Home » , , , » TIGA DOSA PERTAMA

TIGA DOSA PERTAMA

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Tuesday, January 23, 2018

 Kajian Online WA  Hamba الله SWT

Senin, 15 Januari 2018
Rekap Kajian Grup Bunda G6
Narasumber : Ustadz Kaspin
Tema : Kajian Umum
Editor : Rini Ismayanti



Dzat yang dengan Kebesaran-Nya, seluruh makhluk menyanjung dan mengagungkan-Nya...
Dzat yang dengan Keperkasaan-Nya, musuh-musuh dihinakan lagi diadzab-Nya...
Dzat yang dengan Kasih dan Sayang-Nya, kita semua mampu mengecap manisnya Islam dan indahnya ukhuwah di jalan-Nya, memadukan hati kita dalam kecintaan kepadaNya, yang mempertemukan kita dalam keta'atan kepadaNya, dan menghimpunkan kita untuk mengokohkan janji setia dalam membela agamaNya.

AlhamduliLlah... tsumma AlhamduliLlah...

Shalawat dan salam semoga tercurah kepada tauladan kita, Muhammad SAW. Yang memberi arah kepada para generasi penerus yang Rabbaniyyah bagaimana membangakitkan ummat yang telah mati, mempersatukan bangsa-bangsa yang tercerai berai, membimbing manusia yang tenggelam dalam lautan syahwat, membangun generasi yang tertidur lelap dan menuntun manusia yang berada dalam kegelapan menuju kejayaan, kemuliaan, dan kebahagiaan.

Amma ba'd...
Ukhti fillah sekalian. Agar ilmunya barokah, maka alangkah indahnya kita awali dengan lafadz Basmallah

Bismillahirrahmanirrahim...                  


TIGA DOSA PERTAMA

Dosa-dosa ini menyebabkan Allah murka, manusia terusir dari surga dan bumi diliputi bencana.

Segala sesuatu itu ada yang memulainya dan disebut sebagai yang pertama. Setelah muncul yang pertama, baru kemudian disusul yang kedua, ketiga, keempat dan seterusnya.Yang banyak dikenal dan diingat orang biasanya yang pertama karena darinyalah pelajaran diambil.
Begitu juga dengan dosa atau kehilafan. Ada tiga kehilafan yang pertama kali dilakukan oleh makhluk kepada penciptanya yaitu :

1. Sombong

Dosa pertama yang dilakukan makhluk adalah sombong. Sifat ini dimiliki iblis dan ditunjukkan disaat Allah swt menyuruhnya untuk bersujud kepada Adam.

Iblis menolak melaksanakan perintah itu dengan memberikan alasan. Ia katakan bahwa ia menolak bersujud kepada Adam karena Iblis merasa lebih baik dari Adam. "Saya lebih baik dari dia. Engkau ciptakan saya dari api, sedangkan engkau ciptakan adam dari lumpur". Demikian pembelaan iblis kepada Allah. Sejak saat itulah Iblis menjadi makhluk pembangkang, padahal, sebelumnya ia adalah makhluk yang taat kepada Allah. Sifat sombonglah yang menyebabkan dia akan menjadi penghuni neraka untuk selamanya.

2. Tamak / Rakus

Sifat ini dimiliki manusia. Adam manusia pertama yang menghuni surga mendapatkan segala yang diinginkan. Segala kebutuhannya terpenuhi dan segala fasilitas telah tersedia. Beraneka buah dan makanan yang tersedia diperbolehkan untuk dinikmati, kecuali satu pohon yang tidak boleh didekati. Ternyata semua kemewahan yang dimiliki Adam tidak membuatnya puas. Ia ingin menikmati semua yang ada dihadapannya.

Larangan untuk mendekati pohon itu malah menambah hasrat untuk menikmati buahnya. Pada akhirnya buah terlarang itu ia lahap. Petakan pun bermula, Adam terusir dari surga karena sifat yang dimilikinya.

3. Iri hati/dengki

Iri hati ataupun dengki selalu menggelayuti hati manusia. Rasa itu muncul saat ada saudara, teman, ataupun tetangga disekelilingnya mendapatkan nikmat yang terkadang tidak ia miliki. Sedih saat orang lain bahagia, dan senang saat orang lain menderita. Ia ingin kelebihan harta, jabatan ataupun kebahagian yang dimiliki orang lain itu lenyap berganti derita. Manakala itu terjadi ia pun tersenyum bahagia. Qabil tidak rela jika Habil saudara kandungnya itu memiliki calon istri yang lebih cantik dari calon istrinya.

Dia menginginkan apa yang seharusnya menjadi hak Habil yaitu istri yang cantik. Iri yang tumbuh dalam hati habil berakhir dengan terbunuhnya Habil ditangan Qabil. Rasa dengki dan iri akan menabur dosa-dosa yang lain juga melenyapkan kebaikan yang telah dilakukan.

Ketiga dosa itu menjadi awal dari semua dosa dan penyebab terjadinya bencana. Sombong dosa pertama yang dilakukan makhluk, Tamak Kesalahan pertama yang dilakukan manusia saat masih di surga, sedang Iri hati dosa manusia pertama di atas bumi.
Begitu lembutnya sifat-sifat itu merasuk ke dalam hati, hingga tak terasa oleh manusia.

Jika itu terjadi, maka perbanyaklah mohon ampun kepadaNya. Jika sifat itu masih bercokol, jangan wujudkan dalam perbuatan. Biarkan di dalam hati saja mudah-mudahan Allah mengampuninya.


TANYA JAWAB

Q : Assalamu'alaikum ustadz, Afwan izin bertanya ya ustadz..Bagaimana ya ustadz untuk menghilangkan rasa iri hati/ dengki itu??
A : Jangan iri, count your blessing.Banyak bersyukur dan lihat ke bawah.

Q : Afwan ustadz abah.. apakah penyakit hati jika diruqyah bisa reaksi dan sembuh??
A : InsyaAllah bisa sembuh. Coba Ruqyah mandiri, juga change your mind.

Q : 3 hal tadi sering terjadi menghinggapi hati...terkadang tidak terasa muncul di hati..Adakah tips atau amalan harian yang akan membuat hati kita ingat 3 hal td ?
A : Jangan diingat namun diganti dengan tawadu,qonaah dan syukur.

Q : Assalamualaikum bah, bagaimana menyikapi orang yang suka mendoktrin orang lain untuk nurut sama dia, saat ada orang lain yang tidak mau nurut sama dia eh dia malah mencari dukungan sama orang lain, sayang nya bukan dukungan yang dia dapat malah sebaliknya..yang seperti ini apakah bisa di katagorikan orang itu kena penyakit hati? mohon pencerahannya baah...syukron
A : Woles aja kelas

Q : Abah...punten..mau tanya point no 1 tentang sombong. Apakah amalan-amalan baik seseorang tertolak karena sikap nya yang suka ada rasa sombong bah..? Karena Dia Yakin dengan akan diterima amalannya oleh Allah SWT.. Sedangkan sikapnya yang suka tanpa dia sadari menyakiti teman-temannya..Afwan...Bukankah Kita harus tawadhu dahulu..?
A : Itu adalah dua hal yang berbeda.

Q : Assalamualaikum baah, apakah bersenda gurau dilarang dalam islam? bukannya nabi kita pun suka bersendah gurau untuk menghilangkan kekakuan suasana? Bagaimana cara nya menghadapi orang yang kaku seperti itu bah? syukron abah.
A : Boleh. Gapapa. Orang kaku jangan dipaksa. Semua ada pilihan-pilihan. Becanda jangan berlebihan. Saling menghargai itu penting. Yang lagi becanda menghargai yang kurang suka becanda. Yang ga suka becanda menghargai yang lagi becanda. Saling mengingatkan dan menguatkan. Bukan merasa benar tapi benar merasa. Konon.

Q : Kalo penyakit hati macam sombong, iri dengki itu bawaan orok kah? Kalau watak kan susah diilangin. Berarti ilangnya sama si manusia itu sendiri ya abah.
A : Sifat ini yang di obok obok oleh setan. Setan yang obok obok sekarang mungkin sudah remaja. Iya dengan senantiasa bergantung kepada Allah. Allahusshomad. Gapapa itu kan fb dia. Ngapain juga kita ngejudge doi pamer? Jangan suudon. Ia sedang sharing kebahagiaan maka ikutlah bahagia. Iya. Husnudzhon always.
Abah Kaspin Pendongeng:
sambil ngopi, ngobrol dengan teman. tentang apa saja. tentang hidup dan kehidupan. tentang ada dan tiada. dari a sampai z. Dari z kembali ke a. Mbulet hahaha...
Di tengah panjang obrolan itu, kami sampai di sini. kadang kita berada di dalam situasi yang sulit, dan kita sudah memohon agar Tuhan mengeluarkan kita dari kondisi 'buruk' itu. namun sepertinya DIA tak menggubris kesulitan kita.
Memang kadang keadaan seperti itu adalah bagian dari perjalanan yang harus dijalani. tapi yakinlah, mungkin Tuhan tidak mengeluarkan dari situasi, tetapi pasti Tuhan membimbing untuk melewati situasi itu dengan akhir yang membuat kita bermandikan cahaya.

Q : Pernah dengar salah satu yang perlu di lakukan tuk membentengi diri dari godaan syetan selain sholat tepat waktu dan baca quran adalah zikir pagi petang.....yang mau ditanya: apa beda al ma'tsurot dan zikir pagi petang pada tujuan dan manfaatnya? krn prnh dpt itu berbeda sedikit isinya......dan lebih baik dirutinkan baca yang mana?
jazakallahu ustadz
A : Dua duanya bagus. silahkan amalkan. Tujuannya biasanya ada di footnote nya.

Alhamdulillah, kajian kita hari ini berjalan dengan lancar. Semoga ilmu yang kita dapatkan berkah dan bermanfaat. Aamiin....

Segala yang benar dari Allah semata, mohon maaf atas segala kekurangan. Baikalauah langsung saja kita tutup dengan istighfar masing-masing sebanyak-banyakanya dan do'a kafaratul majelis:



سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك

Subhanakallahumma wabihamdika asayahadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika

“Maha Suci Engakau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”


Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Post a Comment

Ketik Materi yang anda cari !!