Home » , , » Pengobatan Dalam Islam

Pengobatan Dalam Islam

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Wednesday, January 17, 2018



Image result for pengobatan islami
Kajian Online Hamba Alloh Ummi G2, G1
Hari/Tgl: Senin, 11 September 2017
Materi   : Pengobatan dalam islam
NaraSumber : Ustadz Asyari
Editor : Sapta
📀📀📀📀 📀 📀 📀 📀




PENGOBATAN DALAM ISLAM (Asya’ari Suparmin MA)


Islam adalah agama yang sempurna (kamil) dan menyeluruh (syamil). Islam mengatur kehidupan manusia dalam berbagai aspek termasuk dalam dunia perawatan dan pengobatan. Allah swt yang maha pengasih dan penyayang kepada umat manusia, melalui kekasih-Nya Rasulullah, Allah mengajarkan kepada manusia cara merawat dan memelihara kesehatan.

Thibbun Nabawi ialah pengobatan cara nabi. Ciri khas dari pengobatan ini bersifat ilahiah dan alamiah. Sesuai dengan konsep Islam yang bersifat fitrah, dari mulai aqidah, ibadah, muamalah demikian juga dalam pengobatannya.

Ada beberapa prinsip penting yang harus dipenuhi dalam pengobatan islam yaitu:

1.   Pelaksanaan sesuai dengan syariat islam

“Sesungguhnya Allah menurunkan penyakit dan obatnya. Dan dia menjadikan tiap-tiap penyakit itu ada obatnya. Maka berobatlah, akan tetapi janganlah kamu berobat dengan benda yang haram” (HR Abu Daud ).

Selain itu juga pengobatan yang dilakukan harus terhindar dari unsur-unsur khurafat, tahayul dan bid’ah. Seperti banyak banyak orang yang berobat kepada dukun dan sebagainya.

2.   Meletakan keyakinan dalam hati bahwa Allah sebagai penyembuh penyakit, sebagaimana  sabda Rosulullah:

“Allah lah yang menurunkanpenyakit dan obatnya.”

3.   Mengambil sebab melalui ikhtiar serta bertawakal.

تَوَكَّلْ عَلَى اللَّهِ إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ الْمُتَوَكِّلِينَ

“Kemudian apabila kamu telah membulatkan tekad, maka bertawakkallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakkal kepada-Nya.” ( Al-Imron: 159).

4.   Mengkaji untuk mendapat yang lebih baik

Sabda Rosulullah saw: ”Kamu lebih tahu tentang urusan dunia kamu.” (HR Muslim)

5.   Kualitas ( kemampuan ) Perawat ( Tasawur Islam dan Ilmu-ilmu Perobatan)

Sabda Rosulullah saw: “Barang siapa yang mengobati dan ia tidak pernah diketahui sbelum ini sebagai orang yang mengetahui ilmu perobatan, maka dia akan dimintai pertanggung jawaban.” (HR Abu Daud, Nasa’I, dan Ibnu Majah)


A.    METODE ILAHIAH

1.   Ruqyah

Ruqyah atau yang kita kenal dengan jampi-jampi merupakan salah satu cara pengobatan yang pernah diajarkan Malaikat Jibril kepada Nabi Muhammad SAW. Ketika Rasulullah saw sakit maka datang malaikat jibril mendekati tubuh beliau yang sangat indah.
Pada zaman Rasulullah, surat Al-Fatihah  dikenal sebagai media me-Ruqyah yang terdahsyat untuk mengobati berbagai penyakit Rohani selain beberapa ayat / surat lainnya, hingga sekarang ini.

2.   Nafats

Nafats yaitu membaca Al-quran atau do’a kemudian ditiupkan pada kedua telapak tangan lalu diusapkan keseluruh badan pasien yang sakit. Dalam suatu riwayat bahwasannya Nabi Muhammad saw apabila beliau sakit maka membaca “Al-muawwidzat” yaitu tiga surat Al-quran yang diawali dengan kata “A’udzu” yaitu surat An Nas, Al Falaq dan Al Ikhlas kemudian ditiupkan pada dua telapak tangannya lalu diusapkan keseluruh badan.

3.   Air liur yang ditempelkan pada tangan kanannya

Diriwayatkan oleh bukhari muslim : bahwasannya Nabi Muhammad saw apabila ada manusia tergores kemudian luka, maka beliau membaca do’a kemudian air liurnya ditempelkan pada tangan kanannya, lalu diusapkan pada luka orang itu inilah doa’anya : “Allohumma robbinnas adzhabilbas isyfi antasy-syafii laa syifa-a illa syifa-uka laa yugodiru saqoma”. Dalam air liur mengandung senyawa antibakteri diantaranya tiosianat.

4.   Meletakkan tangan pada salah satu anggota badan

Nabi Muhammad saw pernah memerintahkan Utsman bin Abil Ash yang sedang sakit dengan sabdanya: “ letakkanlah tangan mu pada anggota badan yang sakit kemudian bacalah “Basmalah 3x dan A’udzu bi-izzatillah waqudrotihi minsyarrima ajidu wa uhajiru 7x” .

B. METODE ALAMIAH

1.    Madu

Sebagaimana sudah dijelaskan dalam alquran surat An-Nahl : 68-69
Bahwasannya madu sudah sangat dijelaskan didalam al-quran sebagai obat untuk manusia. kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu ke luar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan.

Nabi Muhammad Saw bersabda : “Kesembuahan itu ada pada tiga hal, yaitu dalam pisau pembekaman, meminumkan madu, pengobatan dengan besi panas. Dan aku melarang umatku melakukan pengobatan dengan besi panas”. (HR. Bukhori no. 5681)

2.    Minyak zaitun

Sudah dijelaskan dalam beberapa hadits dan al-quran bahwa minyak zaitun mempunyai banyak kandungan yang bermanfaat bagi tubuh kita. Firman Allah : “..yang dinyalakan dengan minyak dari pohon yang banyak berkahnya yaitu pohon zaitun yang tumbuh tidak disebelah timur (sesuatu) dan tidak pula disebelah barat” (Qs. An Nur : 35).

3.    Habbatussauda (jinten hitam)

Salah satu metode pengobatan yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad saw adalah dengan Habbatussauda (jinten hitam).Rasulullah saw bersabda : “sesungguhnya didalam habbatussauda terdapat penyembuhan bagi segala macam penyakit kecuali kematian” (HR. Al-Bukhari no. 5688 dan Muslim no. 2215, ini lafazhnya Muslim, dari Abu Hurairah ra)

4.    Air zamzam

Didalam air zam-zam tadi disebutkan bahwa air zam-zam mengandung kalsium dan magnesium. Kalsium didalam tubuh berfungsi untuk pembentukan tulang dan gigi. Selain itu, kalsium juga diperlukan untuk proses pembekuandarah, dimana reaksi ini sangat diperlukan selama proses penutupan luka dan penghentian aliran darah saat terjadi luka. Fungsi kalsium yang lainnya juga yaitu sebagai media terjadinya respon hormonal dan juga berfungsi sebagai salah satu katalisator kerja enzim. Pada ibu hamil dan menyusui, keberadaan kalsium dalam nutrient yang dikonsumsi sangat membantu pembentukan otak, tulang serta sel-sel darah merah didalam tubuh janin yang dikandungnya. Kalsium juga memiliki peran yang sangat besar untuk menurunkan tekanan darah, serta memiliki kemampuan mengikat kolesterol. Sehingga diet yang mengandung kalsium sangat menguntungkan.

5.    Kurma
Kurma adalah buah yang tumbuh dari pohon palem keluarga Arecaceae dari genusphoenix.  Nama ilmiah kurma adalah dactylifera phoenix. Kurma diyakini berasal dari tanah di sekitar tepi sungai Nil dan Efrat. Sekarang pohon kurma dibudidayakan secara luas di wilayah beriklim hangat di semua benua, termasuk di Afrika, Australia dan Amerika (California).
Kurma memiliki daftar panjang kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh. Tabel dibawah menunjukkan kandungan gizi dan unsur non-gizi yang ada pada kurma.

C.METODE ILMIAH BEKAM ATAU HIJAMAH

Bekam atau hijamah adalah system dan penyembuhan yang dilakukan dengan cara menghisap darah dan mengeluarkan darah kotor atau darah penyakit dari permukaan kulit. Pengobatan dan penyembuhan bekam atau hijamah yang dicontohkan oleh rasulullah saw, sudah dikenal diberbagai belahan dunia sejak dulu.

Bekam atau hijamah menurut rasul dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit apapun, dalam sebuah hadis diriwayatkan “barang siapa yang berbekam tanggal 17, 19, dan 21 maka akan disembuhkan dari segala macam penyakit” (HR Tirmidzi)

Pengobatan dan penyembuhan dengan metode bekam telah diwasiatkan para malaikat kepada Rasulullah saw. “wahai Muhammad, suruhlah umat mu melakukan bekam”. (HR Abu Daud)  “bekam dapat menambah kecerdasan, kekuatan menghapal dan menambah hafalan orang yang menghafal. (HR Ibnu Majah).

Wallohu alam bi showab

================

TANYA JAWAB

TJ - G2

T : ijin bertanya, jika ada rasa sakit, manakah yang pertama dilakukan dari pengobatan-pengobatan diatas?
J : Lakukan ruqyah atau doa mandiri . Cari sumber sakitnya. Baru coba lakukan pengobatan dengan herbal yang sesuai serta lakukan bekam.


T : Assalamu'alaikum ustad, ijin bertanya. Beberapa waktu lalu saya pernah ikut terapi al fasdhu yaitu mengeluarkan darah kotor dari pembuluh vena. Apakah itu diperbolehkan ustadz? Terimakasih
J : Wassalamualaikum, boleh sebagian ulama menyatakan ada dalih shoheh tentang ini sebagaimana bekam hanya cara beda.


T : Ustadz apakah ruqyah itu hanya untuk yang terkena jin saja?
J : Ruqyah untuk sakit apa saja terkena atau tidak oleh jin


T : Ustadz, Saya pernah dengar kalau ruqyah itu tidak dibenarkan. Benarkah itu ustadz?
J : Dalilnya shoheh, boleh. Para ulama telah sepakat tentang bolehnya meruqyah jika terkumpul 3 syarat, yaitu :
1.    Ruqyah tersebut dilakukan dengan menggunakan kalamullah Subhaanahu wata’ala, dengan nama-namaNya dan sifat-sifatNya.
2.    Ruqyah dilakukan dengan menggunakan bahasa arab atau dengan sesuatu yang diketahui maknanya dari selain bahasa arab.
3.    Meyakini bahwa ruqyah itu tidak memberikan pengaruh dengan sendirinya tetapi dengan izin Allah Subhaanahu wata’ala.


T : Berapa kali sepekan ustadz? Boleh setiap hari?
J : Ruqyah mandiri boleh setiap saat atau setiap hari


T : Ustadz, apakah jika kita berbekam harus tanggal ganjil?
J : Tidak ada dasar atau dalil tanggal ganjil, memang ada tanggal utama 19, 21, namun secara umum boleh kapan saja kecuali malam jam 10.00 s/d 02.00


T : Ustadz, Bagaimana cara membedakan ruqyah yang dilakukan seseorang itu syar'i atau tidak? Karena ada di kota saya jasa ruqyah. Judulnya sih ruqyah syar'I, tapi karena saya masih awam, jadi ragu dan tak tahu bagaimana ngebedainnya?!
J : Ruqyah di baca jelas tartil dengan ayat alquran doa dalam hadits atau bahasa sendiri yang tidak ada kesyirikan.


T : Apakah ruqyah yang disiarkan oleh saad al ghamdi di YouTube bisa digunakan?
J : Boleh tapi yang afdhol langsung


T : Assalaamualaikumm ustadz, Saya ibu rumah tangga, sudah dikaruniai buah hati satu (Allah sudah memanggilnya saat usia  7 tahun karena sakit), tentunya saya ingin kembali diberi amanah momongan, tapi saya tidak mau program dokter/tidak suka medis, sangat tidak ingin!!! sekarang sdh 2 tahun dari sepeninggal buah hati saya, belum juga dikaruniai. Pengobatan apa dulu yang bisa saya lakukan diantara pengobatan Nabi diatas? Mohon saran dan bimbingannya ustadz. Jazaksllahu khoiraan katsiraa.
J : Wassalam, sabar dan sholat ya bu perbanyak istighfar iklhas atas takdir Allah. Bisa ikuti langkah berikut:
1.   Coba pastikan suami istri dalam kondisi sehat, kalau ada indikasi sakit lakukan terapi bekam
2.   Boleh japri saya foto telapak tangan suami istri ya,  mudah-mudahan ada gambaran kondisi kesehatan, (bukan ramal ya).
3.   Ada herbal untuk suami istri yang biasa saya rekomen. Diantaranya istri kacip fayimah suami v radik biiznillah


T : Assalamualaikum ustadz. Mau bertanya, sekarang kan sudah banyak sarikurma di took-toko obat herbal atau di took-toko juga, nah yang membedakan sarikurma yang murni 100% kurma sama yang campur gula, bagaimana ya ustadz? Kan sarikurma banyak khasiatnya buat tubuh kita.
J : Wassalam, bisa di cek di komposisinya, kalau kadar air melebihi 20% kurang bagus. Bisa juga produksennya yang sudah populer.


T : Ustadz, Boleh saya minta contekan bacaan atau doa untuk ruqyah mandiri?
J : baca ayat surat yang agak banyak di bawah ini :
    1.   Surah Al-Fatihah,
    2.   Surat AL Baqarah ayat 1-4,   ke-163 dan ke-164,  ayat Kursi (ayat 255), dan  tiga ayat yang terakhir dari surat Al-Baqarah.
    3.   Surah Ali ‘Imran 18,
    4.   Surah al-A’araf 54,
    5.   Surah al-Mu’minun 116,
    6.   Surah AL Jin  ayat yang ketiga
    7.   Surah ash-Shaffat 1-10,
    8.   Tiga ayat terakhir dari surah al-Hasyr,
    9.   Surah al-Ikhlas,
    10. Surat mu’awwidzatain yaitu  surah Al-Aalaq dan An-Nas.


T : Ustadz apakah daun bidara juga bisa digunakan untuk sakit fisik? bacaan apa yang dibaca untuk air daun bidara?
J : Daun bidara memiliki kandungan tinggi bisa obat melancarkan peredaran darah dan kencing. Untuk ruqyah bacaan biasa. Taruh dalam bejana air daun bidara mohon saya Allah ya Allah jadikan air daun bidara ini menjadi syifa bagi seluruh penyakit yang di sebabkan oleh jin atau yang lain atau ain. Lalu baca ayat kursi, al ikhlas, falaq dan annas tiupkan. Air kalau mateng boleh sebagian di minum dan sebagian untuk mandi. Biiznillah


T : Adakah doa-doa khusus untuk mendapat keturunan ustadz, saya juga sedang ikhtiar untuk mendapat keturunan. Alhamdulillah sudah hampir 15 tahun, tapi saya masih berusaha menjaga diri dari rasa putus asa untuk berikhtiar.
J : Subhanallah ya semoga Allah berikan yang terbaik. Dalil-dalil perbanyak istighfar dan mohon di cari lengkapnya, Rabbana hablana...
Ikhtiar lahir dan batin terus lakukan, Ilahiah ruqyah alamiah dengan herbal, istri radix kecap Fatimah, suami v radix. Japri ya dan coba bekam rutin. Biiznillah


T : Apakah ada ketentuan harus berapa lembar daun bidaranya? Apakah bisa untuk mengusir jin yang ada di rumah?
J : Tidak ada jumlah. Ngusir jin karena Allah dengan bacaan tadi di wadah air dengan bidara.

----------

TJ - G1 (16 April 2018)


Tanya:  Ustadz ijin bertanya. Ketika kita selesai dirukhiyah, apa mesti diimbangi dengan minum ramuan herbal seperti disebutkan di atas (madu lambung, Jinten, Air zam-zam), mungkinkah ustadz?

Jawab: Tidak harus. Itu adalah urutan ilahiyah dengan ruqyah. Bisa juga dalam paket ruqyah herbal dan bekam

Tanya: Ponakan Saya pekan lalu sudah diruqiyah, sudah mendingan tidur malamnya tenang, tidak mengoceh takut lihat ada "orang lain lewat". Tapi sekarang bilang lihat lagi. Apa perlu didampingi periksa medis juga ya ustadz? Rabu besok dia ke psikiater. Saya bilang diawal sama kakak, coba rumahnya di cipratan air yang sudah dibacakan ayat-ayat ruqyah.
Jawab: Ruqyah tidak cukup sekali dan sebaiknya di ikuti dengan herbal misalnya minum Mengkudu dan Spirulina. Perlu di cari pemicunya juga.

Tanya: Afwan ustadz ijin bertanya, apakah kita boleh mengetahui cara kerja dukun dengan tujuan agar bisa terhindar dari sihir?
Jawab: Tidak di anjurkan bahkan sebagian ulama melarang khawatir terjerumus

Tanya: Nyambung pertanyaan dari Bunda lisa, kalau kita nonton kayak semisal acara Paranormal (karma di stasiun TV swasta), suami melarang ditonton acara tersebut. Saya pernah nonton ustadz, tujuannya cuma pengen tahu saja. Termasuk tidak boleh ya ustadz?
Jawab: Afwan sebaiknya lebih baik nonton yang jelas baik bisa di amalkan khawatir justru merupakan akidah

Tanya: Di dalam metode Alamiah kan beberapa macam, yang ingin saya tanyakan, benarkah masih ada yang benar-benar alamiah untuk minyak zaitun dan lain-lain, karena memang adalah buatan pabrik. Karena pengalaman memiliki anak ABK yang nota bene memakai bahan-bahan alami.
Jawab: Walaupun produk si perusahaan itu proses saja. Boleh meramu sendiri kalau tahu ilmunya. Misalnya diare orang tua dulu makan daun jambu klutuk, dan sebagainya.

Tanya: ustadz, saya sakit asam lambung sudah lama, tiap pagi udah minum madu, tapi minum obat kimia juga, karena sudah tidak tahan tidak nyaman diperut, kira-kira ikhtiar apalagi ya ustadz?
Jawab: Awali dengan pola makan sehat. Coba dengan kunyit putih direbus. Kalau yang sudah extrak ada zedomer

Tanya: nyambung lagi ya ustadz, kalau ada orang yang menderita varicocele kalau tidak dioprasi dengan pengobatan thibunabawi bisa kah disembuhkan?
Jawab: Seorang muslim harus yakin bahwa Allah kasih penyakit di sertai dengan obat. Termasuk cariixele. Diantara di perbaiki dari pola makan yang selalu fresh. Coba minum minyak pak haji. Di tambah sharkaiak  atau teh pegagan dan malac

Tanya: ada yang sudah bentuk kapsul boleh ustadz? curcuma zedoaria ya?
Jawab: Boleh salah satunya
 




~~~~~~~~~~~
Kita tutup dengan membacakan hamdalah..
Alhamdulillahirabbil'aalamiin

Doa Kafaratul Majelis :

 سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika

“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”

Wassalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh


================
Website: www.hambaAllah.net
FanPage : Kajian On line-Hamba Allah
FB : Kajian On Line-Hamba Allah
Twitter: @kajianonline_HA
IG: @hambaAllah_official

Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Post a Comment

Ketik Materi yang anda cari !!