T S I Q O H

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Thursday, January 18, 2018



Image result for tsiqah billah
Rekap Kajian Online Hamba Allah Ummi G-7
Hari/tgl : Senin,18 September 2017
Materi : Tsiqoh/Percayalah kepada Tuhanmu yg Maha Tahu
NaraSumber : Ustadzah Rusmawati
Waktu Kajian :20.00- 21.00wib
Editor : Sapta

Alhamdulilah Allah telah takdirkan bahwasanya kita semua sebagai muslim dan semoga kita istiqomah membawa iman Islam hingga menghadap Allah di akhirat nanti. Aamiin.

Saudaraku yang dirahnati Allah...Tsiqoh kepada Allah dalam hal ini yang saya maksudkan adalah tentang taqdir yang telah Allah berikan kepada kita.
Percaya kepada taqdir adalah wajib bagi setiap muslim, ia bagian dari rukun iman yang mesti kita yakini adanya.

Perjalanan kita dalam kehidupan ini merupakan kehendak Allah... Kita menjadi orang Indonesia dengan suku sunda atau jawa atau padang dan sebagainya, semua kehendak Allah.
Diantara kita ada yang kaya, ada yang miskin, ada yang cantik, ada yang biasa saja, ada yg sempurna anggota tubuhnya, ada yang tidak sempurna, laki atau perempuan dan lain sebagainya... Semua adalah takdir yang Allah berikan kepada kita.

Mari kita simak kisah para nabi.... Banyak teladan atau hikmah dari mereka

🌿🌿🌿🌿🌿🌿

Saat Nabi Yusuf as. berada di dalam penjara, ia mendapatkan predikat: inna naroka minal muhsinin (sesunguhnya, kami melihat dirimu termasuk orang-orang yang selalu berbuat baik). (Q.S. Yusuf: 36).

Label dan predikat yang sama juga didapatkan oleh nabi Yusuf as. setelah beliau menjadi pejabat tinggi di negeri Mesir dan menjadi penanggung jawab urusan logistic bagi seluruh negeri Mesir dan bahkan dan negeri-negeri sekitarnya. (Q.S. Yusuf: 78).

Pelajaran penting dari fakta ini menyatakan bahwa: “bahan baku yang bagus, tidak akan berubah, meskipun situasi dan kondisi berubah”.

Kisah Nabi Yusuf as. antara dia di dalam penjara dan di dalam istana, label dan predikatnya tetap sama: inna naroka minal muhsinin (sesunguhnya, kami melihat dirimu termasuk orang-orang yang selalu berbuat baik).

Ketika berada di dalam istana, dan saat berada di “puncak kemenangannya” atas saudara-saudaranya, nabi Yusuf berkata: ana Yusufu wa hadza akhi (saya adalah Yusuf dan ini adalah saudara lelaki ku).
Saat kedudukannya atau jabatannya yg tinggi itu nabi Yusuf as tidak berkata: ana ‘azizu Mishra (Saya pejabat tinggi Mesir), justru, ia menyebut namanya begitu saja, tanpa gelar, tanpa embel-embel.

Begitulah jiwa yang luhur, ia tidak memandang jabatan, kedudukan dan posisi serta menjadikannya sesuatu banget.

Surat Yusuf, surat yang ke-12 menurut urutan mushaf Al-Qur’an, disebut sebagai ahsanul qashash, diantara rahasianya adalah: karena dia satu-satunya surat Al-Qur’an yang diawali dengan mimpi dan berujung dengan wujud factual dari mimpi itu.
Dengan hal ini seakan Allah SWT memberitahukan kepada kita agar kita berpegang teguh dengan “mimpi” kita.

Juga mengajarkan kepada kita bahwa:
·         Yang sakit akan sembuh.
·         Yang hilang akan kembali.
·         Yang berduka akan bergembira.
·         Yang sedang terkena malapetaka, yakinlah bahwa malapetaka itu akan berlalu dan sirna.
·         Dan bahwasanya siapa saja yang memiliki tujuan, ia akan menggapai dan mencapai tujuannya itu.

Jadi, seakan tidak ada yang mustahil dalam kehidupan ini, dan ketahuilah bahwa Allah SWT adalah Tuhan yang Maha berkuasa atas segala sesuatu.

🌿🌿🌿🌿🌿🌿

Selanjutnya kisah tentang nabi Musa....

Saat nabi Musa as. berjalan di suatu malam yang gelap gulita, menuju ke suatu titik api, demi mendapatkan penerangan, ia sama sekali tidak menduga, terlintas di dalam benaknya pun tidak pernah, bahwa, dia yang masih mendengar suara nafasnya yang terengah-engah, dan masih merasakan fisiknya yang kelelahan, bahwa dia sedang menuju ke suatu tempat di mana dia akan mendengar Allah Rabbul ‘Alamin berbicara kepadanya.

Jadi… tetap tsiqoh lah kepada Tuhanmu!

🌿🌿🌿🌿🌿🌿🌿

Nabi Ibrahim as. saat menggeletakkan satu-satunya putranya, dan yang telah lama ditunggu kehadirannya olehnya ..
Dan saat nabi Ibrahim as. telah menghunus pisaunya untuk menyembelih putra kesayangannya itu ..
Sementara nabi Isma’il as. terus menerus mengulangi pernyataannya: if’al ma tu’mar (ayahku, lakukanlah apa yang engkau diperintah)..
Keduanya tidak pernah mengetahui bahwa ada seekor domba telah lama dipelihara di surga, dipersiapkan untuk saat yang genting itu ..

Oleh karena itu tetap tsiqoh lah kamu kepada Tuhanmu!

🌿🌿🌿🌿🌿🌿🌿

Kisah selanjutnya adalah kish nabi Nuh as...

Saat nabi Nuh as. memanjatkan do’a: anni maghlubun fantashir (ya Allah.. sesungguhnya aku telah tidak berdaya, oleh karena itu, berikanlah pertolongan kepadaku) (Q.S. Al-Qamar: 10), sama sekali tidak terbersit dalam benak beliau bahwa Allah SWT akan memerintahkan kepada beliau agar beliau membuat kapal, untuk menyelamatkan mereka yang beriman dan menenggelamkan seluruh manusia yang kafir dan dzolim, demi memenuhi do’a dan keluhan nabi yang telah berda’wah 950 tahun itu.

Untuk itu .. tetap tsiqoh lah kepada Tuhanmu!

🌿🌿🌿🌿🌿🌿

Kisah nabi Musa lainnya yaitu saat nabi Musa masih bayi, ketika jeritan tangisnya memenuhi dan menyayat perasaan seluruh penjuru istana Fir’aun. Musa bayi menolak air susu setiap perempuan yang didatangkan untuknya, sehingga seluruh istana Fir’aun menjadi gempar dan kebingungan.

Asiyah dan para pengawal sibuk mencari seluruh perempuan yang telah siap menyusuinya.

Seluruh kompleksitas dari kesibukan istana Fir’aun itu ternyata hanya demi menjaga hati seorang perempuan, nun jauh di sana, yang sangat rindu kepada putranya yang telah ia hanyutkan ke dalam sungai Nil. Allah SWT maha Penyayang kepada perempuan itu, dan juga kepada bayinya, maka didatangkanlah perempuan itu ke dalam istana Fir’aun, bertemulah ia dengan putra yang sangat disayang dan dirindukannya itu, dan menyusu lah bayi itu kepadanya. Semua ini adalah tadbir Rabbani ( Allah yang mengatur )

Jadi .. tetap tsiqoh lah kamu kepada Tuhanmu!

🌿🌿🌿🌿🌿🌿🌿

Kisah Nabi Yunus as. yang terperangkap di dalam perut ikan di dalam lautan. Di mana-mana gelap, depan gelap, belakang gelap, atas gelap, bawah gelap, gelap di dalam gelap, gelapnya perut ikan, di dalam gelapnya lautan.

Ada kemungkinan berbagai duka nestapa menghinggapi nabi Yunus as. saat itu.
Lalu ia teringat kepada Tuhannya, kepada Allah SWT, maka meluncurlah kalimat dzikir: la ilaha illa anta subhanaka inni kuntu minadz zhalimin (Tidak ada Tuhan yang berhak disembah kecuali Engkau ya Allah, Maha Suci Engkau yang Allah, sesungguhnya, aku termasuk orang-orang yang zhalim) (Q.S. Al-Anbiya: 87).

Lalu, Allah SWT pun merespon do’anya, penyesalannya dan taubatnya, maka Allah SWT selamatkan nabi Yunus as. dari segala bentuk duka nestapa (Q.S. Al-Anbiya: 88).

Jadi.. tetap tsiqoh lah kamu kepada Tuhanmu!

🌿🌿🌿🌿🌿🌿

Kisah Nabi Muhammad saw. yang tergeletak di atas tempat tidur beliau, dalam keadaan berduka karena istri tercinta beliau wafat, paman beliau wafat .. maka Allah SWT menghiburnya dengan peristiwa Isra’ dan Mi’raj.

Dalam peristiwa itu, beliau bertemu dengan ruh para nabi dan perjalanannya beliau disertai oleh para malaikat..

Jadi .. tetap tsiqoh lah kamu kepada Tuhanmu!

🌿🌿🌿🌿🌿🌿🌿

Kisah nabi Yusuf as.ketika Allah SWT hendak mengeluarkan dari dalam penjara. Allah SWT tidak mengirimkan halilintar yang menghancurkan pintu penjara…
Allah SWT juga tidak memerintahkan kepada dinding penjara agar rekah, pecah dan hancur…
Namun, Allah SWT mengirimkan mimpi, yang secara lembut tanpa menimbulkan suara berisik apa pun. Mimpi itu berjalan dengan tenang memasuki istana raja, lalu masuk ke alam mimpi sang raja saat sang raja itu sedang tidur ...

Jadi .. tetap tsiqoh lah kamu kepada Tuhanmu!

Jadi.. angkatlah kedua tanganmu, tengadahkan ke langit, dengan penuh ketundukan dan kekhusyu’an, lalu panjatkan permohonanmu ke atas tujuh langit .. kepada Tuhan yang Maha Bijaksana, lagi Maha Pemurah ..
Kita adalah kaum, yang jika dunia menyempit bagi kita, maka yakinlah bahwa langit menjadi terbuka seluas-luasnya …
Oleh karena itu.. jangan berputus asa...tetaplah husnuzhon kepada Allah atas segala rahmatNya.

Semoga semua mau membacanya ya....kisah para nabi yg sangat indah dan penuh hikmah.
Perjalanan hidup para nabi adalah skenario Allah... Disana ada sedih ada senang, ada musibah  ada bahagia.... Semua manusiawi. Karena  itu yg utama yg ada pada diri kita adalah ketika mendapat musibah maka  yakinlah bahwa Allah sedang membuat skenario kepada kita dg ending yg baik bila kita sabar dan ikhlas atas musibah tsb.
Wallahu a'lam... Semoga kita semua bisa mengambil ibroh dari materi malam ini.

Wallahu A'lam bishshawab


TANYA-JAWAB


T : Assalamu'alaykum ustadzah. Saya mau bertanya tentang hijrah yang sedang saya jalani. Bila datang disuatu acara keluarga saya terkadang harus nyiapin mental buat tanggapan keluarga besar yang jarang banget ketemu. Alhamdulillah saya sudah berniqof ustadzah.. jadi pandangan keluarga agak gimana gitu.. banyak yang bilang aliran mana dan seterusnya. Kadang saya agak down juga dengar komentar mereka walau saya masih jawab yang sesuai yang saya tahu pulang-pulangnya.. saya malah jadi agak keganggu juga ustadzah. Bagaimana menurut ustadzah  sikap saya bila bertemu dengan keadaan seperti ini.. karena saya ingin sekali istiqomah.. walau masih berhijrah ustadzah.. dan mantapkan hati saya. Afwan panjang banget nih uraiannya ustadzah.
J : hijrah tidak sama dengan harus berniqob, karena hukum niqob sendiri masih menjadi khilafiyah di antara ulama.
Bagus sekali bunda ingin menyempurnakan menutup aurat dengan berniqob, tapi juga perlu dipikirkan unsur silaturahim keluarga, unsur dakwah, yang ini juga sangat besar nilainya di sisi Allah. Di satu sisi, menjaga hubungan kerabat disepakati wajib oleh para ulama, dan dakwah sendiri merupakan ciri umat terbaik dalam Al Quran. Suatu keutamaan yang besar jika hijrah kita menjadi jalan bagi orang untuk ikut hijrah juga, bukan malah membuat saudara muslim kita malah menjauh.
Dengan menggabungkan berbagai aspek dan bagian-bagian yang ada  maka Islam menjadi sempurna.

Semoga Allah memudahkan bunda dalam berislam seutuhnya.

➖➖➖KHOLAS➖➖➖


~~~~~~~~~~~
Kita tutup dengan membacakan hamdalah..
Alhamdulillahirabbil'aalamiin

Doa Kafaratul Majelis :

 سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika

“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”

Wassalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh


================
Website: www.hambaAllah.net
FanPage : Kajian On line-Hamba Allah
FB : Kajian On Line-Hamba Allah
Twitter: @kajianonline_HA
IG: @hambaAllah_official

Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Post a Comment

Ketik Materi yang anda cari !!