Home » , , , » MOTIVASI MAJU BERSAMA ALQUR’AN

MOTIVASI MAJU BERSAMA ALQUR’AN

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Friday, November 24, 2017

 Kajian Online WA  Hamba الله SWT

Jumat, 27 September 2017
Rekapan Grup Bunda G5
Narasumber : Ustadzah Maryam
Tema : Kajian Umum
Editor : Rini Ismayanti



Dzat yang dengan Kebesaran-Nya, seluruh makhluk menyanjung dan mengagungkan-Nya...
Dzat yang dengan Keperkasaan-Nya, musuh-musuh dihinakan lagi diadzab-Nya...
Dzat yang dengan Kasih dan Sayang-Nya, kita semua mampu mengecap manisnya Islam dan indahnya ukhuwah di jalan-Nya, memadukan hati kita dalam kecintaan kepadaNya, yang mempertemukan kita dalam keta'atan kepadaNya, dan menghimpunkan kita untukuk mengokohkan janji setia dalam membela agamaNya.

AlhamduliLlah... tsumma AlhamduliLlah...

Shalawat dan salam semoga tercurah kepada tauladan kita, Muhammad SAW. Yang memberi arah kepada para generasi penerus yang Rabbaniyyah bagaimana membangkitkan ummat yang telah mati, memepersauntukan bangsa-bangsa yang tercerai berai, membimbing manusia yang tenggelam dalam lautan sayaahwat, membangun generasi yang tertidur lelap dan menuntukun manusia yang berada dalam kegelapan menuju kejayaan, kemuliaan, dan kebahagiaan.

Amma ba'd...
Ukhti fillah sekalian. Agar ilmunya barokah, maka alangkah indahnya kita awali dengan lafadz Basamallah

Bismillahirrahmanirrahim...                       

MOTIVASI MAJU BERSAMA ALQUR’AN

Hidup ini kadang monoton seperti air mengalir, membosankan dan melelahkan, kalau itu semua kita ciptakan tanpa beru saha untuk menata supaya lebih baik.
Mungkin tema kita yang pas d sore yang cerah ini adalah...
Motivasi untuk maju bersama Alqur'an dalam kondisi apapun.

Lelah, bete, galau dan hal-hal yang kadang menyergap diri saat iman turun sangat tidak menyenangkan. Oleh karena mari kita sama-sama bangkit, untuk memotivasi diri supaya menjadi manusia " kuat" dengan selalu dekat bersama Alqur'an, hati juga menjadi tenang dan semakin dekat taqarrub kita kpada Allah InsyaAllah

Apakah hari-hari kita terasa gelisah, gersang dan sempit? Atau sebaliknya

Alhamdulillah kalau kita bisa menjalani hari-hari dengan kebahagiaan dan rasa syukur kepadaNya.
Jangan sampai syetan terus membisikkan hal-hal yang negatif dan meyesakkan dada.
Mari luangkan waktu di pagi hari atau sebelum tidur untuk membaca Kalamullah, yang djamin pasti bahagia lahir batin

Mulai hari ini, buat target jam berapa dan siap berapa halaman untuk bisa meluangkan waktu untuk kebutuhan ruhani kita secara kontinyu.

Jangan waktu sisa

Al-Hadist
Bila hari ini sama dengan yang kemarin, merugi.

Bila hari ini lebih buruk dengan kemarin, celaka.

Bagaimana keadaan kita? Semoga Allah mudahkan kita mjadi orang yang beruntung karena hari-hari nya lebih baik dari hari kemarin...aamiin

Semua itu bisa di raih dengan kekuatan ruhani kita, salah satunya menjaga interaksi kita dengan Alqur'an.
Bagaimana interaksi kita selama ini, apakah setahun terahir ini stagnan, biasa saja atau ada perubahan yang membuat kita bahagia.
Bersyukur kita semua lahir dalam keadaan beriman. Sayang kalau iman tidak di rawat

Hadist "Al Imanu yankusu au naqusu, iman itu naik atau turun, maka jagalah " dengan apa ? Tentunya dengan amal- amal kebaikkan, salah satunya akrab dengan Kalamullah.

Semoga ini bisa menjadi suplemen 

Luar biasa bagi yang membaca Al-qur'an

(Sungguh merugi bila anda tidak menyelesaikan baca'an tulisan ini).

Berkata Ibnul Qudamah: "sangat dimakruhkan orang yang menghatamkan Al-qur'an lebih dari 40 hari".

Berkata Imam Qurtubi: "40 hari adalah waktu bagi orang -orang yang punya kelemahan membaca Al-qur'an dan orang memiliki banyak kesibukan".

Adakah di antara kita dalam sebulan atau 40 hari mengkhatamkan Al-qur'an..??

Jika kita memang orang yang berakal akan bergetarlah jiwa ini (karena kelalaian). 

Di antara kebaikan Al-qur'an bahwa Allah akan memberkahi pembaca dan penghafalnya

Berkata Abdul Malik bin Umair:
"Satu-satunya manusia yang tidak pikun adalah orang yang selalu membaca Al-qur'an".
Dalam redaksi lain
"Manusia yang paling jernih akalnya adalah para pembaca Al-qur'an".

Berkata Al-imam Qurtubi:
"Barang siapa yang membaca Al-qur'an, maka Allah akan menjadikan ingatannya segar meskipun umurnya telah mencapai 100 tahun".

Imam besar Ibrahim al-Maqdisi memberikan wasiat pada muridnya Abbas bin Abdi Daim rahimahullah. 
"Perbanyaklah membaca Al-qur'an jangan pernah kau tinggalkan, karena sesungguhnya setiap yang kamu inginkan akan di mudahkan setara dengan yang kamu baca".

Berkata Ibnu Solah:
"Bahwasannya para Malaikat tidak diberi keutama'an untuk membaca Al-qur'an, maka oleh karena itu para Malaikat bersemangat untuk selalu mendengar saja dari baca'an manusia".

Berkata Abu Zanad:
"Di tengah malam, aku keluar menuju masjid Rasulullah shallallaahu alaihi wa sallam sungguh tidak ada satu rumahpun yang aku lewati melainkan pada nya ada yang membaca Al-qur'an".

Berkata Shaikhul Islam ibnu Taimiyyah: "tidak ada sesuatu yang lebih bisa memberikan nutrisi otak, kesegaran jiwa, dan kesehatan tubuh serta mencakup segala kebahagiaan melebihi dari orang yang selalu melihat kitabullah ta'ala".

Bergantunglah pada Alqur'an niscaya kau akan mendapatkan keberkahan. 
Allah berfirman: "ini adalah kitab yang kami turunkan kepadamu yang penuh keberkahan agar mereka mau mentadaburi ayat-ayatnya".

Berkata sebagian ahli tafsir
"Manakala kita menyibukkan diri dengan Al-qur'an maka kita akan di banjiri oleh sejuta keberkahan dan kebaikan di dunia".

"Saya memohon kepada Allah agar mberikan taufiqnya kepada saya dan kalian semua untuk selalu membaca Al-qur'an dan mengamalkan kandungannya". 

Bila anda Cinta pada Alqur'an maka sebarkanlah,,,
demi Allah, sekian banyak orang yang membaca Alqur'an maka pahala anda akan selalu mengalir..

InsyaAllah cukup itu saja yang saya bisa berikan, semoga bermanfaat untuk semua wallahu'alam.


TANYA JAWAB

BUNDA G5
Q : Ustadzah gimna mengatasi kefuturan ,yang sering kali menghampiri, terutama futur dalam bertilawah,, Biasanya tilawah saat magrib,dan dilanjut setelah subuh,,
A : Perlu baca lagi keutamaan tilawah mba dan harus merasa menjadi orang yang rugi. Bila hari itu kita benar-benar meninggalkan hal yang baik. Dalam hadist" Alqur'an akan datang pada hari kiamat sebagai syafa'at bagi yang membacanya". Dibuat juga program dan ditempel mba supaya saat kita "futur" terlihat tanda dan saat bisa tilawah
Q : Iya ustadzah,,kadang 1juz saja bisa 4-5 kali baru kholas 
A : Gpp mba InsyaAllah lama2 terbiasa dan bisa 2x. Ibarat belajar naik sepeda, pertama kagok, lama-ama InsyaAllah mahir dan bisa cepat

Q : Bolehkah Sementara menghafal ayat-ayat pilihan ?
A : Boleh saja mba, sesuai dengan kemampuan tapi baiknya memang per juz jadi lebih terarah dan targetnya jelas. Misalnya setelah juz 30 teruskan, 29 lalu 28 terus bgitu.. Ternyata ada beberapa surah yang agak sulit jadi biasanya diarahkan ke juz 1 dst...
Q : Iya .. Baik Bunda Ustdzah.. Usia segini lumayan ndak nyantol di kepala
A : Hmm dulu saya juga berpikir begitu tapi setelah mdengar orang-orang yang bisa menghafal salah satunya karena kebersihan hati, dan ubah mindset bahwa "aku InsyaAllah bisa atas kemudahan dari ALLAH

Q : Ustadzah bolehkah setiap hari tilawah odoj ,kita niat kan pahalanya untuk orang tua yang sudah tiada,
A : Ada beberapa pendapat bahwa tidak ada pahala tilawah untuk almarhum karena bila seorang anak berbuat baik, otomatis ortu akan mendapatkan kebaikkan dari pahala anak yang sholih/sholihah

Q : Kalo malam jum'at kita khususkan baca yasin,waqiah,tabarok dengan niat pahalanya untuk orang tua yang sudah meniggal apa boleh
A : Klo ditanya boleh, ada bbrp pendapat ,maaf NU seperti itu biasa menghadiahkan. Padahal idem yang di atas, otomatis ortu akan kebagian pahalanya InsyaAllah

Q : Assalamualaikum ustadzah.. Saya mau tanya.. Sudah lama sekali saya merasakan hati ini gersang dan kurang merasa kan nikmatnya ketika bertilawah. Tidak Tau kenapa; hafalan pun susah lengket nya diotak.. Padahal sudah berazam harus bisa.. Tapi tetap tidak bisa terhapal. Mohon Tausiah nya dan apa sebaiknya yang harus saya perbuat? Kalo untuk ibadah lain Insyaallah tetap semangat dan rutin, seperti dhuha, tahajud, sadaqah, dll
A : Banyak istighfar selain mohon ampun dan kemudahan Allah untuk bisa bahagia dengan selalu bersama Qur'an. Cari komunitas mba, dimana khusus seperti rumah qur'an\tahfidz. Semoga dengan bersama kita belajar motivasi itu akan muncul dan lambat laun akan mrasakan kenikmatan. apalagi klo ustaznya hafizdah. Sering stel murottal, semoga ini bisa melembuntukan hati dan membuat semangat InsyaAllah

BUNDA G7
Q : Bagaimana menjaga hati tuk dapat terus istiqomah buat tilawah ...terkadang ada rasa malas..tuk memulai lagi klu udah capek badan ama pikiran......terkadang hal ini menjadi beban  kenapa begini... kenapa jadi malas memulai lagi...
A : Salah satunya, yakin dengan kekuatan do'a mba. Terus minta kepada ALLAH supaya bisa istiqomah, ini jangan dsepelekan mba karena subhanallah Energi itu akan datang dengan kemauan kita untuk berdo'a khusus InsyaAllah
Do'a istiqomah bisa liat surah alImran ayat 8.
Rasa malas itu bisa jadi bisikkan setan mk harus dlawan, bismillah...sy harus bisa bangkit. Pengalaman saya klo capek, gpp baca sambil tiduran dengan berusaha dengan adab, minimal berwudhu dan pakai mukena/ jilbab jadi tetap semangat InsyaAllah untuk sll dekat dengan Allah.

Q : Mana yang lebih utama amalan membaca Alqur'an saja atau sekalian membaca terjemahannya atau menghafal isi alqur'an ustadzah?
A : Memang ada urutannya ya mba. InsyaAllah semua ada keutamaannya, memang harus dibagi waktunya. Mungkinn pagi tilawah, menjelang tidur baca terjemahan dan bada subuh menghafal...saya juga kadang terlewat untuk tarjim tapi minimal dalam sepekan kita berusaha untuk melakukannya walaupun dirapel tarjim nya

Q : Bunda, Al Quran bisa menjadi obat segala penyakit   ya? Baik penyakit hati sombong, iri, dengki dsb. Apakah juga bisa menjadi obat secara fisik??? Saya pernah baca artikel bahwa Al Quran bisa menyembuhkan penyakit karena ketika ayat suci ini dilantunkan partikel2 yang terdapat pada air minum akan turut bergerak dan menjadi perantara seseorang sembuh sekalipun penyakitnya sudah sangat parah? Artikel ini betul tidak bun? Bagaimana tanggapan bunda?
A : Beberapa ayat menjelaskan tentang Quran sebagai syifa hati yang gelisah bahkan sampai penyakit InsyaAllah. Saya juga pernah baca dan dengar kasus orang yang benar yakin menjalaninya setiap hari baca Quran akhirnya sembuh, subhanallah. Untuk penyakit hati...perlu baca terjemahannya supaya terbuka hatinya InsyaAllah menjadi obat agar menjadi yang orang yang bersyukur, nrimo, legowo...

Q : Saya klau shubuh  baca Al Waqiah ... dhuha al Rahman ... Ashar  al Waqiah lagi ... magrib  baca yasin  isya baca al mulk  ... dan  setiap pagi baca  beberapa ayat al quran dari juz 1 ....tapi kenapa hati saya kadang masih galau .... dan kadang iman terasa menurun ... tuk bisa hati ini tenang dan istiqah harus gimana utadzah  ???
A : Mungkin belum di iringi dengan ruh mba, coba tarjim. Makanya kita perlu waktu untuk itu InsyaAllah kita akan lebih faham dan bisa melelehkan hati yang beku bahkan mata ini begitu banyak nikmat dari ayat-ayat yang bisa ketahui sebagai orang beriman

Q : Bunda, ada hadist shoheh tentang wanita haid boleh atau tidak memegang dan membaca Al Quran? Soalnya ada yang membolehkan asalkan Al Quran nya terjemahan. Ada yang tak membolehkan sekalipun Al Qurannya terjemahan? Dan boleh tidak wanita haid berdiam diri di masjid? Mohon pencerahannya bunda.
A : Ini beberapa pendapat ya mba, lakukan dengan kita yakini dengan dalil yang jelas...

Q : Jika membaca alquran tapi belum begitu lancar. Belum bisa lancar mengucapkan Lafaz nya, sering salah panjang pendek nya, sering berhenti tanpa melihat tanda... Karena saya pernah dengar klo salah mengucapkan maka arti nya berbeda.
A : Iya betul untuk itu perlu belajar tahsin dulu sebelum menghafal supaya tidak ada kesalahan arti dan lebih mudah untuk menghafal InsyaAllah

Q : Dalam satu komunitas mengaji online..  Kadang suka ada yang bilang gini..  "amal kita itu ga boleh di pamer..  Dan laporan kholas dalam grup itu semacam pamer/ Riya" padahal menurut saya itu tergantung niat..  Laporan kholas di grup hanya media untuk saling memantau..  Yang ga berlapor kita ingatkan.   Bukan memburunya bisa untuk tilawah karena kita..  Tapi mengajak saling istiqomah satu sama lain.. Bagaimana bunda memandang hal ini?
A : Iya awalnya niat kita untuk saling memotivasi InsyaAllah tidak ada perasaan pamer. Klo ada perasaan pamer dsb itu bisikkan setan dan istigjfar

Q : Saya kalo hafalan agak kurang bun..gimana cara bisa menghafal yang mudah biar bisa bun..?
A : Saya juga mba..tapi bisa dicoba dengan beberapa metode.
Yang pertama hati harus tenang agar bisa fokus
Kedua..komunitas/ teman jadi termotivasi bisa istiqomah.
Ketiga..do'a...supaya Allah mudahkan
Itu persiapannya ya mba.
Metodenya:
Bisa dbaca di ulang sampai 10x
Sering dengarkan murottal  InsyaAllah lama jadi lebih melekat ayat2 yang sering kita dengar.
Di tulis per ayat dan diulang-ulang


Q : Saya dulu ikut odoj saya merasa ko saya baca quran ko kayak dipaksa ya, klo gak kholas gak enak sama adminnya yang masih saudara saya,, alhasil saya kholas terus 1 jus sehari, saya merenung, saya ijin keluar dari grup odoj, berharap kholas sendiri pribadi dirumah tanpa ada paksaan , alhasil , kadang baca kadang gak , dan 1 bulan cuma kholas 2 juz padahal klo ikut grup 1 bulan bisa khatam quran, tapi khatam karena paksaan..
A : Perasaan negatif yang harus dibuang mba, gpp pertama merasa dipaksa InsyaAllah jadi terbiasa.
Bersyukur ada odoj jadi kita bisa termotivasi bersama untuk khatam. Zaman dulu muda, gak ada jadi harus bisa melawan rasa malas dan godaan setan itu. Padahal dengan kita menjaga kedekatan dengan Quran juga kita merasa tentram 13: 28,

Q :  Bunda, ibadah memang harus dipaksakan yaaa? Kalau tidak dipaksakan pasti gak akan sempat, ada saja alasannya. Dan alasan kesibukan duniawi menjadi alasan umum dan alasan terbanyak. Misal puasa sunnah senin kamis, tilawah rutin, dll. Kalau kita tak memaksakan diri dan tak meluangkan waktu maka tak akan pernah dilakukan.. Nah untuk memaksakan diri ini yang susah bunda, ada trik jitu gak bun Maryam??
A : Betul sekalee
Trik nya...
*ingat mati~ perlu bekal supaya jadi bangkit untuk beramal dan beramal
*ingat umur, klo usia sdh 40th akan trasa waktu bgitu cepat

*ingat apalagi yah seiringlah dengan orang shalih yang istiqomah, bertemanlah dengan mereka supaya semangat


Alhamdulillah, kajian kita hari ini berjalan dengan lancar. Semoga ilmu yang kita dapatkan berkah dan bermanfaat. Aamiin....

Segala yang benar dari Allah semata, mohon maaf atas segala kekurangan. Baiklah langsung saja kita tutup dengan istighfar masing-masing sebanyak-banyakanya dan do'a kafaratul majelis:


سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika


“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”

Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Ketik Materi yang anda cari !!

Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT