Bulan Muharram

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Friday, January 19, 2018



Image result for bulan muharram
Rekap Kajian Online Hamba Allah G-1, G-7
Hari : Selasa, 19, 25 September 2017
Materi: Bulan Muharram
Narasumber : Ustadz Robin
Editor : Sapta
===================



Bismillah walhamdulillah washsholatu wassalamu `ala rasulillah
Sebentar lagi kita akan memasuki Bulan Muharram.. salah satu dari 4 Bulan Haram dlm islam, yang diagungkan dan disucikan.

Mari kita hidupkan syiar bulan muharram ini,

Allah ar Rahman berfirman:

{ إِنَّ عِدَّةَ الشُّهُورِ عِنْدَ اللَّهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْراً فِي كِتَابِ اللَّهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ذَلِكَ الدِّينُ الْقَيِّمُ فَلا تَظْلِمُوا فِيهِنَّ أَنْفُسَكُمْ }

“Sesungguhnya bilangan bulan di sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya ada empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu di keempat bulan itu”. [QS At-Taubah: 36]

'Abdullah bin 'Abbas telah menjelaskan tafsir dari ayat diatas, beliau mengatakan:

أي فيهن كلهنَّ؛ ثم اختص منهنَّ أربعة فجعلهنَّ حرامًا وعظم حرماتهنَّ، وجعل الذنب فيهنَّ أعظم والعمل الصالح والأجر أعظم

"(Janganlah kalian menganiaya diri kalian) yakni pada seluruh bulan yang ada, kemudian dikhususkan dari bulan-bulan itu empat bulan yang Allah telah menjadikannya sebagai bulan-bulan haram, yang telah dilebihkan kedudukannya daripada bulan yang lain. Dan perbuatan dosa yang dilakukan didalamnya lebih besar dihadapan Allah, begitu juga amalan shalih yang dilakukan akan menghasilkan ganjaran yang lebih besar pula." [Lathoiful Ma'arif hal.124]

Di antara amal sholih yang dilakukan al Mustofa shallallahu `alaihi wasallam adalah berpuasa;

أَفْضَلُ الصِّيَامِ بَعْدَ رَمَضَانَ شَهْرُ اللَّهِ الْمُحَرَّمُ وَأَفْضَلُ الصَّلاَةِ بَعْدَ الْفَرِيضَةِ صَلاَةُ اللَّيْلِ

“Puasa yang paling utama setelah (puasa) Ramadhan adalah puasa pada bulan Allah – Muharram. Sementara shalat yang paling utama setelah shalat wajib adalah shalat malam.” [HR. Muslim no. 1163, dari Abu Hurairah].

Dan di antara tanggal Muharram yang paling khusus untuk puasa adalah tanggal 10 Muharram;

"....Puasa ’Asyura (10 Muharram) akan menghapus dosa setahun yang lalu.”
[HR. Muslim no. 1162].

Dan disunnahkan untuk memulainya dari tanggal 9 Muharram (tasu`a) untuk menyelisihi Yahudi dan Nashrani;

"Wahai Rasulullah, hari ini adalah hari yang diagungkan oleh Yahudi dan Nashrani.”

Nabi saw pun mengatakan,

فَإِذَا كَانَ الْعَامُ الْمُقْبِلُ – إِنْ شَاءَ اللَّهُ – صُمْنَا الْيَوْمَ التَّاسِعَ

“Apabila tiba tahun depan –insya Allah (jika Allah menghendaki)- kita akan berpuasa pula pada hari kesembilan.”

Ibnu Abbas menjelaskan,

“Belum sampai tahun depan, Nabi shallallahu ’alaihi wa sallam sudah keburu meninggal dunia.” [HR. Muslim no. 1134]

Adapula hadits lain yang mendukung sunnahnya puasa tanggal 11 Muharram

Dan secara umum, dianjurkan untuk memperbanyak amal sholih di sepanjang Bulan Muharram, sesuai kandungan Ayat Allah di atas, khususnya di sepuluh hari pertamanya, sebagaimana praktik para salaf.

Abu Utsman an-Nahdi mengatakan: “Adalah para salaf mengagungkan tiga waktu dari sepuluh hari yang utama: Sepuluh hari terakhir dari bulan Ramadhan, sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah dan sepuluh hari pertama bulan Muharram”. [Lathoiful Ma`arif hal.80].

Wallahu a`lam.

~~~~~~~~~~

TANYA JAWAB


TJ G-1

T : Tanya Ustadz, untuk mengagungkan 10 hari pertama bulan Muharram itu dengan puasa atau dengan amalan-amalan lain?
J : dengan banyak beribadah secara umum. Tidak hanya sepuluh hari, tapi sebulan penuh. Terkait puasa, jangan lewatkan puasa 9 dan 10 muharram. Sisanya bisa dengan puasa senin kamis, daud.


T : afwan ustadz bagaimana dengan larangan-larangan suatu kegiatan di bulan muharam, apakah itu sesuai islam ustadz?
J : Larangan apa bunda? tergantung larangannya, kalau larangan maksiat jelas bertentangan, jelas dianjurkan maksudnya.


T : Seperti yang pernah saya dengar dilarang safar jauh, melaksanakan pernikahan, sepertinya masih ada lagi tapi saya lupa ustadz ?!
J : tidak ada larangan untuk kebaikan/hal mubah secara umum.


T : jadi itu hanya mitos atau adat gitu ustadz?
J : sepertinya begitu bunda. Patokan kita tetap dalil dan pengamalan para ulama salaf maupun khalaf


T : Ada lagi ustadz, bayi yang lahir di bulan itu harus diperingati kelahirannya setiap tahun?
J : tidak ada dalil tentang hal tersebut


T : Maaf tanya ustadz, sebagai ibu apakah boleh puasa di hari lahir anaknya, apalagi anaknya lahir di hari  muharram?
J : tidak ada aturan untuk menyengaja puasa di hari kelahiran anak. Karenanya, tidak dibenarkan puasa dengan niat seperti itu. Hendaklah berniat puasa di bulan muharram dengan niat mengikuti ajaran nabi saw, dan tidak mencampurnya dengan niat lain yang tidak ada tuntunannya. Dalam ibadah, kita harus mengikuti tuntunan nabi saw.


T : Ustadz punten saya pernah dengan bulan muharam disebut bulannya anak yatim, kenapa ya ustadz?
J : Ada hadits tentang memuliakan anak yatim di bulan muharram, namun hadits ini lemah, sehingga tidak bisa dijadikan dalil. Tapi tetap kita dianjurkan untuk menyantuni anak yatim kapan saja, apalagi di bulan-bulan haram, di mana amal sholih dianjurkan ditingkatkan.


T : afwan ustadz, bagaimana dengan doa akhir tahun dan doa awal tahun? apakah sesuai dengan tuntutan Rasulullah atau bid'ah? afwan yang fakir ini ustadz.
J : Doa awal dan akhir tahun tidak ada dalil shahihnya, wallahu a`lam. Namun semua jenis doa, ataupun lafazh-lafazhnya, selama isinya dan maknanya baik, maka boleh saja dipanjatkan. Anjuran berdoa adalah perintah umum, boleh dilakukan kapan saja, tanpa dikhususkan pada waktu-waktu tertentu kecuali ada dalil shahih yang menunjukkan waktu khusus tersebut.


T : Ustadz maaf mau tanya, ada orang yang kalau puasa niatnya supaya hajatnya/mau nikahin anaknya biar lancar tidak ada halangan. Bagaimana kalau begitu, saya mau menjelaskannya susah, karena puasanya 1 minggu penuh. Terimakasih.
J : Boleh memperbanyak puasa dengan harapan Allah mudahkan urusan kita. Namun sangat rugi bila kita hanya berharap hajat dunia. Justru yang paling utama adalah hajat akhirat. Karena itu, hendaklah kita memperbanyak puasa dengan berharap hajat akhirat kita terpenuhi, selain hajat dunia kita.

 ۗ فَمِنَ النَّاسِ مَنْ يَقُولُ رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا وَمَا لَهُ فِي الْآخِرَةِ مِنْ خَلَاقٍ

Maka di antara manusia ada orang yang bendoa: "Ya Tuhan kami, berilah kami (kebaikan) di dunia", dan tiadalah baginya bahagian (yang menyenangkan) di akhirat. - Surat Al-Baqarah, Ayat 200

وَمِنْهُمْ مَنْ يَقُولُ رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Dan di antara mereka ada orang yang berdoa: "Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa neraka". -Surat Al-Baqarah, Ayat 201

أُولَٰئِكَ لَهُمْ نَصِيبٌ مِمَّا كَسَبُوا ۚ وَاللَّهُ سَرِيعُ الْحِسَابِ

Mereka itulah orang-orang yang mendapat bahagian daripada yang mereka usahakan; dan Allah sangat cepat perhitungan-Nya. -Surat Al-Baqarah, Ayat 202


T : Bagaimana kalo puasa nadzar yang bertepatan bulan Muharram. Apa juga tidak boleh dibiarkan double dengan puasa Muharram?
J : puasa nazar boleh dilakukan kapan saja kecuali hari-hari terlarang puasa (hari raya dll), karena puasa nazar ada dalil umum.


T : Ustadz mau tanya, bagaimana dengan anjuran membaca wirid dengan jumlah tertentu. Misalkan membaca surat tertentu/ Asmaul husna sejumlah 100x. Apakah hal tersebut ada dalilnya?
J : Dalil dzikir ada secara umum. Silahkan berdzikir sebanyak-banyaknya tanpa perlu ditentukan bilangannya maupun waktunya, kecuali ada dalil khusus.


T : Iya ustadz dimushola dianjurkan bersama sama habis magrib langsung sholat thaubat, baca QS.Yassin, baca do'a awal tahun, sedangkan do'a akhir tahun bacanya dirumah setelah sholat ashar? mohon penjelasannya.
J : Silahkan beramal sholih secara umum tanpa diniatkan khusus waktu tertentu kecuali dengan dalil yang shahih. Berdoa yang baik, baca yasin maupun bagian lain dari alquran boleh saja, tidak perlu dikaitkan niatnya dengan waktu-waktu khusus.


T : Ditempat saya ada acara suroan, memandikan keris pusaka dan beberapa atraksi, carnival, yang mau saya tanyakan bolehkah saya menonton acara tersebut?
J : tidak ada dalil memandikan keris, bahkan hal tersebut bisa mengandung kesyirikan, sebaiknya kita tidak ikut serta dalam kegiatan yang dicurigai kuat mengandung kesyirikan.


~~~~~~~~

TJ G-7

T : Mau tanya nggak mutu Ustadz, apa maksudnya menyelisihi yahudi dan nasrani hingga Rasulullah mengajak kaumnya untuk puasa juga di hari 9 muharam?
J : ini adalah salah satu ajaran islam yaitu menyelisihi cara ibadah agama lain, karena kalau ikut-ikutan saja, kita bisa dianggap bagian dari mereka.

مَنْ تَشَبَّهَ بِقَوْمٍ فَهُوَ مِنْهُمْ

‘Barangsiapa menyerupai suatu kaum maka ia termasuk bagian dari mereka” (HR Abu Dawud, hasan)


T : Ustadz Robin, sebaiknya amal Ibadah apa saja yang kita lalukan di bulan Muharram ini, terutama di 10 Hari yang pertama?
J : perkuat tilawah, qiyamul layl, puasa, sedekah dan lain-lain.


T : Ustadz kasih makan ke tetangga sedekah kan, kalau kasihnya ke tetangga agak jauh sama saja kah, tetangga samping rumahku pelit, dan setiap dikasih selalu bilang kurang garam kurang inilah, begitu jadi kalau mau kasih males… loh kok jadi curhat ya..
J : kasih yang dekat dan yang jauh, terkadang memberi kepada orang yang kita sukai justru membuktikan ketangguhan kita. Pada dasarnya boleh kasih ke mana saja.


T : Assalamu'alaykum ustadz. Apakah puasa sunnah boleh dilakukan pada hari jum'at? karena saya pernah dengar kalau tidak boleh puasa sunnah pada hari itu yang boleh puasa wajib atau membayar puasa wajib(ramadhan) tadz. Tanggal 9 muharram hari jum'at.
J : boleh puasa sunnah di hari jumat, asal diikuti dengan hari sebelumnya atau sesudahnya, jadi bunda puasa lagi sabtunya. Aman. Boleh juga puasa hari jumat kalau memang niatnya puasa daud yang selang seling.


T : ustadz, muharam kenapa disebut bulan lebarannya anak yatim / bulan anak yatim. mohon penjelasannya.
J : ada hadits tentang memuliakan anak yatim di bulan muharram, namun hadits ini lemah, sehingga tidak bisa dijadikan dalil. Tapi tetap kita dianjurkan untuk menyantuni anak yatim kapan saja, apalagi di bulan-bulan haram, di mana amal sholih dianjurkan ditingkatkan. Kasihan anak yatim didiskriminasi lebarannya bulan muharram. Lebaran umat islam sama semua; idul fitri dan idul adha, yatim, piatu, kaya, miskin, semua sama lebarannya.


T : Ustadz ROBIN, nanya setengah nggak mutu nih. Kalau puasa daud kan selang seling. Terus tetiba hari minggu, padahal juga puasa senin kamis. Jadi pengaturannya kek macem mana Ustad?
J : jangan dobel-dobel, pilih salah satu saja, daud or senin kamis. Semoga diamalkan ya bu.


T : Ustadz beda sedekah dengan hadiah apa ustadz? atau malah sama ya ga beda? Sedekah sama hadiah. Kalau memberikan sesuatu buat keponakan itu dihukumi hadiah atau sedekah ustadz? Afwan banyak tanya nih.
J : sedekah memiliki makna umum, smua kebaikan bisa dinilai sedekah, senyum ke saudara muslim itu sedekah, mau dia kaya atau kere, tetap aja senyum jadi sedekah. Hanya saja dalam makna sempitnya sedekah sering dimaknai sebagai pemberian dari orang mampu ke mereka yang kurang mampu. Kembali ke niat saja bunda.


T : Assalaamualaikum Ustadz. Bila kita berniaga dengan seseorang/badan usaha. Ternyata dari pihak orang/badan usaha tersebut wanprestasi. Kemudian kita merasa "ya sudahlah" dan merelakan untuk dianggap sedekah. Apakah itu benar-benar dinilai sebagai sedekah, dan akan mendapat pahala sesuai sedekah pada umumnya. Atau bagaimana ustadz?
J : Waalaykumussalam wrwb. Bisa saja menjadi sedekah, tapi bila pihak sana melakukan kezhaliman maka harusnya diawali dengan memberikan nasihat. Jika sdh coba dinasehati tidak bisa juga, boleh saja kita relakan sebagai sedekah.


T : Mau bertanya ustadz. Dalam materi di atas, muharram adalah bulan ibadah perayaan umat islam, mari kita hidupkan dengan ibadah dan syiarkan. Apakah perayaan muharram boleh dilakukan dengan tujuan mengenalkan pada anak-anak, meski sebagian ada yang tidak merayakan. Bagaimana menyikapi perbedaan pendapat itu dan menjelaskan pada anak-anak?
J : Rayakan dan syiarkan dengan ibadah kepada Allah. Keliling bawa obor boleh-boleh saja seperti biasa di kampong-kampung. Tanpa diniatkan bahwa keliling bawa obor itu niat ibadah khusus, hanya sebagai budaya, dan untuk membuat orang sadar tentangg penanggalan islam.



~~~~~~~~~~~

Kita tutup dengan membacakan hamdalah..
Alhamdulillahirabbil'aalamiin

Doa Kafaratul Majelis :

 سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika

“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”

Wassalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh


================
Website: www.hambaAllah.net
FanPage : Kajian On line-Hamba Allah
FB : Kajian On Line-Hamba Allah
Twitter: @kajianonline_HA
IG: @hambaAllah_official



Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Post a Comment

Ketik Materi yang anda cari !!