Home » , , » Infeksi Saluran Napas

Infeksi Saluran Napas

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Wednesday, December 6, 2017

Rekap Kajian Online Hamba Allah Ummi G-7
Hari/Tgl : Jum'at, 25 Agustus 2017
Materi : Infeksi Saluran Napas
Narasumber : dr. Ella Amalia
Waktu kajian : 16.00-17.30 WIB
Editor : Sapta
➖➖➖➖➖➖➖➖➖
Infeksi Saluran Napas

Infeksi saluran napas adalah infeksi yang terjadi pada saluran pernafasan seseorang. Infeksi ini umumnya disebabkan oleh patogen (virus, bakteri, dll) yang menyerang hidung, tenggorokan, atau bahkan paru-paru.

Infeksi saluran napas ini masih sering menyerang manusia, baik anak dan dewasa. Gejala tampak lebih berat pada anak-anak. Beberapa kasus pneumonia, masih menjadi masalah pada anak-anak.

Saluran pernapasan terbagi menjadi saluran udara atas dan saluran udara bawah.

~ Saluran pernapasan atas meliputi bagian hidung, sinus, faring, dan bagian laring.
Penyakit infeksi pada saluran napas atas berupa: pilek, radang sinus atau sinusitis, radang amandel atau tonsillitis, radang pita suara atau laryngitis.

~ Saluran pernapasan bawah meliputi bagian laring di bawah pita suara, trakea, bronkus, dan bronkiolus (paru-paru). Infeksinya dapat berupa bronkitis, bronkiolitis, influenza, tuberkulosis dan pneumonia.

Penyebab infeksi
Infeksi saluran pernapasan dapat disebabkan oleh virus, bakteri, atau organisme lain. Paling sering disebabkan oleh virus (Rhinovirus dan adenovirus)

Penyebaran infeksi melalui udara atau sentuhan. Misal percikan air dari seorang penderita yang bersin atau batuk. Infeksi juga dapat menular bila menyentuh benda yang terkena percikan atau mengandung patogen.


Gejala yang dirasakan antara lain:
- Bersin
- Hidung tersumbat atau berair.
- Batuk
- Tenggorokan terasa sakit.
- Sakit kepala
- Demam.
- Nyeri otot
- Sesak napas.


Sistem kekebalan tubuh seseorang sangat berpengaruh dalam melawan infeksi virus maupun bakteri terhadap tubuh manusia. Risiko seseorang mengalami infeksi akan meningkat ketika kekebalan tubuh lemah. Hal ini cenderung terjadi pada anak-anak dan orang yang lebih tua, serta siapa pun yang memiliki penyakit atau kelainan dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Pengobatan

▶Bila gejala ringan, tidak perlu ke dokter. Istirahat yang cukup, jaga asupan cairan, serta makan makanan bergizi seimbang.
▶Bila gejala cukup mengganggu atau berat, misal sesak napas, sakit kepala, demam tinggi, penurunan kesadaran, maka perlu untuk memeriksakan diri ke dokter.  Pengobatan yang lazim diberikan adalah antipiretik bila demam, antihistamin, serta dekongestan. Bila memang terdapat infeksi bakteri, baru dapat diberikan antibiotik.

Pencegahan
▶Mencuci tangan secara teratur
▶Hindari menyentuh bagian wajah, terutama mulut, hidung, setelah menyentuh benda yang dicurigai mengandung patogen
▶Hindari merokok
▶Menutup mulut saat batuk atau bersin
▶Olahraga teratur
▶Makan makanan bergizi seimbang


➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖
TANYA -JAWAB

T : Dokter, Saya mau bertanya, pasien TBC pada saat batuk, kemungkinan besar akan memercikan air liur yang terinfeksi. Kita sebagai kerabat, tidak bisa mengucilkan dia. Berapa lama kuman TB itu bertahan hidup di udara terbuka dokter? Dan apa yang sebaiknya kita lakukan jika berdekatan dengan pasien TB?
J : Pencegahan penularan TBC bisa dilakukan dari 2 arah:
  1. Penderita diminta utk tdk batuk sembarangan. Menutup mulut saat batuk. Mencuci tangan bila akan memegang peralatan bersama. Memakai masker. Kemudian kamar penderita juga baiknya terpapar langsung dangan sinar matahari (karena bakteri tbc mudah mati bila terkena sinar ultraviolet), serta sirkulasi udaranya baik (jendela terbuka lebar). Selain itu juga melakukan pengobatan secara rutin.
  2. bagi keluarga: yang terpenting meningkatkan daya tahan tubuh. Mencuci tangan sebelum makan atau setelah memegang peralatan yang dicurigai mengadung bakteri tbc.

T : Assalamu'alaykum. Saya mau tanya dr.ella. Anak saya sering sekali alergi yang sampai sesak nafas gitu. Gejalanya pasti pertama sakit perut terus lama-lama gatal dan bengkak dibagian wajah terutama mata. Dan sesak nafas. Kata dokter bukan asma. Itu sering terjadi dok. Walau  sudah diikuti apa-apa saja yang dilarang sama dokter. Bagaimana solusinya menurut dr. ella?
J : Wa'alaikumussalam mbak, bila benar itu alergi, kenali penyebab atau pencetus alergi. Sebaiknya dihindari. Misalnya makan-makan tertentu, atau terhirup bulu hewan, dan lain-lain. Jika gejala tidak berkurang, bisa diberikan antihistamin. Atau sebaiknya konsultasikan ke dokter anak untuk melakukan pemeriksaan tambahan lain.

T : Dokter, kalau periksa bta ke laboratorium hasilnya negatif tapi jamurnya positif, obatnya beda? Berapa lama? Apa bisa sembuh? Apa bisa menularkan?
J : Artinya ada infeksi jamur. Pengobatannya berbeda dengan pengobatan Tbc. Biasanya penderita daya tahan tubuhnya sangat turun sehingga bisa terinfeksi jamur. Pengobatan tergantung keparahan penyakit, bisa sampai beberapa minggu, tapi tidak sampai 6 bulan seperti pengobatan tbc

T : Assalamualaikum, tanya dok, banyak anak-anak yang terkena kasus infeksi amandel penyebab utamanya apa ya dok?
J : Wa'alaikumussalam, amandel atau tonsilitis kronis disebabkan peradangan berulang dan lama pada kelenjar tonsil. Bisa disebabkan infeksi, bisa juga peradangan karena hal lain yang bukan infeksi (misal peradangan karena iritasi atau alergi, dan lain-lain). Sebaiknya diperhatikan hal-hal apa yang menimbulkan radang ternggorokan berulang (ada alergi makanan kah? Terpapar asap rokok, dan lain-lain).

T : Assalamu'alaikum dokter, ijin bertanya.  Anak saya dari kecil sampai sekarang sensitif sekali hidungnya, dingin, atau kena debu langsung bersin-bersin mata sampai bengkak merah, terus dalam hidung tumbuh benjolan yang hampir menutup lubang hidungnya, kadang udara yang dari hidungny bau kadang tidak, itu bagaimana mengatasinya?
J : Kemungkinan anak bunda mengidap rhinitis alergi,  bila terpapar alergen akan bersin-bersin, bahkan mata sampai terasa gatal dan berair. Komplikasi dari rhinitis adalah sinusitis atau peradangan pada ruang sinus. Ini dapat menyebabkan penumpukan bakteri atau sel-sel radang di sinus. Menimbulkan sakit kepala atau bau. Untuk sumbatan/benjolan bila hilang timbul, kemungkinan karena peradangan mukosa. Tapi bila menetap, bisa juga karena ada polip. Sebaiknya diperiksakan ke dokter THT utk pemetiksaan lebih detail.

T : Temen saya saat ini terkena kanker payudara stadium akhir, terus kata dokter paru-parunya terendam cairan yang membuat dia susah nafas, akhirnya sekarang dimasukkan selang dan disedot air dalam paru-paru itu. Maaf kenapa bisa begitu ya dok? Makanan apa yang harus kami berikan atau tidak kami berikan saat ini? Jazakillah khoir atas jawabannya.
J : Kemungkinan sudah terjadi penyebaran sel kanker hingga ke paru-paru, serta terjadi produksi cairan di ruang dinding paru, yang tidak normal. Bila cairan tidak dibuang, paru-paru akan tertekan dan pasien merasa sesak napas. Biasanya tidak ada pantangan khusus, tapi disesuaikan dengan kondisi pasien.

T : Tanya Dok, anak saya suka kucing, dan kami baru punya belum 6 bulan. Bahayakan kalau anak saya peluk dan gendong kucing? Saya suka peringatkan untuk tidak dekat dengan hidung, takut bulu-bulu kucing masuk ~pikiran orang awam begini deh~. Kalo terjadinya virus tokso itu darimana ya Dok?
J : Bila kucing tersebut liar, sebaiknya memang berhati-hati. Selain parasit toksoplasma, juga bisa ada kuman-kuman lain. Baiknya memang kucing tersebut diperiksakan dulu ke dokter hewan. tapi bila tidak memungkinkan, sebaiknya disediakan tempat khusus untuk kucing BAB, serta dibersihkan secara rutin. Termasuk memandinkan kucingnya. Karena parasit toksoplasma paling banyak didapatkan di kotoran kucing.

T : Bismillaah, Dokter saya mau tanya, anak saya di diagnosa sinusitis, dan disarankan operasi, apakah hanya operasi jalan satu-satunya untuk pengobatannya? Karena selama ini dia minum obat kemaren ini dokternya larang jangan minum obat lagi katanya, dokter adakah cara lain?
J : Pada beberapa kondisi, misal sinusitis berulang atau dimungkinkan dapat menimbulkan infeksi di organ penting otak misalny, memang operasi menjadi alternatif. Bila bunda ragu, bisa mencari second opinion dgn memeriksakan anak bunda di dokter THT lain.

T : Afwan dokter mau tanya lagi, kalau mimisan atau keluar darah dari hidung penyebabnya apa karena sistem imun anak yang kurang baik ya dok?
J : Penyebab mimisan banyak hal bunda, seringkali karena trauma (misal setelah benturan, atau anak mengorek hidung), tapi bisa juga disebabkan perubahan hormonal sehingga pembuluh darah menjadi lebih rapuh (misal pada ibu hamil), atau bisa juga memang terdapat masalah dalam pembekuan darah. Mimisan kadang bisa terjadi bila anak demam atau terkena panas. Sebaikny hindari pencetusnya

T : Asaalaamualaikum.. Dokter Ella, Mau tanya, kalau setiap menjelang dan saat haid, rasa di dada seperti tertekan dan batuk-batuk. Setiap datang bulan selalu begitu kadang sampai sesak nafas tersengal-sengal gitu. Apakah itu normal? Apa ada kaitannya dengan siklus haid?
J : Wa'alaikumussalam, saat haid memang terjadi perubahan hormonal, menimbulkan dismenorhea dan menimbulkan keluhan disekitar organ rahim. Misal, nyeri perut, mulas, bahkan sampai diare. Beberapa merasa peningkatan asam lambung, sehingga merasa mual muntah.
Utk kasus mbak, apakah mba ada sakit maag sebelumnya, rasa sesak bisa jadi karena GERD, peningkatan asam lambung, sehingga menimbulkan sensasi nyeri dada atau sesak.
Utk pemeriksaan lebih lengkap, sebaiknya konsultasikan ke dokter

T : Tumor payudara yang sudah diangkat dan timbul lagi apa itu bisa memicu kanker bun?
J : Tumor jinak bisa saja timbul kembali. Untuk fibroadenomamma, biasanya terjadi pada usia produktif, karena hormon estrogen masih tinggi. Bisa jg dipengaruhi genetik. Kanker payudara adalah hal yang berbeda, terpisah dari kejadian tumor jinak. Tapi perlu untuk melakukan skrining untuk memastikan tumor tersebut jinak atau ganas

T : Dokter, apakah pneumonia dan bronkitis itu sama? lalu kalau batuk 100 hari itu apa? dulu tmn saya kena batuk itu sampai kurus sekali badannya.
J : Penumonia adalah radang pada paru-paru mengenai kantung-kantung paru bahkan sebagian besar bagian paru, biasanya gejalanya berat berupa demam, sesak, batuk. Penyebab paling sering infeksi.

Sedangkan bronkhitis terjadi pada saluran besar yang ada diparu-paru. Gejala bisa batuk lama, atau sesak. Demam juga bisa terjadi bila ada peradangan luas. Penyebab bisa alergi, iritasi (merokok, dan lain-lain), atau infeksi.
Batuk 100 hari atau pertusis disebabkan infeksi bakteri. Biasanya menyerang anak-anak, gejala batuk lama dan demam.
Semuanua harus diobati secara intens. Sebaiknya dikonsultasikam ke dokter

T : Dokter, berkaitan dengan pro kontra vaksin yang sudah ramai di bicarakan sekarang, kala u vaksin influenza itu aman kah? Sejauh mana dampaknya untuk tubuh kita, apakah kita akan aman dari influenza selamanya ?
J : Vaksin influenza secara umum aman. Beberapa sudah diproduksi biofarma. Biasanya diberikan bila ada wabah atau kita akan memasuki daerah yang endemis, maka sebaiknya dilakukan vaksinasi, karena influenza (bukan flu biasa ya), bisa menimbulkan gejala yang sangat berat, bahkan menimbulkan kematian.

T : Dokter mau tanya, kista di payudara kan juga ada ya, apa benar ada yang padat dan tidak, terus kalau sudah padat apa harus segera diambil, kalau seandainya tidak diambil apa bisa menjadi tumor? Jazaakillah khoir dokter.
J : Iya mbak, kalau kista biasanya berisi cairan. Tapi ada juga yang berisi jaringan sehinngga lebih padat. Untuk penapisan/skrining sebaiknya memang diangkat atau dibiopsi untuk melihat jenisnya jinak atau ganas.

T : Dok, boleh tanya soal bronkitis kah? Kakak ipar saya kena bronkitis, apa ya penyebabnya? Apa benar karena mandi disaat badan masih berkeringat? Atau terlalu sering pakai kipas angin? Mohon pencerahannya dok. Terima kasih
J : Penyebab bronkhitis secara umum adalah peradangan di bronkus, bisa secara langsung terjadi iritasi (misal paparan asap, rokok, debu, tempat kerja yang mengandung partikel udara yang padat), atau bisa juga dipicu oleh alergi.  Kalau mandi atau penggunaan kipas saya belum pernah dengar. Tapi bisa juga bila penderita alergi dengan dingin.


➖➖➖KHOLAS➖➖➖

Selanjutnya, marilah kita tutup kajian kita dengan bacaan istighfar 3x
Doa robithoh dan kafaratul majelis

Astaghfirullahal' adzim 3x

Do'a Rabithah
Allahumma innaka ta'lamu anna hadzihil qulub,
qadijtama-at 'alaa mahabbatik,
wal taqat 'alaa tha'atik,
wa tawahhadat 'alaa da'watik,
wa ta ahadat ala nashrati syari'atik.
Fa watsiqillahumma rabithataha,
wa adim wuddaha,wahdiha subuulaha,wamla'ha binuurikal ladzi laa yakhbu,
wasy-syrah shuduroha bi faidil imaanibik,
wa jami' lit-tawakkuli 'alaik,
wa ahyiha bi ma'rifatik,
wa amitha 'alaa syahaadati fii sabiilik...
Innaka ni'mal maula wa ni'man nashiir.

Artinya :
Ya Allah, sesungguhnya Engkau mengetahui bahwa sesungguhnya hati-hati kami ini,
telah berkumpul karena cinta-Mu,
dan berjumpa dalam ketaatan pada-Mu,
dan bersatu dalam dakwah-Mu,
dan berpadu dalam membela syariat-Mu.
Maka ya Allah, kuatkanlah ikatannya,
dan kekalkanlah cintanya,
dan tunjukkanlah jalannya,
dan penuhilah ia dengan cahaya yang tiada redup,
dan lapangkanlah dada-dada dengan iman yang berlimpah kepada-Mu,
dan indahnya takwa kepada-Mu,
dan hidupkan ia dengan ma'rifat-Mu,dan matikan ia dalam syahid di jalan-Mu.Sesungguhnya Engkau sebaik-baik pelindung dan sebaik-baik penolong.
Aamiin...    

DOA PENUTUP MAJELIS
سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ
Subhanaka Allahuma wabihamdika asyhadu alla ilaha illa anta astaghfiruka wa atubu ilaik.Artinya:“Maha suci Engkau ya Allah, dan segala puji bagi-Mu. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan melainkan Engkau. aku mohon ampun dan bertaubat kepada-Mu.”
Aamiin ya Rabb.

======================
Website: www.hambaAllah.net
FanPage : Kajian On line-Hamba Allah
FB : Kajian On Line-Hamba Allah
Twitter: @kajianonline_HA
IG: @hambaAllah_official

Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Ketik Materi yang anda cari !!

Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT