya, seluruh makhluk menyanjung dan mengagungakan-Nya...
Dzat yang dengan Keperkasaan-Nya, musuh-musuh dihinakan lagi diadzab-Nya...
Dzat yang dengan Kasih dan Sayang-Nya, kita semua mampu mengecap manisnya Islam dan indahanyaa ukhuwah di jalan-Nya, memadukan hati kita dalam kecintaan kepadaNya, yang mempertemukan kita dalam keta'atan kepadaNya, dan menghimpunkan kita untuk mengokohkan janji setia dalam membela agamaNya.

AlhamduliLlah... tsumma AlhamduliLlah...

Shalawat dan salam semoga tercurah kepada tauladan kita, Muhammad SAW. Yang memberi arah kepada para generasi penerus yang Rabbaniyyah bagaimana membangakitkan ummat yang telah mati, memepersatukan bangsa-bangsa yang tercerai berai, membimbing manusia yang tenggelam dlm lautan syahwat, membangun generasi yang tertidur lelap dan menuntun manusia yang berada dalam kegelapan menuju kejayaan, kemuliaan, dan kebahagiaan.

Amma ba'd...
Ukhti fillah sekalian. Agar ilmunya barokah, maka alangakah indahanyaa kita awali dengan lafadz Basmallah

Bismillahirrahmanirrahim...           

BOIKOT PRODUK MUSUH ISLAM

Allah ta`ala berfirman:

وَأَعِدُّوا لَهُمْ مَا اسْتَطَعْتُمْ مِنْ قُوَّةٍ وَمِنْ رِبَاطِ الْخَيْلِ تُرْهِبُونَ بِهِ عَدُوَّ اللَّهِ وَعَدُوَّكُمْ وَآخَرِينَ مِنْ دُونِهِمْ لَا تَعْلَمُونَهُمُ اللَّهُ يَعْلَمُهُمْ ۚ وَمَا تُنْفِقُوا مِنْ شَيْءٍ فِي سَبِيلِ اللَّهِ يُوَفَّ إِلَيْكُمْ وَأَنْتُمْ لَا تُظْلَمُونَ

Dan siapkanlah untuk menghadapi mereka kekuatan apa saja yang kamu sanggupi dan dari kuda-kuda yang ditambat untuk berperang (yang dengan persiapan itu) kamu menggentarkan musuh Allah dan musuhmu dan orang orang selain mereka yang kamu tidak mengetahuinya; sedang Allah mengetahuinya. Apa saja yang kamu nafkahkan pada jalan Allah niscaya akan dibalasi dengan cukup kepadamu dan kamu tidak akan dianiaya (dirugikan).

(Surat Al-Anfal: 60)

Sikap kita dalam kehidupan, menentukan di mana posisi kita.
Loyalitas kita menunjukkan di kelompok mana kita berada.
Semakin tinggi simpati dan dukungan kita dalam sebuah komunitas, maka setinggi itu pula kedudukan kita dalam komunitas tersebut.

Jika sikap kita, loyalitas kita, simpati dan dukungan kita sangat kuat terhadap para mujahid, maka itu tanda kita satu grup dengan mereka; grup mujahid.

مَنْ جَهَّزَ غَازِيًا فِي سَبِيلِ اللهِ فَقَدْ غَزَا ، وَمَنْ خَلَفَ غَازِيًا فِي سَبِيلِ اللهِ بِخَيْرٍ فَقَدْ غَزَا

“Barangsiapa yang membantu perlengkapan orang yang berjihad di jalan Allah maka sungguh dia juga telah ikut berjihad, dan barangsiapa yang membantu keluarga seorang yang berjihad di jalan Allah dengan suatu kebaikan maka dia juga telah ikut berjihad.” 
[HR. Al-Bukhari dan Muslim]

Bagaimanakah pahala jihad itu?

Nabi shallallahu 'alayhi wasallam bersabda,

مَثَلُ الْمُجَاهِدِ فِي سَبِيلِ اللَّهِ كَمَثَلِ الصَّائِمِ الْقَائِمِ الْقَانِتِ بِآيَاتِ اللَّهِ لَا يَفْتُرُ مِنْ صِيَامٍ وَلَا صَلَاةٍ حَتَّى يَرْجِعَ الْمُجَاهِدُ فِي سَبِيلِ اللَّهِ تَعَالَى

"Perumpamaan seorang mujahid fi sabilillah adalah seperti orang yang berpuasa yang mendirikan shalat lagi lama membaca ayat-ayat Allah. Dan dia tidak berhenti dari puasa dan shalatnya, sehingga seorang mujahid fi sabilillah ta’ala pulang." 
[Muttafaq 'Alaih]

Menyikapi pertentangan yang keras musuh2 Islam di sebagian belahan bumi, sebagai muslim kita dapat mengambil sikap: mendukung umat Islam dengan apa yang kita bisa, atau tidak mendukungnya.

Boikot produk musuh Islam adalah salah satu cara dukungan yang cukup efektif di era sekarang.

Boikot menunjukkan dukungan kita terhadap perjuangan saudara kita, sekaligus menunjukkan kebencian kita terhadap kemungkaran yang terjadi.

Rasulullah shallallahu`alayhi wa sallam  bersabda: "Barang siapa yang melihat kemunkaran maka rubahlah dengan tangannya, jika tidak mampu maka rubahlah dengan lisannya, jika tidak mampu maka (tolaklah) dengan hatinya dan hal tersebut adalah selemah-lemahnya iman."
[HR. Muslim]

Siapa yang harus kita boikot?

Dalam kasus palestina, dianjurkan untuk merujuk ke inminds.co.uk.
Di situs tersebut telah dicantumkan perusahaan-perusahaan yang secara langsung mendukung zionis israel (bukan hanya karena perusahaan amerika dll, tapi memang perusahaan yang langsung mendukung israel).

Adapun untuk dalam negeri, silahkan merujuk ke info-info dari komunitas Islam terpercaya.

Kalau mau boikot, harus boikot semua dong?

Kaidah ushul fiqih:
 ما لا يدرك كله لا يترك كله 
"Apa-apa yang tidak bisa dikerjakan semuanya, jangan ditinggalkan semuanya"

Jika tidak ada produk pengganti, atau ada pertimbangan lain yang lebih manfaat, maka kita tinggalkan semampu kita. Logis.

Jangan kita ikut-ikutan jadi kelompok yang sinis terhadap pejuang boikot dengan berkata; "ga usah sok boikot, tuh masih pake hape, laptop, f*ceb**k, dll"

Islam mengajarkan kita logis, bukan sinis.

Boikot jadi mengharamkan sesuatu yang halal dong?

Mengharamkan sesuatu yang halal termasuk dusta atas nama Allah dan diancam dengan keras dalam Al Quran.

Tapi boikot bukan mengharamkan hal yang halal. Boikot hanya masalah sikap. Masalah selera. Masalah kesukaan.

Saya ga selera dengan produk A. Saya ga suka dengan belanja di toko B.

Apa masalahnya kalau kita tidak suka membeli di warung C yang pemiliknya pelacur atau germo misalnya?
Terserah kita, dan alasan seorang muslim pasti logis.

Mari tunjukkan posisi kita. Mari kuatkan sikap kita. Jika belum bisa melakukan hal besar, mulailah dari hal kecil. Sering kali, kita tidak tahu amalan mana yang justru mengantarkan kita ke tempat tertinggi di surgaNya. 

فَمَنْ يَعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ خَيْرًا يَرَهُ


"Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan seberat dzarrahpun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya."


وَمَنْ يَعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ شَرًّا يَرَهُ

"Dan barangsiapa yang mengerjakan kejahatan sebesar dzarrahpun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya pula."

(Surat Az-Zalzalah: 7- 8)

Wallahul musta`an




TANYA JAWAB

NANDA
Q : Assalamu'alaikum ust, saya ingin bertanya. Bagaimana jika ada 2 toko yang berdekatan dengan rumah kita, dimana toko 1 penjual muslim tapi lamban untuk melayani pembeli dan agak sombong jadi nya kurang respek belanja disana tapi toko 2 penjual nya non muslim kalau untuk pelayanan nya toko 2 beranggapan pembeli adalah raja. Jadi sebagai pembeli muslim ditoko mana diharuskan kita belanja?
A : Di toko muslim. Coba ajak dia memperbaiki pelayanannya melalui cara-cara yang baik. Umat harus bersatu, jangan mudah meninggalkan saudaranya hanya karena dia kurang baik. Jangan sampai nanti kita memilih pasangan hidup non muslim karena dia baik, sedangkan belum ada muslim yang baik yang mau sama kita.

Q : Cara menyampaikannya gimana stad kalau orang yang punya toko itu mudah tersinggung..
A : Doakan saja dulu. Bisa dengan meminjamkan buku tentang bisnis, manajemen kkonsumen, dll. Intinya dengan memperbaiki manajemen pelaanan, profit juga bisa naik.


BUNDA G2

Q : Assalamu'alaikum Ustadz, apakah betul dalam Islam kita tidak boleh bermuamalah dengan kaum Nasrani?
A : Waalaykumussalam wrwb. yang menjadi catatan adalah ketika orang kafir tsb adalah orang kafir yang memusuhi islam, atau mendukung penjajahan negeri islam. Boleh bermuamalah dengan orang kafir. Nabi pernah menggadaikan jubah perangnya ke Yahudi

Q : ustadz terkait anakonda dan traveloka bagaimana ustadz? Apakah boleh memboikot traveloka? Bagaimana kaitannya dengan sikap adil kita pada suatu kaum?
A : Kalau ada produk muslim tentu lebih baik pakai produk muslim, saudara kita sendiri. Ibaratnya bunda punya saudara yang buka warung, di sebelahnya ada warung orang lain, bunda lebih memilih belanja di warung orang lain atau warung saudara bunda.

: لاَ يُؤْمِنُ أَحَدُكُمْ حَتَّى يُحِبَّ لأَخِيْهِ مَا يُحِبُّ لِنَفْسِهِ

 "Tidak beriman (sempurna) salah seorang di antara kamu hingga dia mencintai untuk saudaranya apa yang dia cintai untuk dirinya sendiri." (Riwayat Bukhari dan Muslim)

Q : Jangan tercampur antara hukum fiqih halal haram dan akhlaq loyalitas terhadap umat ya.
A : Klo halal tidaknya ya halal-halal saja bertransaksi dengan siapa pun. Tapi dari sisi akhlaq dan keimanan kita, silahkan dinilai sendiri bagaimana kedudukan orang yang lebih mengutamakan orang lain dibanding saudaranya sendiri.

Q : Kadang kan ibu-ibu itu klo belanja suka cari barang promo & kebetulan promo tersebut adanya supermarket yang punya non muslim  salah ga kita ya ustadz??
A : Tidak salah. Tapi lebih baik jika belanja di warung tetangga yang muslim jika mampu. Asing dan aseng maju krn mereka sangat kuat ikatan tuk saling membeli di antara mereka. Kita baru digoda promo dikit sudah pindah ke lain hati, murah sekali rasanya ukhuwwah kita. Padahal rupiah yang kita belanjakan di warung saudara muslim kita,  apalagi kita tahu dia muslim yang baik, pasti dipakai untuk memenuhi kebutuhannya yang baik, tuk ibadah, sedekahnya juga ke masjid, bahkan mungkin tuk tabungan hajinya. Dan beberapa rupiah penghematan yang kita lakukan pun tidak membuat kita kaya. Jadi tetaplah berusaha membeli produk saudara sendiri di toko saudara sendiri semampu kita dengan semangat 212 sejak tahun lalu, sekarang mulai banyak berdiri mart muslim seperti 212mart, KitaMart, Sodaqo Mart, dll ada juga Pojok Halal. Umat islam akan menjadi besar jika seluruh komponennya mau bersatu dalam ekonomi

Alhamdulillah, kajian kita hari ini berjalan dengan lancar. Semoga ilmu yang kita dapatkan berkah dan bermanfaat. Aamiin....

Segala yang benar dari Allah semata, mohon maaf atas segala kekurangan. Baikloah langsung saja kita tutup dengan istighfar masing-masing sebanyak-banyakanya dan do'a kafaratul majelis:


سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika

“Maha Suci Engakau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”



Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Ketik Materi yang anda cari !!

Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT