Ketik Materi yang anda cari !!

Home » » Pelajarilah Aqidahmu

Pelajarilah Aqidahmu

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Monday, November 13, 2017


 Image result for aqidah

REKAP KAJIAN UMMI G-6
Hari: Senin,7 Agustus 2017
Narsum : Ustadz Jumadi
Materi: Pelajarilah Aqidahmu
Editor : Sapta
➖➖➖➖➖➖➖➖➖
Pelajarilah Aqidahmu
Oleh A. Jumadi Toha, Lc


الحمد لله الذي بنعمته تتم الصالحات. و الصلاة و السلام على رسول الله وعلى آله وصحبه ومن ولاه و بعد
Ukhti fillah, apakah anda termasuk orang yang gemar mempelajari ilmu-ilmu islam? Bahkan sering hadir di majelis-majelis ilmu? Jika iya, Alhamdulillah, anda adalah orang yang beruntung dengan karunia taufiqNya. Bukankah menuntut ilmu itu berarti anda berada di jalan Allah selama anda berada di majelis ilmu atau di tempat rantauan, sehingga seandainya anda dipanggil olehNya, bukankah berarti mati di jalanNya, dan bukankah itu merupakan dambaan setiap muslim untuk menutup usia syahid di jalanNya? Tentu! Di antara ragam ilmu yang anda pelajari di majelis-majelis ilmu itu adalah fiqih atau tafsir,  atau hadits dan sebagainya. Iya, itu semua sangat penting dan diperlukan. Sebagai media taqorrub kita kepada Allah.

Ukhti fillah, namun dari sekian bab ilmu yang anda pelajari itu aqidah menempati urutan utama untuk dipelajari, dipahami dan diamalkan. Betapa banyak orang gemar belajar fiqh maupun hadits namun ia mengabaikan aspek aqidahnya sehingga tidak jarang orang yang taat beribadah tetapi tanpa sadar ia terperangkap kedalam kesyirikan. Tidak sedikit orang-orang gemar bersholawat, berdzikr dan berbagai jenis ritual lainnya tetapi mereka juga gemar melakukan tawassul maupun tabarruk kepada orang-orang sholeh yang telah meninggal. Padahal perbuatan tersebut menyalahi aqidah seorang muslim di mana ia hanya bertawassul serta tabarruk kepada Allah semata.

Contoh-contoh tersebut merupakan fakta yg sudah menjadi fenomenal dan tradisi khususnya di negeri kita tercinta ini. Apa sebabnya? Karena mereka lalai untuk mempelajari pokok-pokok ajaran Islam yang terdiri dari keimanan serta makna dua kalimat syahadat. Anda mungkin sering mendapati beberapa kelompok orang tenggelam dalam keheningan dan kekhusyuan berdzikr di masjid-masjid atau di kelompok-kelompok pengajian. Di antara dzikir yang dibaca adalah kalimat syahadat. Sebuah kalimat yang ringan diucapkan oleh lisan puluhan bahkan ribuan kali. Namun meski demikian, tahukah mereka apa makna di balik kalimat syahadat tersebut? Mengapa kalimat yang sangat agung tersebut ketika diucapkan dengan sangat mudah namun pelakunya gemar melakukan beragam ritual keayirikan? Apakah ada sesuatu yang salah? Jawaban pastinya, adalah ada. Namun yang keliru bukan kalimat tersebut, tapi manusia tidak memahaminya.
Di zaman Rasulullah orang orang jahiliyah menolak mengucapkan kalimat tersebut karena mereka sadar apa konsekuensi jika mereka mengucapkannya. Konsekuensinya mereka harus meninggalkan berhala, Latta, Uzza, Manat dan Hubal yang selama sekian ratus tahun menjadi Tuhan mereka lantas mereka harus menyembah Allah semata tanpa mempersekutukannya. Itulah sebabnya mengapa mereka menolak mengucapkannya. Namun sebagian orang mengucapkan kalimat itu ratusan kali namun tidak mengerti apa yang harus mereka lakukan. Karena mereka hanya menggapnya kalimat biasa, tidak ada bedanya dengan wirid lain!
Oleh sebab itu, ukhti fillah, pelajarilah aqidahmu. Wallahu a'lam.

Banjarmasin, Dzulqodah 1438 H
➖➖➖➖➖➖➖➖➖
TANYA - JAWAB

T : Ustadz afwan mau nanya, bagaimana akidah menagih hutang kepada seseorang ? Apakah perlu sampai kita teriak-teriak karena orang itu bandel atau bagaimana?
J : Tidak perlu, tetapi dengan cara baik, bersabar dan lain-lain

T : Assalamualaikum ustadz, di lingkungan saya hal seperti itu seperti sudah jadi hal biasa, keagamaan dan kejawen. Selama ini saya cuma bisanya mendoakan karena kemampuannya baru seperti itu, bagaimana ustadz?
J : Betul jika tidak mampu berdakwah dengan ilmu minimal dengan mendoakan hidayah untuk mereka dalam sujud kita.

T : Ustadz ijin bertanya, seringnya kita mempelajari tentang aqidah, bahkan sejak mulai sekolah sudah mempelajari tentang aqidah, tetapi sering kita tergelincir pada sirik-sirik kecil. Bagaimana tips agar kita selalu istiqomah dalam berislam dan terhindar dari sirik tersebut, jazakillah ustadz.
J : Baik, belajar islam dari seorang ahli (ulama),  memohon kepada Allah agar dijaga aqidah dan ibadahnya. Wallahu 'alam


~~~~~~~~~~~~~~~~
Selanjutnya, marilah kita tutup kajian kita dengan bacaan istighfar 3x
Doa robithoh dan kafaratul majelis

Astaghfirullahal' adzim 3x

Do'a Rabithah
Allahumma innaka ta'lamu anna hadzihil qulub,
qadijtama-at 'alaa mahabbatik,
wal taqat 'alaa tha'atik,
wa tawahhadat 'alaa da'watik,
wa ta ahadat ala nashrati syari'atik.
Fa watsiqillahumma rabithataha,
wa adim wuddaha,wahdiha subuulaha,wamla'ha binuurikal ladzi laa yakhbu,
wasy-syrah shuduroha bi faidil imaanibik,
wa jami' lit-tawakkuli 'alaik,
wa ahyiha bi ma'rifatik,
wa amitha 'alaa syahaadati fii sabiilik...
Innaka ni'mal maula wa ni'man nashiir.

Artinya :
Ya Allah, sesungguhnya Engkau mengetahui bahwa sesungguhnya hati-hati kami ini,
telah berkumpul karena cinta-Mu,
dan berjumpa dalam ketaatan pada-Mu,
dan bersatu dalam dakwah-Mu,
dan berpadu dalam membela syariat-Mu.
Maka ya Allah, kuatkanlah ikatannya,
dan kekalkanlah cintanya,
dan tunjukkanlah jalannya,
dan penuhilah ia dengan cahaya yang tiada redup,
dan lapangkanlah dada-dada dengan iman yang berlimpah kepada-Mu,
dan indahnya takwa kepada-Mu,
dan hidupkan ia dengan ma'rifat-Mu,dan matikan ia dalam syahid di jalan-Mu.Sesungguhnya Engkau sebaik-baik pelindung dan sebaik-baik penolong.
Aamiin...    

DOA PENUTUP MAJELIS
سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ
Subhanaka Allahuma wabihamdika asyhadu alla ilaha illa anta astaghfiruka wa atubu ilaik.Artinya:“Maha suci Engkau ya Allah, dan segala puji bagi-Mu. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan melainkan Engkau. aku mohon ampun dan bertaubat kepada-Mu.”
Aamiin ya Rabb.

======================
Website: www.hambaAllah.net
FanPage : Kajian On line-Hamba Allah
FB : Kajian On Line-Hamba Allah
Twitter: @kajianonline_HA
IG: @hambaAllah_official

Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment