Home » , , , , » Bapil dan Demam Pada Anak

Bapil dan Demam Pada Anak

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Tuesday, January 23, 2018



Image result for batuk pilek demam kartun
Rekap Kajian Online HA Ummi G-7
Hari/Tgl : Kamis, 28 September 2017
Materi  :  Bapil dan demam pada anak
NaraSumber : dr. Ella Amalia
Waktu Kajian : bada ashar - 17.30 wib
Editor : Sapta


Saat ini kita memasuki musim dimana cuaca dengan mudah berubah. Sebentar panas, kemudian tiba-tiba hujan. Perubahan cuaca ini dapat berpengaruh pada kesehatan anak. Anak menjadi mudah sakit bila daya tahan tubuh sedang turun. Beberapa gejala penyakit yang sering menyerang anak-anak adalah demam, batuk dan pilek.


Demam adalah peningkatan suhu tubuh di atas 37,5C (beberapa literatur lain 38C). Demam sebenarnya bukan merupakan penyakit tersendiri, tapi merupakan suatu gejala penyakit yang bisa terjadi apabila tubuh terinfeksi patogen atau bila terjadi proses peradangan atau inflamasi.
Cara mengukur suhu tubuh yang benar adalah dengan menggunakan termometer. Pengukuran bisa dilakukan di ketiak, mulut atau dubur.
Demam sebenarnya adalah salah satu mekanisme pertahanan tubuh untuk membunuh atau mencegah perkembangbiakan patogen, tetapi memang bila terlalu tinggi justru dapat mengganggu kinerja lain dari tubuh.


Batuk pilek yang umumnya terjadi pada anak-anak adalah selesma atau common cold. Ditandai dengan bersin, hidung berair atau bahkan tersumbat, dan batuk. Karena anak usia di bawah 6 tahun sering belum memiliki refleks batuk yang baik untuk mengeluarkan dahak, mereka sering kali muntah bila batuk-batuk, dan dahak bisa keluar bersama muntahan.
Selesma paling sering disebabkan oleh virus, dan bisa sembuh dengan sendirinya. Anak bisa saja terkena selesama sampai 10 kali/tahun, dan ini masih normal.


Apa yang orang tua dapat lakukan saat anak terserang demam atau batuk pilek?

Untuk demam, bila suhu tubuh anak di bawah 38,5C, belum perlu diberi obat penurun panas (paracetamol atau ibuprofen). Cukup kompres anak dengan air hangat, dan beri air minum yang cukup. Bila masih bayi, bisa peluk anak dengan kulit anak bersentuhan dengan kulit ibu/ayah (skin to skin), karena hal ini dapat membantu menurunkan suhu tubuh anak. Bayi dapat terus disusui oleh ibu.
Bila anak memiliki riwayat kejang demam sebelumnya, dan kejang bisa dengan mudah terjadi walaupun demam masih di bawah 38,5C. Maka pemberian obat penurun panas dapat dipertimbangkan. Kemudian segera hubungi dokter untuk mengetahui penyebab munculnya demam.


Untuk pilek, anak boleh diterapi dengan uap hangat atau balsam anak. Tapi ini hanya memberi efek lega sesaat bagi hidung yg tersumbat. Yang utama adalah membuat anak merasa nyaman, tidur misalnya. Anak boleh tidur miring jika itu membuatnya nyaman, tapi orang tua perlu mengawasi jika hidungnya mungkin tersumbat saat ia berbalik tengkurap.
Bila anak batuk, awasi agar anak dalam posisi aman jika hendak batuk sampai muntah. Hati-hati bila anak tersedak.
Karena umumnya penyebab batuk pilek adalah virus, maka tidak perlu pemberian antibiotik. Kapan orang tua perlu waspada? Bila anak sesak napas atau muntah terus menerus, sehingga anak menjadi dehidrasi. Untuk ini anak operlu segera di bawa ke dokter.

Anak boleh dibawa ke dokter bila demam makin tinggi, terjadi kejang, muntah terus menerus atau lebih dari 1 minggu demam, batuk, pilek tidak menunjukkan perbaikan.


Apakah anak boleh dimandikan? Jika anak masih aktif dan tidak terlalu tinggi suhu tubuhnya, boleh dimandikan dengan air hangat.
Apakah anak batuk pilek boleh minum es atau makan es krim? Jika anak tidak memiliki alergi terhadap dingin, dan es atau es krim tersebut dijamin bersih,  maka boleh saja untuk minum es atau makan es krim.


Hal penting lain yang dapat dilakukan orang tua adalah dengan mencegah penularan penyakit pada anak. Misal ada orang dewasa atau anak lain yang sakit di sekitar anak, maka usahakan untuk tidak berinteraksi langsung. Orang yang sakit dapat menggunakan masker. Kemudian manjaga pola hidup bersih dan sehat, mencuci tangan setiap akan makan, atau setelah menyentuh barang yang diduga terpapar patogen penyebab infeksi.



TANYA - JAWAB

T : dr. ella saya mau tanya, apakah jika anak batuk (balita) dahaknya bisa keluar melalui kotoran? biasanya kalau anak batuk saya kasih perasan kencur + madu, apa aman buat ginjalnya? anak di bawa 2 tahun bolehkah minum jamu? afwan banyak pertanyaanya.
J : Rata-rata bayi atau anak dibawah 5 tahun memang akan menelan dahaknya karena belum optimal refleks batuknya. Dahak itu sendiri bisa keluar lewat muntah atau feses. Bayi di bawah 1 tahun sebaiknya tidak diberi madu, karena rentan terinfeksi bakteri dari madu. Begitu juga dengan jamu-jamuan. Di atas 2 tahun, jika anak tidak ada masalah, boleh berikan jamu, yang dibuat bunda sendiri ya. sesekali saja.


T : Assalamualaikum bu dokter, maaf jadi untuk pilek ga perlu langsung dikasih obat ya, biasanya berapa hari bolehnya anak diberi obat atau jika sudah muncul gejala apa? Soalnya neneknya lebih sering khawatir katanya kalo anak pilek jangan suka dibiarin?.. lalu kalau lagi pilek boleh ga anak keramas? Jazaakillah Khairan
J : Wa'alaikumussalam mbak, kebanyakan pilek disebabkan oleh infeksi virus, yang sebenarnya bisa sembuh sendiri, jadi pemberian obat biasanya yang hanya meredakan gejala pilek, tapi bukan menghilangkan virusnya. Yang penting membuat anak nyaman. Seringkali anak justru nyaman kalo digendong. Dan antibiotik tidak diperlukan.
Kapan perlu diberi? Jika anak disertai infeksi telinga, atau jika ada sesak napas dan demam tinggi, dan pemberian obat-obatan ini, antibiotika termasuk, harus dengan peresepan dari dokter. Keramas kalau anaknya tidak demam tinggi, boleh bunda.


T : Bu dokter saya mau nanya, khan batuk pilek biasanya penyebabnya virus. Jadi tak perlu antibiotik. Nah seingat saya selama ini anak saya yang pertama sejak dari lahir hingga sekarang usia 5 tahunan dengan dsa yang sama. Setiap batpilnas selalu diberikan antibiotik. Itu gak papa sering minum obat antibiotik? Kebetulan anak saya sering sakit sejak kecil hingga 4 tahunan. 4 tahun ke atas udah jarang sakit.
J : Sebenarnya sangat boleh berdiskusi dengan dokter yang memberi obat. Tanyakan apa penyebab penyakitnya. Jika memang virus, tidak perlu antibiotik. Jika bakteri (misal penyebab radang tenggorokan), harus diberikan antibiotik. Tapi antibiotik tidak boleh digunakan untuk pencegahan ya bunda. Karena nanti efeknya bakteri yang baik juga akan mati.
Saat kecil daya tahan tubuh anak belum optimal, jadi kalau lingkungan sekitarnya banyak yang sakit, dia juga bisa sakit. Seiring bertumbuh besar, makin matang juga pertahanan tubuhnya.


T : Dan apakah obat antibiotik yang diberikan oleh dokter harus dihabiskan tak boleh ada sisa? Ada yang bilang bila antibiotik tak dihabiskan maka nanti bila sakit dan berobat lagi, obatnya Tidak manjur lagi ke anak. Syukron.
J : Iya sebaiknya dihabiskan, karena jika tidak dihabiskan, bisa jadi masih ada bakteri yang belum mati (walaupun tubuh sdh tampak sehat), dan jika antibiotika dihentikan, maka bakteri ini bisa beradaptasi dan memperkuat diri sehingga terjadilah resistensi atau kekebalan terhadap antibiotika sebelumnya.


T : Tanya dok, kalau anak bapil boleh kan tidur dengan kipas angin, karena di daerah kami cuaca sangat panas, kalau tidak nyalain kipas tidurnya jadi tidak nyenyak dan muncul "kringet buntet" banyak sekali di dahi, punggung dan leher. Lagi dok, makanan apa saja yang harus dihindari saat anak-anak sedang bapil? Terimakasih
J : iya bunda, boleh kok menggunakan kipas. Justru kipas lebih dianjurkan dibandingkan AC. Tapi jangan arahkan kipas langsung ke badan anak terus menerus ya bunda, sebaiknya diputar atau diarahkan ke dinding. Jikapun menggunakn AC, pastikan kelembaban udara dipertahakankan, jangan terlalu kering. Tidak ada pantangan khusus bunda. Makan apa saja yang anak suka. Yang penting gizinya seimbang.


T : Anak yang alergi dingin biasanya jadi sering batuk pilek.. kasian dok kalau sudah kambuh, bagaimana mengatasi alerginya ya dok? Ada obat/vitamin khusus tidak untuk pertahanan tubuh terhadap alergi? Syukron dokter
J : jika kasus alergi, memang butuh penanganan khusus. Yang utama adalah hindari pencetus. Usahakan suhu ruangan kamar tetap hangat, atau anak bisa memakai jaket atau selimut. Jika pun kambuh terus, dan merepotkan, sebaiknya dibawa ke dokter untuk diberi obat alergi atau antihistamin. Pemberian obat juga tergantung berat ringan kasus yg dialami.


T : Assalamu'alaikum dokter.. balita batuk terus menerus selama lebih dari 1 bulan dan sekarang dia kena hernia karena sering mengejan saat batuk apa ada tes darah untuk mengetahui jenis-jenis alergi pada bayi, karena orangtuanya sudah bolak balik ke Rs terdekat tapi kondisi anak tidak membaik, terimakasih.
J : Jika sudah lebih dari 2 minggu, sebaiknya diperiksakan ke dokter bunda. Apalagi jika sudah dengan masalah lain seperti hernia.  Mungkin ada masalah lain. Sebaiknya periksakan langsung ke dokter anak untuk diketahui apakah ini kasus alergi, infeksi, atau masalah lain. Untuk tes alergi, di beberapa kota besar, bisa diperiksakan secara mandiri oleh orang tua di laboratorium kesehatan. Bisa berupa tes tusuk atau tes patch.


T : Tanya dok, anak-anak batita biasanya kalau pilek ada yang suka di uap pakai alat uap. Apakah aman bila anak-anak sering di uap dengan alat uap tersebut? Dan ada pula ketika anak batpil dikerokin punggungnya pakai bawang merah plus kayu putih/minyak telon. Boleh gak sih dikerokin gitu?
J : Boleh mbak, tapi cukup pakai larutan normal salin ya (NaCl 0,9%), jika pakai obat-obatan sebaiknya dibawah pengawasan dokter. Sebenarnya uap hanya meredakan gejala, bukan menghilangkan penyebab, jadi bisa timbul berulang lagi pileknya. Untuk dikerok, saya belum membaca penelitian ilmiah tentang itu. Tapi memang bisa membantu anak merasa hangat. Saran saya, jikapun dikerok, sebaiknya tidak sampai merah ya bunda.


T : dok untuk penyembuhan sinusitis itu bagai mana yaa, apa benar tiap pagi harus berjemur? lalu jika ada polip di hidung apa selalu harus operasi ato ada obat supaya hilang sendiri ? mohon penjelasan ya.
J : sinusitis biasanya terjadi pada dewasa, hampir jarang terjadi pada anak-anak. Pengobatannya bisa dengan obat-obatan ataupun dengan bedah ringan untuk mengeluarkan lendir di sinus. Sedangkan untuk polip, tidak bisa mengecil, jika sudah menyumbat, sebaiknya dioperasi. Tapi kalau sumbatannya hilang timbul, artinya bukan polip, tapi, pembengkakan mukosa hidung. Cukup diberi obat saja.


T : Dokter apa ada hubungannya anak yang dulu saat bayi ada bocor jantung bawaan tapi alhamdulillah sekarang sudah nutup normal, kalau saat batuk jadi sesak nafas? tapi setelah di uap terus berangsur-angsur lega, alhamdulillah jarang batuk kering.
J : jika bocor jantungnya sudah menutup dan tidak ada masalah jantung lain, sepertinya tidak akan terjadi sesak. Mungkin ada masalah lain. Jika pun mau di uap, sebaiknya dibawah pengawasan dokter ya bunda. Karena beberapa obat memiliki efek samping yang membutuhkan penatalaksanaan segera.


T : Ijin tanya dok anak saya pernah demam dan ada gejala bapil karena sudah beberapa hari saya kasih minum air madu hangat gak ada perubahan akhirnya saya bawa ke dokter, setelah saya minumkan obatnya bukan panasnya turun malah tambah tinggi suhunya sampai 40 derajat semalaman saya kompres sampai saya buka bajunya paginya hanya saya kasih parasetamol untuk meredakan panasnya, anak saya usianya 10 tahun.
J : di obat tersebut sudah ada paracetamolnya bunda. Sewajarnya tidak menimbulkan demam yang makin tinggi. Apalagi jika hanya diberikan paracetamol saja pada pagi hari dan memberi respon baik.  Sudah sesuai aturan pemakaian? Atau bisa jadi saat itu tubuh memang sedang meningkatkan respon demam yang tinggi. Jangan lupa beri air minum yang cukup agar anak tidak dehidrasi.

 

~~~~~~~~~~~

Kita tutup dengan membacakan hamdalah..
Alhamdulillahirabbil'aalamiin

Doa Kafaratul Majelis :

 سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika

“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”

Wassalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh


================
Website: www.hambaAllah.net
FanPage : Kajian On line-Hamba Allah
FB : Kajian On Line-Hamba Allah
Twitter: @kajianonline_HA
IG: @hambaAllah_official

Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Post a Comment

Ketik Materi yang anda cari !!