Home » , » Move ON

Move ON

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Tuesday, January 23, 2018



Image result for move on
Rekap Kajian Online HA G-1
Hari, tgl.      : Kamis, 28 September 2107
Narasumber : Ustadzah Lilis Nuraeni
Materi         : Move ON (Seri Motivasi)
Editor : Sapta
➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖




MOVE ON
Oleh : Bunda Lilis


Dimohon membuka  Alqur'an.

         Kita sering mendengar kata MOVE ON biasanya cenderung tentang orang yang patah hati dari pacaran. Islam tidak mengenal pacaran, maka di sini kita akan membahas MOVE ON sesuai syariat Islam.

     Hidup kadang tidak sesuai harapan, karena kita sering mengharapkan kebahagiaan dengan cara yang tidak dikehendaki Alloh. Atau kita menginginkan selalu bahagia dan lupa, hidup ini merupakan serentetan ujian yang berbeda-beda dan selalu meningkat semakin berat.
    Kadangkala ujian itu menimpa hati kita, kecewa dan sakit begitu dalam.
Sebabnya bisa karena perceraian, kematian, fitnah, ditipu dll.

      Seringkali efeknya tidak cukup sehari dua hari,sebulan dua bulan, bahkan bertahun- tahun. Kita kerap melihat, banyak orang setelah bercerai atau ditinggal meninggal 3 sampai 5 tahun belum menikah. Larut dalam kesedihan dan trauma mendalam. Tenggelam dan baru pulih, bersosialisasi lagi setelah beberapa tahun kemudian.

     Tentu hal ini tidak baik dan tidak sehat, karena kehidupan ini berjalan dan banyak tanggung- jawab yang harus diselesaikan, sebagai ayah, sebagai ibu, sebagai anak, sebagai khalifah di bumi ini.

     Ada beberapa tip MOVE ON di sini, di antaranya :

1.       Yakini hidup adalah rentetan ujian. (2:156, 3:186,33:11, 21:35)
2.       Yakini, takdir Alloh itu baik.
3.       Apabila ikhlas, yakinlah Alloh akan ganti dengan yang lebih baik.
4.       Yakini, Alloh ingin kita hanya berharap dan bergantung padaNya.
5.       Yakini, Alloh ingin menyempurnakan Tauhid kita, bahwa seluruh dunia ini tidak layak buat dicintai kecuali Alloh.
6.       Lakukan trafi dzikir terus menerus, sebab kita dalam kondisi sakit. Kita butuh penguat Rohani yang lebih dari biasanya, maka dzikirlah sebanyak-banyaknya dalam kondisi apapun, duduk, tidur, masak pun. Setelah sholat, sambil dzikir pegang dadanya. (13:28)
7.       Jauhi nyanyian, musik dan sinetron. Semua itu hanya akan menimbulkan kefasikan,   menambah penyakit hati. Menambah kesedihan. Gantilah dengan memperdengarkan Murotal terus menerus.
8.  Lakukan Ruqyah mandiri setiap tahajud, karena saat kesedihan mendatangkan gangguan syetan. Syetan melihat aura kesedihan di tubuh kita.
9.    Sibukkan dengan aktifitas bermanfaat, jika tidak bisa berlari dengan berjalan, bila tidak bisa berjalan maka merangkak.
10.    Banyak istighfar. (9: 126.  38:24,34.)
11. Hijrah tempat. Kadang orang sulit menghilangkan memori,maka berpindah sejenak ke tempat baru itu bisa memulihkan keadaan. Bisa 1 tahun saja atau lebih.
12.    Jika tidak bisa berhirah tempat, ubahlah suasana rumah taman dll. Juga ganti cat lama dengan cat warna lain.
13.    Hijrah pemikiran, hijrah kawan dan lain-lain ke yang 1 lebih baik.
14.    Hayati Al-qur'an ayat demi ayat, sebab Qur'an adalah Syifa ( obat ).
15.    Ikuti majlis-majlis ta'lim untuk mendapat pencerahan dan do'a-do'a dari para malaikat. (8:12). Ketika sedih, hati ini kadang gelap, sedangkan ilmu adalah cahaya.
16. Perbaiki hubungan silaturahim dengan meminta maaf. Kadang kita mungkin menyakiti orang lain.
17.    Sholat malam dan berpuasa.


 Demikianlah beberapa tip, semoga bermanfaat.

➖➖➖➖➖➖➖➖➖

TANYA JAWAB


T : Ustadzah maaf bagaimana cara supaya bisa move on terus? kadang setelah mendapat ujian kita bisa tegar dan cepat move on tapi setelah beberapa waktu saat kita keinget kejadian itu jadi drop lagi, malah lebih drop dari sebelumnya ustadzah? afwan panjang.
J : Lakukan trafi dzikir ulang. Dan tetaplah mencari ilmu di majlis-majlis, karena ilmu Alloh adalah makanan dan obat Ruh, sebagaimana jasad membutuhkan nasi dan vitamin/ obat. Kalau berhenti akan kering dan mudah sakit lagi.

T : Ini yang lagi saya usahakan ustadzah, saya kebetulan baru aja pindah, saya belum menemukan komunitas ta'lim lagi, memang jadi terasa hampa ustadzah.
J : Karena tidak bertemu dengan para malaikat yang berdesakan dalam masjid dan mendoakan yang di dalam majlis (kita)


T : Assalamu'alaikum ustadzah tanya, bagaimana biar kita bisa melupakan perlakuan yang tidak baik dari seseorang terhadap kita, setiap ketemu orangnya kita suka inget terus dan tambah rasa benci yang tidak berkesudahan.
J : Semua butuh waktu, benci adalah penyakit hati. Dzikir adalah trafi penghapus vlek-vlek hitam penyakit hati. Dzikirlah sebanyak-banyaknya. Sumber penyakit benci ada dalam hati. Bersihkan dengan dzikir. Seperti halnya obat, kadang kita tidak langsung percaya, tapi agama ini bukan hanya di pikiran, tapi dirasakan. Coba dulu trafi dzikirnya terus, akan terasa efeknya.


T :  Ustadzah mau tanya. Bagaimana caranya mau move on dari teman yang suka merendahkan orang dimuka umum, memang saya berusaha menghindar, tapi yang bersangkutan tidak merasa bahwa kita tersinggung. Masih suka telpon dan lain-lain, tapi saya biasa aja, dalam hati mau jelasin kenapa saya sekarang selalu menghindar dari yang bersangkutan, tapi saya piker-pikir tidak jadi mau bilang, karena orang begitu pastinya selalu mau menang sendiri gak mau ngalah/bersalah, jadi menurut ustadzah saya harus bagaimana? Terimakasih.
J : Lebih baik hindari hubungan yang tidak mengandung kebaikan. Orang-orang negatif. Kecuali ingin nahi munkar, tapi harus berani tegas. Ucapkan yang benar, pandailah mengemasnya.


T : ijin bertanya ustadzah lilies, apakah orang sudah bisa dikatakan sudah move on jika tidak punya dendam dan mengganggap semua musibah adalah takdirNya? Apakah orang yang sudah move on malah sangat bersyukur dikasi kejadiannya sekarang, karena Allah kasih cobaan pas waktunya? meskipun jika teringat kejadian tersebut tetap saja saya masih suka menangis ustadzah, menangis karena bersyukur Allah sayang kita. Prosesnya memang jatuh bangun ustadzah, tapi hanya ingat semua ada yang ngatur. Jangan berharap Allah balas sakit hati dendam bla bla bla, didepan kita macam disinetron, karena hal itu hanya kotori hati.
J : Iya ini bentuk ikhlas. Pelihara rasa ikhlas itu. Ikhlas itu tidak mudah. Butuh proses. Ukhti adalah pemenang! Teringat kepahitan itu manusiawi. Langsung buang jauh-jauh. Kadang syetan juga mengganggu. Syukuri bahwa Alloh telah mengganti dengan kebaikan yang banyak. Masa lalu yang pahit adalah proses Alloh mendidik untuk menjadi lebih dewasa dan bijak.


T : afwan ustadzah, ada pertanyaan yang bundanya ndak mau disebut namanya. Bagaimana cara meminta maaf pada orang yang dulu pernah kita tolak, meski pun saat ini telah sama-sama berkeluarga. Tanpa ada keinginan untuk kembali menjalin hubungan pertemanan, karena takutnya di masa lalu pernah menyakiti perasaan  orang yang di tolak.
J : Baiknya tidak berhubungan dengan yang bukan muhrim kecuali atas izin suami, atau lewat suami. Dan lebih baik tidak usah. Secara hukum, menolak seperti itu haknya perempuan, sakit hati atau tidak, ia yang harus menyembuhkan dirinya. Yang penting hapus saja kesalahan masa lalu dengan taubat, berbuat baik dan lain-lain. Banyak cara menghapus dosa. Urusan dengan manusia memang harus diselesaikan, tetapi jika mengundang masalah (madhorot lebih besar). Api bisa berasal dari percikan kecil. Jangan sampai mengundang madhorot.


T : Tanya ustadzah apakah jika kita punya masalah dengan seseorang, karena misscom meskipun kita sudah minta maaf duluan dianya tidak memberi maaf, itu bisa berpengaruh terhadap rejeki kita ya? padahal tiap malam kita udah berdoa agar Allah bisa bukakan maaf?!
J : Yang lebih dulu yang meminta maaf yang Alloh sukai. Meminta maaf tidak mudah. Harus mengalahkan banyak ego. Apakah mungkin Alloh akan mempersulit hambanya yang berhasil menang dalam Jihad hawa nafsu? (ego).


T : Afwan ustadzah tanya lagi boleh? Bagaimana sikap kita jika ada orang yang memusuhi kita dalam persaingan bisnis, orang itu laki-laki padahal suami ikut menyelesaikan masalah dan dia sudah oke, tapi dibelakang dia masih suka menjelek-jelekkan saya, apa yang harus saya lakukan? Laki-laki ini beda dari yang lain ustadzah, dia bisa dibilang laki-laki baperan.
J :  Sholat malam, dan laporan sama Alloh. Alloh mengurus urusan manusia berdasar laporan ketika sholat malam. Lakukan juga thabbayun. Ghibah bisa mengarah ke fitnah. Jadi thabayunkan.
 
 
~~~~~~~~~~~

Kita tutup dengan membacakan hamdalah..
Alhamdulillahirabbil'aalamiin

Doa Kafaratul Majelis :

 سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika

“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”

Wassalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh


================
Website: www.hambaAllah.net
FanPage : Kajian On line-Hamba Allah
FB : Kajian On Line-Hamba Allah
Twitter: @kajianonline_HA
IG: @hambaAllah_official

Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Post a Comment

Ketik Materi yang anda cari !!