Home » , , » DARAH NIFAS (SI Pekan 4 Agustus)

DARAH NIFAS (SI Pekan 4 Agustus)

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Saturday, December 16, 2017

Image result for nifas
KAJIAN ON LINE HAMBA ALLAH UMMI G-5
Hari/Tgl  : Rabu 23 Agustus 2017
Narasumber : Ustadzah LILAH
Materi     : NIFAS
Waktu kajian : Bada Isya
Admin     : Nining , Saydah, Ajeng
Notulen   : Nining
Editor : Sapta

🌸🍃🌸🌸🍃🌸🌸🍃🌸🌸🍃🌸🌸🍃🌸🌸🍃🌸🌸

Bismillaahirrahmaanirrahiim
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

إنَّ الـحَمْدَ لِلّهِ نَـحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ، وَنَعُوذُ بِاللهِ مِنْ شُرُورِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلَا مُضِلَّ لَهُ، وَمَنْ يُضْلِلْ فَلَا هَادِيَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أَن لاَّ إِلَهَ إِلاَّ الله وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُـحَمَّداً عَبْدُهُ وَرَسُولُه.
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلَا تَمُوتُنَّ إِلَّا وَأَنْتُمْ مُسْلِمُونَ

Puji syukur kehadirat Allah SWT yang sampai sekarang masih memberikan kita nikmat iman, nikmat islam dan diberikan kesempatan berkumpul di majelis ilmu "Kajian munakahat".
Shalawat beserta salam kita haturkan suri tauladan terbaik sepanjang Zaman, yg begitu mencintai kita, bahkan ketika Allah memanggil nya yg disebut2 adalah kita, umatnya.
yakni nabi besar Muhammad SAW. Semoga kita bisa bersua dgn beliau di yaumil akhir.

Semoga pada malam hari yang barokah ini, insyaa Allah mampu menerangi kita untuk selalu dekat dengan-Nya untuk menuju Jannah yang abadi. Aamiin..

🌼🌻🌼🌻🌼🌻

DARAH NIFAS

Darah nifas adalah darah yang keluar setelah melahirkan. Itu definisi yang sangat baik dan hati-hati dalam masalah ini dan inilah yang jadi pegangan ulama Syafi’iyah yang jadi madzhab di negri kita.

Asy Syairozi dalam Al Muhaddzab menyebutkan,  
فان الخارج بعد الولادة نفاس وأما الخارج قبله ففيه وجهان من أصحابنا

“Adapun darah yang keluar setelah melahirkan, itu dihukumi sebagai nifas. Adapun jika keluar sebelumnya, maka ulama Syafi’iyah memiliki dua pendapat.” Yaitu, ada yang menganggap sebagai darah istihadhoh dan ada yang menganggapnya sebagai darah haidh.

Disebutkan oleh Imam Nawawi,

النفاس بكسر النون وهو عند الفقهاء الدم الخارج بعد الولد وعلي قول من يجعل الخارج معه نفاسا يقول هو الخارج مع الولد أو بعده وأما أهل اللغة فقالوا النفاس الولادة

“Nifas -dengan nun-nya dikasroh- menurut ulama pakar fikih adalah darah yang keluar setelah melahirkan. Ada juga yang berpendapat, darah tersebut adalah darah yang keluar bersamaan dengan keluarnya bayi, yaitu lengkapnya dikatakan bahwa darah nifas adalah darah yang keluar bersamaan atau setelah keluarnya bayi. Adapun pakar bahas mengatakan bahwa nifas berarti melahirkan.” (Lihat Al Majmu’ Syarh Al Muhaddzab, 2: 369).

Dalam Al Iqna’ fii Halli Alfazhi Abi Syuja’ (1: 177), Syamsuddin Muhammad Al Khothib menyebutkan,

والنفاس لغة الولادة وشرعا هو الدم الخارج من فرج المرأة عقب الولادة أي بعد فراغ الرحم من الحمل وسمي نفاسا لأنه يخرج عقب نفس فخرج بما ذكر دم الطلق والخارج مع الولد فليسا بحيض لأن ذلك من آثار الولادة ولا نفاس لتقدمه على خروج الولد بل ذلك دم فساد

“Nifas secara bahasa berarti wiladah (melahirkan). Menurut istilah syar’i, nifas adalah darah yang keluar dari kemaluan wanita setelah melahirkan dari waktu hamil. Disebut nifas karena keluar setelah adanya bayi. Maka tidak termasuk di sini darah yang keluar ketika merasakan nyeri menjelang melahirkan, juga tidak termasuk pula darah yang keluar bersamaan dengan keluarnya bayi. Kedua darah tersebut tidak tergolong darah haidh karena darah ini adalah pengaruh dari melahirkan. Juga darah tersebut tidak disebut nifas karena keluarnya sebelum keluarnya bayi. Yang tepat, darah tersebut adalah darah fasad (darah rusak).”


Batasan nifas :

Tidak ada batas minimal masa nifas, jika kurang dari 40 hari darah tersebut berhenti maka seorang wanita wajib mandi dan bersuci, kemudian shalat dan dihalalkan atasnya apa-apa yang dihalalkan bagi wanita yang suci. Adapun batasan maksimalnya, para ulama berbeda pendapat tentangnya.

Ulama Syafi’iyyah mayoritas berpendapat bahwa umumnya masa nifas adalah 40 hari sesuai dengan kebiasaan wanita pada umumnya, namun batas maksimalnya adalah 60 hari. Mayoritas Sahabat seperti Umar bin Khattab, Ali bin Abi Thalib, Ibnu Abbas, Aisyah, Ummu Salamah radhiyallahu ‘anhum dan para Ulama seperti Abu Hanifah, Imam Malik, Imam Ahmad, At-Tirmizi, Ibnu Taimiyah rahimahumullah bersepakat bahwa batas maksimal keluarnya darah nifas adalah 40 hari, berdasarkan hadits Ummu Salamah dia berkata, “Para wanita yang nifas di zaman Rasulullah -shallallahu alaihi wasallam-, mereka duduk (tidak shalat) setelah nifas mereka selama 40 hari atau 40 malam.” (HR. Abu Daud no. 307, At-Tirmizi no. 139 dan Ibnu Majah no. 648). Hadits ini diperselisihkan derajat kehasanannya. Namun, Syaikh Albani rahimahullah menilai hadits ini Hasan Shahih. Wallahu a’lam.Ada beberapa ulama yang berpendapat bahwa tidak ada batasan maksimal masa nifas, bahkan jika lebih dari 50 atau 60 hari pun masih dihukumi nifas. Namun, pendapat ini tidak masyhur dan tidak didasari oleh dalil yang shahih dan jelas.

  1. Hukum yang berlaku pada nifas adalah sama seperti hukum haid, baik mengenai hal-hal yang diperbolehkan, diharamkan, diwajibkan, maupun dihapuskan. 
  2. Keguguran. Apabila janin sudah berbentuk manusia, maka darah yang keluar sesudahnya adalah darah nifas. Adapun jika janin belum berbentuk, maka tidak dikategorikan sebagai darah nifas dan baginya shalat dan puasa. 
  3. Melahirkan Dua Anak. Masa nifasnya dimulai dari kelahiran anak pertama. 
  4. Amalan Yang Diharamkan. Bagi wanita yang haid maka itu yang diharamkan oleh wanita yang nifas. 
  5.  Amalan Yang Mubah Bagi Wanita Haid dan Nifas :
a.       Bercumbu pada bagian – bagian selain kemaluan
b.      Berdzikir kepada Allah Ta’ala
c.       Ihram, wuquf di Arafah, semua amalan haji dan umrah selain thawaf
d.      Makan dan minum bersama
  1. Amalan Yang Boleh Dilakukan Wanita Haid dan Nifas:
a.    Mencukur rambut dan memotong kuku
b.    Pergi ke pasar
c.    Menuntut ilmu
d.    Berdzikir
e.    Membaca hadits, dan lain-lain.
  1. Thalaq dan ‘Iddahnya wanita Nifas
    ‘Iddah berlaku terhitung sejak dijatuhkannya thalaq, tanpa dipengaruhi oleh masa nifas.


###########################
 
TANYA JAWAB


T : Assalamualaikum ustadzah, mau bertanya apabila seorang wanita yang nifas telah suci sebelum 40 hari, bolehkah sang suami berjima dengannya? Dan apabila darah (nifas) itu keluar lagi setelah 40 hari, bagaimana hukumnya?
J : Sama seperti haid, pastikan dahulu sudah benar-benar suci baru mandi junub. Setelahnya tentu boleh berhubungan dengan suami. Kalau sudah yakin bersih, maka darah yang datang berikut tentu adl haidl


T : Titipan pertanyaan dari Bunda Sri. P M13B. Assalamu'alaikum ustadzah, màaf sebelumnya kalau jorok. Saya haid 2 minggu yang lalu. Tapi yang keluar hanya gumpalan-gumpalan sama lendir yang kecoklatan. Tanpa di barengi darah yang mengalir. Tapi ini hari ke 15 tapi malah darah yang keluar banyak banget, bau dan warnanya seperti darah haid. Memang kemaren pas hari ke 13 saya lalap kunyit sama gula jawa. Pas saya menentukan haid yang pertama. Memang itu sudah telat sekitar seminggu  saya hitung dari siklus 40 hari. Kalau dulu siklus haid saya memang 40 hari.  Tapi semenjak habis KB belum teratur sebelumnya, malah baru 3 minggu sudah haid. Yang saya bingung ini hukum nya bagaimana ya ustadzah? Apa saya salah hitung, terus untuk sholatnya bagaimana? Maaf dan terimakasih sblmnya.
J : Penentuan haidl tidak hanya berdasarkan periode waktu, tapi juga dilihat dari sifat darah haidlnya, jika memang darah yang muncul kita kenali sebagai darah haidl, maka itu darah haidl


T : Ustadzah, untuk wanita yang bermasalah dengan hormon pada hari-harinya mengalami flek darah yang berkepanjangan, terkadang juga bersih beberapa hari kemudian flek lagi sehingga sulit menentukan waktunya dia haid (menentukan siklus haidnya). Yang saya tanyakan kalau kasus seperti ini, bagaimana menentukan masa sucinya? Jazakillah ustadzah.
J : Sebaiknya kunjungi dokter kandungan untuk menentukan masa haidl sebenarnya. Cari dokter kandungan muslimah yang sekaligus paham dari sisi syariat. Kalau bunda tinggal di Jakarta, ada dokter Prita di Jakarta Timur


T : Ustadzah, warna darah yang sehat seperti apa, saya kalau mens warna darahnya berbeda-beda, kadang merah kehitaman, kadang merah cerah sekali hampir ke orange?
J : Warna darah haidl memang berbeda-beda tergantung hari ke berapa. Darah sehat warna merah gelap namun sifatnya cair.


T : Ustadzah, kalau jarak antara keluarnya darah lagi hanya berselang 1 harian apakah juga dihukumi darah haid? (Insyaa Allah sudah yakin bersih sebelum keluar darah lagi)
J : Lihat kebiasaan. Berapa hari sebenarnya. Dan sebaiknya beri jeda waktu hari-hari dari saat kita yakin haidl selesai, bisa setengah hari atau sehari. Memastikan haidl atau nifas sudah bersih bukan hanya melihat di celana dalam, tapi usap liang vagina agak ke dalam sedikit dengan kapas.


T : Assalamu'alaikum wrwb, Ustadzah mau bertanya, ketika siklus haid tidak teratur, kalau darah haid melebihi hari biasanya misalnya biasanya 14 hari itu sudah maksimal, tapi ada kalanya sampai 3 minggu, apakah ini masih dibilang darah haid? darah suatu penyakit? kalau dalam pandangan Islam mestinya kita bagaimana kalau sudah lebih dari 14 hari? Mohon pencerahannya bunda ustadzah.. jazakillah khairan katsir
J : Dilihat kebiasaan. Jika biasa 2 pekan, maka di hari ke 15 segera mandi junub dan darah setelahnya adalah istihadloh


T : Ustadzah di atas kan disebutkan darah yang keluar saat kontraksi melahirkan bukan darah nifas, berarti masih wajib sholat ya Ustadzah? Misal dalam keadaan kontraksi (sudah keluar darah) tapi tidak mampu untuk sholat karena merasakan sakit, bagaimana hukum nya?
J : Pendapat Imam Syafii seperti itu. Namun imam yang lain ada yang menyatakan 1-2 hari sebelum persalinan, darah yang keluar sudah dihitung nifas.


T : Bunda, bagaimana dengan kewajiban sebagai istri terhadap suami ketika nifas berhenti di hari ke 30? Apakah harus menunggu sampai 40 hari dalam melayani suami?
J : Tidak ada batas minimal nifas, jika hanya sepekan sudah bersih, lansung mandi junub saja.



~~~~~~~~~~~~~~~~

Selanjutnya, marilah kita tutup kajian kita dengan bacaan istighfar 3x
Doa robithoh dan kafaratul majelis

Astaghfirullahal' adzim 3x

Do'a Rabithah
Allahumma innaka ta'lamu anna hadzihil qulub,
qadijtama-at 'alaa mahabbatik,
wal taqat 'alaa tha'atik,
wa tawahhadat 'alaa da'watik,
wa ta ahadat ala nashrati syari'atik.
Fa watsiqillahumma rabithataha,
wa adim wuddaha,wahdiha subuulaha,wamla'ha binuurikal ladzi laa yakhbu,
wasy-syrah shuduroha bi faidil imaanibik,
wa jami' lit-tawakkuli 'alaik,
wa ahyiha bi ma'rifatik,
wa amitha 'alaa syahaadati fii sabiilik...
Innaka ni'mal maula wa ni'man nashiir.

Artinya :
Ya Allah, sesungguhnya Engkau mengetahui bahwa sesungguhnya hati-hati kami ini,
telah berkumpul karena cinta-Mu,
dan berjumpa dalam ketaatan pada-Mu,
dan bersatu dalam dakwah-Mu,
dan berpadu dalam membela syariat-Mu.
Maka ya Allah, kuatkanlah ikatannya,
dan kekalkanlah cintanya,
dan tunjukkanlah jalannya,
dan penuhilah ia dengan cahaya yang tiada redup,
dan lapangkanlah dada-dada dengan iman yang berlimpah kepada-Mu,
dan indahnya takwa kepada-Mu,
dan hidupkan ia dengan ma'rifat-Mu,dan matikan ia dalam syahid di jalan-Mu.
Sesungguhnya Engkau sebaik-baik pelindung dan sebaik-baik penolong.
Aamiin...    

DOA PENUTUP MAJELIS
سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ

Subhanaka Allahuma wabihamdika asyhadu alla ilaha illa anta astaghfiruka wa atubu ilaik.Artinya:“Maha suci Engkau ya Allah, dan segala puji bagi-Mu. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan melainkan Engkau. aku mohon ampun dan bertaubat kepada-Mu.”
Aamiin ya Rabb.

======================
Website: www.hambaAllah.net
FanPage : Kajian On line-Hamba Allah
FB : Kajian On Line-Hamba Allah
Twitter: @kajianonline_HA
IG: @hambaAllah_official

Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Post a Comment

Ketik Materi yang anda cari !!

Artikel Baru